FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Halaman 3 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by bimasakti on Fri Oct 26, 2012 11:30 am

First topic message reminder :

saya minta jawaban muslim tanpa copy paste...
buat apa Tuhan menyiksa mahkluk yg dicintainya...dgn alasan
memenuhi aturan para pembuat agama.

apakah nurut muslim,Tuhan hanya mengasihi manusia?
apakah nurut muslim Tuhan tdk mencintai hewan?

jgn beragama hanya patuh pada doktrin ya! itu seperti kerbau dicocoki hidungnya.

beragama tanpa pakai otak jadi lumpuh.
pakai otak tapi tanpa agama jadi buta.

apakah anda tahu maksud kedua diatas?

sesungguhnya roh kudus tidak ada didalam kitab suci manapun,
tapi didlm hati manusia (nurani).masalahnya apakah kita mau mengikuti
suara Tuhan dlm hati kita...atau mengikuti ego beragama saja?

kitab suci hanyalah pantulan dari NURANI kita..
Tuhan bukan adanya didalam buku (kitab suci),melainkan dlm hati manusia..


Terakhir diubah oleh bimasakti tanggal Wed Oct 31, 2012 9:57 am, total 5 kali diubah

bimasakti
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 320
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jakarta
Join date : 07.06.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down


mode gak beres..

Post by bimasakti on Tue Oct 30, 2012 12:00 am

moderator LI gak beres..
TS hanya menjawab sdr dee nee yg bertanya..
dimana salah saya? kok mesti ganti judul?

apakah pertanyaan sdr deenee salah? tidak
dan tdk ada muslim yg menjawab pertanyaan TS..

weleh...weleh..

inti permasalahan adalah soal TUJUAN KURBAN.

bimasakti
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 320
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jakarta
Join date : 07.06.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by abu hanan on Tue Oct 30, 2012 12:05 am

@abu hanan wrote:TS mengabaikan saran sayah...

gembok...
keberatan silahkeun dibawa ke ruang pengadilan...
eh disuruh bawa ke pengadilan malah kontak dari warung laen...nasib baik tuh sayah belum tidur...


gembok buka mode on...judul yang pas dengan fokus.


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 12:28 am

@bimasakti wrote:moderator LI gak beres..
TS hanya menjawab sdr dee nee yg bertanya..
dimana salah saya? kok mesti ganti judul?

apakah pertanyaan sdr deenee salah? tidak
dan tdk ada muslim yg menjawab pertanyaan TS..

weleh...weleh..

inti permasalahan adalah soal TUJUAN KURBAN.

Iya bener ya ... harusnya tetap dengan thread ini saja ...
SEGOROWEDI yang OOT kalo gitu ... masih aja ngurusin sejarah Nabi Ibrahim
wong TS ga nanya begituan ... dasar SEGOROWEDI duduls.com

Jadi saya terusin disini aja ya ba
http://www.laskarislam.com/t4064-apa-membunuh-kambing-kurban-adalah-perbuatan-baik#44878

piss

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 1:21 am

@bimasakti wrote:
Jadi gimana ceritanya harimau bisa makan kelinci ??
kalau bukan karena Tuhan sudah menciptakan semuanya seperti itu ??
tidak!
manusia saling berperang bukan sengaja karena TUHAN..
hewan saling memangsa bukan sengaja karena Tuhan..

komputer menjadi hang bukan sengaja karena manusia..

Gini ba ... kita fokus diurusan alam dulu saja ... jangan ke perilaku manusia dulu

hewan saling memangsa bukan sengaja karena Tuhan

Tidak ada itu istilah hewan saling memangsa ... apalagi kalau konteksnya harimau makan kelinci ...

kalau saling berkelahi untuk rebutan wilayah, betina, atau makanan memang ada ... tapi itu artinya sudah OOT dari TS

cubit

Makhluk hidup diciptakan untuk saling berhubungan, dan setiap makhluk hidup pasti memiliki manfaat bagi makhluk hidup lain dan llingkungannya >>> ini anda percaya ga ??

Nah salah satu hubungan antar mahluk hidup itu adalah adanya rantai makanan ... dan rantai makanan ini ciptaan Tuhan kan ?? Tuhan kan yang mengatur terjadinya hubungan antar mahluk hidup ini ???

Tuhan menciptakan ekosistem ... ada rantai makanan disitu ... dan rantai makanan inilah yang menjadi penghubung antar semua makhluk hidup berdasarkan sumber makanannya (herbivora, karnivora, dan omnivora) ... ada produsen (herbivora) lalu konsumen (karnivora dan omnivora) ... misal

rumput dimakan kelinci ... kelinci dimakan rubah ... rubah dimakan singa ... singa mati jadi tanah untuk rumput ...

Jadi menurut saya ga ada urusannya apakah Tuhan mengasihi binatang yang dimangsa atau tidak ... ya sudah begitu sistemnya ... dah sudah begitu hukum alam nya ... Ya kan ??

Lalu hukum alam ini siapa lagi yang buat kalo bukan Tuhan ???

Lalu kalau anda bilang "demikian juga harimau makan kelinci diluar kuasa Tuhan..namun bersumber dari DIA"

mungkin lebih tepat dikatakan bahwa harimau makan kelinci adalah bagian dari hukum alam itu sendiri ... memang bukan Tuhan yang harus bisik2in setiap harimau untuk makan kelinci ... tapi semua sudah diatur oleh Nya ... bersumber dari Dia ... agar hukum sebab akibat dan keseimbangan ini tetap jalan

dan hukum ini dalam kuasa Tuhan ... otomatis harimau makan kelinci juga dalam kuasa Tuhan.

bukan begitu bukan ??

Ini bicara tentang mangsa memangsa ... berkaitan dengan judul TS

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 2:04 am

Berkaitan dengan karma ...

maksudnya karma yang itu toh ... hehehehe ... saya lebih suka menyebutnya hukum sebab akibat supaya tidak rancu dengan hukum karma dalam Budha dan Hindu ...

tapi kalau mau disamakan pakai arti yang universal ... Ya saya percaya hukum karma aka hukum sebab akibat

rantai makanan pun bagian dari hukum sebab akibat kan ba ??

@bimasakti wrote:
Dan bagi saya binatang dan tumbuhan mempunyai level yang sama dimata Tuhan
mestinya kau konsisten bil manusia dan hewan juga selevel!

secara biologis ya ... manusia sama dengan hewan (khususnya mamalia) ... punya darah, kulit, butuh makan, nafas dengan O2, dsb ...

secara derajat jelas beda ... karena manusia diberi akal dan hati untuk membedakan mana yang baik dan buruk.
Manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin di bumi ... mengatur dan menguasai bumi dengan seadil2nya dan sebaik2nya ...
Ini sudah menjadi fakta kan ba ?? ga perlu diperdebatkan lagi

Jadi berkaitan dengan boleh tidaknya makan daging ... dilihat dari biologis nya yang sama dengan hewan (mahluk hidup) maka manusia juga bagian dari rantai makanan ... oleh karena itu manusia juga berhak makan daging seperti harimau makan kelinci ... karena masih dalam koridor rantai makanan

tapi karena derajat manusia lebih tinggi ... diberi akal dan hati dan mendapat perintah Tuhan untuk menjaga alam ini ... maka manusia wajib melakukan semuanya dengan aturan ...
akalnya dipakai untuk mikir mana yang benar dan salah ... hatinya dipakai untuk merasakan yang baik dan yang buruk ...

gitu kan ??

Daging juga bermanfaat bagi manusia asal jangan berlebihan ... kalau berlebihan maka jadilah berbagai penyakit (misalnya) ... atau bila semua manusia makan hanya daging secara berlebihan ... maka tidak ada keseimbangan alam .. akibatnya terjadi bencana

Inilah ketetapan Tuhan akan hukum sebab akibat bagi manusia

Lalu bagaimana dengan vegetarian ... saya hormati mereka karena artinya mereka sudah memberi keseimbangan bagi manusia lain yang makan daging secara berlebihan ...

Jadi apakah makan daging dosa ?? jawaban saya tidak ..
Yang dosa/salah adalah makan daging berlebihan ... oleh karena itu berlakulah hukum karma aka sebab akibat

bukan begitu bukan ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by frontline defender on Tue Oct 30, 2012 2:15 am

emang gampang kalau tinggalnya di daerah penghasil sayuran macem Bandungan, Tawangmangu, atau Temanggung...

...lha yang tinggal di daerah gurun, masak suruh terus2an makan semak & kaktus! ketawa guling
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6441
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 132

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 2:25 am

Lalu apa tujuan ibadah Qurban :

Dalam Islam, setidaknya ibadah qurban mengandung empat dimensi. yaitu dimensi tauhid, dimensi spiritual, dimensi sosial dan dimensi moral. Nilai ibadah qurban terkandung dalam empat dimensi tersebut.

1. Dimensi Tauhid
Ibadah qurban mempunyai nilai ketauhidan yang sangat kental. Ritual ibadah qurban merupakan momen untuk mengenang kembali perjuangan monoteistik yang dilakukan oleh nabi Ibrahim. Yaitu seorang nabi sholeh yang dikenal sebagai bapak tauhid.

2. Dimensi Spiritual
Ibadah qurban merupakan sarana pembuktian keimanan kita kepada Allah Keimanan meliputi keikhlasan, yang berarti ibadah qurban yang kita lakukan harus murni dilakukan hanya semata-mata karena Allah dan dalam rangka menjalankan perintah-Nya.

3. Dimensi Sosial
Di samping nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah qurban, juga terdapat nilai-nilai sosial. Dan memang dalam setiap ibadah yang Allah syariatkan diantaranya terkandung nilai-nilai sosial, seperti zakat, shadaqah, waqaf, shalat, haji, puasa, aqiqah, dan sebagainya.

4. Dimensi moral
Ibadah qurban juga mengandung pesan-pesan moral yang ditunjukan dengan simbol-simbol yang ada dalam ritual ibadah qurban.

a) Sejarah qurban nabi Ibrahim merupakan sejarah yang penuh dengan nilai pengorbanan. Kerelaan nabi Ibrahim dalam mengorbankan anaknya yang dicintai secara otomatis menandakan kerelaannya pula dalam mengorbankan segala hal yang dimilikinya.

b) Binatang adalah sesuatu yang dikorbankan dan disembelih dalam proses ritual ibadah qurban. Binatang merupakan simbol keburukan yang ada pada diri manusia. Sifat-sifat keburukan yang ada pada diri selalu diidentikan dengan sifat-sifat kebinatangan. Allah dalam beberapa ayat Al-qur’an mengumpamakan sesuatu yang buruk yang ada pada diri manusia dengan binatang.

c) Ketika nabi Ibrahim akan menyembelih Ismail, lalu Allah menggantikan Ismail dengan seekor binatang, memberikan pelajaran bahwa kita harus menghargai nyawa manusia. Allah telah menyatakan dalam Al-Qur’an bahwa barang siapa yang menghilangkan nyawa seorang manusia, seolah-olah telah menghilangkan nyawa manusia seluruhnya, karena nyawa manusia penting artinya bagi hidup dan kehidupan.

d) Ibadah qurban yang dipelopori bapak tauhid nabi Ibrahim mempunyai makna pembebasan manusia dari kesewenang-wenangan manusia atas manusia lainnya. Ketika Allah mengganti Ismail dengan seekor binatang, tersirat pesan yang menyatakan agar manusia tidak lagi menginjak-injak harkat dan derajat manusia dan kemanusiaan.

Note : post ini saya tulis untuk menjelaskan baba tentang tujuan ibadah qurban ... bukan untuk eyel2an tentang Ismail dan Ishak ...

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 2:28 am

@frontline defender wrote:emang gampang kalau tinggalnya di daerah penghasil sayuran macem Bandungan, Tawangmangu, atau Temanggung...

...lha yang tinggal di daerah gurun, masak suruh terus2an makan semak & kaktus! ketawa guling

ketiwi ketiwi ketiwi
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by bimasakti on Tue Oct 30, 2012 9:15 am

bimasakti : bencana alam bukan kemauan Tuhan..bgm mungkin tuhan yg maha pengasih memberikan bencana bagi umat yg dikasihiNya?
pencinta ibadah : Bencana Alam bukan kemauan MANUSIA, melainkan KEHENDAK TUHAN.. emang
kalau pengasih selalu memberikan apa yang di INGINKAN MANUSIA???
memang tidak.
istilah kehendak Tuhan bukan berarti Tuhan sengaja melakukan bencana bagi manusia.
makanya kuberi contoh..ketika kita tidur dan mimpi buruk..maka mimpi buruk tsb
bukan sengaja dibuat oleh kita.artinya mimpi buruk bukan kehendak kita.

org awam mengartikan kehendak Tuhan dgn polos..

Makhluk dudul.. mana ada sesuatu yang DILUAR KUASA TUHAN
sekali lagi,umat awam menafsirkan kemahakuasaan Tuhan dgn keliru..

bukan artinya Tuhan bisa lakukan semuanya.jika demikian tentu sekarang
juga kita semua berada disurga.bnr? krn Dia maha kasih..
Tuhan Mahakuasa berarti Dia mengetahui semua perbuatan manusia dan hal ihwal
semesta.
hadoooohhh, STANDART apa ya dipakai dengan statement MEMBUNUH HEWAN UNTUK DIMAKAN ADALAH DOSA??
standart islam apa yg kau pake dgn opini membunuh manusia adalah dosa?? standart KASIH..
sama jawabnya.
bisa lu bayangin kalau penduduk bumi ga makan Hewan, penuh nih Bumi sama HEWAN.
jadi..? bila dibumi umat manusia sudah penuh...boleh saling membunuh agar tdk penuh?
jika hewan tdk sengaja disuntik utk dibudidaya dlm jumlah besar pertumbuhannya..tdk akan sepesat sekarang..

bimasakti
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 320
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jakarta
Join date : 07.06.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by bimasakti on Tue Oct 30, 2012 9:29 am

dini : diluar kuasa Tuhan namun bersumber dari Tuhan ??
Ga ngerti saya ... swear deh ... jelasin dong ...
dini,tanpa ilustrasi kau tdk akan paham..
semua yg terjadi dialam semesta merupakan impian Tuhan..
sumbernya Dia..namun seperti saat kita mimpi buruk,kita tidak kuasa utk
menghapusnya.masak gak ngartos?
dan rantai makanan ini ciptaan Tuhan kan ?? Tuhan kan yang
mengatur terjadinya hubungan antar mahluk hidup ini ???
rantai makanan bukan cipt Tuhan
dgn sengaja..mana ada yg maha kasih memberikan penderitaan??
jadi rantai tsb terjadi tanpa sengaja...seperti hang pd komputer.bukan
sengaja dibuat manusia..

hkm karma adalah bagian dari hukum sebab akibat.
Jadi apakah makan daging dosa ?? jawaban saya tidak ..
kalo gt nurut sy membunuh manusia juga tdk dosa..
dasarnya bil dosa apa?? bs jawab?

bimasakti
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 320
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jakarta
Join date : 07.06.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by The.Barnabas on Tue Oct 30, 2012 11:21 am


Apa membunuh ternak untuk dimakan merupakan perbuatan jahat,,?

dimana tindakan kejahatanya bingung
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by SEGOROWEDI on Tue Oct 30, 2012 11:42 am

@dee-nee wrote:Lalu apa tujuan ibadah Qurban :

Dalam Islam, setidaknya ibadah qurban mengandung empat dimensi. yaitu dimensi tauhid, dimensi spiritual, dimensi sosial dan dimensi moral. Nilai ibadah qurban terkandung dalam empat dimensi tersebut.

1. Dimensi Tauhid
Ibadah qurban mempunyai nilai ketauhidan yang sangat kental. Ritual ibadah qurban merupakan momen untuk mengenang kembali perjuangan monoteistik yang dilakukan oleh nabi Ibrahim. Yaitu seorang nabi sholeh yang dikenal sebagai bapak tauhid.

2. Dimensi Spiritual
Ibadah qurban merupakan sarana pembuktian keimanan kita kepada Allah Keimanan meliputi keikhlasan, yang berarti ibadah qurban yang kita lakukan harus murni dilakukan hanya semata-mata karena Allah dan dalam rangka menjalankan perintah-Nya.

3. Dimensi Sosial
Di samping nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah qurban, juga terdapat nilai-nilai sosial. Dan memang dalam setiap ibadah yang Allah syariatkan diantaranya terkandung nilai-nilai sosial, seperti zakat, shadaqah, waqaf, shalat, haji, puasa, aqiqah, dan sebagainya.

4. Dimensi moral
Ibadah qurban juga mengandung pesan-pesan moral yang ditunjukan dengan simbol-simbol yang ada dalam ritual ibadah qurban.

a) Sejarah qurban nabi Ibrahim merupakan sejarah yang penuh dengan nilai pengorbanan. Kerelaan nabi Ibrahim dalam mengorbankan anaknya yang dicintai secara otomatis menandakan kerelaannya pula dalam mengorbankan segala hal yang dimilikinya.

b) Binatang adalah sesuatu yang dikorbankan dan disembelih dalam proses ritual ibadah qurban. Binatang merupakan simbol keburukan yang ada pada diri manusia. Sifat-sifat keburukan yang ada pada diri selalu diidentikan dengan sifat-sifat kebinatangan. Allah dalam beberapa ayat Al-qur’an mengumpamakan sesuatu yang buruk yang ada pada diri manusia dengan binatang.

c) Ketika nabi Ibrahim akan menyembelih Ismail, lalu Allah menggantikan Ismail dengan seekor binatang, memberikan pelajaran bahwa kita harus menghargai nyawa manusia. Allah telah menyatakan dalam Al-Qur’an bahwa barang siapa yang menghilangkan nyawa seorang manusia, seolah-olah telah menghilangkan nyawa manusia seluruhnya, karena nyawa manusia penting artinya bagi hidup dan kehidupan.

d) Ibadah qurban yang dipelopori bapak tauhid nabi Ibrahim mempunyai makna pembebasan manusia dari kesewenang-wenangan manusia atas manusia lainnya. Ketika Allah mengganti Ismail dengan seekor binatang, tersirat pesan yang menyatakan agar manusia tidak lagi menginjak-injak harkat dan derajat manusia dan kemanusiaan.

Note : post ini saya tulis untuk menjelaskan baba tentang tujuan ibadah qurban ... bukan untuk eyel2an tentang Ismail dan Ishak ...

piss

1. gak ada yang nyuruh tuh, ibrohim menyembelih anaknya (?), cuman mimpi! ang ditauhidinya siapa?

2. lagian ibrohim malah kebingungan dengan mimpinya itu, ia malah tanya sama anaknya dan justeru si bocahlah yang menyuruhnya melakukan seperti yang di mimpinya, jadi yang beriman itu si bocah bukan ibrohim

3. gak ada di quran kisah ibrohim membagi-bagikan daging sembelihan..

4.a. ibrohim binung oleh mimpinya, jsuteru yang memerintah melakukan seperti di mimpi adalah anaknya..
4.b. sifat buruk yang dibagi-bagikan dan disebar-luaskan?? i see..
4.c. binatang apa gak jelas, dan nyawanya tak penting maka dibantai masal aja..
4.d. justeru ajaran bahwa manusia harus sewenag-wenang pada binatang.. (gak ada ismailnya, gak ada jenis binatangnya -> kenapa sapi, kambing, domba jadi korban pembantaian?)

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43724
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by bimasakti on Tue Oct 30, 2012 12:40 pm

Apa membunuh ternak untuk dimakan merupakan perbuatan jahat,,?
apa memperkosa wanita merupakan perbuatan jahat?
dimana jahatnya...
kalo menurutku baik..gmn?
pertanyaanmu datang krn kau tdk memahami doktrin islam soal kurban..dan hanya
menerima secara membabi buta.

bimasakti
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 320
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jakarta
Join date : 07.06.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by The.Barnabas on Tue Oct 30, 2012 1:44 pm

@bimasakti wrote:
Apa membunuh ternak untuk dimakan merupakan perbuatan jahat,,?
apa memperkosa wanita merupakan perbuatan jahat?
dimana jahatnya...
kalo menurutku baik..gmn?
pertanyaanmu datang krn kau tdk memahami doktrin islam soal kurban..dan hanya
menerima secara membabi buta.

joged

kalo bisa dijelasin kaya halnya memperkosa,,bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat,,monggo,,

ampun om:mon1: ga usah galak2 om,,
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by SEGOROWEDI on Tue Oct 30, 2012 1:49 pm

@The.Barnabas wrote:
kalo bisa dijelasin kaya halnya memperkosa,,bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat,,monggo,,

ampun om:mon1: ga usah galak2 om,,

DIMAKAN bukan TUJUAN, melainkan:

1. Dimensi Tauhid
Ibadah qurban mempunyai nilai ketauhidan yang sangat kental. Ritual ibadah qurban merupakan momen untuk mengenang kembali perjuangan monoteistik yang dilakukan oleh nabi Ibrahim. Yaitu seorang nabi sholeh yang dikenal sebagai bapak tauhid.

2. Dimensi Spiritual
Ibadah qurban merupakan sarana pembuktian keimanan kita kepada Allah Keimanan meliputi keikhlasan, yang berarti ibadah qurban yang kita lakukan harus murni dilakukan hanya semata-mata karena Allah dan dalam rangka menjalankan perintah-Nya.

3. Dimensi Sosial
Di samping nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah qurban, juga terdapat nilai-nilai sosial. Dan memang dalam setiap ibadah yang Allah syariatkan diantaranya terkandung nilai-nilai sosial, seperti zakat, shadaqah, waqaf, shalat, haji, puasa, aqiqah, dan sebagainya.

4. Dimensi moral
Ibadah qurban juga mengandung pesan-pesan moral yang ditunjukan dengan simbol-simbol yang ada dalam ritual ibadah qurban.


ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43724
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 1:56 pm

@bimasakti wrote:
dini : diluar kuasa Tuhan namun bersumber dari Tuhan ??
Ga ngerti saya ... swear deh ... jelasin dong ...
dini,tanpa ilustrasi kau tdk akan paham..
semua yg terjadi dialam semesta merupakan impian Tuhan..
sumbernya Dia..namun seperti saat kita mimpi buruk,kita tidak kuasa utk
menghapusnya.masak gak ngartos?

heeh nih ... masih ga ngartos bo ..

piss

@bimasakti wrote:
dan rantai makanan ini ciptaan Tuhan kan ?? Tuhan kan yang
mengatur terjadinya hubungan antar mahluk hidup ini ???
rantai makanan bukan cipt Tuhan dgn sengaja..mana ada yg maha kasih memberikan penderitaan??
jadi rantai tsb terjadi tanpa sengaja...seperti hang pd komputer.bukan
sengaja dibuat manusia..

Ok ... jadi disini bedanya pandangan kita ... bagi saya rantai makanan pun diciptakan atau diprogram oleh Tuhan ... dan kalau mau kasih perumpamaan komputer ...
program komputer = rantai makanan >>> diciptakan Tuhan
komputer hang = terputusnya rantai makan >>> berlaku hukum sebab akibat atas perbuatan manusia
sengaja ga sengaja ... intinya kenapa komputer tsbt bisa hang atau kenapa rantai makanan itu bisa putus adalah akibat yang disebabkan oleh ulah manusia ....

Sebagai si pembuat program komputer ... Bill Gates berkata ... gunakanlah program ini sebaik2nya dengan aturan standar Microsoft .... hati2 jangan sampai salah .... karena kalau salah aturan ... maka komputer nya akan hang ...

sama dengan

Sebagai Si pencipta alam semesta ... Tuhan berkata pada manusia ... manfaatkanlah alam semesta ini sebaik2nya dengan aturan Tuhan ... jangan sampai salah (dgn hawa nafsu, serakah, sombong, dsb) ... karena kalau salah aturan ... maka alam semesta akan rusak ...

@bimasakti wrote:
Jadi apakah makan daging dosa ?? jawaban saya tidak ..
kalo gt nurut sy membunuh manusia juga tdk dosa..
dasarnya bil dosa apa?? bs jawab?

Dalam kondisi perang (seperti jaman penjajahan) ...
mau tidak mau pejuang kita harus membunuh belanda ... dan ini tidak dosa

Pun membunuh manusia tidak sama dengan membunuh hewan untuk tujuan dimakan ...
Saya ambil aturan Islam saja ... jelas dikatakan bahwa bukan semua hewan bisa dibunuh untuk dimakan ... ada ketentuan yang harus ditaati ... kalau sesuai aturan = tidak dosa ... kalu tidak sesuai aturan = dosa

binar
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 2:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@The.Barnabas wrote:
kalo bisa dijelasin kaya halnya memperkosa,,bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat,,monggo,,

ampun om:mon1: ga usah galak2 om,,

DIMAKAN bukan TUJUAN, melainkan:

1. Dimensi Tauhid
Ibadah qurban mempunyai nilai ketauhidan yang sangat kental. Ritual ibadah qurban merupakan momen untuk mengenang kembali perjuangan monoteistik yang dilakukan oleh nabi Ibrahim. Yaitu seorang nabi sholeh yang dikenal sebagai bapak tauhid.

2. Dimensi Spiritual
Ibadah qurban merupakan sarana pembuktian keimanan kita kepada Allah Keimanan meliputi keikhlasan, yang berarti ibadah qurban yang kita lakukan harus murni dilakukan hanya semata-mata karena Allah dan dalam rangka menjalankan perintah-Nya.

3. Dimensi Sosial
Di samping nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam ibadah qurban, juga terdapat nilai-nilai sosial. Dan memang dalam setiap ibadah yang Allah syariatkan diantaranya terkandung nilai-nilai sosial, seperti zakat, shadaqah, waqaf, shalat, haji, puasa, aqiqah, dan sebagainya.

4. Dimensi moral
Ibadah qurban juga mengandung pesan-pesan moral yang ditunjukan dengan simbol-simbol yang ada dalam ritual ibadah qurban.


ehmm

jaka sembung

ehmm
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by SEGOROWEDI on Tue Oct 30, 2012 2:15 pm

@dee-nee wrote:
jaka sembung

ehmm

mosok seh? silakan baca ini:
@The.Barnabas wrote:bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat?,,monggo,,

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43724
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by The.Barnabas on Tue Oct 30, 2012 3:30 pm

mending joged nyuk,,om wedi joged
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by SEGOROWEDI on Tue Oct 30, 2012 3:32 pm

@The.Barnabas wrote:mending joged nyuk,,om wedi joged

boleh
asal jangan pakai musik, sebab musik itu haram..

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah bersabda: "Kelak akan ada dari umatku beberapa kaum yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras dan musik." (HR. Bukhari dan Abu Daud)
nyerah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43724
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by The.Barnabas on Tue Oct 30, 2012 3:37 pm

ga kompeten, takira si wedi termasuk dalam 12 murid yesus..ternyata muridnya paulus
avatar
The.Barnabas
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 894
Location : Jakarta
Join date : 27.07.12
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by abu hanan on Tue Oct 30, 2012 4:02 pm

@bimasakti wrote:moderator LI gak beres..
TS hanya menjawab sdr dee nee yg bertanya..
dimana salah saya? kok mesti ganti judul?


apakah pertanyaan sdr deenee salah? tidak
dan tdk ada muslim yg menjawab pertanyaan TS..

weleh...weleh..

inti permasalahan adalah soal TUJUAN KURBAN.
mengapa pake judul "dee nee sayang?"

apa berencana sembelih beliow (dee nee)?

peringatan 1 @sai baba...


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by dee-nee on Tue Oct 30, 2012 4:43 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
jaka sembung

ehmm

mosok seh? silakan baca ini:
@The.Barnabas wrote:bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat?,,monggo,,

Bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat menurut saibaba si vegetarian
Apakah mas wedi vegetarian ??

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by bimasakti on Tue Oct 30, 2012 4:48 pm

kalo bisa dijelasin kaya halnya memperkosa,,bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat,,monggo,,
anda ini naif ya..
saya suruh jelasin kenapa memperkosa adalah jahat?
kalo nurutmu potong kambing tdk dosa..ya menurutku...memperkosa tidak dosa.

SILAKAN JELASIN...DIMANA DOSANYA?? APA ALASAN MEMPERKOSA ITU DOSA??
jika kau bilang memaksa....maka membunuh kambing juga memaksa!

kesimpulan : keduanya dosa.

bimasakti
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 320
Kepercayaan : Lain-lain
Location : jakarta
Join date : 07.06.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by abu hanan on Tue Oct 30, 2012 4:54 pm

@bimasakti wrote:
kalo bisa dijelasin kaya halnya memperkosa,,bahwasanya menyembelih hewan untuk dimakan jahat,,monggo,,
anda ini naif ya..
saya suruh jelasin kenapa memperkosa adalah jahat?
kalo nurutmu potong kambing tdk dosa..ya menurutku...memperkosa tidak dosa.

SILAKAN JELASIN...DIMANA DOSANYA?? APA ALASAN MEMPERKOSA ITU DOSA??
jika kau bilang memaksa....maka membunuh kambing juga memaksa!

kesimpulan : keduanya dosa.
yang dipotong hewan yah gak dosa
kalow memperkosa gak dosa

hewan = manusia?


yah perkosa aja hewan...mana ada hewan protes?
ketawa guling


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: apa membunuh ternak utk dimakan adalah perbuatan baik?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik