FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Fri Oct 14, 2011 6:07 am

First topic message reminder :

Kepada
Rekan Muslim/ah
di
Forum Laskar Islam

Dengan Hormat,

Setelah memikirkan,menimbang dan akhirnya memutuskan....saya mencoba untuk buka lapak disini...tapi seperti biasa...topik yang saya angkat adalah KRITIK terhadapa apa yang diyakini Muslim Mayoritas yang setelah saya telaah ternyata BERBAU KRISTEN.

PERBEDAAN PENDAPAT....ini sudah jelas akan terjadi di tret ini....dan saya harap....kita bisa menjadikan itu sebagai sebuah pelajaran.

Setelah saya pelajari...Muslim mayoritas KHUSUSNYA yang AWAM.....menyikapi dan memahami masalah SYAFAAT dari Nabi Muhammad SAW ini ..... PERCIS dengan apa yang diyakini oleh umat NASRANI bin KRESETAN dengan masalah PENGAMPUNAN DOSOL ehh DOSA dari yang terhormat Baginda Tuhan Kang Mas Yesus Joyodiningrat bin Astahiam...

Pertanyaannnya adalah...
1. Apa MAKNA dari kata SYAFAAT..??
2. Benarkah SYAFAAT baru akan diberikan kelak di Yaumil Akhir....???

Silahkan direspon dengan baik...dan saya harap partisipasi dari semuanya......seperti yang telah saya singgung di Mall sebelah...
Bagi bagi Indomie..beasiswa dan metode permurtadan lainnya...hanyalah KLIMAKS dari sistem pemurtadan secara keseluruhan. Dan topik yang saya angkat di tret ini ....adalah salah satu bahan dasar untuk PEMURTADAN.

Sekali lagi...ini ASELI uneg uneg saya....dan seperti yang telah saya bilang juga di Mall Sebelah...saya berdebat di forum manapun...tidak mengatasnamakan SEKTE Islam manapun...dan saya tidak merasa menjadi bagian salah satu Sekte yang ada. Imam saya hanya satu..Muhammad bin Abdullah...dengan agama Islam yang hanya satu...karena beliau pun tidak pernah mengajarkan ISLAM A-B atow Z.

Demikian maklumat ini saya sampaikan...kurang lebihnya saya mohon maaf. Yang benar semat mata hanyalah dari Sisi Allah SWT. Yang salah..itu sudah jelas dari kekhilafan saya sebagai Manusia tempat salah dan dosa.

Akhirul kalam..
Wasallamulaykum Wr.Wb.

Hormat saya,

Mang Odoy

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down


Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by sun-moon on Mon Oct 17, 2011 9:04 am

@mang odoy wrote:@sunmun

hehehe...kalau di urai panjang kali lebar kali tinggi jadina "eusi"...

mang odoy ti bojongrangkong...

Perbedaannya jelas ada, kan me-refer ke mang sendiri untuk pengertian syafaat menurut tetangga sebelah adalah: "Syafaat berarti datang di hadapan Tuhan dengan tujuan menggantikan posisi seseorang"
nah...
arti itu 'tibalikbutakasari' dengan islam, pengertian itu lebih identik dengan tawasul/wasilah (dengan catatan kata 'datang di hadapan Tuhan' dikoreksi menjadi 'berdoa kepada Tuhan'). Bukan syafaat.
sedangkan syafaat (refer menurut link dari mang odoy juga) adalah:
- menggenapi, melengkapi, mengkompliti. (catat: bukan menggantikan sebagaimana halnya pengertian tetangga sebelah tadi).
- hak nabi Muhammad SAW untuk memohonkan ampunan bagi umatnya (di hari kiamat) yang berdosa namun orang/umatnya tersebut harus memiliki minimal 1 (satu) bahan wajib, 'apakah itu'?: Tauhid, (dan/atau syahadatnya benar dan haq), serta tidak pernah berdosa: 'syirik'.

jadi tetap mang, kalau menurut tetangga sebelahmah ujung2nya = penebusan dosol (dosa) sama ncep encus tea, sebab ada kata kunci "menggantikan"...
sedangkan menurut ageman islam mah syafaat itu bukan penebusan atau penggantian atau penalangan dosa....,, namun ia adalah hak nabi Muhammad SAW untuk memohon kepada-Nya untuk mengampuni (magfiroh-Nya) atas orang/umatnya yang 'kekurangan' amalan karena kebanyakan dosa, namun orang/umatnya itu tetap berpegang kepada Tauhid hingga ajalnya menjemput di dunia.di alam akhirat, semua manusia termasuk para nabi sudah 'tertutup' untuk mengajukan proposal (baca: berdo'a atau memohon) kepada-Nya, terkecuali, hanya 1 (satu) orang saja, yaitu nabiyulloh rosululloh Muhammad SAW...dan beliau berjanji, kesempatan itu hanya akan beliau manfaatkan/jalankan untuk memberikan syafaat...kepada siapa? kepada: "ummati, ummati, ummati....." (sabda beliau disaat sakaratul maut).

lantas, apa bedanya dengan tawasul (di islam)? silahkan buka lapak sebelah mang...

okeh brother, it's all understood...

tapi..bagaimana korelasinya dengan Hadist yang dibawa oleh Musicman...dan Al-Quran sendiri (menyusul belakangan)...

musicman wrote:
* Hadits Shahih Bukhari 162

“Hai Fatimah! Selamatkanlah dirimu dari neraka! Sesungguhnya aku tidak kuasa apa-apa untuk membelamu dihadapan
Allah kelak, selain hubungan yang hanya dapat kupenuhi sebaik-baiknya di dunia ini saja


* Hadits Shahih Bukhari 163

“Hai, Bani Abdul Muthalib! Aku tidak kuasa apa-apa untuk membelamu sekalian di hadapan Allah kelak. Karena itu,
kecuali sedikit harta yang kumiliki mintalah kepadaku jika kamu membutuhkan
!”

* Hadits Shahid Bukhari 1261

“Dari Abu Hurairah r.a, katanya: Rasulullah Saw berdiri ketika Tuhan yang Maha Mulia dan Maha Besar menurunkan ayat
yang artinya: “Dan berilah peringatan kepada kaum famili engkau terdekat!”

Lalu beliau bersabda:

“Hai kaum Qureisy! (atau perkataan yang serupa dengan itu). Tebuslah dirimu! Aku tiada dapat menolongmu barang
sedikitpun dari siksa Tuhan.


Hai Bani Abdi Manaf!

Aku tiada bisa menolongmu sedikitpun.

Hai Abbas anak Abdul Muthalib!

Aku tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan.

“Hai Safiah, bibi Rasulullah!

Aku tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan.

Hai Fatimah binti Muhammad!

Mintalah kepada aku harta dan aku tiada bisa menolongmu sedikitpun dari siksa Tuhan!


Gimana bro...???

Wasalam,


oh, iya masih jelas ada korelasinya mang (positif malahan) dan tidaklah kontrakdiktif (antara syafaat dan hadits2 tsb diatas),
intinya;
- sehub.dgn fatimah & famili beliau (termasuk suku quraish) adalah: jangan mentang-mentang keluarga dekat nabi, mereka akan 'aman' dari siksa Tuhan atas dosa2 mereka, sehingga yah... mereka juga harus berusaha sendiri untuk mencapai derajat yang baik dan tinggi menurut kemampuannya masing-masing (ilmu, amalan, ibadah, etc)...
- jelas tersirat disitu bahwa syafaat tidak sama dgn 'penebusan',,kalau mau bahas penebusan, baginda nabi mengatakan: silahkan nih ambil harta2ku yang ada sekarang !
- syafaat, sekali lagi adalah untuk seluruh ummat nabi Muhammad, dalam artian ummat disini adalah yang sebenar-benarnya (tidak termasuk yang asal ngaku2 dan asal jeplak di KTP), contoh, apakah mang odoy yakin mang odoy muslim? kata mang odoy, yakin, karena sudah syahadat, nah, siapa yang membenarkan sah/valid/haq nya syahadat mang odoy? kan rosululloh sudah meninggal (tidak sempat/bisa ditanyain/konfirmasi/verifikasi)...nah..lho...?!
- baik nabi maupun syafaatnya, tidak membebaskan ummat nabi dari siksa Tuhan atas dosa-dosa yang telah diperbuat, artinya, orang/ummat nabi tersebut ya harus 'membayar' dulu seluruh amalan2 minus nya (dgn kata lain 'dicuci' dulu), dan bila ia/mereka masih memiliki modal terakhir berupa: 'tauhid', maka ia/mereka boleh berharap terhadap syafaat nabi sebagai pelengkap sehingga yang tadinya ia/mereka 'disqualified' terhadap maqom 'selamat'/sorga menjadi 'qualified' person untuk memasukinya dan menjadi yang 'terselamatkan'....jadi memang, syafaat bisa sebagai yang meringankan/membebaskan ummat dari 'siksaan kekal', karena rumusnya: tauhid + amalan2 minus (yang telah dibayar/dicuci) menjadi 0 + syafaat = jannah nu ngeunah (salamet), tapi kalo tauhidnya 0 (nol) + amalan2 minus + syafaat yg juga 0 (nol) = fully minus alias lasut bin tikosewad (kepeleset) kedalam siksa kekal, hoyong ka jannah? ngeunah we...(enak aja!) xixixixixi :3:.
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Mon Oct 17, 2011 8:42 pm

@sunmun

oh, iya masih jelas ada korelasinya mang (positif malahan) dan tidaklah kontrakdiktif (antara syafaat dan hadits2 tsb diatas),
intinya;
- sehub.dgn fatimah & famili beliau (termasuk suku quraish) adalah: jangan mentang-mentang keluarga dekat nabi, mereka akan 'aman' dari siksa Tuhan atas dosa2 mereka, sehingga yah... mereka juga harus berusaha sendiri untuk mencapai derajat yang baik dan tinggi menurut kemampuannya masing-masing (ilmu, amalan, ibadah, etc)...
- jelas tersirat disitu bahwa syafaat tidak sama dgn 'penebusan',,kalau mau bahas penebusan, baginda nabi mengatakan: silahkan nih ambil harta2ku yang ada sekarang !
- syafaat, sekali lagi adalah untuk seluruh ummat nabi Muhammad, dalam artian ummat disini adalah yang sebenar-benarnya (tidak termasuk yang asal ngaku2 dan asal jeplak di KTP), contoh, apakah mang odoy yakin mang odoy muslim? kata mang odoy, yakin, karena sudah syahadat, nah, siapa yang membenarkan sah/valid/haq nya syahadat mang odoy? kan rosululloh sudah meninggal (tidak sempat/bisa ditanyain/konfirmasi/verifikasi)...nah..lho...?!
- baik nabi maupun syafaatnya, tidak membebaskan ummat nabi dari siksa Tuhan atas dosa-dosa yang telah diperbuat, artinya, orang/ummat nabi tersebut ya harus 'membayar' dulu seluruh amalan2 minus nya (dgn kata lain 'dicuci' dulu), dan bila ia/mereka masih memiliki modal terakhir berupa: 'tauhid', maka ia/mereka boleh berharap terhadap syafaat nabi sebagai pelengkap sehingga yang tadinya ia/mereka 'disqualified' terhadap maqom 'selamat'/sorga menjadi 'qualified' person untuk memasukinya dan menjadi yang 'terselamatkan'....jadi memang, syafaat bisa sebagai yang meringankan/membebaskan ummat dari 'siksaan kekal', karena rumusnya: tauhid + amalan2 minus (yang telah dibayar/dicuci) menjadi 0 + syafaat = jannah nu ngeunah (salamet), tapi kalo tauhidnya 0 (nol) + amalan2 minus + syafaat yg juga 0 (nol) = fully minus alias lasut bin tikosewad (kepeleset) kedalam siksa kekal, hoyong ka jannah? ngeunah we...(enak aja!) xixixixixi

Jadi...TUJUAN AKHIR seorang Muslim/ah...apakah..

1. Mengharapkan Ridho Allah SWT..???
2. Mengharapkan SYAFAAT Nabi Muhammad SAW..yang notabene HANYALAH MAHLUK CIPTAAN Allah SWT....???


Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by sun-moon on Mon Oct 17, 2011 9:47 pm

tujuan akhir seorang muslim adalah "tiba" dengan "selamat" (islam)...

'selamat' disini bisa equivalent dengan 'ridho' (diterima/welcome) Allah SWT.

sebelum ke tahapan ridho, harus mencapai dulu yang namanya suci-bersih lahir-bathin kalayan ikhlas kembali ke fitrahna....

sebelum itupun, lalui dulu juga pintu 'magfiroh' (ampunan) dengan taubat (mohon ampun)...
cuci dulu kokotor dosa per dosa...dengan 'mohon ampunan'...yang tidak akan 'terbersihkan' hanya dosa 'syirik'...mangkanya...hati-hati terhadap dosa yang 1 ini...

jadi rumusnya, magfiroh --> fitrah --> ridho - Nya.
tidak mungkin (jangan bermimpi) untuk di ridhoi-Nya bila memang belum diampuni-Nya terlebih dahulu....

tah, tunda lampah hing carita,,,

syafaat ada tingkatan ini (mohon ampunan) bila taubat kita pun tidak mencukupi....,,hanya saja syafaat akan 'bunyi' nanti di dimensi/alam yang lain, yaitu alam akhirat....
tidak diminta dan diharapkanpun, baginda nabi sudah menjanjikan/akan memberikan kepada 'the real ummat' nya...later..in the near future...
oleh karena itu, bila sudah memahami konsep 'syafaat', asa kacida & teungteuingeun (keterlaluan,,kata bang haji oma: "terlaluh"), kalau ada ummat nya yang tidak bersholawat & wasilah kepada nabi...
padahal...sisi kanan & sisi kiri 1 lempeng logam saling tempel disitu-situ juga, tidak jauh....

timbalan, yayi.....pinastikersahyangningdumantara....sapratanepunirangahandika...lir..pendra...torok-tok-tok...jek-jek-nong...

jadi? bagaimana mang? 'tutup lawang sigotapa'? :3:
avatar
sun-moon
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 191
Kepercayaan : Islam
Location : West Java
Join date : 15.08.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Tue Oct 18, 2011 5:43 am

@sunmun

jadi? bagaimana mang? 'tutup lawang sigotapa'?

yaaa..kalo SI CEPOT mah...gimana Ki Dalang sajah....kalow ki dalang masih mau NGIGELKEUN (bermain) maka si cepot tetep bakalan NGENGKLAK (maen)...

Jadi gimana nih Ki....masih mau ngigeul atow mau ngobrol dulu sama sinden...???? :D

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by BAKUL KOPI on Tue Oct 18, 2011 9:05 am

@mang odoy wrote:@sunmun

jadi? bagaimana mang? 'tutup lawang sigotapa'?

yaaa..kalo SI CEPOT mah...gimana Ki Dalang sajah....kalow ki dalang masih mau NGIGELKEUN (bermain) maka si cepot tetep bakalan NGENGKLAK (maen)...

Jadi gimana nih Ki....masih mau ngigeul atow mau ngobrol dulu sama sinden...???? :D

eh tumben nyak eta mang odoy pasrah pisan euy....? :nono: hayu atuh mang di geol maning sampe subuh... ketawa guling peuyem nyak masih perlu di sampurnakeun atuh mang.... lol sampurnakeun.....
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by abu hanan on Tue Oct 18, 2011 10:33 am

@mang odoy wrote:
Jadi...TUJUAN AKHIR seorang Muslim/ah...apakah..

1. Mengharapkan Ridho Allah SWT..???
2. Mengharapkan SYAFAAT Nabi Muhammad SAW..yang notabene HANYALAH MAHLUK CIPTAAN Allah SWT....???


Wasalam,
jawaban nomor 1 dan 2 tidak dapat dipisahkan...kesatuan yg melengkapih.
Syfaat dalam konteks sebenarnyah bukanlah penebusan dosah....
contoh ajah...
dosah si fulan 1 ton,pahalanyah 999 kg.seharusnya (menurut keadilan Allah,si fulan seharusnyah beradah di nerakah kelas/golongan IIIb dengan masah inap 100 tahun...akan tetapih karena doa nabi Muhammad utk meringankan (syafaaat) makah si fulan menjalanih di golongan IID dgn masah inap 90 tahun)...
maksud sayah adalah syafaat jugah bisah berfungsih sebagaih hak banding tetapih bukan keberatan tetapih permohonan keringanan.

dan melengkapihnya bagaimanah?(jawaban 1 dan 2)
sabar dolo.....


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by Admin on Tue Oct 18, 2011 10:55 am

Tujuan akhir seorang Muslim wal Muslimah adalah mendapatkan keridhoan Allah SWT atas 'amalan-'amalan yang telah kita jalankan/dirikan...

Sebab 'amalan yang sedemikian banyaknya kita jalani tapi tanpa Ridho/Rahmat Allah, untuk apa..??

Diceritakan dalam suatu Hadist bahwa seseorang yang telah beribadah banyak hingga ratusan tahun kepada Allah SWT,.. Itu juga tidak cukup untuk menukarkan 'amalannya menjadi Surga (imbalannya) kecuali atas Rahmat-Nya (Allah SWT) yang Maha Pemurah lg Maha Penyayang...

:surban: :surban:
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 55

http://laskarislam.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by BAKUL KOPI on Tue Oct 18, 2011 3:41 pm

@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:
Jadi...TUJUAN AKHIR seorang Muslim/ah...apakah..

1. Mengharapkan Ridho Allah SWT..???
2. Mengharapkan SYAFAAT Nabi Muhammad SAW..yang notabene HANYALAH MAHLUK CIPTAAN Allah SWT....???


Wasalam,
jawaban nomor 1 dan 2 tidak dapat dipisahkan...kesatuan yg melengkapih.
Syfaat dalam konteks sebenarnyah bukanlah penebusan dosah....
contoh ajah...
dosah si fulan 1 ton,pahalanyah 999 kg.seharusnya (menurut keadilan Allah,si fulan seharusnyah beradah di nerakah kelas/golongan IIIb dengan masah inap 100 tahun...akan tetapih karena doa nabi Muhammad utk meringankan (syafaaat) makah si fulan menjalanih di golongan IID dgn masah inap 90 tahun)...
maksud sayah adalah syafaat jugah bisah berfungsih sebagaih hak banding tetapih bukan keberatan tetapih permohonan keringanan.

dan melengkapihnya bagaimanah?(jawaban 1 dan 2)
sabar dolo.....

nah yg saya tau sih gitu,sbg banding / pertimbangan... bukan penebusan TULEN.. lol lol
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Tue Oct 18, 2011 8:42 pm

@Admin wrote:Tujuan akhir seorang Muslim wal Muslimah adalah mendapatkan keridhoan Allah SWT atas 'amalan-'amalan yang telah kita jalankan/dirikan...

Sebab 'amalan yang sedemikian banyaknya kita jalani tapi tanpa Ridho/Rahmat Allah, untuk apa..??

Diceritakan dalam suatu Hadist bahwa seseorang yang telah beribadah banyak hingga ratusan tahun kepada Allah SWT,.. Itu juga tidak cukup untuk menukarkan 'amalannya menjadi Surga (imbalannya) kecuali atas Rahmat-Nya (Allah SWT) yang Maha Pemurah lg Maha Penyayang...

:surban: :surban:

Nah ini saya SETUJU....


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Tue Oct 18, 2011 9:08 pm

@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:
Jadi...TUJUAN AKHIR seorang Muslim/ah...apakah..

1. Mengharapkan Ridho Allah SWT..???
2. Mengharapkan SYAFAAT Nabi Muhammad SAW..yang notabene HANYALAH MAHLUK CIPTAAN Allah SWT....???


Wasalam,
jawaban nomor 1 dan 2 tidak dapat dipisahkan...kesatuan yg melengkapih.
Syfaat dalam konteks sebenarnyah bukanlah penebusan dosah....
contoh ajah...
dosah si fulan 1 ton,pahalanyah 999 kg.seharusnya (menurut keadilan Allah,si fulan seharusnyah beradah di nerakah kelas/golongan IIIb dengan masah inap 100 tahun...akan tetapih karena doa nabi Muhammad utk meringankan (syafaaat) makah si fulan menjalanih di golongan IID dgn masah inap 90 tahun)...
maksud sayah adalah syafaat jugah bisah berfungsih sebagaih hak banding tetapih bukan keberatan tetapih permohonan keringanan.

dan melengkapihnya bagaimanah?(jawaban 1 dan 2)
sabar dolo.....

Jadi...dalam hal ini...SYAFAAT ini sebagai PERANTARA untuk Mendapatkan RIDHO Nya Allah SWT....????
Syafaat dulu...baru Ridho Nya Allah SWT..?? begitu...???

Kok kaya mau JUAL BELI RUMAH...pake PERANTARA....???? :3:




mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Tue Oct 18, 2011 9:12 pm

@BAKUL KOPI wrote:
@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:
Jadi...TUJUAN AKHIR seorang Muslim/ah...apakah..

1. Mengharapkan Ridho Allah SWT..???
2. Mengharapkan SYAFAAT Nabi Muhammad SAW..yang notabene HANYALAH MAHLUK CIPTAAN Allah SWT....???


Wasalam,
jawaban nomor 1 dan 2 tidak dapat dipisahkan...kesatuan yg melengkapih.
Syfaat dalam konteks sebenarnyah bukanlah penebusan dosah....
contoh ajah...
dosah si fulan 1 ton,pahalanyah 999 kg.seharusnya (menurut keadilan Allah,si fulan seharusnyah beradah di nerakah kelas/golongan IIIb dengan masah inap 100 tahun...akan tetapih karena doa nabi Muhammad utk meringankan (syafaaat) makah si fulan menjalanih di golongan IID dgn masah inap 90 tahun)...
maksud sayah adalah syafaat jugah bisah berfungsih sebagaih hak banding tetapih bukan keberatan tetapih permohonan keringanan.

dan melengkapihnya bagaimanah?(jawaban 1 dan 2)
sabar dolo.....

nah yg saya tau sih gitu,sbg banding / pertimbangan... bukan penebusan TULEN.. lol lol

terus...ntu RUMUS PAHALA dapet darimana ya...???

Berapa "X" PAHALA - berapa "X" DOSA = SYURGA

pencerahannn....pencerahannnn.... :3gk:

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by abu hanan on Wed Oct 19, 2011 12:19 am

@mang...
rumus bakuh neraka-surga sebenarnyah rahasia Allah..
tugas sayah dan sekalian hadirin adalah ;
1 niat baik = 1 pahala
1 perbuatan baik = 10-700 kali lipat.
contoh ;niat sholat ajah = 1 pahala (asumsi 1 pahala = 1 kg daging sapih)
sholat wajib sendirian = 700 kg daging sapih
sholat wajib berjamaah = 27 x 700 kg = 18,9 ton daging

5 x sholat wajib berjamaah = 94,5 ton daging/24 jam..

sedangkan pahalah/ganjaran utk puasa,sabar-syukur adalah hampir tak terbatas.terutamah utk kesabaran....padah intinya Allah telah "memaksah" manusiah utk bersabar dalam hidupnyah.sejak lahir hinggah ajal tibah.bersabar dalam menjalanih proses....termasuk bersabar di saat mendapat nikmat dan musibah.

lantas rumus penghitungannyah bagaimanah?
kuncinyah adah di syafaat sbg konstanta.
Sayyidul Anbiyaa udah pastih tahuh dan paham makna syafaat...dan sewajarnyah kitah memahami makna "syafaat" ituh darih ayat2 Allah di Al Qur'an.
Sekedar berbagih,sayah mendapatih "syafaat" adalah kemurahan dari Allah bagih umat nabi Muhammad saw.Contoh adah di Al Qodr dan beberapah ayat yg berkaitan dengan penggandaan ganjaran/pahala tetapi Allah tidak sekalipun menyinggung dosa yg dilipatgandakan..

sementarah...adah pertanyaan?kaloh adah,sayah persilahkeun sun moon kang utk menjawab darih sisih kanan...


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Wed Oct 19, 2011 4:52 am

@abu hanan wrote:@mang...
rumus bakuh neraka-surga sebenarnyah rahasia Allah..
tugas sayah dan sekalian hadirin adalah ;
1 niat baik = 1 pahala
1 perbuatan baik = 10-700 kali lipat.
contoh ;niat sholat ajah = 1 pahala (asumsi 1 pahala = 1 kg daging sapih)
sholat wajib sendirian = 700 kg daging sapih
sholat wajib berjamaah = 27 x 700 kg = 18,9 ton daging

5 x sholat wajib berjamaah = 94,5 ton daging/24 jam..

sedangkan pahalah/ganjaran utk puasa,sabar-syukur adalah hampir tak terbatas.terutamah utk kesabaran....padah intinya Allah telah "memaksah" manusiah utk bersabar dalam hidupnyah.sejak lahir hinggah ajal tibah.bersabar dalam menjalanih proses....termasuk bersabar di saat mendapat nikmat dan musibah.

lantas rumus penghitungannyah bagaimanah?
kuncinyah adah di syafaat sbg konstanta.
Sayyidul Anbiyaa udah pastih tahuh dan paham makna syafaat...dan sewajarnyah kitah memahami makna "syafaat" ituh darih ayat2 Allah di Al Qur'an.
Sekedar berbagih,sayah mendapatih "syafaat" adalah kemurahan dari Allah bagih umat nabi Muhammad saw.Contoh adah di Al Qodr dan beberapah ayat yg berkaitan dengan penggandaan ganjaran/pahala tetapi Allah tidak sekalipun menyinggung dosa yg dilipatgandakan..

sementarah...adah pertanyaan?kaloh adah,sayah persilahkeun sun moon kang utk menjawab darih sisih kanan...

sebenernya...RUMUS PAHALA DOSA...sudah dibantah oleh Hadist sendiri...seperti dikutip oleh pak Admin...

Diceritakan dalam suatu Hadist bahwa seseorang yang telah beribadah banyak hingga ratusan tahun kepada Allah SWT,.. Itu juga tidak cukup untuk menukarkan 'amalannya menjadi Surga (imbalannya) kecuali atas Rahmat-Nya (Allah SWT) yang Maha Pemurah lg Maha Penyayang...

Lagian...kalo kita mau itung-itungan PAHALA layaknya Ilmu Akuntansi....yang berujung ke LAPORAN KEUANGAN...dan dari sana bisa ditentukan LABA atow RUGI....ini menurut saya KETERLALUAN...

Kenapa kita harus NGITUNG PAHALA...??? sementara NIKMAT yang kita terima dari Allah SWT...tidak akan pernah bisa kita itung...

Kalow toh kita MELAKUKAN SEGALA KEHENDAK-NYA...dan MENJALANKAN SEGALA YANG DILARANG-NYA...itu adalah KONSEKUESI dari pengucapan Syahadat..

Mengaku "Tiada Illah selain Allah SWT"....berarti tidak akan pernah Menduakan-Nya...
Mengaku "Muhammad bin Abdullah adalah Rasul(Utusan) Allah SWT"...berarti TUNDUK dan PATUH TANPA SYARAT akan Syariat dan Ajaran yang dibawa oleh beliau....

Nah..dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari sehari...koncinya cuman ada 2...IHKLAS dan ISTIQOMAH....

Kita mengaplikasikan SYAHADAT dalam hidup kita...hanyalah karena KEPATUHAN kita kepada yang Menciptakan kita....karena kalow kita tidak patuh...mau lari kebelahan dunia mana lagi...????

Masalah berapa "X" pahala yang akan kita terima....sebaiknya kita jangan mengotak atiknya....karena ini berkaitan dengan "IHKLAS"....
Apakah Kita BERIBADAH karena PAHALA....???? dan takut NERAKA...??

Ini sekedar pendapat saya yang cuman KULI KAPAL.....
Mungkin banyak salahnya daripada benarnya....

Wasalam,


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Wed Oct 19, 2011 4:57 am

@BAKUL KOPI wrote:
@mang odoy wrote:@sunmun

jadi? bagaimana mang? 'tutup lawang sigotapa'?

yaaa..kalo SI CEPOT mah...gimana Ki Dalang sajah....kalow ki dalang masih mau NGIGELKEUN (bermain) maka si cepot tetep bakalan NGENGKLAK (maen)...

Jadi gimana nih Ki....masih mau ngigeul atow mau ngobrol dulu sama sinden...???? :D

eh tumben nyak eta mang odoy pasrah pisan euy....? :nono: hayu atuh mang di geol maning sampe subuh... ketawa guling peuyem nyak masih perlu di sampurnakeun atuh mang.... lol sampurnakeun.....

lhoo..disini kan saya hanyalah seoarang awam yang punya uneg uneg...kalo toh anda mau 'ketuk palu'...siapa yang mau jawab segala uneg uneg saya...???
jadi bukan pasrah....tapi kemana lagi diri ini membawa segala keluh kesah ini....cieeee kaya lagu jadul aja negh... ketawa guling

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by BAKUL KOPI on Wed Oct 19, 2011 8:47 am

@mang odoy wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@mang odoy wrote:@sunmun

jadi? bagaimana mang? 'tutup lawang sigotapa'?

yaaa..kalo SI CEPOT mah...gimana Ki Dalang sajah....kalow ki dalang masih mau NGIGELKEUN (bermain) maka si cepot tetep bakalan NGENGKLAK (maen)...

Jadi gimana nih Ki....masih mau ngigeul atow mau ngobrol dulu sama sinden...???? :D

eh tumben nyak eta mang odoy pasrah pisan euy....? :nono: hayu atuh mang di geol maning sampe subuh... ketawa guling peuyem nyak masih perlu di sampurnakeun atuh mang.... lol sampurnakeun.....

lhoo..disini kan saya hanyalah seoarang awam yang punya uneg uneg...kalo toh anda mau 'ketuk palu'...siapa yang mau jawab segala uneg uneg saya...???
jadi bukan pasrah....tapi kemana lagi diri ini membawa segala keluh kesah ini....cieeee kaya lagu jadul aja negh... ketawa guling

jiah ane bukan momod (moderator) mang :3gk:
kalo toh ada yg saya Ketuk / getok pake palu itu justru kepala momod yg ndeso :lul: ketawa guling ketawa guling
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by abu hanan on Wed Oct 19, 2011 1:36 pm

@mang odoy wrote:
@abu hanan wrote:@mang...
rumus bakuh neraka-surga sebenarnyah rahasia Allah..
tugas sayah dan sekalian hadirin adalah ;
1 niat baik = 1 pahala
1 perbuatan baik = 10-700 kali lipat.
contoh ;niat sholat ajah = 1 pahala (asumsi 1 pahala = 1 kg daging sapih)
sholat wajib sendirian = 700 kg daging sapih
sholat wajib berjamaah = 27 x 700 kg = 18,9 ton daging

5 x sholat wajib berjamaah = 94,5 ton daging/24 jam..

sedangkan pahalah/ganjaran utk puasa,sabar-syukur adalah hampir tak terbatas.terutamah utk kesabaran....padah intinya Allah telah "memaksah" manusiah utk bersabar dalam hidupnyah.sejak lahir hinggah ajal tibah.bersabar dalam menjalanih proses....termasuk bersabar di saat mendapat nikmat dan musibah.

lantas rumus penghitungannyah bagaimanah?
kuncinyah adah di syafaat sbg konstanta.
Sayyidul Anbiyaa udah pastih tahuh dan paham makna syafaat...dan sewajarnyah kitah memahami makna "syafaat" ituh darih ayat2 Allah di Al Qur'an.
Sekedar berbagih,sayah mendapatih "syafaat" adalah kemurahan dari Allah bagih umat nabi Muhammad saw.Contoh adah di Al Qodr dan beberapah ayat yg berkaitan dengan penggandaan ganjaran/pahala tetapi Allah tidak sekalipun menyinggung dosa yg dilipatgandakan..

sementarah...adah pertanyaan?kaloh adah,sayah persilahkeun sun moon kang utk menjawab darih sisih kanan...

sebenernya...RUMUS PAHALA DOSA...sudah dibantah oleh Hadist sendiri...seperti dikutip oleh pak Admin...

Diceritakan dalam suatu Hadist bahwa seseorang yang telah beribadah banyak hingga ratusan tahun kepada Allah SWT,.. Itu juga tidak cukup untuk menukarkan 'amalannya menjadi Surga (imbalannya) kecuali atas Rahmat-Nya (Allah SWT) yang Maha Pemurah lg Maha Penyayang...

Lagian...kalo kita mau itung-itungan PAHALA layaknya Ilmu Akuntansi....yang berujung ke LAPORAN KEUANGAN...dan dari sana bisa ditentukan LABA atow RUGI....ini menurut saya KETERLALUAN...

Kenapa kita harus NGITUNG PAHALA...??? sementara NIKMAT yang kita terima dari Allah SWT...tidak akan pernah bisa kita itung...

Kalow toh kita MELAKUKAN SEGALA KEHENDAK-NYA...dan MENJALANKAN SEGALA YANG DILARANG-NYA...itu adalah KONSEKUESI dari pengucapan Syahadat..

Mengaku "Tiada Illah selain Allah SWT"....berarti tidak akan pernah Menduakan-Nya...
Mengaku "Muhammad bin Abdullah adalah Rasul(Utusan) Allah SWT"...berarti TUNDUK dan PATUH TANPA SYARAT akan Syariat dan Ajaran yang dibawa oleh beliau....

Nah..dalam pelaksanaannya di kehidupan sehari sehari...koncinya cuman ada 2...IHKLAS dan ISTIQOMAH....

Kita mengaplikasikan SYAHADAT dalam hidup kita...hanyalah karena KEPATUHAN kita kepada yang Menciptakan kita....karena kalow kita tidak patuh...mau lari kebelahan dunia mana lagi...????

Masalah berapa "X" pahala yang akan kita terima....sebaiknya kita jangan mengotak atiknya....karena ini berkaitan dengan "IHKLAS"....
Apakah Kita BERIBADAH karena PAHALA....???? dan takut NERAKA...??

Ini sekedar pendapat saya yang cuman KULI KAPAL.....
Mungkin banyak salahnya daripada benarnya....

Wasalam,

lha si mang....
rumus yg sayah tawarkan adalah suatu kiasan bahwah hendaknyah manusiah selalu bersyukur bahwah balasan (dosa-pahala) adalah bersifat ghaib....cobah kalo diwujudkan secara nyata bisah dibayangin tuh daging yg busuk,atau 1 dosah = 1 cambukan.100 dosa per hari = 100 cambukan..kaloh macam tuh manah bisah kitah bekerja dan sebagainyah?

karenah dosa-pahala yg bersifat ghaib inilah Allah mengutamakan rahmatNya (dan inilah syafaat sebenarnyah)...
Apa hubungan antara rahmat dgn dosa-pahala yg ghaib?Adah.Karenah ituh menunjukkan bahwah hamba adalah pihak yg dimintai tanggung jawab,bukan Allah yg mestih bertanggung jawab.

Satu contoh kecil...ingat kisah pembunuh yg bertobat?kemudian malaikat berdebat?Bumi mendekat?
Maksud sayah di balik ghaib tersembunyi rahmat.
silahkeun dilanjuut..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by hamba tuhan on Wed Oct 19, 2011 2:56 pm

@mang odoy wrote:TO ALL :

Yang lebih CANGGIH lagi..ane nemu dimari...

www.al-shia.org/html/id/books/Syafaat/index.htm

Mudah mudahan bermanfaat..

Wasalam,

berdasarkan link yg temenku tersayang mang odoy kasih tsb saya dapet ini....

kelompok Mu’tazilah menolak konsep syafaat. Abul Hasan Al-Khayyath, salah seorang tokoh kelompok ini, saat menafsirkan
ayat berikut ini,
أفمن ح ّ ق عليه كلمة العذاب أفأنت تنقذ من في النار ...
Artinya: Apakah (engkau hendak merubah nasib) orang yang telah pasti akan disiksa?
Apakah engkau akan menyelamatkan orang yang berada di dalam neraka?[52]
mengatakan,
“ Ayat ini dengan jelas menyatakan bahwa Rasulullah SAWW tidak mungkin dapat
menyelamatkan orang yang sudah pasti masuk ke dalam api neraka….”

http://www.al-shia.org/html/id/pdf/14.pdf

:lkj:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by hamba tuhan on Wed Oct 19, 2011 3:04 pm

@mang odoy wrote:@HT

dikit aja dl deh.... kalo bukan mang odoy VS HT gak bakal seru.....

ini bukan versus versusan bro...soale...diluar jangkauwan TIANG JEMURAN and NGACIR BOY..... ketawa guling ketawa guling

Ini buat pembelajaran bersama....kalo anda mengetahui banyak hal tentang SYAFAAT, silahkan dishare dimari....rekan yang lainnya tentunya akan merespon sesuai apa yang mereka ketahui, pun begitu juga saya...ocehh...???

Sebagai materi tambahan ane nemu dimari..
we we we konsultasisyariah com (ane masih bau kencur, jadi forum belon ngijinin ane copas alamat LINK.

Kata as-syafa’ah diambil dari kata as-syaf’u yang artinya adalah lawan dari kata al-witru (ganjil), yaitu menjadikan yang ganjil menjadi genap (as-syaf’u), seperti anda menjadikan satu menjadi dua dan tiga menjadi empat. Demikian menurut arti “lughawinya”(bahasanya).

Adapun menurut istilah, syafa’at adalah penengah (perantara) bagi yang lain dengan mendatangkan suatu kemanfaatan atau menolak suatu kemudharatan. Maksudnya, syafi’ (pemberi syafa’at) itu berada di antara masyfu lahu (yang diberi syafa’at) dan masyfu’ ilaih (syafa’at yang diberikan) sebagai wasithah (perantara) untuk mendatangkan keuntungan (manfaat) bagi masyfu’ lahu atau menolak mudharat darinya.

Syafa’at itu ada 2 macam:

[a]. Pertama: Syafa’at Tsabitah Shahihah (yang tetap dan benar):

Yaitu yang ditetapkan oleh Allah Ta’ala dalam kitab-Nya atau yang ditetapkan oleh Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Syafa’at ini hanya bagi Ahlut Tauhid wal Ikhlas, karena Abu Hurairah pernah bertanya kepada Nabi: “Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling bahagia dengan mendapatkan syafa’at baginda?”

Beliau menjawab: “Orang yang mengatakan Laa ilaaha illallah secara ikhlas (murni) dari kalbunya.”

Syafa’at ini bisa diperoleh dengan adanya tiga syarat:

1.Keridhaan Allah terhadap yang memberi syafa’at (syafi’)
2.Keridhaan Allah terhadap yang diberi syafa’at (masyfu’ lahu)
3.Izin Allah Ta’ala bagi syafi’ untuk memberi syafa’at.
Syarat-syarat ini secara mujmal terdapat dalam firman Allah Ta’ala:


Artinya: “Dan berapa banyaknya malaikat di langit, syafa’at mereka sedikitpun tidak berguna kecuali sesudah Allah mengijinkan bagi orang yang dikehendaki dan diridhai(Nya).” [An-Najm : 26]

Kemudian diperinci oleh firman-Nya:

Artinya: “Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya.” [Al-Baqarah : 255]

Artinya: “Pada hari itu tidak berguna syafa’at, kecuali (syafa’at) orang yang Allah Maha Pemurah telah memberi izin kepadanya dan Dia telah meridhai perkataan-Nya.” [Thaha : 109]

Artinya: “Mereka tidak bisa memberi syafa’at kecuali kepada orang yang diridhai oleh Allah.” [Al-Anbiya : 28]

Ketiga syarat ini harus ada untuk bisa memperoleh suatu syafa’at.

Selanjutnya para ulama -rahimahullah- membagi syafa’at ini menjadi dua:

Pertama: Syafa’at ‘Ammah (syafa’at yang bersifat umum): : Arti umum disini bahwa Allah Ta’ala mengizinkan siapa saja yang dikehendaki dari hamba-hamba-Nya yang shalih untuk memberikan syafa’at kepada orang yang juga diizinkan oleh Allah untuk memperoleh syafa’at. Syafa’at semacam ini bisa didapatkan dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan selain beliau dari para Nabi yang lain, shidiqqin, syuhada’ dan shalihin. Yaitu bisa berupa syafa’at kepada penghuni naar dari kalangan orang beriman yang bermaksiat agar mereka bisa keluar dari neraka.

Kedua: Syafa’ah Khasshah (syafa’at yang bersifat khusus). : Syafa’at ini khusus dimiliki oleh Nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wa sallam dan merupakan syafa’at yang paling agung. Syafa’at yang paling agung ini adalah syafa’at pada hari kiamat ketika manusia tertimpa kesedihan dan kesukaran yang tidak mampu mereka pikul, kemudian mereka meminta orang yang bisa memohonkan syafa’at kepada Allah Azza wa Jalla untuk menyelamatkan mereka dari keadaan yang demikian itu.

Mereka datang kepada Adam, kemudian kepada Nuh, kemudian Ibrahim, Musa dan Isa -‘alaihimus salam-, namun mereka semua tidak bisa memberi syafa’at, sehingga akhirnya meminta kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliaupun bangkit untuk memohonkan syafa’at di sisi Allah Azza wa Jalla untuk menyelamatkan hamba-hamba-Nya dari keadaan seperti ini. Allah mengabulkan do’a beliau dan menerima syafa’atnya. Ini merupakan termasuk Al-maqam Al-Mahmud (tempat yang terpuji) yang telah dijanjikan oleh Allah dan firman-Nya.

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu ; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” [Al-Isra : 79]

Diantara syafa’at khusus dari Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah syafa’at beliau terhadap ahlul jannah untuk masuk jannah. Karena ahlul jannah itu ketika melewati shirath, mereka diberhentikan di atas jembatan antara jannah dan naar, lalu hati mereka satu sama lain disucikan sehingga menjadi suci, kemudian barulah diizinkan masuk jannah dan dibukakan untuk mereka pintunya dengan syafa’at Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

[2]. Kedua: Syafa’ah Bathilah (syafa’at yang batil):

Yaitu syafa’at yang tidak akan bisa memberi manfaat. Itulah syafa’at yang jadi anggapan orang-orang musyrik berupa syafa’at dari ilah-ilah mereka yang dianggap bisa menyelamatkan mereka di sisi Allah Azza wa Jalla. Syafa’at ini sama sekali tidak akan memberikan manfaat kepada mereka. Allah Ta’ala berfirman:

Artinya: “Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafa’at dari orang-orang yang memberikan syafa’at.” [Al-Muddatsir: 48]

Itu karena Allah tidak ridha terhadap kemusyrikan orang-orang musyrik tersebut dan tidak mungkin mengizinkan kepada siapapun untuk mensyafa’ati mereka, karena tiada syafa’at kecuali bagi orang-orang yang diridhai oleh Allah Azza wa Jalla. Allah tidak ridha akan kekufuran bagi hamba-hamba-Nya dan tidak menyukai kerusakan. Ketergantungan orang-orang musyrik terhadap ilah-ilah mereka yang mereka ibadahi serta mengatakan:

“(Mereka adalah para pemberi syafa’at bagi kami di sisi Allah), adalah ketergantungan yang batil yang tidak bermanfaat.”

Bahkan hal ini tidak akan menambah mereka di sisi Allah melainkan kejauhan. Orang-orang musyrik mengharap syafa’at dari berhala-berhala mereka dengan cara yang batil, yaitu dengan mengibadahi berhala-berhala ini, yang merupakan kebodohan mereka yang berupa usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala dengan sesuatu yang justru malah semakin menjauhkan mereka dari Allah.

[Disalin dari kitab Fatawa Anil Iman wa Arkaniha, yang di susun oleh Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Maqshud, edisi Indonesia Soal-Jawab Masalah Iman dan Tauhid, Pustaka At-Tibyan]



Nahhh gitu pak ustat...jadi kalo punya ILMU...jangan di emprit emprit...pake acara gambaran gambaran segala...langsung aja...tau sendiri kalo mang odoy jago searching sama mbah google.... :3:

Okehhh...silahkan...padah semuahnyah..dengan tambahan materi diatas..diharepkennn bisa menambah bahan diskusi..

Wasalam,

lho... kan saya ikuti postingan mang tuh!!! hehehee.... yadah saya lurusin deh....

@mang odoy wrote:Pertanyaannnya adalah...
1. Apa MAKNA dari kata SYAFAAT..??
2. Benarkah SYAFAAT baru akan diberikan kelak di Yaumil Akhir....???

@Hamba Tuhan wrote:Makna Syafaat
Secara bahasa, syafaat berasal daripada kata al-syaf’u, maknanya genap lawannya ganjil..... Syafaat dengan demikian mengandungi makna “menggenapkan” sesuatu, yakni membantu pihak lain melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan dengan dirinya sendiri... alias pertolongan buat org lain, Ibn al-Manzur dalam Lisan al-Arab berkata, Syafaat ialah perkataan seseorang kepada raja untuk meminta hajat bagi orang lain.....

kan sesuai dgn postingan mang tuh jawaban atau penjelasan saya, kalo mau mengkaji gasah copas byk2 dl mang... ntar gak bakal terarah diskusinya.....

Ibn al-Manzur dalam Lisan al-Arab berkata, Syafaat ialah perkataan seseorang kepada raja untuk meminta hajat bagi orang lain.....

:D :D
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by BAKUL KOPI on Thu Oct 20, 2011 3:04 am

maaf sedikit keluar dari topik.
setelah nyimak thread ini kok saya jadi punya uneg2 yah.?
hmmm jadi gini... :mon2:
jika syafaat yg mang odoy maksudkan itu mirip dgn pengampunan dosa ala pak yesus,akan sama denga pemikiran muslim awam yg beranggapan bahwa idul fitri adl hari peleburan dosa. setelah menjalani ibadah puasa romadhon sebulan penuh dan di-afdol-kan dengan silaturahim keliling kampung (sanak saudara/tetangga) utk bermaaf-maafan maka mereka beranggapan dosa2nya tlah terlebur (hilang/abis) dan kembali ke NOL (suci/fitri)
dimana puasa n silaturahim adl perantara utk menuju peleburan dosa. :lul:
dan jika di Gathuk2kan (dicocok2kan)
1.Keridhaan Allah terhadap yang memberi maaf
2.Keridhaan Allah terhadap yang diberi maaf
3.Izin Allah Ta’ala bagi pemberi maaf untuk memafkan.
:3gk:
hmmmm mohon koreksi jika salah
:3gk:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Thu Oct 20, 2011 5:17 am

@BAKUL KOPI wrote:
@mang odoy wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@mang odoy wrote:@sunmun

jadi? bagaimana mang? 'tutup lawang sigotapa'?

yaaa..kalo SI CEPOT mah...gimana Ki Dalang sajah....kalow ki dalang masih mau NGIGELKEUN (bermain) maka si cepot tetep bakalan NGENGKLAK (maen)...

Jadi gimana nih Ki....masih mau ngigeul atow mau ngobrol dulu sama sinden...???? :D

eh tumben nyak eta mang odoy pasrah pisan euy....? :nono: hayu atuh mang di geol maning sampe subuh... ketawa guling peuyem nyak masih perlu di sampurnakeun atuh mang.... lol sampurnakeun.....

lhoo..disini kan saya hanyalah seoarang awam yang punya uneg uneg...kalo toh anda mau 'ketuk palu'...siapa yang mau jawab segala uneg uneg saya...???
jadi bukan pasrah....tapi kemana lagi diri ini membawa segala keluh kesah ini....cieeee kaya lagu jadul aja negh... ketawa guling

jiah ane bukan momod (moderator) mang :3gk:
kalo toh ada yg saya Ketuk / getok pake palu itu justru kepala momod yg ndeso :lul: ketawa guling ketawa guling

sori bro..ane salah liat...kirain ntu tulisan punya kang sunmun..taunya nt dah...hi hihi...

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Thu Oct 20, 2011 5:20 am

@hamba tuhan wrote:
@mang odoy wrote:TO ALL :

Yang lebih CANGGIH lagi..ane nemu dimari...

www.al-shia.org/html/id/books/Syafaat/index.htm

Mudah mudahan bermanfaat..

Wasalam,

berdasarkan link yg temenku tersayang mang odoy kasih tsb saya dapet ini....

kelompok Mu’tazilah menolak konsep syafaat. Abul Hasan Al-Khayyath, salah seorang tokoh kelompok ini, saat menafsirkan
ayat berikut ini,
أفمن ح ّ ق عليه كلمة العذاب أفأنت تنقذ من في النار ...
Artinya: Apakah (engkau hendak merubah nasib) orang yang telah pasti akan disiksa?
Apakah engkau akan menyelamatkan orang yang berada di dalam neraka?[52]
mengatakan,
“ Ayat ini dengan jelas menyatakan bahwa Rasulullah SAWW tidak mungkin dapat
menyelamatkan orang yang sudah pasti masuk ke dalam api neraka….”

http://www.al-shia.org/html/id/pdf/14.pdf

:lkj:

bisa baca gak yang ane gedein...???

www.al-shia.org/html/id/books/Syafaat/index.htm

bukan yang ini om..

http://www.al-shia.org/html/id/pdf/14.pdf

Saya gak ngurusin SHIAHNYA...tapi artikel tentang SYAFAAT yang ada dimari...
www.al-shia.org/html/id/books/Syafaat/index.htm

Kalo anda niat diskusi..silahkan bedah ntu artikel dalam link diatas...
Kalo mau OBRAL SEKTE...silahkan buka lapak baru....

Wasalam,


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Thu Oct 20, 2011 5:22 am

@HT

kan sesuai dgn postingan mang tuh jawaban atau penjelasan saya, kalo mau mengkaji gasah copas byk2 dl mang... ntar gak bakal terarah diskusinya.....

Ibn al-Manzur dalam Lisan al-Arab berkata, Syafaat ialah perkataan seseorang kepada raja untuk meminta hajat bagi orang lain.....

Terima kasih banyak atas waktu dan kesempatannya pak ustat... :D

Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by mang odoy on Thu Oct 20, 2011 5:29 am

@abu hanan

lha si mang....
rumus yg sayah tawarkan adalah suatu kiasan bahwah hendaknyah manusiah selalu bersyukur bahwah balasan (dosa-pahala) adalah bersifat ghaib....cobah kalo diwujudkan secara nyata bisah dibayangin tuh daging yg busuk,atau 1 dosah = 1 cambukan.100 dosa per hari = 100 cambukan..kaloh macam tuh manah bisah kitah bekerja dan sebagainyah?

karenah dosa-pahala yg bersifat ghaib inilah Allah mengutamakan rahmatNya (dan inilah syafaat sebenarnyah)...

Apa hubungan antara rahmat dgn dosa-pahala yg ghaib?Adah.Karenah ituh menunjukkan bahwah hamba adalah pihak yg dimintai tanggung jawab,bukan Allah yg mestih bertanggung jawab.

Satu contoh kecil...ingat kisah pembunuh yg bertobat?kemudian malaikat berdebat?Bumi mendekat?
Maksud sayah di balik ghaib tersembunyi rahmat.
silahkeun dilanjuut..

Yang saya WARNAIN....itu saya SETUJU...
Terus...bagaimana anda menjelaskan tentang SYAFAATNYA Nabi Muhammad SAW...???

Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by abu hanan on Fri Oct 21, 2011 12:08 am

@mang odoy wrote:@abu hanan

lha si mang....
rumus yg sayah tawarkan adalah suatu kiasan bahwah hendaknyah manusiah selalu bersyukur bahwah balasan (dosa-pahala) adalah bersifat ghaib....cobah kalo diwujudkan secara nyata bisah dibayangin tuh daging yg busuk,atau 1 dosah = 1 cambukan.100 dosa per hari = 100 cambukan..kaloh macam tuh manah bisah kitah bekerja dan sebagainyah?

karenah dosa-pahala yg bersifat ghaib inilah Allah mengutamakan rahmatNya (dan inilah syafaat sebenarnyah)...

Apa hubungan antara rahmat dgn dosa-pahala yg ghaib?Adah.Karenah ituh menunjukkan bahwah hamba adalah pihak yg dimintai tanggung jawab,bukan Allah yg mestih bertanggung jawab.

Satu contoh kecil...ingat kisah pembunuh yg bertobat?kemudian malaikat berdebat?Bumi mendekat?
Maksud sayah di balik ghaib tersembunyi rahmat.
silahkeun dilanjuut..

Yang saya WARNAIN....itu saya SETUJU...
Terus...bagaimana anda menjelaskan tentang SYAFAATNYA Nabi Muhammad SAW...???

Wasalam,
kaloh syafaat dalam artih luwas makah sebenarnyah udah dapat ditarik ituh benang merah padah ayat "..tidaklah Kami utus engkau melainkan sbg rahmat lil 'alamin.."
(mhn dikoreksi kata KAMI,yg bener Kami atau Aku??))

dijabarkan lebih dalam maka sebenarnyah umat nabi Muhammad (tidak sebatas yg muslim,tetapih dimulai darih orang yg hidup di masah beliow menjadih nabi dan orang2 yg lahir sesudah beliow) telah dilimpahi banyak keringanan dalam konteks ganjaran (dosa-pahala)...
salah satuh contoh adalah tiadanya azab yg menimpah manusiah sepertih azab di masah pra nabi Muhammad.Sodom,azab dibayar tunai oleh Allah.Membangkang nabi Nuh dapat hadiah badai.Menghujat nabi Muhammad?masih dibiarkan bersenang2 dan hidup agar bersediah bertobat...

nah mang,akan mengajak jamaah ke syafaat yg manah?
Syafaat saat penghisaban??


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by hamba tuhan on Fri Oct 21, 2011 12:21 am

@mang odoy wrote:
@hamba tuhan wrote:
@mang odoy wrote:TO ALL :

Yang lebih CANGGIH lagi..ane nemu dimari...

www.al-shia.org/html/id/books/Syafaat/index.htm

Mudah mudahan bermanfaat..

Wasalam,

berdasarkan link yg temenku tersayang mang odoy kasih tsb saya dapet ini....

kelompok Mu’tazilah menolak konsep syafaat. Abul Hasan Al-Khayyath, salah seorang tokoh kelompok ini, saat menafsirkan
ayat berikut ini,
أفمن ح ّ ق عليه كلمة العذاب أفأنت تنقذ من في النار ...
Artinya: Apakah (engkau hendak merubah nasib) orang yang telah pasti akan disiksa?
Apakah engkau akan menyelamatkan orang yang berada di dalam neraka?[52]
mengatakan,
“ Ayat ini dengan jelas menyatakan bahwa Rasulullah SAWW tidak mungkin dapat
menyelamatkan orang yang sudah pasti masuk ke dalam api neraka….”

http://www.al-shia.org/html/id/pdf/14.pdf

:lkj:

bisa baca gak yang ane gedein...???

www.al-shia.org/html/id/books/Syafaat/index.htm

bukan yang ini om..

http://www.al-shia.org/html/id/pdf/14.pdf

Saya gak ngurusin SHIAHNYA...tapi artikel tentang SYAFAAT yang ada dimari...
www.al-shia.org/html/id/books/Syafaat/index.htm

Kalo anda niat diskusi..silahkan bedah ntu artikel dalam link diatas...
Kalo mau OBRAL SEKTE...silahkan buka lapak baru....

Wasalam,


sapa yg mau ngobral sekte amang...... saya mau lihat aja amang ada dipihak mana pemahamannya tentang syafaat ini..... ehm!!! kan sama ja tuh sumber kedua2nya link tsb....
www.al-shia.org

:3: :3:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: SYAFAAT = PENGAMPUNAN DOSA...????

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik