FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Halaman 16 dari 16 Previous  1 ... 9 ... 14, 15, 16

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by oglikom on Tue Dec 04, 2012 12:37 am

First topic message reminder :

Kita bisa lega bila Neraka yang harus didatangi hanya sementara walaupun harus merasakan sebagian tubuh kita hangus terbakar, seperti yang tertulis dalam:

Surah Maryam (19).71
Dan tidak ada seorangpun daripadamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.

Dalam ayat ini kita bisa mengetahui bahwa semua orang Islam harus mendatangi Neraka dulu yang merupakan ketetapan dari Tuhan nya.... panas

Tapi masih bisa menarik nafas lega setelah membaca kelanjutannya, pada:

Surah Maryam (19).72
Kemudian Kami akan menyelamatkan yang bertaqwa dan membiarkan orang-orang yang zalim didalam neraka dalam keadaan berlutut.

Namun bagi orang-orang zalim juga bisa bernafas lega bila membaca:
Surah Huud (11).106-107
Adapun orang-orang yang celaka, maka tempatnya didalam neraka, didalamnya mereka mengeluarkan nafas dan menariknya dengan (merintih).(107) Mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi kecuali jika Rabbmu menghendaki yang (lain).

Orang zalim masih ada kesempatan bebas setelah Hari Akhir atau Kiamat, karena dikatakan hanya kekal selama ada langit dan bumi. Sedangkan kita tahu bahwa pengertian KIAMAT adalah langit dan bumi akan dihancurkan.

TETAPI INI yang benar-benar celaka bagi mereka yang sudah dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan kedalam surga Islam. Ternyata mengalami "keberuntungan" seperti mereka yang zalim.......yaitu menempati surga hanya seumur langit dan bumi.

Surah Huud (11).108
Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya didalam surga mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain), sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.

Ini suatu keberuntungan atau kemalangan silahkan memutuskan dalam renungan.


Terakhir diubah oleh oglikom tanggal Tue Dec 04, 2012 12:43 am, total 1 kali diubah

oglikom
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2360
Kepercayaan : Lain-lain
Location : sidoarjo
Join date : 05.10.12
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down


Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Thu Oct 30, 2014 10:53 am

@SEGOROWEDI wrote:
'akan diberikan' kok disimpulkan yang diberikan belum ada..
lalu bawa-bawa 14/48 yang gak bicara sorga

- namanya juga "akan diberikan" .......... kapan diberikannya ? ....... bisa anda jawab ? ........... trus dalam ayat 14/48, dikatakan "bumi diganti dengan bumi lain" ...... apa maknanya ? .... memang ayat ini tidak bicara langsung "sorga" tetapi di-istilahkan dengan "bumi lain" .... key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 72
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Thu Oct 30, 2014 6:59 pm


- bisa saja to..
barangnya sudah ada tapi diberikannya kemudian..
alias nanti 'akan' diberikan..

- bumi diganti bumi..
padahal yang aku tanya dan yang dibahas itu sorga..
bumi lagi bumi lagi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Sat Nov 01, 2014 10:47 am

@SEGOROWEDI wrote:
- bisa saja to..
barangnya sudah ada tapi diberikannya kemudian..
alias nanti 'akan' diberikan..

- bumi diganti bumi..
padahal yang aku tanya dan yang dibahas itu sorga..
bumi lagi bumi lagi..

hi hi hi ............... gak usah main tebak-tebakan .......... kalo anda yakin sorga dah ada ... tolong tunjukan ayatnya.

bumi yang lain itulah yang dimaksud sorga, penggantian ini terjadi pada peristiwa "SA'AH" ......... ini menunjukan bahwa sorga itu "baru ada" setelah peristiwa Sa'ah.

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 72
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 03, 2014 4:06 pm


- gak urusan..
poin saya 'akan' diberikan tidak berarti yang akan diberikan belum ada..
- bumi dan sorga tentu beda.. padahal jelas: bumi diganti bumi..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Tue Nov 04, 2014 10:38 am

@SEGOROWEDI wrote:
- gak urusan..
poin saya 'akan' diberikan tidak berarti yang akan diberikan belum ada..
- bumi dan sorga tentu beda.. padahal jelas: bumi diganti bumi..

hi hi hi ................ silakan aja pake yang anda imani ......... tokh aku juga ga rugi apa2 ............... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 72
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Kedunghalang on Tue Nov 04, 2014 11:48 am

Menurut Al Qur'an, surga akhirat itu kekal.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 04, 2014 3:46 pm

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
- gak urusan..
poin saya 'akan' diberikan tidak berarti yang akan diberikan belum ada..
- bumi dan sorga tentu beda.. padahal jelas: bumi diganti bumi..

hi hi hi ................ silakan aja pake yang anda imani ......... tokh aku juga ga rugi apa2 ............... okey

kesimpulanmu hanya berdasar 'akan' itu lho
absurd

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Sun Nov 09, 2014 10:07 am

@Kedunghalang wrote:Menurut Al Qur'an, surga akhirat itu kekal.

pasti kekalnya ......... bukan saja surga yang kekal, tetapi semua kehidupan di akhirat "pasti kekalnya" .................... okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 72
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Sun Nov 09, 2014 10:13 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
- gak urusan..
poin saya 'akan' diberikan tidak berarti yang akan diberikan belum ada..
- bumi dan sorga tentu beda.. padahal jelas: bumi diganti bumi..

hi hi hi ................ silakan aja pake yang anda imani ......... tokh aku juga ga rugi apa2 ............... okey

kesimpulanmu hanya berdasar 'akan' itu lho
absurd

hi hi hi ............... tidak hanya itu oooomm, tetapi juga berdasarkan kandungan ayat 14/48 ...... kata "bumi yang lain" dimaksudkan adalah "bumi yang sudah diperbaiki" melaui peristiwa "SA'AH" (penutupan sejarah kehidupan makhluk hidup di dunia) ............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 72
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 10, 2014 5:20 pm


tetep BUMI, bukan sorga..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Tue Nov 11, 2014 10:01 am

@SEGOROWEDI wrote:
- bisa saja to..
barangnya sudah ada tapi diberikannya kemudian..
alias nanti 'akan' diberikan..

- bumi diganti bumi..
padahal yang aku tanya dan yang dibahas itu sorga..
bumi lagi bumi lagi..

hi hi hi ............ diminta ayatnya yang menyatakan ALLAH telah menciptakan surga, gak muncul-muncul ........ sayang sekali pemahaman anda blon nyampe .......... trus dah dibilang bumi yang lain itu dimaksudkan adalah surga (bumi yangtelah diperbaiki) ...... memang gak mudah untuk memahami ayat-ayatr alquran ................ key

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 72
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Jagona on Tue Nov 11, 2014 10:09 am

@SEGOROWEDI wrote:
tetep BUMI, bukan sorga..

hi hi hi ............. ooommmm, bumi yang telah diperbaiki/diperbaharui melalui peristiwa Sa'ah namanya "SORGA" .............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 72
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 11, 2014 5:31 pm

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
- bisa saja to..
barangnya sudah ada tapi diberikannya kemudian..
alias nanti 'akan' diberikan..

- bumi diganti bumi..
padahal yang aku tanya dan yang dibahas itu sorga..
bumi lagi bumi lagi..

hi hi hi ............ diminta ayatnya yang menyatakan ALLAH telah menciptakan surga, gak muncul-muncul ........ sayang sekali pemahaman anda blon nyampe .......... trus dah dibilang bumi yang lain itu dimaksudkan adalah surga (bumi yangtelah diperbaiki) ......  memang gak mudah untuk memahami ayat-ayatr alquran ................ key

lha adam terjun payung ke bumi kan berarti tadinya gak di bumi..
ada pemahaman jannah itu sorga

ayat baru akan bikin sorga juga gak ada

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 11, 2014 5:33 pm

@Jagona wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
tetep BUMI, bukan sorga..

hi hi hi ............. ooommmm, bumi yang telah diperbaiki/diperbaharui melalui peristiwa Sa'ah namanya "SORGA" .............. okey

mana kata 'sorga'-nya?
bumi kok disulap jadi sorga

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by mutiiiara on Sat Jul 11, 2015 5:53 am

@Jagona wrote:
@Kedunghalang wrote:Menurut Al Qur'an, surga akhirat itu kekal.

pasti kekalnya ......... bukan saja surga yang kekal, tetapi semua kehidupan di akhirat "pasti kekalnya" .................... okey

kekal sepanjang Allah yang Maha Kekal dan Maha Berkehendak mrnghendakinya demikian.
avatar
mutiiiara
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1083
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 10.03.14
Reputation : 11

http://www.IslamtrulyISLAM.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 7:38 am

neraka bisa kekal(tanpa batas), bisa sementara(kekal lestari), tergantung dosa/keburukanya(dalam total seumur hidup) lebih berat timbangannya(diMata Tuhan) atau tidak


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sun Sep 03, 2017 10:24 am, total 2 kali diubah
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 21239
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 117

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 7:43 am

karena Tuhan tidak akan mau, untuk mengeluarkan orang-orang yang dari hatinya suka melakukan perbuatan-perbuatan dosa-dosa besar terus menerus. Jadi Tuhan tidak akan berkehendak untuk orang-orang seperti itu.

namun Tuhan bisa berkehendak kepada orang-orang yang tidak seperti itu, yaitu ketika orang-orang yang tidak seperti itu sudah selesai hukumanya(dalam pandangan Tuhan).
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 21239
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 117

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by dharma_senapati on Mon Sep 24, 2018 11:59 am

SURGA itu tidak kekal ada lifetime-nya
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 47
Posts : 305
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by njlajahweb on Mon Sep 24, 2018 12:41 pm

nibana tidak kekal selama keegoisan hati masih bisa tumbuh kembali.
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 21239
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 117

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by dharma_senapati on Mon Sep 24, 2018 3:17 pm

kalau ini :
@dharma_senapati wrote:SURGA itu tidak kekal ada lifetime-nya
ada dasarnya



Bagi dewa-dewa di alam Empat Raja Besar, satu hari satu malam sama dengan lima puluh tahun manusia, tiga puluh hari itu sama dengan satu bulan, dan dua belas bulan seperti sama dengan satu tahun. Usia kehidupan para dewa di alam Empat Raja Besar itu lima ratus tahun surgawi.

Para bhikkhu, jika seorang wanita atau pria di sini melakukan Uposatha yang sempurna di dalam delapan faktor ini, dengan hancurnya tubuh, setelah kematian, ada kemungkinan bagi mereka untuk terlahir kembali di tengah tengah para dewa di alam Empat Raja Besar. Berdasarkan hal inilah maka kukatakan bahwa kekuasaan manusia tidak ada artinya dibandingkan dengan kebahagiaan surgawi.

Bagi dewa-dewa Tavatimsa, satu hari satu malam sama dengan seratus tahun manusia … Usia kehidupan para dewa Tavatimsa itu seribu tahun surgawi … Bagi dewa-dewa Yama, satu hari satu malam sama dengan dua ratus tahun manusia… Usia kehidupan para dewa Yama itu dua ribu tahun surgawi … Bagi dewa-dewa Tusita, satu hari satu malam sama dengan empat ratus tahun manusia . .. Usia kehidupan para dewa Tusita itu empat ribu tahun surgawi … Bagi dewa-dewa Yang Senang Mencipta, satu hari satu malam sama dengan delapan ratus tahun manusia … Usia kehidupan para dewa Yang Senang Mencipta itu delapan ribu tahun surgawi … Bagi dewa-dewa Yang Mengontrol Apa yang Diciptakan oleh Yang Lain, satu hari satu malam sama dengan seribu enam ratus tahun manusia; tiga puluh hari seperti itu sama dengan satu bulan, dan dua belas bulan seperti itu sama dengan satu tahun. Usia kehidupan para dewa Yang Mengontrol Apa yang Diciptakan oleh Yang Lain itu enam belas ribu tahun surgawi. Para bhikkhu, jika seorang wanita atau pria di sini melakukan Uposatha yang sempurna di dalam delapan faktor ini, dengan hancurnya tubuh, setelah kematian, ada kemungkinan bagi mereka untuk terlahir kembali di tengah tengah para dewa Yang Mengontrol Apa yang Diciptakan oleh Yang Lain. Berdasarkan hal inilah maka kukatakan bahwa kekuasaan manusia tidak ada artinya dibandingkan dengan kebahagiaan surgawi.

sedangkan kalau ini :
@njlajahweb wrote:nibana tidak kekal selama keegoisan hati masih bisa tumbuh kembali.
gak ada dasarnya
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 47
Posts : 305
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by njlajahweb on Mon Sep 24, 2018 5:22 pm

nibana tidak kekal selama keegoisan hati masih bisa tumbuh kembali, karena aku percaya jika hati bisa ada kepercayaan yang tak bersyarat pada Tuhan maka nibana bisa kekal abadi.
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 21239
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 117

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by dharma_senapati on Tue Sep 25, 2018 12:54 am

jgn samakan nibbana dgn surga
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 47
Posts : 305
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by njlajahweb on Tue Sep 25, 2018 2:08 pm

nibana lebih kearah batiniah, karena batiniah yang dikuasai oleh ketenangan hati yang tak bersyarat, maka bisa menimbulkan suasanya surga dalam alam batin manusia.
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 21239
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 117

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by dharma_senapati on Wed Oct 03, 2018 10:21 am

jadi intinya SURGA itu tidak kekal abadi karena ada batas waktu (life-time nya)
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 47
Posts : 305
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by njlajahweb on Wed Oct 03, 2018 10:29 am

nibana yang benar itu, pada hakikatnya tidak akan terbatas waktu.
avatar
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 21239
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 117

Kembali Ke Atas Go down

Re: Surga Kekal atau SEMENTARA...?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 16 dari 16 Previous  1 ... 9 ... 14, 15, 16

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik