FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Sat Dec 15, 2012 9:35 pm

ada seseorang yang tadinya melakukan perbuatan baik karena hukum --> setelah/ketika melakukan perbuatan baik, orang tsb merasakan/memperoleh kepuasan batin --> sejak saat itulah orang tsb melakukan perbuatan baik untuk mengejar/mencari kepuasan batin!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Sun Dec 16, 2012 9:41 pm

up
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by Foxhound on Sun Dec 16, 2012 10:36 pm

ini maksudnya mau menyaingi debat saya ama musicman? Atau mau bikin topik sendiri?

Kalau mau bikin topik sendiri... dilengkapi dikit argumen pembukanya, dijelaskan lebih gamblang dasar argumennya... masih bingung nih dengan deskripsi anda...


sebagai input aja... hukum dan hukuman, adalah dua hal berbeda. mungkin bisa dijelaskan dulu yang bener gimana.... "baik setelah mendapat hukuman" mungkin?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Sun Dec 16, 2012 11:22 pm

menjadi baik karena awalnya melakukan/bertindak sesuai hukum/aturan! piss

avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by Foxhound on Mon Dec 17, 2012 12:14 pm

@frontline defender wrote:menjadi baik karena awalnya melakukan/bertindak sesuai hukum/aturan! piss

Ok. Agak jelas sekarang...

Di Belanda, tidak ada aturan yang melarang orang mengisap ganja.
Siapa yang baik di Belanda, yang tidak menghisap ganja, atau yang menghisap ganja?
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Mon Dec 17, 2012 12:23 pm

yang tidak mengisap ganja!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by Foxhound on Mon Dec 17, 2012 12:37 pm

@frontline defender wrote:yang tidak mengisap ganja!

Jadi orang baik, menurut definisi anda sendiri, adalah yang tidak mengisap ganja meskipun tidak ada hukum yang mengaturnya...

Orang baik, tidak butuh hukum...
avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Mon Dec 17, 2012 3:47 pm

@Foxhound wrote:Orang baik, tidak butuh hukum...
tapi kan yang kita bahas orang yang semula belum baik, bukan orang yang semula sudah baik! piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by isaku on Mon Dec 17, 2012 5:31 pm

Apakah itu baik dan buruk?
baik dan buruk hanyalah penilaian....
seseorang dinilai baik jika menyenangkan hati dan dinilai buruk jika menyakiti hati...
apakah seorang wanita cantik telanjang di depan umum baik atau buruk?
dinilai baik karena menyenangkan hati yg melihatnya,
tapi ketika para laki2 berebutan ingin berdekatan dan ingin mengawininya sehingga terjadi perkelahian....... pada saat itu tidak ada bedanya manusia dengan binatang,..
maka dinilai sebagai sesuatu yg buruk...
disitulah hukum membatasi, sebagai warning, konstrain...

apakah hukum bisa menyebabkan orang menjadi baik?
bisa... hukum membatasi orang dari melakukan hal yg merugikan orang lain
maka dia akan dinilai sebagai orang baik..... oleh pembuat peraturan


tapi akan dianggap buruk oleh yg tidak setuju dgn aturan itu

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3589
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 141

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by Foxhound on Mon Dec 17, 2012 7:30 pm

@frontline defender wrote:
tapi kan yang kita bahas orang yang semula belum baik, bukan orang yang semula sudah baik! piss

yes
Ok, ndak papa, tadinya kan belum jelas dan tegas, yang mau dibahas yang mana dengan definisi apa....

dan saya ini di Laskar Islam, muslim kalau memang perlu, pasti saya persilahkan membetulkan, meralat atau memperjelas premise kalau memang perlu koq... kalau dengan saya, misal kelihatan salah premise di belakang, mau direset ulang dengan premise baru pasti saya persilahkan juga tanpa perlu takut saya gunakan sebagai senjata untuk mengolok2... no worries

Mari kita perjelas lagi:

Jadi yang dibahas adalah "orang yang semula belum baik"

Penilaiannya dari mana bisa masuk kategori "orang yang semula belum baik" ? Karena kerap melanggar hukum, atau apa?


avatar
Foxhound
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 612
Kepercayaan : Protestan
Location : Jakarta
Join date : 28.09.12
Reputation : 57

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Tue Dec 18, 2012 11:39 am

@Foxhound wrote:Penilaiannya dari mana bisa masuk kategori "orang yang semula belum baik" ? Karena kerap melanggar hukum, atau apa?
karena melakukan kebaikannya bukan karena dorongan/kesadaran pribadi, tapi karena hukum/aturan!

avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by jakajayagiri-2 on Tue Dec 18, 2012 12:14 pm

@frontline defender wrote:
@Foxhound wrote:Penilaiannya dari mana bisa masuk kategori "orang yang semula belum baik" ? Karena kerap melanggar hukum, atau apa?
karena melakukan kebaikannya bukan karena dorongan/kesadaran pribadi, tapi karena hukum/aturan!


Jadi makin jelas, hukum tidak bisa membuat org (yg semula tidak baik) menjadi baik.
Hukum hanya membuat org yg tidak baik menjadi kelihatan baik (krn takut menampakkan ketidakbaikannya)
Hukum tidak bisa membuat org merubah kesadarannya. Hukum hanya menebarkan rasa jera dan rasa takut.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Tue Dec 18, 2012 12:20 pm

lalu kalau kasusnya seperti yang di post #1, gimana? mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by jakajayagiri-2 on Tue Dec 18, 2012 12:32 pm

@frontline defender wrote:lalu kalau kasusnya seperti yang di post #1, gimana? mana
OK, saya kutip:
ada seseorang yang tadinya melakukan perbuatan baik karena hukum --> setelah/ketika melakukan perbuatan baik, orang tsb merasakan/memperoleh kepuasan batin --> sejak saat itulah orang tsb melakukan perbuatan baik untuk mengejar/mencari kepuasan batin!

Hukum apa yg membuat org berbuat baik?
Hukum itu hanya membuat org tidak berbuat jahat. Tidak berbuat jahat bukan serta merta berarti berbuat baik. Hukum mencegah org untuk mencuri, sbg akibatnya org tidak mencuri. Tidak mencuri bukanlah berbuat baik, tidak mencuri itu adalah tidak berbuat jahat.
Tidak ada hukum yg bisa merubah org dr berbuat jahat (mencuri) menjadi berbuat baik (jadi penderma). Menjadi penderma (berbuat baik bukan krn hukum melarang mencuri tapi krn ada kesadaran org untuk menolong org lain. Bukan larangan mencuri yg merubahnya.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Tue Dec 18, 2012 1:02 pm

@jakajayagiri wrote:Hukum apa yg membuat org berbuat baik?
Hukum itu hanya membuat org tidak berbuat jahat. Tidak berbuat jahat bukan serta merta berarti berbuat baik. Hukum mencegah org untuk mencuri, sbg akibatnya org tidak mencuri. Tidak mencuri bukanlah berbuat baik, tidak mencuri itu adalah tidak berbuat jahat.
Tidak ada hukum yg bisa merubah org dr berbuat jahat (mencuri) menjadi berbuat baik (jadi penderma). Menjadi penderma (berbuat baik bukan krn hukum melarang mencuri tapi krn ada kesadaran org untuk menolong org lain. Bukan larangan mencuri yg merubahnya.
ada seseorang yang tadinya melakukan penghijauan karena aturan pemkot --> setelah pohonnya tumbuh dan banyak dimanfaatkan manusia untuk berteduh maupun binatang untuk sarang, orang tsb merasakan/memperoleh kepuasan batin --> sejak saat itulah orang tsb melakukan penghijauan untuk mengejar/mencari kepuasan batin (karena dorongan/kesadaran pribadi)!

piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by barabasmurtad on Tue Dec 18, 2012 1:10 pm

@frontline defender wrote:ada seseorang yang tadinya melakukan perbuatan baik karena hukum --> setelah/ketika melakukan perbuatan baik, orang tsb merasakan/memperoleh kepuasan batin --> sejak saat itulah orang tsb melakukan perbuatan baik untuk mengejar/mencari kepuasan batin!


menjawab thread anda: BENARKAH HUKUM TIDAK BISA MEMBUAT ORANG MENJADI BAIK?

benar sekali, karena bila tidak ada hukum yang menyatakan JANGAN MENCURI, MAKA MENCURI TIDAK MENJADI SUATU KEJAHATAN, dan inilah yang dicatat oleh Firman Tuhan:

Rom 3:1 Jika demikian, apakah kelebihan orang Yahudi dan apakah gunanya sunat?
Rom 3:2 Banyak sekali, dan di dalam segala hal. Pertama-tama: sebab kepada merekalah dipercayakan firman Allah.
Rom 3:3 Jadi bagaimana, jika di antara mereka ada yang tidak setia, dapatkah ketidaksetiaan itu membatalkan kesetiaan Allah?
Rom 3:4 Sekali-kali tidak! Sebaliknya: Allah adalah benar, dan semua manusia pembohong, seperti ada tertulis: "Supaya Engkau ternyata benar dalam segala firman-Mu, dan menang, jika Engkau dihakimi."
Rom 3:5 Tetapi jika ketidakbenaran kita menunjukkan kebenaran Allah, apakah yang akan kita katakan? Tidak adilkah Allah--aku berkata sebagai manusia--jika Ia menampakkan murka-Nya?
Rom 3:6 Sekali-kali tidak! Andaikata demikian, bagaimanakah Allah dapat menghakimi dunia?
Rom 3:7 Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin melimpah bagi kemuliaan-Nya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa?
Rom 3:8 Bukankah tidak benar fitnahan orang yang mengatakan, bahwa kita berkata: "Marilah kita berbuat yang jahat, supaya yang baik timbul dari padanya." Orang semacam itu sudah selayaknya mendapat hukuman.
Rom 3:9 Jadi bagaimana? Adakah kita mempunyai kelebihan dari pada orang lain? Sama sekali tidak. Sebab di atas telah kita tuduh baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, bahwa mereka semua ada di bawah kuasa dosa,
Rom 3:10 seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.
Rom 3:11 Tidak ada seorangpun yang berakal budi, tidak ada seorangpun yang mencari Allah.
Rom 3:12 Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak.
Rom 3:13 Kerongkongan mereka seperti kubur yang ternganga, lidah mereka merayu-rayu, bibir mereka mengandung bisa.
Rom 3:14 Mulut mereka penuh dengan sumpah serapah,
Rom 3:15 kaki mereka cepat untuk menumpahkan darah.
Rom 3:16 Keruntuhan dan kebinasaan mereka tinggalkan di jalan mereka,
Rom 3:17 dan jalan damai tidak mereka kenal;
Rom 3:18 rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu."
Rom 3:19 Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam Kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.
Rom 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.


JADI HUKUM PADA DASARNYA TIDAK MEMBUAT MANUSIA MENJADI LEBIH BAIK, MELAINKAN OLEH HUKUMLAH MANUSIA DIBERANGUS DARI SEGALA PERBUATANNYA DAN PELANGGARAN TERHADAP HUKUM ITU MENDATANGKAN HUKUMAN

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 74
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by jakajayagiri-2 on Tue Dec 18, 2012 1:41 pm

@frontline defender wrote:
@jakajayagiri wrote:Hukum apa yg membuat org berbuat baik?
Hukum itu hanya membuat org tidak berbuat jahat. Tidak berbuat jahat bukan serta merta berarti berbuat baik. Hukum mencegah org untuk mencuri, sbg akibatnya org tidak mencuri. Tidak mencuri bukanlah berbuat baik, tidak mencuri itu adalah tidak berbuat jahat.
Tidak ada hukum yg bisa merubah org dr berbuat jahat (mencuri) menjadi berbuat baik (jadi penderma). Menjadi penderma (berbuat baik bukan krn hukum melarang mencuri tapi krn ada kesadaran org untuk menolong org lain. Bukan larangan mencuri yg merubahnya.
ada seseorang yang tadinya melakukan penghijauan karena aturan pemkot
Ini konteksnya kewajiban. Bukan hukum yg bersifat larangan perbuatan jahat.

--> setelah pohonnya tumbuh dan banyak dimanfaatkan manusia untuk berteduh maupun binatang untuk sarang, orang tsb merasakan/memperoleh kepuasan batin --> sejak saat itulah orang tsb melakukan penghijauan untuk mengejar/mencari kepuasan batin (karena dorongan/kesadaran pribadi)!
Lihat..apakah kewajibannya itu yg membuat dia jadi baik? Bukan! Yg mendorong dia jadi baik adalah kepuasan yg dia dapatkan.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Tue Dec 18, 2012 1:48 pm

benar, dan kepuasan batin yang dia dapatkan tsb, mendorong dia berbuat baik dengan kesadaran sendiri!

2 good

avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by jakajayagiri-2 on Tue Dec 18, 2012 1:56 pm

@frontline defender wrote:benar, dan kepuasan batin yang dia dapatkan tsb, mendorong dia berbuat baik dengan kesadaran sendiri!

2 good

Ya, berarti bukan hukum/kewajibannya yg jadi penyebab.

jakajayagiri-2
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 995
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 04.09.12
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by abu hanan on Sun Aug 18, 2013 4:12 am

ehmm 

case closed?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Sun Aug 18, 2013 5:17 am

jangan dulu Pak, soalnya siapa tahu saja kalau entar Paman Fox balik lagi kesini, atau kalau tidak, siapa tahu saja akan ada netter lain yang sepandangan dengan beliau datang kemari!

piss 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by abu hanan on Sun Jun 15, 2014 5:40 pm

lebih dulu mana?
hukum atow etika?


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Sat Jun 28, 2014 12:44 pm

tergantung masyarakatnya dulu, kalau awalnya bar2 maka yang muncul hukum terlebih dahulu, sebaliknya kalau awalnya beradab maka yang muncul etika terlebih dulu!

 piss 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by abu hanan on Thu Jul 03, 2014 4:42 pm

lha gak bisa dunk..barbar pun punya hukum yang pantas menurut mereka..orang barbar mungkin merasa aneh jika liat hukum adabiun (kaum beradab)..
di masa lalu,adalah normal kalow seseorang dipenggal kepalanyah ketika si korban nih menodai kehormatan keluarganyah..tapi orang sekarang akan melihat itu kejam (pancung) dan lebih cenderung membela penoda daripada ternoda..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by frontline defender on Thu Jul 03, 2014 11:31 pm

oh, jadi menurut mbah, semua masyarakat itu awalnya selalu bar2 ya mbah? masak nggak ada masyarakat yang awalnya beradab seperti yang ada di film The God Must Be Crazy?

 piss 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah Hukum Tidak Bisa Membuat Orang Menjadi Baik?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik