FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by Admin on Sun Oct 09, 2011 3:50 pm

GOTHENBURG - GUNNAR SAMUELSSON, SEORANG KRISTEN FANATIK DAN PAKAR TEOLOGI SWEDIA MENYIMPULKAN BAHWA YESUS TIDAK MUNGKIN MATI DISALIB KARENA TIDAK ADA BUKTI YANG MENUNJUKKAN BAHWA ORANG-ORANG ROMAWI MENYALIB TAHANANNYA PADA 2000 TAHUN YANG LALU

Dalam tesis berjudul “Crucifixion in Antiquity: An Inquiry into the Background of the New Testament Terminology of Crucifixion”(Penyaliban pada Jaman Dahulu: Sebuah Penyelidikan terhadap Latar Belakang Terminologi Penyaliban dalam Perjanjian Baru),...
Samuelsson menyebut kisah penyaliban Yesus hanya didasarkan pada tradisi gereja Kristen dan ilustrasi artistik, bukan pada teks-teks kuno.

Tesis Samuelsson setebal 400 halaman itu adalah hasil studi penelitian yang saksama terhadap teks asli. Teolog dari Universitas Gothenburg Swedia ini menyebut Alkitab telah disalahartikan, karena tidak ada referensi atau pernyataan yang secara eksplisit menyebut penggunaan paku atau untuk penyaliban.

Menurutnya, dalam Alkitab hanya tercantum bahwa Yesus membawa “staurus” menuju Kalvari, tapi ini bukan berarti salib tetap bisa juga berarti ‘tiang’
Masalahnya adalah deskripsi dari penyaliban tidak ada dalam literatur kuno,” kata Samuelsson dalam sebuah wawancara dengan Daily Telegraph, Sabtu (3/7/2010).

Sumber-sumber yang Anda harapkan untuk menemukan pemahaman yang sesungguhnya tentang peristiwa itu benar-benar tidak mengatakan pernyataan apapun,” tegasnya.

...deskripsi dari penyaliban tidak ada dalam literatur kuno...


Dalam literatur Yunani Kuno, Latin maupun naskah Ibrani dari Homer ke abad pertama menggambarkan sejumlah hukuman gantung, tapi tidak menyebutkan “salib” atau “penyaliban.”
“Jika Anda mencari teks yang menggambarkan tindakan seseorang yang dipaku pada salib, maka Anda tidak dapat menemukan di manapun kecuali pada Injil. Banyak literatur kontemporer yang memberikan terminologi samar, termasuk literatur Latin,”lanjutnya.
"Konsekuensinya, pemahaman kontemporer tentang penyaliban sebagai hukuman, sangat diragukan," ujar Samuelsson kepada koran Inggris tersebut.
"Dan yang lebih diragukan lagi, apakah hal yang sama bisa disimpulkan atas peristiwa penyaliban Yesus. Perjanjian Baru tidak mengatakan sebanyak apa yang ingin kita percayai," tandas Samuelsson.

Hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa Yesus dibiarkan mati setelah dipaku di atas tiang salib, baik dalam literatur kuno pra-Kristen dan ekstra-Alkitab kuno maupun Alkitab.

...Konsekuensinya, pemahaman kontemporer tentang penyaliban sebagai hukuman, sangat diragukan...


Samuelsson mengakui bahwa umat kristiani lebih mudah untuk bereaksi secara emosional, bukan logis untuk penelitian yang sangat seksama ke jantung imannya. Dia menambahkan, teks-teks yang berbicara tentang eksekusi, tidak menjelaskan bagaimana Yesus dilekatkan pada alat eksekusinya.
Ini adalah inti masalahnya. Teks tentang kisah-kisah sengsara yang dialami oleh Yesus adalah tidak tepat dan informasinya ditambah-tambahi, sebagaimana yang diinginkan oleh kita orang Kristen,” jelas Samuelsson.
Jika anda mencari teks yang menggambarkan kisah pemakuan orang di atas tiang salib, anda tidak akan menemukan apapun kecuali dalam Bibel,” tambahnya.

...Jika anda mencari teks yang menggambarkan kisah pemakuan orang di atas tiang salib, anda tidak akan menemukan apapun kecuali dalam Bibel...

Semua literatur kontemporer menggunakan terminologi yang samar-samar, termasuk yang ditulis dalam bahasa Latin. Sementara itu, kata Latin “crux” tidak selalu berarti salib, dan kata “patibulum” tidak selalu berarti palang salib....

Kedua kata tersebut digunakan dalam arti yang lebih luas daripada itu. Meski hasil penelitiannya menegaskan bahwa tidak ada bukti Yesus disalib, Samuelsson mengatakan ia masih percaya bahwa Yesus anak tuhan. Ia hanya meminta agar umat Kristen memperbaiki pemahamannya terhadap Bibel. “Saya percaya bahwa orang yang disebutkan (Yesus) adalah anak Allah. Saran saya orang Kristen harus harus membaca teks itu, tidak seperti yang ingin kita pikirkan. Kita harus membaca di tiap kalimat, bukan yang tersirat. Teks Alkitab cukup dibaca tanpa perlu menambahkan apa-apa,” pungkas dosen Gothenburg University itu.
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://laskarislam.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by mang odoy on Tue Oct 11, 2011 5:09 am

Waduhh...bau TIANG JEMURAN negh.... lol

ada yang mau NEMENIN...???? hi hi hi...

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by abu hanan on Tue Oct 11, 2011 3:28 pm

@mang odoy wrote:Waduhh...bau TIANG JEMURAN negh.... lol

ada yang mau NEMENIN...???? hi hi hi...
yang sate,yang jemuran minimali (atoh minimABIS)
wkwkwkwk..


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by mang odoy on Tue Oct 11, 2011 8:46 pm

@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:Waduhh...bau TIANG JEMURAN negh.... lol

ada yang mau NEMENIN...???? hi hi hi...
yang sate,yang jemuran minimali (atoh minimABIS)
wkwkwkwk..

yang PANTEK,.....MEMANTEK...

Siapa yang punya KUNTILANAK....sini ta PANTEK.... :D

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by BAKUL KOPI on Tue Oct 11, 2011 9:16 pm

@mang odoy wrote:
@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:Waduhh...bau TIANG JEMURAN negh.... lol

ada yang mau NEMENIN...???? hi hi hi...
yang sate,yang jemuran minimali (atoh minimABIS)
wkwkwkwk..

yang PANTEK,.....MEMANTEK...

Siapa yang punya KUNTILANAK....sini ta PANTEK.... :D

hayoo.... dipilih yang pingsanboy atau ngacirboy.....?
hayoo.... dipilih yang stuntman atau jackie chan......?
hayoo.... dipilih yang disilang atau disate...............?
ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling
caur neh si mang odoy....
dua tahun lebih ya mang cuman getolnya bahas yg berhubungan dengan kematian mang encus..!
ane nyimak aja dagh...!
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by bidadari on Tue Oct 11, 2011 9:56 pm

apaan ciih...ndak mudenng....
:lul: ketiwi
avatar
bidadari
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Posts : 84
Location : flowers city
Join date : 22.09.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by BAKUL KOPI on Tue Oct 11, 2011 10:27 pm

@bidadari wrote:apaan ciih...ndak mudenng....
:lul: ketiwi
wewwww belom kenal ama mang odoy yak....?
search ajah di mbah gugel pasti buanyak artikel dan tulisan mang odoy khususnya di situs debat agama yg paling komplit amunisinya kalo bahas tiang jemuran ketawa guling ketawa guling
:study: :study:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by bidadari on Tue Oct 11, 2011 11:01 pm

@BAKUL KOPI wrote:
@bidadari wrote:apaan ciih...ndak mudenng....
:lul: ketiwi
wewwww belom kenal ama mang odoy yak....?
search ajah di mbah gugel pasti buanyak artikel dan tulisan mang odoy khususnya di situs debat agama yg paling komplit amunisinya kalo bahas tiang jemuran ketawa guling ketawa guling
:study: :study:

yey, emang na mang odoi iku mbok2 ya, bahasnya tiang jemuran baju ama cucian melulu...
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
ouch, sudah terkenal didunia maya to..
Maaf lancang... ketiwi :lul:
:3e: :) :)
avatar
bidadari
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Posts : 84
Location : flowers city
Join date : 22.09.11
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by hamba tuhan on Tue Oct 11, 2011 11:47 pm

@bidadari wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@bidadari wrote:apaan ciih...ndak mudenng....
:lul: ketiwi
wewwww belom kenal ama mang odoy yak....?
search ajah di mbah gugel pasti buanyak artikel dan tulisan mang odoy khususnya di situs debat agama yg paling komplit amunisinya kalo bahas tiang jemuran ketawa guling ketawa guling
:study: :study:

yey, emang na mang odoi iku mbok2 ya, bahasnya tiang jemuran baju ama cucian melulu...
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
ouch, sudah terkenal didunia maya to..
Maaf lancang... ketiwi :lul:
:3e: :) :)

awas... ntar bidadarinya dijemur ama temenku tersayang mang odoy....

:) :)
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by mang odoy on Wed Oct 12, 2011 6:39 am

@BAKUL KOPI wrote:
@mang odoy wrote:
@abu hanan wrote:
@mang odoy wrote:Waduhh...bau TIANG JEMURAN negh.... lol

ada yang mau NEMENIN...???? hi hi hi...
yang sate,yang jemuran minimali (atoh minimABIS)
wkwkwkwk..

yang PANTEK,.....MEMANTEK...

Siapa yang punya KUNTILANAK....sini ta PANTEK.... :D

hayoo.... dipilih yang pingsanboy atau ngacirboy.....?
hayoo.... dipilih yang stuntman atau jackie chan......?
hayoo.... dipilih yang disilang atau disate...............?
ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling
caur neh si mang odoy....
dua tahun lebih ya mang cuman getolnya bahas yg berhubungan dengan kematian mang encus..!
ane nyimak aja dagh...!

ha ha ha ha....TUKANG NGINTIF juga ternyata ente yeee...???
Topik itu adalah POINT UTAMA perbedaan antara Islam-Kristen...jadi saya gak perlu bahas masalah lain.....
KRESETAN terbukti pada MUNTAH DARAH kalo 'mang odoy' yang ANTI FAHAM STUNTMEN yang maju.....he he he..

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by mang odoy on Wed Oct 12, 2011 6:49 am

@bidadari wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@bidadari wrote:apaan ciih...ndak mudenng....
:lul: ketiwi
wewwww belom kenal ama mang odoy yak....?
search ajah di mbah gugel pasti buanyak artikel dan tulisan mang odoy khususnya di situs debat agama yg paling komplit amunisinya kalo bahas tiang jemuran ketawa guling ketawa guling
:study: :study:

yey, emang na mang odoi iku mbok2 ya, bahasnya tiang jemuran baju ama cucian melulu...
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
ouch, sudah terkenal didunia maya to..
Maaf lancang... ketiwi :lul:
:3e: :) :)

husshh...moso 'MANG' embok embok...tau kan MANG IBING....?? mbok mbok bukan...??? :D

ya udah....ane nungggu KRESETAN aja dimari....soale kalo ribut sama muslim disini...tar ane kena BANNED kaya di AFFI (wewewe answering-ff org) :3:

ketawa guling ketawa guling

pan gak lucu kalo mesti bikin lagi account dengan nama 'mang odoy2' kaya disono....emangnya felem...??? wkwkwkwkwk

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by Admin on Wed Oct 12, 2011 3:11 pm

@mang odoy wrote:
@bidadari wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@bidadari wrote:apaan ciih...ndak mudenng....
:lul: ketiwi
wewwww belom kenal ama mang odoy yak....?
search ajah di mbah gugel pasti buanyak artikel dan tulisan mang odoy khususnya di situs debat agama yg paling komplit amunisinya kalo bahas tiang jemuran ketawa guling ketawa guling
:study: :study:

yey, emang na mang odoi iku mbok2 ya, bahasnya tiang jemuran baju ama cucian melulu...
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
ouch, sudah terkenal didunia maya to..
Maaf lancang... ketiwi :lul:
:3e: :) :)

husshh...moso 'MANG' embok embok...tau kan MANG IBING....?? mbok mbok bukan...??? :D

ya udah....ane nungggu KRESETAN aja dimari....soale kalo ribut sama muslim disini...tar ane kena BANNED kaya di AFFI (wewewe answering-ff org) :3:

ketawa guling ketawa guling

pan gak lucu kalo mesti bikin lagi account dengan nama 'mang odoy2' kaya disono....emangnya felem...??? wkwkwkwkwk


:nono: :nono:
Keputusan untuk banned adalah keputusan terakhir setalah diberi beberapa peringatan...

Kecuali, banned akan diberlakukan begitu saja kepada member apabila sudah kuat alasannya untuk di-banned (tidak bisa ditoleransi lg)...

:surban: :surban:
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://laskarislam.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by mang odoy on Thu Oct 13, 2011 4:12 am

@Admin wrote:
@mang odoy wrote:
@bidadari wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@bidadari wrote:apaan ciih...ndak mudenng....
:lul: ketiwi
wewwww belom kenal ama mang odoy yak....?
search ajah di mbah gugel pasti buanyak artikel dan tulisan mang odoy khususnya di situs debat agama yg paling komplit amunisinya kalo bahas tiang jemuran ketawa guling ketawa guling
:study: :study:

yey, emang na mang odoi iku mbok2 ya, bahasnya tiang jemuran baju ama cucian melulu...
ketawa guling ketawa guling ketawa guling
ouch, sudah terkenal didunia maya to..
Maaf lancang... ketiwi :lul:
:3e: :) :)

husshh...moso 'MANG' embok embok...tau kan MANG IBING....?? mbok mbok bukan...??? :D

ya udah....ane nungggu KRESETAN aja dimari....soale kalo ribut sama muslim disini...tar ane kena BANNED kaya di AFFI (wewewe answering-ff org) :3:

ketawa guling ketawa guling

pan gak lucu kalo mesti bikin lagi account dengan nama 'mang odoy2' kaya disono....emangnya felem...??? wkwkwkwkwk


:nono: :nono:
Keputusan untuk banned adalah keputusan terakhir setalah diberi beberapa peringatan...

Kecuali, banned akan diberlakukan begitu saja kepada member apabila sudah kuat alasannya untuk di-banned (tidak bisa ditoleransi lg)...

:surban: :surban:

itu dia pak Admin...ane disini mah baca aja dah....ikut yang terbanyak.. :3:
kalo ane punya uneg uneg tentang Ke Islaman...paling di lapak sebelah aja....disini ane ngincer KRESETAN aja...itupun kalo ada..

Okeh...silahkan dilanjut..

Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 86

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by BAKUL KOPI on Thu Oct 13, 2011 1:13 pm

kapan nih dimulainyah...?
hmmmmmm....
hayoo.... dipilih yang stuntman atau jackie chan......?
hayoo.... dipilih yang pingsanman atau ngacirboy.....?
hayoo.... dipilih yang disilang atau disate...............?

mang odoy silakan diawali duluh utk memilih :3: biar kalo ada yg beda pendapat dgn rekan2 muslim,kita bisa saling berbagi ilmu dan mencari titik temunyah.... gimanah....? :mon2:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by Admin on Thu Oct 13, 2011 2:03 pm

@BAKUL KOPI wrote:kapan nih dimulainyah...?
hmmmmmm....
hayoo.... dipilih yang stuntman atau jackie chan......?
hayoo.... dipilih yang pingsanman atau ngacirboy.....?
hayoo.... dipilih yang disilang atau disate...............?

mang odoy silakan diawali duluh utk memilih :3: biar kalo ada yg beda pendapat dgn rekan2 muslim,kita bisa saling berbagi ilmu dan mencari titik temunyah.... gimanah....? :mon2:

Silahkan saja berdiskusi dengan baik dimari...semoga dapat menambah 'ilmu rekan2 disini...
:surban:
avatar
Admin
Administrator
Administrator

Male
Posts : 1099
Kepercayaan : Islam
Location : Tanah Melayu
Join date : 03.08.11
Reputation : 56

http://laskarislam.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by hamba tuhan on Fri Oct 21, 2011 8:54 pm

:lkj: :lkj:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

30 bukti bahwa yesus tidak mati di kayu salib

Post by keroncong on Wed May 30, 2012 5:30 am

Periksa Kenyataan yang Ada, Kebenaran akan Muncul

Di bawah ini saya berikan ringkasan point-point yang kita diskusikan sampai sejauh ini, kesimpulan bahwa Yesus Kristus tidak terbunuh karena disalib, seperti yang diduga oleh orang Kristen dan orang Yahudi, tetapi dia masih hidup!

1 Yesus segan untuk mati!
Dia merancang strategi untuk mempertahankan diri dari serangan orang Yahudi karena dia ingin tetap hidup!

2 Dia memohon pertolongan pada Tuhan.
Dengan tangisan dan air mata, dia memohon pada Tuhan Yang Maha Kuasa agar menjaga keselamatannya dan tetap hidup!

3 Tuhan mendengar doanya.
Berarti Tuhan mengabulkan doanya dan menjaganya agar tetap hidup!

4 Malaikat datang untuk membantunya.
Dengan harapan dan keyakinan bahwa Tuhan akan membiarkannya hidup!

5 Pilatus menyimpulkan bahwa Yesus tidak bersalah.
Alasan yang bagus untuk membiarkan Yesus tetap hidup!

6 Istri Pilatus bermimpi bahwa Yesus tidak berbahaya.
Orang ini tidak berbahaya, berarti membiarkan Yesus tetap hidup!

7 Dia berada di kayu salib hanya sekitar 3 jam.
Berdasarkan sistem penyaliban, tidak ada manusia yang mati karena disalib dalam jangka waktu yang pendek, meskipun ia diikat kuat-kuat di kayu salib - Dia masih hidup!

8 Dua orang yang ikut disalib bersamanya masih hidup.
Begitu juga Yesus, pada saat yang sama masih hidup!

9 Ensiklopedia Biblica dalam artikel 'cross' (salib) kolom 960 mengatakan,
"Jika tombak itu memang ditikam ke tubuhnya - maka Yesus masih hidup!

10 Segera memancar darah dan air.
Segera maksudnya langsung, yang menunjukkan bahwa Yesus masih hidup!

11 Kakinya tidak patah - sebagai pemenuhan ramalan.
Kaki tidak akan berguna kecuali jika Yesus masih hidup!

12 Halilintar, gempa bumi dan matahari gelap selama tiga jam.
Untuk membiarkan murid rahasia Yesus menolongnya agar ia tetap hidup!

13 Orang Yahudi meragukan kematiannya.
Mereka curiga bahwa dia lolos dari kematiannya di kayu salib - bahwa ia masih hidup!

14 Pilatus 'heran' mendengar Yesus mati.
Dia tahu bahwa dari pengalaman, tidak ada manusia yang mati begitu cepat dalam penyaliban. Dia curiga Yesus masih hidup!

15 kuburan dengan ruangan yang luas:
Ruangan besar, dan udara bebas keluar masuk dan memungkinkan bagi orang-orang untuk menolongnya agar ia tetap hidup!

16 Batu dan pintu penutup telah berpindah.
Diperlukan hanya bila Yesus masih hidup!

17 Laporan penemuan baru.
Para ilmuwan Jerman yang melakukan percobaan 'pengkafanan mayat' berkata bahwa jantung Yesus tidak berhenti berdetak - bahwa dia masih hidup!

18 Berada dalam penyamaran.
Penyamaran tidak diperlukan apabila dia bangkit kembali. Penyamaran diperlukan hanya apabila dia masih hidup!

19 Melarang Maria Magdalena untuk menyentuhnya.
"Jangan menyentuh tubuh saya" karena tubuhnya sakit dan luka; karena dia masih hidup!

20 Belum pergi kepada Bapa.
Dalam bahasa Yahudi, ini bisa berarti bahwa "saya belum mati", dengan kata lain "bahwa saya masih hidup!"

21 Maria Magdalena tidak takut ketika mengenali Yesus.
Karena ia telah melihat tanda kehidupan sebelumnya. Dia mencari Yesus yang masih hidup!

22 Murid-murid takut dan heran melihat Yesus masuk ke ruang makan.
Semua yang mereka ketahui tentang penyaliban hanyalah berdasarkan kabar angin, karenanya mereka tidak percaya bahwa dia masih hidup!

23 Memakan makanan dalam kemunculannya setelah penyaliban.
Makanan diperlukan hanya bila ia masih hidup!

24 Tidak pernah memperlihatkan diri kepada musuh-musuhnya.
Karena dia lolos dari kematian. Dia masih hidup!

25 Hanya menjalani perjalanan yang pendek.
Karena dia tidak bangkit kembali, bukan hantu, tetapi hidup!

26 Kesaksian laki-laki yang berdiri di pemakaman.
"Mengapa mencari orang yang hidup diantara orang yang mati?" - (Lukas 24: 4-5). Artinya dia tidak mati, tetapi masih hidup!

27 Kesaksian malaikat.
"... malaikat-malaikat yang mengatakan bahwa ia hidup..." - Lukas 24: 23. Bukan berkata, "bangkit kembali", kata-kata yang diucapkan dengan jelas oleh malaikat adalah dia masih hidup!

28 Maria Magdalena bersaksi -
"... Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya"- (Markus 16: 11). Maria tidak mengatakan bahwa ia melihat hantu atau roh Yesus, tetapi Yesus yang masih hidup. Mengapa mereka tidak percaya bahwa gurunya itu masih hidup!

29 Dr. Primrose bersaksi
Bahwa 'darah dan air' yang memancar ketika Yesus ditikam oleh tombak pada pinggangnya, terjadi karena adanya gangguan pada aliran pembuluh darah. Ini adalah tanda bahwa dia masih hidup!

30 Yesus sendiri mengatakan bahwa mukjizat yang dimilikinya seperti mukjizat nabi Yunus.
Menurut Kitab Yunus, Yunus masih hidup ketika dianggap sudah mati, sama seperti Yesus yang disangka sudah Mati, padahal dia masih hidup.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by SEGOROWEDI on Wed May 30, 2012 2:01 pm

ichreza wrote:
1 Yesus segan untuk mati!
Dia merancang strategi untuk mempertahankan diri dari serangan orang Yahudi karena dia ingin tetap hidup!

gugur oleh fakta ini

Yesus ditangkap

47 Waktu Yesus masih berbicara datanglah serombongan orang, sedang murid-Nya yang bernama Yudas, seorang dari kedua belas murid itu, berjalan di depan mereka. Yudas mendekati Yesus untuk mencium-Nya.
48 Maka kata Yesus kepadanya: ''Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?''
49 Ketika mereka, yang bersama-sama dengan Yesus, melihat apa yang akan terjadi, berkatalah mereka: ''Tuhan, mestikah kami menyerang mereka dengan pedang?''
50 Dan seorang dari mereka menyerang hamba Imam Besar sehingga putus telinga kanannya.
51 Tetapi Yesus berkata: ''Sudahlah itu.'' Lalu Ia menjamah telinga orang itu dan menyembuhkannya.
52 Maka Yesus berkata kepada imam-imam kepala dan kepala-kepala pengawal Bait Allah serta tua-tua yang datang untuk menangkap Dia, kata-Nya: ''Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung?
53 Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengah kamu di dalam Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu.''

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by putramentari on Wed May 30, 2012 2:26 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ichreza wrote:
1 Yesus segan untuk mati!
Dia merancang strategi untuk mempertahankan diri dari serangan orang Yahudi karena dia ingin tetap hidup!

gugur oleh fakta ini

Yesus ditangkap

47 Waktu Yesus masih berbicara datanglah serombongan orang, sedang murid-Nya yang bernama Yudas, seorang dari kedua belas murid itu, berjalan di depan mereka. Yudas mendekati Yesus untuk mencium-Nya.
48 Maka kata Yesus kepadanya: ''Hai Yudas, engkau menyerahkan Anak Manusia dengan ciuman?''
49 Ketika mereka, yang bersama-sama dengan Yesus, melihat apa yang akan terjadi, berkatalah mereka: ''Tuhan, mestikah kami menyerang mereka dengan pedang?''
50 Dan seorang dari mereka menyerang hamba Imam Besar sehingga putus telinga kanannya.
51 Tetapi Yesus berkata: ''Sudahlah itu.'' Lalu Ia menjamah telinga orang itu dan menyembuhkannya.
52 Maka Yesus berkata kepada imam-imam kepala dan kepala-kepala pengawal Bait Allah serta tua-tua yang datang untuk menangkap Dia, kata-Nya: ''Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung?
53 Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengah kamu di dalam Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu.''

Maksud Strategi Mas ichireza tuch begini om :

Mar 13:35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,
Mar 13:36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.
Mar 13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

Dan waktu yesus udah mau Pergi :
Mar 14:38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."
Mar 14:39 Lalu Ia pergi lagi dan mengucapkan doa yang itu juga.
Mar 14:40 Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat dan mereka tidak tahu jawab apa yang harus mereka berikan kepada-Nya.
Mar 14:41 Kemudian Ia kembali untuk ketiga kalinya dan berkata kepada mereka: "Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Cukuplah. Saatnya sudah tiba, lihat, Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa.
Mar 14:42 Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat."

Tiba tiba Yudas Muncul :
Mar 14:43 Waktu Yesus masih berbicara, muncullah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua.

KETANGKEP DECH nyerah nyerah nyerah nyerah nyerah

avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by putramentari on Wed May 30, 2012 2:30 pm

Maaf mas ichireza yak, gue wakilin jawab :lkj:
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by SEGOROWEDI on Wed May 30, 2012 10:58 pm

mana pertahanan dirinya supaya tidak ditangkap dan tetap hidup?
kok urid-murid mau melawan malah dicegah?
bahkan kuping hamba imam besar yang terlanjur putus, malah dipulihkan Yesus?

RONTOK SEMUA..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by putramentari on Thu May 31, 2012 12:29 am

@SEGOROWEDI wrote:mana pertahanan dirinya supaya tidak ditangkap dan tetap hidup?
kok urid-murid mau melawan malah dicegah?
bahkan kuping hamba imam besar yang terlanjur putus, malah dipulihkan Yesus?

RONTOK SEMUA..

Noooo Strategi si yesus :

Mar 13:35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta,
Mar 13:36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur.
Mar 13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

Tapi muridnye pade tidoooooooor. malu malu malu malu
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by keroncong on Mon Oct 01, 2012 3:59 pm

Kekurangan Bahasa

Setiap kata adalah gambaran baku dari apa yang diwakilinya. Jika kita mengambil satu kata dan merenungkannya, kita akan bisa melihat atau menggambarkannya dalam pikiran kita. Cobalah "kapal", Anda akan melihat kapal dalam pikiran Anda, "tas tangan", Anda akan melihat tas tangan dalam pikiran Anda, "rokok", Anda akan melihat sebatang rokok dalam pikiran Anda. Tetapi kita berbicara lebih cepat sehingga kita bisa memahami kata-kata sebagai ide, pikiran dan konsep. Kata-kata adalah alat untuk menyampaikan pesan. Makin banyak kata-kata, makin jelas dan mudah komunikasi. Tetapi kata-kata yang salah bisa merusak ide.

Bahasa CUL-DE-SAC

Bahasa Arab sangat kaya akan berbagai pikiran dan konsep spritual, sedangkan bahasa Inggris lebih kaya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi bahasa Inggris ini mengecewakan saya. Sepertinya tidak ada kata kerja untuk menggambarkan usaha yang belum selesai, contoh-nya:

Seorang laki-laki dibawa ke tiang gantungan, sebagai perampok dia dijatuhi hukuman mati, tetapi takdir mengatakan lain dan dia mendapat penangguhan hukumannya sebelum dia mati. Dua puluh tahun kemudian, orang ini meninggal karena tenggelam. Kita ingin satu kata kerja untuk menjelaskan pada kita apa yang telah terjadi apakah orang ini "digantung" atau apa yang terjadi? Bukan tidak digantung. Kita hanya ingin satu kata kerja ...?
Seorang yang lain dibawa ke kursi listrik sebagai hukuman: Dia diikat di kursi, dan tombol kursi dinyalakan. Aliran listrik mengalir ke tubuh laki-laki ini tetapi kekuatan arus listrik ini tidak cukup kuat. Orang itu segar kembali dan sebelum aliran listrik yang lebih kuat lagi dihidupkan kembali dia mendapat penangguhan hukuman. Beberapa hari kemudian, laki-laki ini meninggal karena kecelakaan sepeda motor. Bagaimana akhirnya? Apa yang terjadi padanya di kursi listrik itu? Apakah dia dihukum mati dalam aliran listrik? Satu kata ...?
Yosephus, seorang ahli sejarah berkebangsaan Yahudi, mencatat dalam bukunya "Antiquities", tentang penyaliban dimana dia ikut serta sebagai orang yang 'disalib' dan kemudian diturunkan dari kayu salib. Selamat! Apakah yang terjadi padanya di kayu salib? Apakah dia disalib? Seseorang yang tidak mati karena disalib, tetapi ada usaha untuk menyalibnya, apakah dia disalib? Satu kata ...?

Cerita Salib yang Berlimpah-limpah

Orang bisa saja mengatakan bahwa peristiwa di atas adalah kasus hipotesa. Tetapi kita sedang membuat sejarah. Lihat halaman 454, sebuah copy dari Weekend World tanggal 3 Agustus 1969. Mr Pieter Van der Bergh, seorang pengacara, "disalib" dengan "sukarela", hanya untuk mencari sensasi. Dia mengatakan bahwa dia ingin membuktikan bahwa "Seseorang bisa menguasai tubuhnya sendiri". Dia diletakkan di kayu salib dan menjalani semua proses penyaliban. Untuk mengalahkan penyaliban di Golgotha, dia memakai "sebuah paku 18 inchi yang menembus pahanya" (lihat gambar hal. 484). laki-laki ini masih hidup. Apakah dia disalib? Satu kata ...? tidak ada kata seperti itu dalam bahasa Inggris.

Ketika orang-orang Yahudi berulang-ulang meminta pada Pilatus "Salib dia! Salib dia!" (Lukas 23: 21, Yohanes 19: 6), maksud mereka bunuh dia di atas kayu salib disalib. "bunuh" dia! Tidak hanya "dibawa" ke atas kayu salib! Dan jika setelah upacara tersebut, seperti pada Mr. Van der Bergh, laki-laki itu tidak mati karena disalib, apa yang akan Anda katakan tentang peristiwa ini? Apa kata kerja yang akan Anda gunakan jika Anda tidak mempunyainya dalam bahasa Anda?
Kekurangan Ganda

Seorang Afrika Selatan yang berbahasa Inggris dan teman-teman Amerikanya, mengakui (Dari buku The Islam Debate): "Jika kata menyalib hanya berarti membunuh di atas kayu salib, kita kehilangan kata kerja lain untuk meng-gambarkan kegiatan memancang di atas kayu, memalukan sekali. (mengapa mereka tidak menulis "menyalib" di dalam tanda kutip?) Mereka mengolok-olok saya untuk menutupi kekurangan dalam bahasa mereka dan ketidakmampuan untuk mencari kata yang cocok.

Dengan semua "yang ada dalam Roh Kudus", dunia Kristen telah gagal mencetak sebuah kata kerja yang sesuai untuk menggambarkan "keadaan ketika diikat di kayu salib". Segera, saya akan membawa mereka keluar dari kesalahan mereka, Insya Allah!, sebelum bab ini selesai. Jika orang Kristen berkata, "Jika kata menyalib hanya berarti membunuh ... , maka apa arti lain dari menyalib?

Kamus Oxford yang terkenal di seluruh dunia mendefinisikan menyalib sebagai membunuh dengan cara mengikat pada sebuah salib." (lihat pada hal. 448 untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas).

Para penulis The Islam Debate (Perdebatan Islam) dari sekte "born-again Christian" tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, jadi saya akan mencoba menyelesaikannya bagi mereka!
"Penyaliban" Sekarang Hanya Untuk Sensasi

Selalu ada yang baru yang datang dari negeri Timur. Sekarang di Timur Jauh, seorang warga Philipina telah mengembangkan kegemaran baru tentang "penyaliban"! Mereka ingin mengikuti jejak Yesus, (lihat hal. 431). Suatu copy dari Sunday News di Daressalaam tanggal 3 May 1981, melaporkan "penyaliban" ganda di Philipina. Paling tidak 7 kasus "penyaliban" dilaporkan oleh wartawan lokal. Mungkin ada lebih banyak lagi penyaliban yang luput dari wartawan. Di antaranya ada Luciana Reyes yang digambarkan sebagai "wanita pertama yang menjalani upacara ritual penyaliban!"

Penambahan yang baru dari penyaliban ini adalah bahwa tangan-tangan mereka dipaku di kayu salib.
Penyaliban atau Sandiwara Penyaliban

Tak ada seorang pun yang mati karena "penyaliban"! (disalib). Satu di antara mereka pingsan. Laki-laki lain bangun dan merokok setelah tangannya diperban. Seorang pedagang keliling 'telah menjalani upacara (penyaliban) ini lima kali'. Laki-laki ini berjanji akan menjalani 'penyaliban' sebanyak 10 kali!

Hal ini kedengarannya seperti cerita bohong. Tetapi ada 25.000 saksi mata pada 4 peristiwa penyaliban di satu kota saja. Beberapa 'penyaliban' ini disiarkan 'langsung oleh TV'.

Dunia Kristen telah dikenal mengeksploitasi Yesus untuk mencari uang. Film tentang kehidupan Yesus telah masuk dalam rekor 'Box Office'. Mereka telah mempunyai "Sandiwara Kelahiran" dan "Sandiwara Minggu Suci", mengapa tidak membuat suatu 'Sandiwara Penyaliban?'

Reg Gratton, seorang koresponden Sunday News (lihat hal. 513 samping) telah menyelesaikan masalah "penyaliban" dengan memasukkan tanda kutip. Dia menggunakan kata-kata "penyaliban" dan "penyaliban-penyaliban" lima kali dalam artikelnya dan setiap kali kata ini digunakan maka ia menambahkan tanda kutip. Coba periksa kembali. Dengan kata lain, dia mengatakan bahwa itu "dikatakan penyaliban", penambahan tanda kutip lebih tidak kentara dibanding kata "Dikatakan". Saya tidak menangkap maksudnya pada saat membaca artikel itu pertama kali. Bagaimana dengan Anda?

Anda bisa mencatat bahwa penulis yang lain telah mencegahnya dengan meletakkan kata seperti "Mati", "Telah Mati", dan "mayat" di dalam tanda kutip di halaman 455 dan 456. Sekarang Reg melakukan hal yang sama dengan "penyaliban"! karena kata "crucify = menyalib" telah menempel di tenggorokan setiap misionaris, maka haruskah kita menggunakan kata "cruci-fiction", cerita penyaliban sebagai penggantinya?
Penyaliban atau Kisah Penyaliban?

Kita sekarang bisa mengatakan bahwa Pieter Van der Bergh (hal. 454) mengalami proses penyaliban dengan keras dan serius, tetapi dia tidak disalib seperti yang dikabarkan di koran, tetapi, dia dianggap telah disalib.

Lebih jauh, kita bisa katakan bahwa orang-orang Kristen di Philipina tidak melakukan penyaliban, tetapi mereka dianggap telah disalib. Tidak ada pertunjukan seperti yang mereka lakukan di film. Ini adalah kejadian nyata dan hanya kematian sesaat. Oleh karenanya, setiap pertunjukan dengan salib, dimana korban mencoba untuk menyamai apa yang dialami Yesus tetapi tidak benar-benar meninggal di kayu salib, kita bisa menyebutnya dalam terminologi yang tepat:

Crucifict sebagai pengganti Crucify - (verb/kata kerja)
Crucificted sebagai pengganti Crucificed - (verb/kata kerja)
Crucifiction sebagai pengganti Crucifixion - (noun/kata benda)

Penggunaan yang mudah dan simple dari kata-kata yang benar ini akan mematahkan "Salib" orang Kristen yang akan menemukan dirinya berada di Persimpangan Jalan, tidak tahu jalan mana yang harus dipilih. Dan jika kita sering menggunakan kata-kata ini, kita akan segera menemukannya dalam kamus Inggris di dunia ini.

Untuk terakhir, kami telah menerbitkan 350.000 copy untuk memasyarakatkan buku ini. Baca, pelajari dan bagikan untuk teman-teman dan musuh-musuh Anda demi keme-nangan kebenaran. Amin.
Ambil yang Terbaik

"Setelah lebih dari 1.000 jam mempelajari ... "Penyaliban" penulis A Campus Crusade menerbitkan The Resurrection Factor (Faktor Kebangkitan kembali) yang menciptakan posisi badan yang lain bagi "Tuhan" dan "Juru Selamat-nya"

Sekarang Anda Mempunyai Banyak Pilihan

Frogi-fiction seperti yang digambarkan di sini (seperti katak).
Staki-fiction seperti pada hal. 500 (dengan tiang pancang).
Cruci-fiction seperti di hal. 448.

Kata Penutup

Penyaliban Yesus Kristus sebagai satu-satunya faktor penyelamatan umat manusia dari dosa telah lama mengganggu fikiran saya, sejak pertemuan saya dengan murid-murid dan pendeta-pendeta misi Adam ketika saya berumur belasan tahun (lihat epilog, Is the Bibble God's Word? (Apakah kitab Injil adalah Firman Tuhan?).

Sebagai orang muda yang mudah dipengaruhi, saya sangat kagum pada cara berbicara mereka dalam meyakinkan orang bahwa penyaliban adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan dan sepertinya menghukum bagi orang-orang yang tidak mempercayainya.

Masalah penyaliban Yesus yang merupakan inti dari seluruh ajaran Kristen menjadi masalah yang serius dalam kajian saya. Saya sangat ingin mengetahui segala sesuatu mengenai hal itu dan mulai mempelajari sumbernya yaitu "Perjanjian Baru".

Secara jujur saya tidak mengharapkan orang bertanya pada saya tentang keyakinan saya sebagai Muslim berkenaan dengan penyaliban. Keyakinan saya adalah keyakinan Qur'an seperti yang dikatakan pada surat 4 ayat 157.

Saya ulangi dengan sungguh-sungguh bahwa kajian mengenai penyaliban dipercayakan pada saya oleh penganut Kristen yang mengaku dermawan dan pemberi selamat. Saya dengan serius menerima perhatian mereka dalam tulus, mempelajari dan meneliti secara objektif dengan menggunakan sumber mereka sendiri. Hasilnya, Anda pasti setuju, sangat mengherankan.

Saya ingin berterima kasih pada ratusan orang Kristen yang telah datang mengetuk pintu rumah saya dan mengetengahkan masalah ini pada saya.

Selanjutnya, semua ini adalah hasil dari kajian dan riset yang saya lakukan bertahun-tahun dalam hidup saya.

AHMAD DEEDAT 01/05/1994
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by Wong Edan on Mon Oct 01, 2012 4:23 pm

Bakal rame .....
Debat Teolog Kristen Swedia dgn Para Kristener ala Laskar Islam.
ketiwi
avatar
Wong Edan
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 136
Location : Surga
Join date : 10.09.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by SEGOROWEDI on Mon Oct 01, 2012 6:49 pm


provokasi untuk kembali terjadi duel abadi antar seukuwah:
Isa (Jackie Chan) vs bukan Isa (Stuntman)

sumber sesat, melahirkan orang-orang sesat

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Teolog Kristen Swedia: Tak Ada Bukti Yesus Mati Disalib

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik