FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by santri on Mon Sep 17, 2012 6:44 pm

Pertanyaan "Siapakah nama Tuhan itu?" Merupakan pertanyaan yang sangat sederhana dan sangat mendasar, tapi justru menjadi pertanyaan yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dan miskomunikasi bila pihak-pihak yang berkomunikasi menggunakan ragam bahasa yang berbeda meski sama-sama berbahasa Indonesia. Misal, satu pihak menggunakan bahasa Indonesia ragam umum, sedangkan pihak lain menggunakan bahasa Indonesia ragam LAI (Lembaga Alkitab Indonesia). Karena perbedaan ragam bahasa Indonesia antara pihak-pihak yang berkomunikasi seringkali terjadi tanpa disadari, maka kesalahpahaman dan miskomunikasi (komunikasi yang tidak nyambung) yang terjadi juga sering kali muncul sebagai dampak ikutan yang tidak disadari pula.
Pada pertanyaan "Siapakah nama Tuhan itu?", Makna kata "Tuhan" dalam bahasa Indonesia ragam umum dan bahasa Indonesia ragam LAI sangat berbeda. Hal ini dapat dilihat pada tabel 1 dan tabel2

Bahasa Indonesia Ragam UmumIbraniBahasa YunaniBahasa ArabBahasa InggrisBahasa Indonesia Ragam LAI
Tuhan, Ilah, ilahallah-allah





אֱלֹהִים
θέος 'theos''ilah'





اله
God, god (makna generik)Allah, allah
Table 2. Padanan kata "Tuhan" dalam bahasa Indonesia ragam LAI

Tuhan





אָדֹן
"Adon





אָדֹנ
י
"ADONAY
κυριος Kyrios





رب
'rabb (robb)'





سيدنا
'sayyidina
LordTuan, Penguasa, Guru, Junjungan, Bos, RajaIntinya, pihak yg memiliki posisi / jabatan superordinat (di atas)
Jadi, makna pertanyaan "Siapakah nama Tuhan itu?" Untuk pihak yang
berbicara dalam bahasa ragam Indonesia umum cocok dengan pertanyaan
dalam bahasa Inggris "Who is the God?". Untuk
pihak yang berbicara dalam bahasa Indonesia ragam LAI, pertanyaan
"Siapakah nama Tuhan itu?" Cocok makna dengan pertanyaan dalam bahasa
Inggris "Who is the Lord?". Jawaban atas kedua pertanyaan itu berbeda. Hal itu diketahui dari 1 Korintus 8:6
Table 3 Perbandingan terjemahan dari 1 ayat yang sama (1 Kor 8:6)

BahasaAyat dari 1 Korintus 8:6
Yunaniαλλ
ημιν εις θεος ο πατηρ εξ ου τα παντα και ημεις εις αυτον και εις κυριος
ιησους χριστος δι ου τα παντα και ημεις δι αυτουall hēmin his theos ho
Pater eks hu ta panta key hēmīs is awton key his Kurios iēsūs khristos
di hu ta panta key hēmīs di awtū
InggrisYet
for us terdapat God, 'the Father', of whom are all things, and we for
Him; dan one Lord Yesus, melalui whom are all things, and through whom
we live.
Indonesia ragam umumNamun untuk kita hanya ada satu Ilah (Tuhan) saja, yaitu: 'Sang Bapa',
yang dari-Nya segala sesuatu berasal dan yang untuk-Nya kita hidup; dan
satu Sayyidina (Tuan) saja, yaitu: Isa Al Masih, yang melalui dia itulah
segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita ada.
Indonesia ragam LAINamun untuk kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa yang dari-berasal
segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja,
yaitu: Yesus Kristus yang olehNya segala sesuatu telah dijadikan dan
yang karena Dia kita hidup.


Dari penjabaran di atas dapat diketahui mengapa jawaban atas pertanyaan
"Siapakah nama Tuhan itu?" Untuk pihak yang berbicara dengan bahasa
Indonesia ragam LAI adalah Yesus Kristus, yaitu karena makna pertanyaan
itu cocok dengan pertanyaan "Who is the Lord?", Bukannya cocok dengan
pertanyaan dalam bahasa Inggris "Who is the God?"


Dalam ayat tersebut, kodrat kemanusiaan (kodrat insani) Isa Al Masih
dinyatakan dengan kata κυριος "Kyrios" (bahasa Yunani), "Lord" (bahasa
Inggris), "Tuan, Sayyidina" (bahasa Indonesia ragam umum), sedangkan
anak kalimat δι ου τα παντα και ημεις δι αυτου 'di hu ta panta key hēmīs
di awtū' "yang melalui Dia itulah segala sesuatu telah dijadikan dan
yang karena Dia kita ada" mengacu kepada kodrat keilahian (ke-Tuhan-an)
Isa Al Masih sebagai Firman Allah yang nuzul (turun) menjadi manusia,
karena Allah menjadikan segala sesuatu dan menciptakan kita manusia
melalui Firmannya. Frase ini
paralel dengan Injil Yohanes 1:3 yang ditulis oleh salah seorang
Hawariyyun bernama Yohanes di sekitar tahun 95 M (35 tahun setelah
Paulus syahid). Detil tentang
satu pribadi tunggal Isa Al Masih (Yesus Sang Kristus) yang memiliki
kodrat insani (kodrat manusiawi) dan kodrat Ilahi (kodrat ke-Allah-an)
akan dibahas nanti pada artikel yang berjudul " Isa Kalam Allah ".


Untuk pihak yang berbicara dengan bahasa Indonesia ragam umum, makna
pertanyaan "Siapakah nama Tuhan itu?" Cocok dengan pertanyaan "Who is
the God?", Dan bukannya cocok dengan pertanyaan "Who is the Lord?". Menurut ayat 1 Korintus 8:6 a, Ilah / Tuhan adalah Dia yang disapa dengan kata kias ο πατηρ "ho Pater" (Sang Bapa).

αλλ ημιν εις θεος ο πατηρ εξ ου τα παντα και ημεις εις αυτον

all hēmin his theos ho Pater eks hu ta panta key hēmīs is awton
Yet for us terdapat one God, "the Father", dari whom are all things, and we for Him.
Namun untuk kita hanya ada 1 Tuhan (Ilah) saja, yaitu: 'Sang Bapa', yang
dariNya segala sesuatu berasal dan yang untukNya kita hidup (1 Korintus
8:6 a)



Ayat 1 Kor 8:6 a yang menyatakan bahwa Ilah itu disapa
dengan kata kias 'Bapa' paralel dengan Injil Yohanes 8: 54 yang juga
menyatakan bahwa Ilah itu adalah "Bapa"


Dan siapakah Dia yang disapa dengan kata kias "Bapa" itu?



כִי - אַתָּה אָבִינוּ כִּי אַבְרָהָם לֹא יְדָעָנוּ וְיִשְׂרָאֵל לֹא
יַכִּירָנוּ: 
אַתָּה יְהוָה אָבִינוּ גֹּאֲלֵנוּ מֵעוֺלָם שְׁמֶ

Ki 'attāh' āvînû ki 'avrāhām lo' yə d ā `anu wəyiśrā'ēl lo 'yakîrānû' attāh YHWH 'āvînû gō'álēnû me` olam šəmekā

Bukankah Engkau adalah 'Bapa' kami?

Sungguh,

Ibrohim tidak tahu apa-apa tentang kami, dan

Israel (nabi Yakub) tidak mengenal kami.

Ya YHWH, Engkau sendiri adalah 'Bapa' kami;

Sejak dulu, namaMu adalah 'Penebus kami'. (Yesaya 63: 16)


Ayat tersebut menunjukkan bahwa:



(I)

Dia yang disapa dengan kata kias 'Bapa' itu adalah YHWH

Kapan kata YHWH itu kita substitusikan ke kata kias 'Bapa' dalam 1
Korintus 8: 6a, maka diperoleh kalimat dalam bahasa Indonesia ragam umum
sebagai berikut:



(Ii)

Namun untuk kita hanya ada 1 Ilah (Tuhan) saja, yaitu: YHWH, yang dariNya berasal segala sesuatu dan yang untuk-Nya kita hidup.

Pernyataan tersebut paralel dengan Taurat, Ulangan 6: 4




שְׁמע ישְרָאֵל יהוה אֱלֹהֵינוּ יהוה אֶחָֽד:
Šəmā Yisrael YHWH `elōhēnû YHWH eḥad

Dengarkanlah, wahai Israel, YHWH adalah Ilah (Tuhan) kita, YHWH itu Esa.(Taurat, Ulangan 6:4)

Perhatikan pula Injil Yohanes 17:1-3



  1. ταυτα ελαλησεν ο ιησους και επηρεν τους οφθαλμους αυτου εις τον
    ουρανον και ειπεν πατερ εληλυθεν η ωρα δοξασον σου τον υιον ινα και ο
    υιος σου δοξαση σε
  2. καθως εδωκας αυτω εξουσιαν πασης σαρκος ινα παν ο δεδωκας αυτω δωση αυτοις ζωην αιωνιον
  3. αυτη δε εστιν η αιωνιος ζωη ινα γινωσκωσιν σε τον μονον αληθινον θεον και ον απεστειλας ιησουν χριστον


  1. tawta elalēsen ho Iēsūs key epēren tus ofthalmūs awtū is ton ūranon
    key ipen pater elēluthen he hora doksason su ton vion hina key ho wios
    su doksasē se
  2. kathōs edōkas awtō eksūsian pasēs sarkos hina pan ho dedōkas awtō dose awtoys zōēn eyōnion
  3. hawtē de estin he ayōnios zoe hina ginōskōsin se ton monon alēthinon
    theon key hon alestīlas iēsūn khriston (Injil Yohanes 17:1-3)


  1. Setelah Yesus menyampaikan semua itu, Ia menengadah ke langit dan bersabda, "Ya 'Bapa', saat yang ditentukan sudah tiba. Muliakanlah 'Anak'-Mu ini, agar' Anak'-Mu juga memuliakan Engkau.
  2. Engkau sudah memberi wewenang kepada-Nya atas seluruh umat manusia,
    dan Ia pun memberikan hidup kekal kepada semua orang yang telah Engkau
    serahkan kepada-Nya.
  3. Inilah hidup yang kekal, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau sebagai
    satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Isa Al Masih yang telah
    Engkau utus. (Injil, Yohanes 17:3)


Dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa Isa Al Masih menyapa Allah itu dengan kata kias "Bapa":



(Iii)

Isa Al Masih menyebut 'Bapa' itu adalah satu-satunya Allah yang benar (Yoh 17: 1 & 3)

Kapan kata YHWH disubstitusikan ke kata kias 'Bapa' dalam kalimat (iii),
maka diperoleh pemahaman bahwa YHWH itu adalah satu-satunya Allah yang
benar. Dengan kata lain, YHWH itu adalah Allah. Hal ini sesuai dengan Taurat kitab Ulangan 4: 35




אַתָּה הָרְאֵתָ לָדַעַת כִּי יהוה הוּא הַאֱלֹהים אֵין עוֹד מִלְבָדּֽוֹ:
'Attāh hārə'ētā la d a `a t ki YHWH hu 'ha'élōhîm en `ô d miləvādô

Kamu telah dibuat mengetahui bahwa YHWH adalah Allah, tidak ada Ilah (Tuhan) selain Dia. (Torat; Ulangan 4: 35)

Ayat tersebut menegaskan bahwa YHWH adalah Allah dan bahwa Allah adalah YHWH.


Kata "Dia" dalam ayat tersebut merujuk kepada kata "YHWH" atau pada kata
"Allah" yang berada pada anak kalimat pertama ayat tersebut, sehingga
ayat tersebut dapat dituliskan dengan 2 cara penulisan sebagai berikut:



(Iv)

Kamu telah dibuat mengetahui bahwa YHWH adalah Allah, tidak ada Ilah (Tuhan) selain YHWH.

Kamu telah dibuat mengetahui bahwa YHWH adalah Allah, tidak ada Ilah (Tuhan) selain Allah.

Frase "Tidak ada ilah (Tuhan) selain YHWH" menegaskan / menguatkan kalimat (ii). Karena
YHWH adalah Allah, maka kalimat "Tidak ada Ilah (Tuhan) selain YHWH"
berarti sama dengan kalimat "Tidak ada Ilah (Tuhan) selain Allah" (1 Kor
8: 4)



περι της βρωσεως ουν των ειδωλοθυτων οιδαμεν οτι ουδεν ειδωλον εν κοσμω και οτι ουδεις θεος ετερος ει μη εις

peri tes brōseōs un ton īdōlothutōn oydamen hoti ūden īdōlon en kosmo key hoti ūdīs theos eteros I Me his

Sedangkan mengenai hal memakan makanan yang dipersembahkan kepada
berhala, kita tahu bahwa "sebenarnya tidak ada berhala di dunia ini dan
tidak ada Tuhan selain Allah, yang hanya satu-satunya itu." (1 Korintus
8: 4)

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa Alkitab telah menyatakan "Tidak ada Ilah (Tuhan) selain Allah". Kitab-kitab
yang dikutip di atas berasal dari sekitar tahun 1280 SM sampai 100 M.
Dengan demikian, kalimat syahadat pertama yang berbunyi "Tidak ada Ilah
(Tuhan) selain Allah" telah berusia 1380 2008 = 3388 tahun di saat
artikel ini ditulis.

Uraian tersebut juga membuktikan bahwa satu-satunya Sang Pencipta Yang
Maha Esa itu dikenal setidaknya dengan 3 nama, yaitu: El, YHWH, atau
Allah. Allah itu disapa dengan kata kias "Bapa".


avatar
santri
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 275
Join date : 30.07.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Guest on Wed Sep 19, 2012 7:42 pm

Pertanyaan super seriousss :
Mengapa tuhannya Islam ga pernah mengakui namanya adalah YHWH hehehe

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by frontline defender on Wed Sep 19, 2012 8:56 pm

duren swt wrote:Pertanyaan super seriousss :
Mengapa tuhannya Islam ga pernah mengakui namanya adalah YHWH hehehe
kalau yang begituan, dibilang nama Tuhan : http://www.yhwh.com/gingn/gingn.htm
Transliterated into English: YHWH

With vowels added: YAHWEH

Translated: I AM WHO I AM

berarti sama saja seperti, kalau muslim bilang, Surat Al-Ikhlas ayat 1-4 adalah Nama Tuhan! lol
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Guest on Wed Sep 19, 2012 10:16 pm

@frontline defender wrote:

berarti sama saja seperti, kalau muslim bilang, Surat Al-Ikhlas ayat 1-4 adalah Nama Tuhan! lol
Kebiasaanmu memang selalu " GAGAL mencerna KALIMAT "

Ditanya A malah ngelantur ke X

Giniloh contohnya kang CePE ... anggaplah di Israel namamu SARMIN .
Anggap juga elo lalu mandah ke Arab dan motong unta bikin kenduri slametan ganti nama jadi DULADI .
Apapun juga ... tidak boleh tidak dunia akan mengakui mu sebagai oknum yang sama .

Pertanyaan :
Kalaulah elo bikin kenduri slametan ganti nama dan jadinya semua faham bahwa nama lamamu adalah SARMIN
Nahh kok tuhanmu GA ADA YANG TAU bahwa nama lamanya adalah YHWE


Kalau saja ada sebait ayat " KENDURI " yang menerangkan bahwa dia memang YHWE , selesai deh persoalan

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by abu hanan on Wed Sep 19, 2012 11:09 pm

duren swt wrote:Pertanyaan super seriousss :
Mengapa tuhannya Islam ga pernah mengakui namanya adalah YHWH hehehe
karena yhwh gak pernah bilang kalow ada rencana gnt nama.

Ayat "kenduri" juga gak perlu ada,tuh salah israel ngapain nulis yhwh dari awal hahaha


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Guest on Wed Sep 19, 2012 11:20 pm

Yah saya cuma bisa ngirim sebuah lagu lama atas jawaban Abu Hanan : DESPERADO


ketawa guling

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Uriel on Wed Sep 19, 2012 11:23 pm

haahahahahahahahah

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 415
Location : bandung
Join date : 01.07.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by putramentari on Wed Sep 19, 2012 11:34 pm

duren swt wrote:Pertanyaan super seriousss :
Mengapa tuhannya Islam ga pernah mengakui namanya adalah YHWH hehehe

terlepas dari penjabaran TS, menurut ane YHWH bukanlah nama tuhan melainkan hanya gelar
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by abu hanan on Wed Sep 19, 2012 11:37 pm

duren swt wrote:Yah saya cuma bisa ngirim sebuah lagu lama atas jawaban Abu Hanan : DESPERADO


ketawa guling
yah gmn lagih brow...pertanyaan aja uda semangkah berdaun singkong..
ketawa guling


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 84
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 224

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Guest on Thu Sep 20, 2012 1:03 am

duren swt wrote:Pertanyaan super seriousss :
Mengapa tuhannya Islam ga pernah mengakui namanya adalah YHWH hehehe
@putramentari wrote:

terlepas dari penjabaran TS, menurut ane YHWH bukanlah nama tuhan melainkan hanya gelar
Trims atas partisipasi " MENURUT ANE " nya xixixi

nyerah

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by frontline defender on Thu Sep 20, 2012 5:20 am

duren swt wrote:Kebiasaanmu memang selalu " GAGAL mencerna KALIMAT "

Ditanya A malah ngelantur ke X

Giniloh contohnya kang CePE ... anggaplah di Israel namamu SARMIN .
Anggap juga elo lalu mandah ke Arab dan motong unta bikin kenduri slametan ganti nama jadi DULADI .
Apapun juga ... tidak boleh tidak dunia akan mengakui mu sebagai oknum yang sama .

Pertanyaan :
Kalaulah elo bikin kenduri slametan ganti nama dan jadinya semua faham bahwa nama lamamu adalah SARMIN
Nahh kok tuhanmu GA ADA YANG TAU bahwa nama lamanya adalah YHWE


Kalau saja ada sebait ayat " KENDURI " yang menerangkan bahwa dia memang YHWE , selesai deh persoalan
lha emangnya "Aku adalah Aku" tu nama? lol
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 23, 2012 9:28 am

@frontline defender wrote:
duren swt wrote:Kebiasaanmu memang selalu " GAGAL mencerna KALIMAT "

Ditanya A malah ngelantur ke X

Giniloh contohnya kang CePE ... anggaplah di Israel namamu SARMIN .
Anggap juga elo lalu mandah ke Arab dan motong unta bikin kenduri slametan ganti nama jadi DULADI .
Apapun juga ... tidak boleh tidak dunia akan mengakui mu sebagai oknum yang sama .

Pertanyaan :
Kalaulah elo bikin kenduri slametan ganti nama dan jadinya semua faham bahwa nama lamamu adalah SARMIN
Nahh kok tuhanmu GA ADA YANG TAU bahwa nama lamanya adalah YHWE


Kalau saja ada sebait ayat " KENDURI " yang menerangkan bahwa dia memang YHWE , selesai deh persoalan
lha emangnya "Aku adalah Aku" tu nama? lol

lha muhammad nemu nama aloh dan gelar 'swt' dari goa mana?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Uriel on Sun Sep 23, 2012 11:57 am

Tunggu sampai Hamba tuhan nongol n bilang "YHWH adalah tuhannya suku nomaden"
hahahahaa
emang lucu2 muslim di sini
nyerah

Uriel
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 415
Location : bandung
Join date : 01.07.12
Reputation : 9

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by frontline defender on Sun Sep 23, 2012 12:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:lha muhammad nemu nama aloh dan gelar 'swt' dari goa mana?
ehmm
kalau anda bilang "Allah" adalah nama, berarti sama saja seperti kalau anda bilang "God" maupun "Tuhan" adalah nama!
lol
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 24, 2012 4:15 pm

@frontline defender wrote:
@SEGOROWEDI wrote:lha muhammad nemu nama aloh dan gelar 'swt' dari goa mana?
ehmm
kalau anda bilang "Allah" adalah nama, berarti sama saja seperti kalau anda bilang "God" maupun "Tuhan" adalah nama!
lol

di quran itu nama..
maka tanyakan muhammadmu: ia nemu nama aloh swt di goa mana?
ehmm

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Wong Edan on Mon Sep 24, 2012 6:54 pm

Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa Alkitab telah menyatakan "Tidak ada Ilah (Tuhan) selain Allah". Kitab-kitab
yang dikutip di atas berasal dari sekitar tahun 1280 SM sampai 100 M.
Dengan demikian, kalimat syahadat pertama yang berbunyi "Tidak ada Ilah
(Tuhan) selain Allah" telah berusia 1380 2008 = 3388 tahun di saat
artikel ini ditulis.

Uraian tersebut juga membuktikan bahwa satu-satunya Sang Pencipta Yang
Maha Esa itu dikenal setidaknya dengan 3 nama, yaitu: El, YHWH, atau
Allah. Allah itu disapa dengan kata kias "Bapa".

keknya ini udah jelas, apa lg yg dibingungkan?
apa hrs cari lg nama2 tuhan selain di atas?
avatar
Wong Edan
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 136
Location : Surga
Join date : 10.09.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by SEGOROWEDI on Tue Sep 25, 2012 2:35 pm

@Wong Edan wrote:tiada Ilah (Tuhan) selain Allah".

ini yang rancu: ilah (Tuhan)
ilah itu sesembahan dan itu banyak: berhala, berhili, dewa, dewi, zat ini, zat itu dan lain-lain, termasuk Tuhan, kalau menyembah Tuhan sahadatnya mestinya begini:
- tiada ilah selain Tuhan, atau..
- tiada Tuhan selain Tuhan

bukan begini:
- tiada ilah selain zat bernama aloh swt, atau
- tiada Tuhan selain zat bernama aloh swt
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Guest on Tue Sep 25, 2012 2:44 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Wong Edan wrote:tiada Ilah (Tuhan) selain Allah".

ini yang rancu: ilah (Tuhan)
ilah itu sesembahan dan itu banyak: berhala, berhili, dewa, dewi, zat ini, zat itu dan lain-lain, termasuk Tuhan, kalau menyembah Tuhan sahadatnya mestinya begini:
- tiada ilah selain Tuhan, atau..
- tiada Tuhan selain Tuhan

bukan begini:
- tiada ilah selain zat bernama aloh swt, atau
- tiada Tuhan selain zat bernama aloh swt
piss

Saya SETUJU berat dengan post diatas

Saat saya protes disini http://laskarislam.indonesianforum.net/t3708-mengkritisi-kebijakan-moderasi-di-li

Hampir keluar biji mataku membaca pernyataan resmi pihak LI
@musicman wrote:@duren


Setelah terjadi perundingan diantara Pengurus LI, maka diputuskan :

Diperbolehkan mengganti tulisan Allah(dengan syarat-syarat dibawah) namun tetap tidak diperkenankan dengan menulis Awl 0h. Dengan Pertimbangan bahwa Awl 0h tidak secara benar mengandung unsur Alif, Lam, Ha. Penulisan Alloh, Aloh atau Illah masih diperkenankan, selebihnya tidak diperkenankan.

Semoga bung Duren mengerti dan menerima keputusan pengurus LI


Kok mau maunya ya pake Ilah .. hahaha

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Wong Edan on Tue Sep 25, 2012 4:08 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Wong Edan wrote:tiada Ilah (Tuhan) selain Allah".

ini yang rancu: ilah (Tuhan)
ilah itu sesembahan dan itu banyak: berhala, berhili, dewa, dewi, zat ini, zat itu dan lain-lain, termasuk Tuhan, kalau menyembah Tuhan sahadatnya mestinya begini:
- tiada ilah selain Tuhan, atau..
- tiada Tuhan selain Tuhan

bukan begini:
- tiada ilah selain zat bernama aloh swt, atau
- tiada Tuhan selain zat bernama aloh swt



Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas













Allāh (Arab: الله, Allaah) adalah kata dalam bahasa Arab yang merujuk pada nama Tuhan.
Perkataan tuhan dalam bahasa Arab adalah Ilah sebagaiman dalam dua
kalimah sahadah Islam. Kata Allah ini lebih banyak dikenal sebagai
sebutan tuhan oleh penganut agama Islam. Kata ini sendiri di kalangan para penutur bahasa Arab, adalah kata yang umum untuk menyebut tuhan["Tuhan" dalam bahasa Arab adalah Ilah], terlepas dari agama mereka, termasuk penganut Yahudi dan Kristen Arab. Konsekuensinya, kata ini digunakan dalam terjemahan kitab suci agama Kristen dan Yahudi yang berbahasa Arab, sebagaimana pula terjemahan Alkitab dalam bahasa Indonesia dan Turki.
jd tuhan selain Allah gugur. setuju gak?
avatar
Wong Edan
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 136
Location : Surga
Join date : 10.09.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by frontline defender on Tue Sep 25, 2012 8:26 pm

- Allah = Tuhan
- Rabb = sebutan Tuhan yang biasanya diikuti dengan keterangan (spt : Tuhan Semesta Alam, Tuhan kami, dll)
- Ilah = sesembahan dalam artian luas (mencakup juga : harta, jabatan, jimat, dukun, teknologi, dsb)
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6460
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mencari nama TUHAN yang sesungguhnya

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik