FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Konsep reinkarnasi Tuhan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by mencari petunjuk on Wed May 08, 2013 12:11 pm

Konsep reinkarnasi Tuhan yang datang kedunia sebagai seorang manusia, mungkin diterima oleh sebagian besar orang Kristen karena merupakan bayangan Tuhan yang nyata, konsep ini jauh lebih mudah untuk dimengerti daripada konsep Tuhan yang abstrak yang tidak mungkin bisa di lihat.

Konsep inkarnasi Tuhan ini bagaimana sempurnanya kelihatan di permukaan, pada kenyataanya tidak benar/tidak konsisten secara filosofi ketuhanan karena alasan-alsan sbb:

Konsep Inkarnasi Tuhan merupakan kesalahan, karena konsep ini mengarahkan pendekatan manusia kepada Tuhannya hanya secara fisik.. Tujuan penurunan ayat adalah untuk memberi inspirasi agar manusia bisa mendekatkan diri secara bathin kepada Tuhannya, dan bukan Tuhan datang sendiri kedunia secara fisik untuk meyakinkan manusia.

Merupakan suatu ketidak adilan jika Tuhan harus datang sendiri hanya kepada seklompok manusia tertentu, sedangkan untuk manusia-manusia yang lain Tuhan hanya mengutus utusanya.

Kita selalu diajarkan bahwa Tuhan mencintai semua orang tanpa membeda-bedakan, tetapi kenapa Tuhan harus menurunkan seseorang sebagai anugerah bagi sekelompok orang sedangkan yang lainya tidak?

Konsep Tuhan datang ke dunia dan mengalami penderitaan sendiri bertentangan dengan sifat Maha tinggi Tuhan itu sendiri.

Alasan bahwa Tuhan sangat cinta kepada manusia sehingga Dia yang harus memikul penderitaan manusia karena kesalahanya, merupakan alasan yang sukar deterima, karena cinta Tuhan kepada manusia tidak berarti bertambah dengan Menukar penderitaan manusia kpd diri Tuhan itu sendiri.Konsep ini merupakan konsep ortodock dan tidak perlu, karena Cinta Tuhan kepada manusia sudah diberikan dengan sifatNya Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengampun.

Konsep Tuhan ber Inkarnasi, merupakan konsep yang bertentangan, karena orang yang diimajinasikan sebagai reinkarnasi Tuhan yaitu Yesus, mempunyai dua sifat yang sangat bertolak belakang. Perbedaan ini antara dunia disini yaitu Bumi dengan Dunia sana"Surga"

Pertama dikemukakan oleh Plato. Ia menyatakan bahwa Dunia itu berubah, tdk sempurna dan terbatas, sedangkan Surga tidak. Konsep sama juga berlaku untuk perbandingan manusia dan Tuhan. . #27 (The Debate about Christ, Don Cuppit, p.25)

Pada konsep Yesus sebagai inkarnasi Tuhan, Yesus dianggap sebagai pemersatu dua kutub yang berbeda. Sebagai Tuhan dia adalah tidak terbatas, sempurna dan Maha kuasa, tetapi sebagai manusia dia adalah terbatas, tidak sempurna dan tidak Maha Kuasa. Karena Yesus itu satu orang, maka dia menyandang dua sifat berurutan yang bertentangan sebagai orang yang terbatas dan tak terbatas, tidak mampu mengatasi semua keinginan dan mampu mengatasi semua keinginan, tidak sempurna dan sempurna dst....

Jika ajaran itu sendiri mengandung pertentangan didalamnya, maka konsep bahwa Tuhan Berinkarnasi menjadi Yesus, bukan cuma sekedar salah, tetapi merupakan bentuk kebohongan yang besar.

Konsep Inkarnasi Tuhan menjadi Yesus sebagai juru selamat yang mengajarkan bahwa penebusan dosa hanya bisa dicapai jika mempercayai Yesus, juga merupakan konsep yang tidak adil, karena berarti orang yang hidup sebelum Yesus mirip orang-orang tidak beruntung yang tidak bisa ditebus dosanya.

Konsep Tuhan berinkarnasi menjadi Yeus bertentangan dengan ayat sebagai berikut:
"No man shall see me and live" #28 (Exodus 33:20)
(Tdk seorangpun bisa melihatku dan hidup)

Jika Tuhan datang ke dunia menjelma sebagai seorang manusia, terlihat oleh manusia, bisa diraba oleh manusia, maka ayat diatas harusnya SALAH serta tidak ada mempunyai arti.

Konsep Yesus sebagai reinkarnasi Tuhan, juga mengundang pertanyaan serius tentang kemampuan Tuhan.

YESUS ANAK ALLAH

Salah satu gelar yang diberikan kepada Yesus adalah Anak Allah. Sebelum kerasulan Yesus serta pada masa kerasulan Yesus, gelar anak Allah ini tidak memberikan arti dan konotasi syirik.

Orang-orang Yahudi dan Israel sangat paham bahwa istilah anak Allah adalah simbolik belaka, mereka memahami seseorang dengan gelar anak Allah, berarti ia adalah orang yang sangat diperhatikan Allah, dibimbing secara langsung, diunggulkan dari manusia lain, diberi wahyu & mukjizat, pendek kata Anak Allah adalah hamba pilihan Allah.

Tetapi 40 tahun setelah kerasulan Yesus, yaitu ketika agama Kristen lahir dan mulai dianut oleh orang-orang penyembah berhala maka gelar anak Allah tersebut mulai bergeser maknanya, yang semula berarti hamba pilihan Allah kini mulai menjadi bermakna syirik, yaitu Yesus sebagai Tuhan karena dia adalah Anak Allah.

Perubahan makna ini ternyata berakibat FATAL, karena mau tidak mau akan menyebabkan banyaknya Tuhan dalam agama Kristen, karena gelar anak Allah ini, ternyata tidak dimiliki oleh Yesus saja tetapi nabi-nabi yang lain juga mendapatkan gelar anak Allah.


Gelar Anak Allah kepada nabi Ya’kub :
“...Israel (Ya’kub) ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung...” Keluaran 4:22-23

Gelar Anak Allah kepada nabi Daud :
"Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. " Samuel 7:13

Gelar Anak Allah kepada nabi Adam :
"“... anak Adam, anak Allah,” Lukas 3:38

Gelar Anak Allah kepada orang-orang Israel :
"....datanglah anak-nak Allah menghadap Tuhan. Ayub 1:6

Jadi kalau ingin konsisten Yesus sebagai Tuhan karena gelar anak Allah, maka nabi Adam, Ya’kub, Daud dan orang-orang Israel juga harus dijadikan Tuhan karena mereka juga mendapatkan gelar anak Allah, sehingga ada tuhan Adam, tuhan Ya’kub, tuhan Daud dan tuhan Israel,

bahkan firman Allah kepada nabi Daud :
"Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini” Mazmur 2:7

pada ayat tersebut sangat ekstrim dan amat jelas nabi Daud disebut sebagai anak Allah bahkan dikatakan selanjutnya telah Kuperanakkan, semestinya nabi Daud lebih dulu dijadikan Tuhan ketimbang Yesus, karena tidak ada ayat tentang Yesus se-ekstrim nabi Daud.

Yesus sendiri sebenarnya tidak pernah mengatakan dirinya se-bagai anak Allah bahkan secara lembut Yesus malah mengalihkan penyebutan anak Allah bagi dirinya menjadi anak manusia :

“...apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak", Jawab Yesus: "...kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa....” Matius 26:63-64

rupanya Yesus tidak ingin umatnya salah paham dlm memaknai anak Allah sehingga Yesus harus mengalihkan penyebutan dirinya menjadi anak manusia

Yesus juga menyebut dirinya di banyak ayat dengan sebutan anak manusia sebagai bukti bahwa dirinya memang anak manusia, berikut ini beberapa contoh dari sekian banyak ayat Yesus menyebut dirinya sebagai anak manusia :

Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia (Yesus) tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya” Matius 8:20

Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia” Matius 17:22

Lebih jauh Gereja mempunyai tiga lagi alasan untuk mendukung konsep "Yesus Anak Tuhan" yaitu:

1- Yesus diberkahi dengan Roh- Kudus atau Roh Suci.
2- The virgin birth / Kelahiran dari Sang Prawan
3- The nature of his miracles/ Sifat alam dari Mukjizatnya

Injil memang dengan jelas menyatakan bahwa Yesus diberkahi dengan Roh Kudus.

Namun demikian Injil juga ternyata menyebutkan bahwa bukan cuma Yesus yang diberkahi dengan Roh Kudus, ayat berikut menyatakan bahwa John (Yahya) juga diberkahi dengan Roh Kudus:

"He will also be filled with the Holy Spirit." #30 (Luke 1:15)
(Dia juga diberkahi dengan Roh Kudus)

Kita juga di ajari hal yang sama tentang Zakaria , ayah Yahya yang lurus. Dia juga diberkahi dengan Roh Kudus

"filled with the Holy Spirit" #31 (Luke 1:67)
(Dia diberkahi dengan Roh Kudus)

Sekarang marilah kita lihat apa arti sebenarnya dari Roh Kudus.

Pada waktu 200 th pertama setelah Yesus wafat, ketika Konsep trinitas belum dipakai oleh Gereja, Roh Kudus masih dimengerti sebagai Malaikat yang berkedudukan tinggi, bukan sebagai salah satu unsur dari Tuhan. Definisi ini didukung oleh beberapa ayat didalam Injil . Ayat-ayat tsb antara lain adalah :

"Now the birth of Jesus Christ was as follows: After his mother Mary was betrothed to Joseph, before they came together, she was found with child of the Holy Spirit" #32 (Mathew 1:18)

Sekarang perhatikan ayat ini:
"Now in the sixth month the angel Gabriel was sent by God to a city of Galilee called Nazareth, to a virgin betrothed to a man called Joseph of the house of David. The virgin's name was Mary." #33 (Luke 1:26-27)

Dari dua ayat tersebut kita mengetahui bahwa Roh Kudus dan Jibril merupakan dua hal yang sama.

Dengan demikian arti bahwa seseorang itu diberkahi dengan Roh Kudus sama dengan arti bahwa Tuhan menolong/mendukung orang tersebut dengan Malaikat Jibril sebagai pelindungnya.

"Berbahagialah segala orang yang mendamaikan orang, karena mereka itu akan disebut
anak-anak Allah" ... (Matius 5:59)

mencari petunjuk
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 192
Join date : 27.10.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by abu hanan on Wed May 08, 2013 12:28 pm



untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by isaku on Wed May 08, 2013 12:42 pm

nice info

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Wed May 08, 2013 1:57 pm


daripada 'tuhan' hanya ada di benak muhammad
tak pernah nongol, dia sebenarnya ada/tidak?
padahal tuhan-nya musa dulu juga nongol, secara fisik bisa dilihat musa
kok secara fisik tampil sebagai manusia malah dianggap aneh-aneh
tidak mungkinlah, tidak adil-lah, merendahkan-lah, bla bla..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by mencari petunjuk on Wed May 08, 2013 2:01 pm

Inkarnasi-inkarnasi Tuhan seperti Kresna, Rama, Osiris, Zeus, Sidharta dan Yesus yang juga disembah karena diyakini sebagai inkarnasi Tuhan yang turun ke bumi dengan membawa misi tertentu. Konsep-konsep perlambangan dan inkarnasi Tuhan ini dikenal sebagai agama politheism karena mengenal banyaknya bentuk Tuhan yang berinkarnasi ke dunia. Dan bentuk-bentuk fisik Tuhan (lambang dan Inkarnasi) dikenal sebagai BERHALA.Agama politheism inilah yang kemudian dikenal sebagai agama Budhaya.

mencari petunjuk
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 192
Join date : 27.10.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Wed May 08, 2013 2:07 pm


krisna misalnya...
dia hanyalah titisan dewa wisnu
di atas wisnu masih ada yang lebih kuasa

dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B dan TUHAN
adalah sesembahan-sesembahan manusia

kristen menyembah TUHAN
islam menyembah zat A

yang lain nyembah dewa ini/itu
yang lain nyembah berhala ini/itu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by mencari petunjuk on Wed May 08, 2013 4:42 pm

@SEGOROWEDI wrote:
krisna misalnya...
dia hanyalah titisan dewa wisnu
di atas wisnu masih ada yang lebih kuasa

dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B dan TUHAN
adalah sesembahan-sesembahan manusia

kristen menyembah TUHAN
islam menyembah zat A

yang lain nyembah dewa ini/itu
yang lain nyembah berhala ini/itu

bentuk-bentuk fisik Tuhan (lambang dan Inkarnasi) dikenal sebagai BERHALA

mencari petunjuk
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 192
Join date : 27.10.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Wed May 08, 2013 4:46 pm



dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B -> bukan Tuhan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by mencari petunjuk on Wed May 08, 2013 4:54 pm

@SEGOROWEDI wrote:

dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B -> bukan Tuhan

Hakikat dzat Allah yang sebenarnya tidak dapat diketahui dan tidak dapat dijangkau oleh akal dan fikiran manusia dan tidak dapat diraba-raba oleh imaginasi, karena manusia tidak dapat memiliki sarana yang memungkinkannya menembus alam gaib itu. Manusia harus puas dengan apa yang disifatkan oleh Allah tentang dzat-Nya sendiri. Dia adalah Maha Esa, tidak beranak dan tidak diperanakkan, tidak sesuatu yang menyamai-Nya atau setara dengan Dia.

“Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah yang Maha Halus lagi Maha mengetahui”. (Al-An’aam 10)

ini bukan bicara tentang zat padat dan zat air hasil olahan manusia, dangkal banget banget msh pemahamannya udah lama lagi di LI, wkwkwkwkk

mencari petunjuk
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 192
Join date : 27.10.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Wed May 08, 2013 5:00 pm



terserah definisi zat-mu apa..
tapi dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B -> bukan Tuhan
hanya sesembahan/ilah-ilah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by mang odoy on Fri May 10, 2013 6:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:

terserah definisi zat-mu apa..
tapi dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B -> bukan Tuhan
hanya sesembahan/ilah-ilah

Kalo YESUS masuk KATEGORI mana..??

Elohim..??? atowh YHWH..???
Tuhan....??? atow TUHAN....???

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Mon May 13, 2013 10:28 am



Tuhan menjadi manusia dalam sosok manusia Yesus
apa masalahnya bagi Tuhan?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by The.Barnabas on Mon May 13, 2013 11:13 am

^
^

kenapa rambut Tuhan Gondrong? boong
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Mon May 13, 2013 11:26 am



mutu dikit napa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by mang odoy on Fri May 17, 2013 3:22 am

@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

terserah definisi zat-mu apa..
tapi dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B -> bukan Tuhan
hanya sesembahan/ilah-ilah

Kalo YESUS masuk KATEGORI mana..??

Elohim..??? atowh YHWH..???
Tuhan....??? atow TUHAN....???

???????

mana jawabannya..??

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Fri May 17, 2013 4:56 am

@mang odoy wrote:
@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:

terserah definisi zat-mu apa..
tapi dewa, dewi, berhala, berhili, zat A, zat B -> bukan Tuhan
hanya sesembahan/ilah-ilah

Kalo YESUS masuk KATEGORI mana..??

Elohim..??? atowh YHWH..???
Tuhan....??? atow TUHAN....???

???????

mana jawabannya..??

TUHAN
kita memanggilnya TUHAN YESUS
kalau kalian kan gak pernah memenggil TUHAN tapi alloh
memanggil tuhan alloh swt juga sama-sekali tidak pernah
kenapa oh kenapa...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by submit on Sun Jun 09, 2013 8:37 am

@mencari petunjuk wrote:
YESUS ANAK ALLAH

Orang-orang Yahudi dan Israel sangat paham bahwa istilah anak Allah adalah simbolik belaka, mereka memahami seseorang dengan gelar anak Allah, berarti ia adalah orang yang sangat diperhatikan Allah, dibimbing secara langsung, diunggulkan dari manusia lain, diberi wahyu & mukjizat, pendek kata Anak Allah adalah hamba pilihan Allah.

Gelar Anak Allah kepada nabi Adam :
"“... anak Adam, anak Allah,” Lukas 3:38

Orang Yahudi percaya mereka bangsa terpilih atas dasar mereka Anak-anak Allah. Dan tidak bangsa manusia yang lain.

Namun bagi Kristen, Anak Allah berarti Tuhan lantas diartikan sebagai Tuhan di dalm kesatuan.

Namun kini jelas Anak Allah bukan sahaja satu, dan kelahirannya jauh lebih hebat dari Yesus tanpa perlu melalui rahim ibu. Maka kepercayaan kini hendaklah menjadi Empat Tuhan dalam kesatuan

....anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah. [Luke 3:38 ]

Sila baca hujah yang memperlihat kan ketidak aslian Injil Yunani (penuh kesilapan kerna tidak dipelihara Roh Kudus). Kenapa Roh kudus tidak bisa mebisik pada paderi agar menghasilkan kembali Injil diucap Yesus dalam bahasa asli Aramaik.

http://media.isnet.org/antar/Anton/Anton.pdf.

submit
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Posts : 15
Kepercayaan : Islam
Location : Malaysia
Join date : 31.05.13
Reputation : 3

http://media.isnet.org/antar/Anton/Anton.pdf

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 09, 2013 8:45 am


tak jelasin ya..

anak/Anak Allah...
israel disebut anak Allah atau anak sulung Allah (kej. 4:22-23; hosea 11:1), demikian uga raja israel, keturunan daud (2sam. 7:14; mzm 2:7), tetapi kemudian terutama gelar untuk Yesus Kristus yang mnyatakan bahwa Ia berasal dari Allah dan melakukan kehendak Bapa-Nya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by Kedunghalang on Sun Feb 16, 2014 6:00 pm

@SEGOROWEDI wrote:
tak jelasin ya..

anak/Anak Allah...
israel disebut anak Allah atau anak sulung Allah (kej. 4:22-23; hosea 11:1), demikian uga raja israel, keturunan daud (2sam. 7:14; mzm 2:7), tetapi kemudian terutama gelar untuk Yesus Kristus yang mnyatakan bahwa Ia berasal dari Allah dan melakukan kehendak Bapa-Nya

Para Nabi/Rasul yang diutus Allah semuanya berasal dari Allah dan melakukan kehendak Allah. Jadi, dibandingkan dengan para Nabi/Rasul terdahulu, Yesus as tidak ada kelebihannya, melainkan hanya sebagai Nabi/Rasul yang diberi Kitab Injil dan diutus Allah kepada Bani Israil yang melaksanakan dan menggenapi hukum Taurat.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Konsep reinkarnasi Tuhan

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik