FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

makanlah kurma di pagi hari Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

makanlah kurma di pagi hari

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

makanlah kurma di pagi hari Empty makanlah kurma di pagi hari

Post by keroncong on Thu Nov 17, 2011 5:13 am

Rasulullah saw bersabda:

(( من تصبح كل يوم بسبع تمرات عجوة لم يضره في ذلك اليوم سمٌ ولا سحر ))

Barangsiapa makan kurma 'ajwah sebanyak 7 butir di pagi hari, maka tidak akan membahayakannya bias atau sihir pada hari itu.

Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda:

(( يا عائشة، بيت لا تمر فيه جياع أهله، يا عائشة بيت لا تمر فيه جياع أهله، أو جاع أهله، قالها مرتين أو ثلاثا ))

Wahai A'isyah, rumah yang di dalamnya tidak ada kurma maka penghuninya itu lapar, wahai A'isyah, rumah yang di dalamnya tidak ada kurma maka penghuninya lapar. Nabi mengucapkan hal ini dua atau tiga kali.

A'isyah radhiyallahu 'anha pernah berkata kepada anak dari saudarinya (keponakan -pent), yaitu 'Urwah, "Wallahi, wahai keponakanku, sungguh kami pernah melihat hilal kemudian hilal, tiga hilal dalam dua bulan dan tidak menyala api di rumah-rumah Rasulullah saw sama sekali (tidak memasak -pent). Kemudian A'isyah berkata, "Wahai keponakanku, apa yang kalian makan?" Aisyah berkata, "Dua hal yang hitam, yaitu tamar (kurma masak dan sudah berwarna coklat tua atau hitam -pent) dan air, akan tetapi Rasulullah saw memiliki tetangga dari kalangan anshar yang memiliki "ternak" dan mempersilakan beliau saw untuk mengambil susunya, maka kami pun meminumnya."

Kalau memang keadaan Rasulullah saw dan para isterinya melalui hari-hari kehidupannya selama dua atau tiga bulan hanya dengan makan kurma masak dan air saja, dan muslimin pun telah berhasil membuka seper empat penduduk dunia dengan Islam selama tiga abad, dan perbekalan makanan mereka kadang-kadang juga kehabisan, kecuali satu gantang kurma dan sedikit air; dan Allah ta pun memuliakan Maryam dengan makanan yang hanya satu, yaitu ketika masa-masa akhir dari kehamilannya. Allah berfirman:

وهزي إليك بجذع النخلة تساقط عليك رطبا جنيا، فكلي واشربي عينا (مريم: 25 - 26)

Dan rog-lah pohon kurma itu, maka akan jatuh kepadamu ruthab; makan dan minumlah dan bersenang hatilah kamu (Q.S. Maryam: 25 - 26),

maka, pasti kurma mengandung kebaikan yang banyak. Dan aku sangat terkejut ketika aku melihat seseorang yang menderita lumpuh, padahal kurma ada dihadapan mereka. Negeri kita adalah negeri penghasil kurma (timur tengah -pent). Jika engkau menderita lumpuh, maka makanlah beberapa butir kurma setiap pagi hari. Dan jangan heran, sesungguhnya kita mendapati iklan di sejumlah majalah kesehatan Amerika California yang berisi ajakan untuk memakan kurma sebagai solusi dari kelumpuhan 18% penduduk Amerika.

Dan yang lebih menakjubkan lagi, sejumlah perusahaan AS mengemas kurma dalam kemasan-kemasan kecil seperti obat, dan menyebutnya sebagai obat bagi kelumpuhan. Dan kurma kaya akan serat. Setiap 100 gr kurma (selevel dengan 10 - 20 butir kurma), mengandung 8,5 g serat. Badan kesehatan dunia (WHO) sekarang pun sudah mengkampanyekan untuk banyak memakan makanan berserat, bukan hanya untuk menghindari diri dari kelumpuhan semata bahkan karena serat memiliki manfaat lain.!!!

Kurma adalah makanan yang sangat sesuai untuk orang yang menderita hipertensi, sebab ia kekurangan zat sodium dan kelebihan zat potassium. Penelitian modern menegaskan bahwa orang yang menderita hipertensi untuk memasak makanan yang sedikit mengandung garam (Sodium Klorida) dan kaya akan potassium. Dan kurma kaya akan kandungan zat-zat penting, yaitu magnesium. Maka, kekurangan magnesium adalah masalah yang akan menyebabkan sejumlah masalah dari orang-orang yang mengkonsumsi pil dekoksin, atau seputar air kencing, atau pun gagal jantung.

Dan kurma juga kaya akan zat besi. Maka, memakan 100 gram kurma akan bisa memberikan seper enam kebutuhan tubuh akan zat besi. Dan mayoritas manusia yang membutuhkan zat besi adalah kalangan perempuan pada saat usia menstruasi, hamil, masa puber, dan orang yang menderita anemia (kekurangan darah) karena kekurangan zat besi karena sebab-sebab lainnya.

Maka, jadikanlah kurma sebagai makanan yang mudah diperoleh di rumahmu; di pagi hari usahakanlah makan beberapa butir kurma, apalagi jika engkau tidak sempat makan pagi dan buru-buru ke tempat kerja, maka engkau akan memiliki cukup energi dengan hal itu. Dan khusus penderita diabets, maka jangan terlalu banyak memakan kurma. Dan jadikanlah kurma sebagai pengganti makanan manismu. Maka memakan satu atau dua butir kurma sebagai ganti dari coklat (chocolate) atau satu potong snack manis.

Sungguh benar Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam yang bersabda:

(( بيت لا تمر فيه جياع أهله ))

Rumah yang di dalamnya tidak ada kurma, maka akan laparlah penghuninya.
keroncong
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 66
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik