FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

apakah walisongo benar-benar sakti?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

apakah walisongo benar-benar sakti?

Post by keroncong on Wed Jul 18, 2012 2:21 am

1. Cerita Yang Tidak Bisa Dipertanggung Jawabkan Kebenarannya
Cerita tentang kesaktian para Wali Songo sebenarnya tidak punya landasan ilmiyah. Artinya kita tidak punya bukti otentik yang bisa dibenarkan dalam konsep yang ilmiyah bahwa mereka memang sakti mandra guna. Kesaktian yang kita kenal tentang mereka lebih merupakan cerita rakyat yang berasal dari riwayat tidak jelas. Atau dari produksi film nasional yang tujuannya sekedar menyedot penonton dan dihiasi dengan gambar wanita telanjang. Nauzu billah !!

Sebagai perbandingan, kalau kita letakkan dalam disiplin ilmu sanad dan riwayat dalam ilmu hadits, maka cerita tentang kesaktian para wali itu setara dengan hadits dho’if, kalau tidak mau dibilang hadits mursal atau hadits maudhu’. Artinya, sama sekali tidak bisa dijadikan landasan yang bisa diterima dalam kaitan dengan hukum.

2. Kesaktian Bukan Ciri Khas Penyebar Dakwah
Dan secara logika sederhana, tidak layak bagi para tokoh penyebar agama Islam itu memamerkan atau mendemonstrasikan ‘ilmu-ilmu kebatinan’ yang berada di luar dari mainstream ajaran Islam. Sosok mereka adalah para guru dan penyebar agama Islam, tentunya mereka mengajarkan aqidah yang benar, ibadah yang shahih dan akhlaq mulia. Tidak mungkin mereka mengajarkan ilmu silat, ilmu terbang, ilmu menghilang atau teknik merubah pohon jadi emas, apalagi cerita tentang Sunan Kalijaga yang bertapa di pinggir kali dan sejenisnya, maka semau cerita itu setara dengan kisah Israiliyat.

Kita tidak pernah mendengar Rasulullah SAW dan para shahabat mengajarkan ilmu kedigjayaan dalam melebarkan sayap dakwah ke Eropa, Asia dan Afrika. Begitu juga para tabiin, tabi’it-tabi’in dan generasi selanjutnya. Ketika cahaya Islam menyeruak jantung eropa dan mendirikan peradaban tertinggi di dunia, kita tidak pernah baca dalam catatan sejarah bahwa pembawa ajaran Islam itu pada jago silat, bisa terbang atau bisa menghilang. Juga tidak pernah bertapa di pinggir sungai atau melakukan pekerjaan munkar lainnya.

3. Karamah Terjadi Begitu Saja
Kalau pun ada orang shalih yang atas izin Allah SWT bisa terjadi hal-hal ajaib yang terjadi pada dirinya, maka sama sekali di luar kekusaannya. Namun pertolongan dari Allah SWT terjadi begitu saja sebagai kemuliaan yang Allah SWT berikan. Dalam bahasa arab, kemuliaan itu adalah karamah. Dan lidah melayu kita menyebutnya menjadi ‘keramat’. Tapi maknanya lantas mengalami pergeseran dari ‘pertolongan Allah SWT kepada hambanya yang shalih sebagai pemuliaan’ menjadi makna lain yaitu kesaktian, keajaiban dan kedigjayaan. Padahal keduanya jauh berbeda.

Ketika Nabi Musa dan kaum terpojok di bibir pantai laut Merah dikejar tentara Fir’aun, sama sekali beliau tidak pernah berpikir bahwa tongkatnya bisa membelah laut. Kalau pun saat beliau ketukkan ke laut, pastilah tidak akan membelah. Pada saat itu Allah SWT menyelamatkan hamba-Nya dan memerintahkan mengetukkan tongkat itu ke laut dan terbelahlah laut itu, sehingga beliau dan kaumnya bisa selamat sampai di seberang. Seandainya saat itu nabi Musa ‘iseng’ dan mengetukkan kembali tongkat ke laut, maka laut itu pun tidak akan membelah lagi. Semua terjadi begitu saja sesuai dengan kehendak Allah SWT. Sama sekali tidak ada keajaiban yang dikuasai sepenuhnya oleh Nabi Musa atau tongkatnya.

Kalau seorang Nabi Musa yang pernah berbicara langsung dengan Allah SWT tidak punya keajaiban yang dikuasai sepenuhnya, bagaimana kita bisa mengatakan bahwa para wali songo itu punya keajaiban yang sepenuhnya dikuasai. Kalaupun diantara para wali songo itu ada yang pernah ditolong Allah SWT karena keshalihan dan ketaatan mereka sehingga Allah SWT berkenan memberinya kemuliaan, maka sekali lagi bukan dalam bentuk kesaktian yang dikuasai sepenuhnya, tetapi berbentuk pertolongan Allah SWT pada saat itu yang diluar kemampuan sang wali sendiri. Artinya kalau sekali lagi mereka coba lakukan, pastilah tidak bisa.

Kesimpulan
Kalau ada orang mengaku shalih dan beriman dan mengatakan bahwa dirinya bisa melakukan hal-hal yang ghaib, ketahuilah bahwa dia bohong dengan imannya itu.

Namun bila ada orang shalih dan beriman, lalu pada suatu saat terjadi begitu saja hal yang diluar kemampuan akal manusia pada dirinya, tanpa dia merasa bahwa hal itu memang merupakan kemampuannya, maka hal itu sudah sering terjadi dan merupakan karamah dari Allah SWT. Contohnya adalah para mujahidin di Afghanistan seringkali melihat karamah seperti ini. Juga para pahlawan di negeri kita ketika menghadapi penjajahan bangsa salibis, sering kali mengalami kejadian yang luar biasa atas izin Allah SWT. Namun semua itu terjadi begitu saja tanpa pernah dikuasainya.


-|PROBLEM SOLVED |-

-| Cara 'Request' Membuka Kembali Thread di Topic solved |-
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah walisongo benar-benar sakti?

Post by mencari petunjuk on Mon May 13, 2013 4:25 am

karamah adalah pemberian Allah terhadap siapa yang Allah kehendaki dan kapan Allah kehendaki bukan dan tidak dapat terjadi atas kehendak sendiri, para Aulia sendiri lebih merasa malu bila Allah memperlihatkan karamah mereka. Bahkan ada Aulia yang meminta mati setelah karamahnya terbongkar kepada umum.

mencari petunjuk
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 192
Join date : 27.10.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah walisongo benar-benar sakti?

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 6:42 am

btw terkait tentang wali songo, dengar-dengar para wali itu, keturunan cina
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5431
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah walisongo benar-benar sakti?

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 6:45 am

sebenarnya bukan Musa yang membelah laut, tapi KuasaTuhan(melalui Musa), Itulah yang membelah laut
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5431
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah walisongo benar-benar sakti?

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 6:50 am

kalau orang Kristen yang diberi karunia, seperti mengusir setan, misalnya.

maka tidak boleh merasa bahwa itu karena kekuatan/kehebatanya sendiri,

karena jika demikian, maka manusia itu sedang mencuri KemuliaanTuhan
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5431
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah walisongo benar-benar sakti?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik