FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Memilih Pemimpin Beriman

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Tue Jul 10, 2012 8:27 pm



Dalam masyarakat Islam, segala sesuatu harus diserahkan kepada ahlinya yaitu yang berhak menurut milik, ilmu atau kepandainnya, bukan menurut kedudukan, keturunan, atau derajat terpandang.

Karena itu, Islam bukanlah agama yang membenarkan sistem feodal dan kerajaan yang sifatnya pusaka keturunan, juga tidak membenarkan facisme yang didasarkan atas kekuatan tentara.

Kini teranglah bahwa orang Islam tidak menjadikan orang munafik, kafir atau musyrik, jadi pepimpin, demikian mereka hidup di bawah pimpinan orang-orang beriman saja.


ULIL AMRI AULIYA DAN KHALIFAH


ULIL AMRI

Ulil Amri sesuai dengan istilahnya, kita artikan dengan ”yang berfungsi”, hanya dua kali tercantum dalam Alquran yaitu pada Ayat 4/59 dan 4/83. Untuk memahami sangkut pautnya, baiklah dikutipkan artinya sekali lagi begitupun Ayat suci lain yang sehubungan:


إِنَّ اللّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤدُّواْ الأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَ
ا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ النَّاسِ أَن تَحْكُمُواْ بِالْعَدْلِ إِنَّ اللّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِ إِنَّ اللّهَ كَانَ سَمِيعاً بَصِيراً

4/58. ALLAH memerintahmu menyerahkan amanat kepada ahlinya, dan ketika kamu menghukum dengan adil.
ALLAH mendatangkan nikmat mengajarmu dengannya, bahwa ALLAH mendengar lagi melihat.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ
وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّه
ِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلا

4/59. Wahai orang-orang beriman, patuhilah ALLAH dan patuhilah Rasul dan yang berfungsi dari kamu.
Jika kamu beriman pada ALLAH dan Rasul, jika kamu beriman pada ALLAH dan Hari yang akhir.
Demikian lebih baik dan pengertian yang lebih bagus.


مَّنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللّهَ وَمَن تَوَلَّى فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظاً

4/80. Siapa yang mematuhi Rasul, sungguh dia mematuhi ALLAH, dan siapa yang berpaling,
maka tidaklah KAMI utus engkau selaku penjaga atas mereka.


وَيَقُولُونَ طَاعَةٌ فَإِذَا بَرَزُواْ مِنْ عِندِكَ بَيَّتَ طَآئِفَةٌ مِّنْهُمْ
غَيْرَ الَّذِي تَقُولُ وَاللّهُ يَكْتُبُ مَا يُبَيِّتُونَ فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ وَكَفَى بِاللّهِ وَكِيلا

4/81. Dan mereka mengatakan kepatuhan maka ketika menghindar dari engkau, sebahagian mereka
menyampaikan yang bukan engkau katakan. ALLAH menuliskan yang mereka sampaikan itu.
Berpalinglah dari mereka dan berserah dirilah pada ALLAH. Cukuplah ALLAH selaku penjaga.


أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ اخْتِلاَفاً كَثِيرا

4/82. Tidakkah mereka memperhatikan Alquran? Kalau dia dari selain ALLAH
tentulah mereka dapati dalamnya kontradiksi yang banyak.


وَإِذَا جَاءهُمْ أَمْرٌ مِّنَ الأَمْنِ أَوِ الْخَوْفِ أَذَاع
ُواْ بِهِ وَلَوْ رَدُّوهُ إِلَى الرَّسُولِ وَإِلَى أُوْلِي الأَمْرِ مِنْهُمْ لَعَلِمَهُ
الَّذِينَ يَسْتَنبِطُونَهُ مِنْهُمْ وَلَوْلاَ فَضْلُ اللّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ لاَتَّبَعْتُمُ الشَّيْطَانَ إِلاَّ قَلِي

4/83. Ketika sampai pada mereka perintah tentang keamanan atau kecemasan, mereka memperdebatkannya.
Kalau mereka mengembalikannya kepada Rosul dan kepada yang berfungsi dari mereka tentulah
orang-orang yang menyelidikinya dari mereka akan mengetahuinya. Kalau tiada kurnia ALLAH
atasmu dan rahmat-NYA, tentulah kamu sudah mengikuti setan kecuali sedikit saja.



Mematuhi ALLAH ialah mematuhi hukum Alquran yang disampaikan Rasul, maka mematuhi hukum demikian adalah mematuhi ALLAH. Banyak orang yang mengatakan dirinya patuh namun tidak menyampaikan Ayat Alquran yang disampaikan Rasul tapi yang mereka namakan dengan Hadis Nabi. ALLAH menuliskan semua yang mereka sampaikan itu untuk perhitungan risiko pasti, Alquran cukup sempurna selaku sumber hukum untuk disampaikan bahkan tanpa kontradiksi antara sesama Ayatnya begitupun dengan keadaan yang berlaku dalam sejarah alam semesta.

Dalam masyarakat Islam, segala sesuatu harus diserahkan kepada ahlinya yaitu yang berhak menurut milik, ilmu atau kepandainnya, bukan menurut kedudukan, keturunan, atau derajat terpandang. Karena itu Islam adalah agama yang mengajar orang menempatkan sesuatu pada posisi wajar yang dijadikan motto: "The Right man on the Right place."
Dan Islam sangat membenci sikap "Right or Wrong my country" yaitu sikap asal saja untuk keuntungan negeri dengan memakai segala cara dan jalan. Islam bukan bersikap nasional tetapi internasional di mana orang-orang yang menganut satu ide saling membantu dengan jiwa persaudaraan, dan membenci atau sekurang-kurangnya tidak menyukai penganut ide lain walaupun saudara kandungnya dari ibu bapak yang sama.

Karena itu, Islam bukanlah agama yang membenarkan sistem feodal dan kerajaan yang sifatnya pusaka keturunan, juga tidak membenarkan facisme yang didasarkan atas kekuatan tentara, lalu menjajah semua daerah yang dapat dikuasai tanpa norma hukum yang diturunkan ALLAH.

Dalam kehidupan sehari-hari tentulah dibutuhkan lingkungan daerah kekuasaan di mana berlaku hukum dan pengabdian untuk ALLAH sendiri-NYA. Dalam daerah itu juga harus ada pemimpin tertinggi bagi pelaksanaan hukum, begitupun pemimpin-pemimpin lain yang memimpin bidang-bidang khusus tertentu, seperti bidang ekonomi, pertahanan, pelajaran, luar negeri dan sebagainya. Masing-masing pemimpin ini disebut Ulil Amri pada Ayat 4/59 dan 4/83 namun semuanya adalah orang-orang pilihan didasarkan atas kepatuhan pada hukum ALLAH, kesanggupan dan keahliannya. Sumber hukum bagi pemilihan mereka yaitu Ayat 3/159 dan 42/38 yang menyatakan segala sesuatu harus melalui putusan musyawarah. Maka contoh dan ciri bagi mereka yang hendak dipilih ialah:

وَمِنَ النَّاسِ وَالدَّوَابِّ
وَالْأَنْعَامِ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ كَذَلِكَ إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاء إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

35/28. Dan dari manusia dan makhluk berjiwa serta ternak, berbeda warnanya seperti itu. Bahwa yang takut
pada ALLAH dari hamba-hamba-NYA ialah para sarjana. Bahwa ALLAH mulia lagi pengampun.


يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُ
وباً وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِي
رٌ
49/13. Wahai manusia, bahwa KAMI menciptakan kamu dari lelaki dan perempuan, dan KAMI jadikan kamu
berlingkungan dan bergolongan agar kamu saling mengenal. Bahwa kamu yang lebih mulia pada
ALLAH ialah kamu yang lebih insyaf. ALLAH mengetahui lagi pemberi kabar.



Jadi yang takut pada ALLAH ialah Ulama yaitu para sarjana, demikian kesimpulan tentang Islam yang sungguh semua ajaran dan hukumnya mengandung nilai ilmiah. Semakin tinggi pengetahuan seseorang tentang hidup dan materi maka dia jadi semakin takut pada ALLAH.
Keadaan itu tentulah ditimbulkan oleh keinsyaan yang dia peroleh dengan pengetahuan tersebut hingga dia lebih mulia menurut penilaian ALLAH. Akhirnya benarlah pendapat yang menyatakan bahwa Theology adalah puncak sains sesuai dengan maksud Ayat 81/26, 81/27 dan 112/2 bahwa ALLAH adalah tujuan samadi, ujung dari segala pemikiran, keplanet manapun manusia pergi, akan ternyata ketentuan yang tercantum dalam Alquran benar-benar cocok dengan pemikiran.
avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Tue Jul 10, 2012 8:35 pm

Dengan penjelasan yang diperoleh dari Ayat 35/28 dan 49/13 dapat pula ditentukan bahwa kesarjanaan seseorang belumlah sempurna jika dia belum memperhambakan diri pada ALLAH menurut hukum Alquran. Orang boleh saja memprotes keterangan ini dengan berbagai alasan dan dalil tersusun, sementara kita hanya menjawab dengan mengemukakan arti Ayat:


وَمَن يَرْغَبُ عَن مِّلَّةِ إِبْرَاهِيمَ إِلاَّ مَن سَفِهَ نَفْسَه
ُ وَلَقَدِ اصْطَفَيْنَاهُ فِي الدُّنْيَا وَإِنَّهُ فِي الآخِرَةِ لَمِنَ الصَّالِحِين

2/130. Siapa yang membenci doktrin Ibrahim hanyalah memperbodoh dirinya. Sungguh KAMI pilih dia
di dunia, dan di Akhirat dia termasuk orang-orang saleh.



Maka yang dipilih menjadi Ulil Amri dalam masyarakat Islam ialah yang mematuhi, yang mengikuti ajaran Ibrahim yaitu agama yang diredhai ALLAH, dan dari orang-orang itu disaring lagi menurut keinsyafan dan pengetahuan yang mereka miliki selaku sarjana yang lebih mulia menurut penilaian ALLAH. Itupun masing-masingnya ditempatkan pada bidang-bidang tertentu di mana mereka dinilai memiliki keahlian. Akan celakalah masyarakat yang tidak dipimpin oleh para ahli, dan kecewalah mereka yang mengangkat pemimpin tanpa pengertian, karena akhirnya mereka jadi sengsara di bawah pengaruh kekuasaan bertangan besi.

Kini timbul pertanyaan: Apakah Ulil Amri bersamaan dengan Auliya yang banyak tercantum dalam Alquran? Jawabnya ialah bahwa Auliya berarti pimpinan yang sifatnya resmi dan yang tidak resmi, sementara Ulil Amri artinya "yang berfungsi" yang sifatnya resmi saja.

Maka Ulil Amri yang tercantum pada Ayat 4/59 ialah pemimpin tertinggi dalam masyarakat Islam, sedangkan yang termuat pada Ayat 4/83 mungkin pula pemimpin tertinggi atau hanya pemimpin Islam yang mengepalai sesuatu jawatan. Tetapi nyata sekali Ulil Amri yang tertulis dalam kedua Ayat Suci itu bukan penguasa atau pemerintah kafir yang menjajah masyarakat Islam, juga bukan pemimpin musyrik dan tidak pemimpin munafik.

Terhadap pemimpin yang menurut hukum Islam ternyata kafir, zalim, fasik, musyrik, sering kali kita dapat peringatan ALLAH yang antara lain bermaksud sebagai berikut:


وَدُّواْ لَوْ تَكْفُرُونَ كَمَا كَفَرُواْ فَتَكُونُونَ سَوَاء فَلاَ تَتَّخِذ
ُواْ مِنْهُمْ أَوْلِيَاء حَتَّىَ يُهَاجِرُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ فَإِن تَوَلَّوْاْ فَخُذُ
وهُمْ وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ وَجَدتَّمُوهُمْ وَلاَ تَتَّخِذُواْ مِنْهُمْ وَلِيّاً وَلاَ نَصِيراً

4/89. Mereka mengharapkan kalau kamu kafir sebagaimana mereka kafir lalu kamu jadi sama, maka jangan
adakan dari mereka pimpinan hingga mereka pindah pada garis hukum ALLAH. Jika mereka berpaling
maka ambillah mereka. Jangan adakan dari mereka pimpinan, juga tidak penolong.


وَمَن يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِن بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى
وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءتْ مَصِيراً

4/115. Siapa yang meyusahkan Rasul sesudah terang baginya petunjuk dan mengikut selain garis hukum orang-orang beriman,
akan KAMI palingkan dia kepada yang dia jadikan pimpinan, dan KAMI sampaikan dia kepada Jahanam, tempat berkumpul yang jahat.


إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاءُ وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً بَعِيد

4/116. Bahwa ALLAH tidak memberi ampun jika DIA diserikatkan, dan memberi ampun yang selain itu bagi siapa
yang DIA kehendaki. Siapa yang menserikatkan ALLAH, sungguh sesat dia pada kesesatan jauh.


إِن يَدْعُونَ مِن دُونِهِ إِلاَّ إِنَاثاً وَإِن يَدْعُونَ إِلاَّ شَيْطَاناً مَّرِيداً

4/117. Yang mereka seru selain DIA hanyalah perempuan, dan yang mereka seru hanyalah setan yang mengingini.
لَّعَنَهُ اللّهُ وَقَالَ لَأَتَّخِذَنَّ مِنْ عِبَادِكَ نَصِيباً مَّفْرُوضاً
4/118. ALLAH mengutukinya. Dia berkata: "Akan aku adakan dari
hamba-hamba-MU bahagian yang yang diwajibkan."


وَلأُضِلَّنَّهُمْ وَلأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ الأَنْعَامِ وَلآمُرَنّ
َهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللّهِ وَمَن يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيّاً مِّن دُونِ اللّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَاناً مُّبِيناً

4/119. "Dan akan aku sesatkan mereka dan akan aku utamakan mereka dan akan aku perintah mereka, lalu mereka
menyerupai telinga ternak, dan akan aku perintah mereka, lalu mereka merubah ciptaan ALLAH." Siapa yang
mengadakan setan jadi pimpinan selain ALLAH, sungguh dia rugi pada dua kerugian nyata.


الَّذِينَ يَتَّخِذُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُونِ الْمُؤْمِنِينَ أَيَبْتَغُونَ عِندَهُمُ الْعِزَّةَ فَإِنَّ العِزَّةَ لِلّهِ جَمِيعاً

4/139. Orang-orang yang mengadakan orang-orang kafir jadi pimpinan selain Mukmin.
Apakah mereka mencari kemulian kepunyaan ALLAH semuanya.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَتَّخِذُواْ الْكَافِرِينَ أ
َوْلِيَاء مِن دُونِ الْمُؤْمِنِينَ أَتُرِيدُونَ أَن تَجْعَلُواْ لِلّهِ عَلَيْكُمْ سُلْطَاناً مُّبِيناً

4/144. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan orang-orang kafir jadi pimpinan selain Mukmin.
Apakah kamu ingin menjadikan bagi ALLAH daya nyata atasmu.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَتَّخِذُواْ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى أَوْلِيَاء بَعْضُهُمْ أ
َوْلِيَاء بَعْضٍ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ إِنَّ اللّهَ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِين

5/51. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan Yahudi dan Nashara jadi pimpinan. Setengah mereka adalah
pimpinan setengahnya. Siapa dari kamu yang menjadikan mereka pimpinan maka dia termasuk mereka.
ALLAH tidak menunjuki kaum yang zalim.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَتَّخِذُواْ الَّذِينَ اتَّخَذُواْ دِينَكُمْ هُز
ُواً وَلَعِباً مِّنَ الَّذِينَ أُوتُواْ الْكِتَابَ مِن قَبْلِكُمْ وَالْكُفَّارَ أَوْلِيَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِي
نَ
5/57. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan orang-orang yang menjadikan agamu olok-olok dan permainan
dari orang-orang diberi Kitab sebelum kamu dan orang-orang kafir selaku pimpinan. Insyaflah pada ALLAH jika kamu Mukminin.


تَرَى كَثِيراً مِّنْهُمْ يَتَوَلَّوْنَ الَّذِينَ كَفَرُ
واْ لَبِئْسَ مَا قَدَّمَتْ لَهُمْ أَنفُسُهُمْ أَن سَخِطَ اللّهُ عَلَيْهِمْ وَفِي الْعَذَابِ هُمْ خَالِدُونَ

5/80. Engkau lihat kebanyakan dari mereka mengambil pimpinan pada orang-orang kafir. Sangat jahat yang
mereka dahulukan untuk diri mereka agar ALLAH mengutuki mereka, dan dalam siksaan mereka akan kekal.


وَلاَ تَأْكُلُواْ مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْق
ٌ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَى أَوْلِيَآئِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ

6/121. Jangan makan dari apa yang tidak disebut Nama ALLAH atasnya. Hal itu adalah kefasikan.
Dan setan-setan mewahyukan kepada pimpinan-pimpinan mereka untuk membantah kamu.
Jika kamu patuhi mereka, bahwa kamu adalah orang-orang musyrik.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَتَّخِذُواْ آبَاءكُمْ وَإِخْوَانَكُمْ أ
َوْلِيَاء إَنِ اسْتَحَبُّواْ الْكُفْرَ عَلَى الإِيمَانِ وَمَن يَتَوَلَّهُم مِّنكُمْ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

9/23. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan bapak-bapakmu dan saudara-saudaramu jadi pimpinan jika mereka
lebih menyukai kekafiran diatas iman. Siapa yang menjadikan mereka pimpinan dari kamu, itulah orang-orang zalim.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَوَلَّوْا قَوْماً غَضِبَ
اللَّهُ عَلَيْهِمْ قَدْ يَئِسُوا مِنَ الْآخِرَةِ كَمَا يَئِسَ الْكُفَّارُ مِنْ أَصْحَابِ الْقُبُورِ

60/13. Wahai orang-orang beriman, jangan jadikan pimpinan kaum yang ALLAH marah atas mereka sungguh
mereka kecewa tentang Akhirat sebagaimana kecewanya orang kafir tentang kawanan kubur.


مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاء
كَمَثَلِ الْعَنكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتاً وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنكَبُوتِ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

29/41. Perumpamaan orang-orang yang mengadakan pimpinan selain ALLAH seperti perumpamaan laba-laba
yang mengadakan rumah. Bahwa rumah yang lebih lemah ialah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.


إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُواْ الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُون

5/55. Bahwa pimpinanmu ialah ALLAH dan Rasul-NYA dan orang-orang beriman yang mendirikan Shalat
dan memberikan zakat, mereka ruku`(menyembah ALLAH).


وَمَن يَتَوَلَّ اللّهَ وَرَسُولَهُ وَالَّذِينَ آمَنُواْ فَإِنَّ حِزْبَ اللّهِ هُمُ الْغَالِبُونَ

5/56. Siapa yang menjadikan ALLAH pimpinan serta Rasul-NYA dan orang-orang beriman,
bahwa golongan ALLAH, merekalah yang menang.


وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَ
وْلِيَاء بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاَة
َ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللّهَ وَرَسُولَهُ أُوْلَـئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّهُ إِنَّ اللّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

9/71. Dan Mukminin serta Mukminat, setengah mereka pimpinan setengahnya, menyuruh dengan yang makruf
dan mencegah dari yang mungkar, mereka mendirikan Shalat dan memberi zakat serta mematahi ALLAH dan
Rasu-NYA. Itulah yang pasti ALLAH kasihi mereka, bahwa ALLAH mulia bijaksana.



Dari maksud berbagai Ayat Suci di atas ini nyatalah bahwa umat Islam harus sangat berhati-hati dalam memilih dan menentukan siapa yang harus dijadikan pimpinan bagi segala tingkat kehidupan masyarakat. Jangankan Yahudi atau Nashara bahkan anggota keluarga sendiri tidak boleh dijadikan pimpinan jika dia lebih condong kepada kekafiran daripada iman menurut hukum Alquran.

avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Tue Jul 10, 2012 8:40 pm

Di antara sekian banyak golongan manusia yang dibenci ALLAH, hanyalah orang-orang munafik yang dikatakan pasti mendiami lapisan bawah dari Neraka nanti. Orang-orang munafik itu lebih berbahaya daripada yang secara terang menyatakan dirinya kafir.
Jika orang-orang kafir secara resmi jadi penganut agama asing dan bergaul sesamanya terpisah dari penganut Islam, maka orang-orang munafik masih menyatakan dirinya beragama Islam dan diam serta bergaul dalam lingkungan orang-orang beriman padahal mereka lebih diancam dengan siksaan pedih dan tidak boleh dijadikan pimpinan.

Sebagai tanda bagi orang-orang munafik tersebut, dalam Alquran dijelaskan antara lain sebagai berikut:

a. Seringkali mungkir dalam perjanjian, dan suka bersumpah atas Nama ALLAH untuk meyakinkan orang lain, termuat pada Ayat 9/62, 9/74, 9/96, dan 63/7.

b. Suka melagak menyolok pandangan, bila berkata seolah-olah jadi orang jadi orang penting, padahal bersikap musuh, lihat Ayat 63/4.

c. Lebih suka berbelanja pada orang-orang kafir bahkan mencegah orang lain berbelanja pada orang-orang beriman, dan sedikit sekali memahami hukum ALLAH, lihat Ayat 63/7.

d. Sedikit mengingat ALLAH, dalam Shalat bersikap malas, tapi riya atau suka dipuji orang lihat Ayat 4/142, dan 3/188.

e. Suka mengganggu gadis atau istri orang lain, dan membikin keributan dalam negeri, lihatAyat 33/60.

f. Suka melakukan yang mungkar dan mencegah yang makruf, lihat Ayat 9/67.

g. Kikir memberikan sedekah, terlalu cinta pada harta, lihat Ayat 3/180, 89/19 dan 89/20.

h. Dengki terhadap kebahagiaan yang didapat orang lain, lihat Ayat 9/50, dan 3/120.

i. Suka menjadikan orang orang kafir selaku pimpinan dengan maksud mendapatkan kebaikan dan tergolong modern, lihat Ayat 4/62, 4/139, dan 5/52.

j. Bersikap pucuk aru, muzab-zabin, ke sana tidak kesinipun tidak, lihat Ayat 2/14, 3/119 dan 4/143.

k. Enggan berjihad dalam garis hukum ALLAH, lihat 3/167, 9/57, dan 59/12.

l. Suka mencari hukum kepada agama lain, bersikap memperolokkan Firman ALLH dan mengingkarinya, lihat Ayat 4/60, 4/140, dan 24/48.

Memang banyak sekali peringatan dalam Alquran yang menyebabkan orang harus lebih berhati-hati dalam menentukan pimpinan karena pada hakekatnya maju mundurnya suatu masyarakat begitupun beriman atau kafirnya sangat tergantung kepada sikap pribadi-pribadi yang memimpin. Melalui tindakan pemimpin masyarakat biasanya ALLAH memberkahi kebahagiaan orang-orang beriman, begitupun mencelakakan orang munafik ataupun yang kafir musyrik. Hal ini dinyatakan ALLAH pada firman-NYA bermaksud:


وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا فِي كُلِّ قَرْيَةٍ أَكَابِرَ مُجَرِمِيهَا لِيَمْكُرُواْ فِيهَا وَمَا يَمْكُرُونَ إِلاَّ بِأَنفُسِهِمْ وَمَا يَشْعُرُون

6/123. Seperti itulah KAMI jadikan setiap negeri orang-orang besarnya berdosa agar menipupadanya.
Dan tiada yang mereka tipu selain diri (bangsa) mereka, dan mereka tidak menyadari.


وَإِذَا أَرَدْنَا أَن نُّهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُواْ فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيراً

17/16. Ketika KAMI ingin membinasakan suatu negeri, KAMI perintahkan penjahatnya, lalu mereka berbuat
fasik di sana, maka logislah atasnya perkataan, KAMI hancurkan dia dengan kehancuran.



Kini teranglah bahwa orang Islam tidak menjadikan orang munafik, kafir atau musyrik, jadi pepimpin, demikian mereka hidup di bawah pimpinan orang-orang beriman saja, begitupan dalam usaha sehari-hari mencari nafkah keluarga. Tetapi untuk suatu proyek tertentu yang berguna bagi masyarakat Islam, tentang mana mereka tidak bersanggupan, maka orang kafir karena keahliannya boleh diangkat jadi pimpinan di mana orang-orang Islam jadi pegawai pelaksana, asal saja orang kafir itu tidak mempengaruhi budaya dan politik serta tidak memperlihatkan sikap propaganda menarik pegawainya untuk pindah agama.

Namun terhadap orang kafir yang ahli itu harus dilakukan penelitian seksama agar tidak merupakan musang berbulu ayam, atau tidak berupa membesarkan anak ular. Tentunya penelitian demikian dijalankan oleh yang berfungsi , Ulil Amri, dalam masyarakat Islam sendiri sesuai dengan maksud Ayat:


لاَّ يَتَّخِذِ الْمُؤْمِنُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاء مِن دُوْنِ الْمُؤْمِنِينَ وَمَن يَفْعَل
ْ ذَلِكَ فَلَيْسَ مِنَ اللّهِ فِي شَيْءٍ إِلاَّ أَن تَتَّقُواْ مِنْهُمْ تُقَاةً وَيُحَذِّرُكُمُ اللّهُ نَفْسَهُ وَإِلَى اللّهِ الْمَصِي
رُ
3/28. Tidaklah orang-orang beriman mengadakan orang-orang kafir jadi pemimpin selain orang-orang beriman.
Dan siapa yang melakukan itu maka tiada dia dari ALLAH suatu juga, kecuali jika kamu menginsafi dari mereka
ada keinsafan. ALLAH memperingatkan kamu tentang Diri-NYA, dan kepada ALLAH tempat berkumpul.



"Menginsafi" yang tercantum itu ditujukan kepada orang-orang beriman dalam lingkungan tertentu. Jika pimpinan Islam setempat telah mengetahui bahwa pada orang kafir itu ada keinsafan tentang hukum yang berlaku dalam masyarakat Islam maka dia boleh dipekerjakan memimpin suatu proyek yang tidak disanggupi masyarakat Islam sendiri. Keadaan begitu mungkin saja dilaksanakan dalam bidang pelayaran, pertanian, permesinan, atau sebagainya dengan syarat bahwa orang-orang Islam mengambil alih pekerjaan itu bila sudah menyanggupi.

Dengan berbagai alasan di atas tadi nyatalah bahwa masyarakat Islam adalah suatu kelompok manusia dalam lingkungan daerah tertentu di mana hukum hidup melulu berdasarkan Ayat Suci yang diturunkan ALLAH. Orang-orang kafir tidak mungkin ada dalam lingkungan masyarakat Islam kecuali tenaga ahli dibutuhkan ataupun jadi perwakilan negara asing yang dengannya telah diadakan perjanjian. Ketiadaan orang kafir dalam masyarakat Islam sebenarnya praktis saja karena orang-orang kafir otomatis tidak akan mendapat tempat untuk bergerak bebas berdasarkan hukum Islam. Setiap anggota masyarakat wajib patuh melaksanakan ketentuan hukum yang berlaku dan bagi penentangnya diberikan sanksi hukum setimpal. Keadaan begitu memperkuat alasan bahwa orang munafik lebih berbahaya karena mereka hidup di antara masyarakat Islam dengan sikap berpura-pura tanpa kepatuhan.

avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Tue Jul 10, 2012 8:45 pm

Akan ada orang bertanya: Mungkinkah masyarakat Islam meningkatkan kemajuan jika terisolir demikian?

Masyarakat Islam bukanlah terisolir, bukan terkurung dalam daerah tertentu bahkan sesuai dengan Islam itu sendiri yang sifatnya internasional. Mereka boleh menjalin hubungan dengan masyarakat manapun di dunia ini dalam bidang politik, ekonomi, serta bidang lainnya pada garis-garis tertentu bahwa hubungan itu tidak mencampuri keadaan dalam negeri dan tidak mendatangkan kebudayaan asing yang bertentangan dengan ajaran Islam.

Ketentuan hukum begini juga berlaku pada setiap negeri lain, pada masyarakat lain di Bumi ini yaitu sama-sama mempertahankan dan berhati-hati mempertahankan lingkungan hidup, dan sama-sama bergiat mencapai kemajuan. Jadi masyarakat Islam sama juga dengan masyarakat agama lain sebagai kelompok manusia yang hidup dengan hukum dan pengabdian tertentu.

Setiap anggota masyarakat, dengan alasan yang dimilikinya, diperkenankan berangkat keluar negeri, bahkan kalau perlu dikirim khusus ke daerah asing untuk mendapatkan pengetahuan serta keperluan lain sebagaimana negara asing juga mengirim warganya ke luar negeri. Karenanya politik luar negeri masyarakat Islam tidak akan berbeda jauh dibanding dengan apa yang dijalankan negara mana juga.

Berbicara tentang peningkatan kemajuan, masyarakat Islam bahkan lebih cepat dan lebih progresif. Hal ini ditimbulkan oleh faktor-faktor yang tidak dimiliki oleh kebanyakan agama lain, diantaranya:

1. Masyarakat Islam dididik menjaga disiplin tertentu dalam kehidupan sehari-hari yang tidak dilakukan oleh masyarakat lain, misalnya Shalat Wajib lima kali sehari, Puasa Ramadhan, dan menganalisa Ayat-ayat Alquran yang mengandung pokok ilmu dan sumber hukum tentang segalanya.

2. Setiap orang Islam diperintah melakukan amal-amal shaleh juga terkandung dalam amar makruf nahi mungkar dengan kesadaran bahwa manusia Bumi semuanya satu keturunan pada siapa harus ditujukan niat baik dan setiapnya dinilai atas usaha dan sikap yang dia laksanakan.

3. Setiap pribadi Islam meyakini bahwa gerak tindaknya zahir batin harus dipertanggungjawabkan di dunia kini dan di Akhirat nanti. ALLAH senantiasa mendengar dan melihat, karenanya dia selalu hati-hati dan mawas diri. Hal ini jadi tenaga dorong untuk berbuat shaleh dan berlomba untuk mendapat balasan baik sebagai janjian benar dan logis.

4. Setiap orang Islam hanya memakan yang halal lagi baik dan mendidik anaknya semenjak mulai dihamilkan dan sebelumnya untuk berwatak baik dan bersusila tinggi, sementara tugas pertama dalam Islam ialah belajar tulis baca, dengan mana pada masa kemudiannya dapat difahami,setiap yang tertulis dan tersirat lalu menyimpulkannya hitam atas putih dan melaksanakannya dalam pergaulan hidup bersama.

5. Masyarakat Islam tinggal menjalankan hukum yang telah tersusun rapi, logis, dan sesuai dengan naluri manusia di sepanjang zaman diciptakan oleh ALLAH yang menciptakan segala wujud dan manusia itu sendiri.

Dari kelima faktor ini nyatalah orang-orang Islam jadi masyarakat progresif mencapai kemajuan, lebih gamblang daripada masyarakat manusia lain. Hal ini pernah dicapai pada abad pertama Hijriyah waktu mana orang-orang beriman khusus menjalankan hidup menurut hukum yang diturunkan ALLAH. Tetapi kemudiannya mereka dipengaruhi keserakahan dan kezaliman, lalu kembali kepada keadaan maksud Ayat:


فَخَلَفَ مِن بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيّاً

19/59. Lalu menggantikan sesudah mereka generasi yang meninggalkan Shalat dan
yang mengikuti syahwat, mereka pasti menemui kekeliruan.


avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Fri Mar 01, 2013 3:35 pm

Pilkada Jabar 2013 sudah selesai tinggal menunggu perhitungan resmi dari KPU
avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by Revolt on Fri Mar 01, 2013 4:39 pm

Menunggu Roma dan Ketua PKS yang "tidak munafik" untuk jadi presiden ya bung??
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Sun Mar 16, 2014 9:12 pm

Pemimpin yang bisa mensejahterakan Rakyatnya
avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Fri Jul 04, 2014 5:56 am

STOP #Survey itu tak mendidik: Beri Petunjuk Pada Mereka Cara Memilih Pemimpin
avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by jaesuechong on Mon Dec 08, 2014 4:33 pm

kepada habib rizikh :

أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ اخْتِلاَفاً كَثِيرا

jaesuechong
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 20
Posts : 48
Kepercayaan : Islam
Location : air molek
Join date : 07.12.14
Reputation : 1

http://trulyislam.blogspot.sg

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by dade on Thu Dec 10, 2015 8:08 am

Pilkada Serentak 2015



Rabu, 9 Desember 2015, pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015 akan berlangsung, beberapa di antaranya digelar di Kota Depok, Surabaya, dan Tangerang Selatan (Tangsel).

Pemerintah menggelar pemilihan kepala daerah secara serentak pada 2015 di 263 provinsi, kota, dan kabupaten.
avatar
dade
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 39
Posts : 207
Location : bEkAsi
Join date : 04.03.12
Reputation : 11

http://myquran.org

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sat Sep 02, 2017 11:30 pm

sekilasInfo untuk post #1

4/58. ALLAH memerintahmu menyerahkan amanat kepada ahlinya, dan ketika kamu menghukum dengan adil.
ALLAH mendatangkan nikmat mengajarmu dengannya, bahwa ALLAH mendengar lagi melihat.

Qs 4:58 Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.


4/59. Wahai orang-orang beriman, patuhilah ALLAH dan patuhilah Rasul dan yang berfungsi dari kamu.
Jika kamu beriman pada ALLAH dan Rasul, jika kamu beriman pada ALLAH dan Hari yang akhir.
Demikian lebih baik dan pengertian yang lebih bagus.

Qs 4:59 Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

---

4/80. Siapa yang mematuhi Rasul, sungguh dia mematuhi ALLAH, dan siapa yang berpaling,
maka tidaklah KAMI utus engkau selaku penjaga atas mereka.

Qs 4:80 Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.


4/81. Dan mereka mengatakan kepatuhan maka ketika menghindar dari engkau, sebahagian mereka
menyampaikan yang bukan engkau katakan. ALLAH menuliskan yang mereka sampaikan itu.
Berpalinglah dari mereka dan berserah dirilah pada ALLAH. Cukuplah ALLAH selaku penjaga.

Qs 4:81 Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan: "(Kewajiban kami hanyalah) taat". Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu, sebahagian dari mereka mengatur siasat di malam hari (mengambil keputusan) lain dari yang telah mereka katakan tadi. Allah menulis siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah kamu dari mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung.


4/82. Tidakkah mereka memperhatikan Alquran? Kalau dia dari selain ALLAH
tentulah mereka dapati dalamnya kontradiksi yang banyak.

Qs 4:82 Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.


4/83. Ketika sampai pada mereka perintah tentang keamanan atau kecemasan, mereka memperdebatkannya.
Kalau mereka mengembalikannya kepada Rosul dan kepada yang berfungsi dari mereka tentulah
orang-orang yang menyelidikinya dari mereka akan mengetahuinya. Kalau tiada kurnia ALLAH
atasmu dan rahmat-NYA, tentulah kamu sudah mengikuti setan kecuali sedikit saja.

Qs 4:83 Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat) mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri). Kalau tidaklah karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu).

---
35/28. Dan dari manusia dan makhluk berjiwa serta ternak, berbeda warnanya seperti itu. Bahwa yang takut
pada ALLAH dari hamba-hamba-NYA ialah para sarjana. Bahwa ALLAH mulia lagi pengampun.

Qs 35:28 Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

---
49/13. Wahai manusia, bahwa KAMI menciptakan kamu dari lelaki dan perempuan, dan KAMI jadikan kamu
berlingkungan dan bergolongan agar kamu saling mengenal. Bahwa kamu yang lebih mulia pada
ALLAH ialah kamu yang lebih insyaf. ALLAH mengetahui lagi pemberi kabar.

Qs 49:13 Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sat Sep 02, 2017 11:32 pm

sekilasInfo untuk post #2

2/130. Siapa yang membenci doktrin Ibrahim hanyalah memperbodoh dirinya. Sungguh KAMI pilih dia
di dunia, dan di Akhirat dia termasuk orang-orang saleh.

Qs 2:130  Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri, dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.

---
4/89. Mereka mengharapkan kalau kamu kafir sebagaimana mereka kafir lalu kamu jadi sama, maka jangan
adakan dari mereka pimpinan hingga mereka pindah pada garis hukum ALLAH. Jika mereka berpaling
maka ambillah mereka. Jangan adakan dari mereka pimpinan, juga tidak penolong.

Qs 4:89  Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah kamu jadikan di antara mereka penolong-penolong( mu), hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling, tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorangpun di antara mereka menjadi pelindung, dan jangan (pula) menjadi penolong,

---

4/115. Siapa yang meyusahkan Rasul sesudah terang baginya petunjuk dan mengikut selain garis hukum orang-orang beriman,
akan KAMI palingkan dia kepada yang dia jadikan pimpinan, dan KAMI sampaikan dia kepada Jahanam, tempat berkumpul yang jahat.

Qs 4:115  Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.


4/116. Bahwa ALLAH tidak memberi ampun jika DIA diserikatkan, dan memberi ampun yang selain itu bagi siapa
yang DIA kehendaki. Siapa yang menserikatkan ALLAH, sungguh sesat dia pada kesesatan jauh.

Qs 4:116  Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.


4/117. Yang mereka seru selain DIA hanyalah perempuan, dan yang mereka seru hanyalah setan yang mengingini.

Qs 4:117  Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka,


4/118. ALLAH mengutukinya. Dia berkata: "Akan aku adakan dari
hamba-hamba-MU bahagian yang yang diwajibkan."

Qs 4:118  yang dilaknati Allah dan syaitan itu mengatakan: "Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya),


4/119. "Dan akan aku sesatkan mereka dan akan aku utamakan mereka dan akan aku perintah mereka, lalu mereka
menyerupai telinga ternak, dan akan aku perintah mereka, lalu mereka merubah ciptaan ALLAH." Siapa yang
mengadakan setan jadi pimpinan selain ALLAH, sungguh dia rugi pada dua kerugian nyata.

Qs 4:119  dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya". Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.

---
4/139. Orang-orang yang mengadakan orang-orang kafir jadi pimpinan selain Mukmin.
Apakah mereka mencari kemulian kepunyaan ALLAH semuanya.

Qs 4:139  (yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah.

---
4/144. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan orang-orang kafir jadi pimpinan selain Mukmin.
Apakah kamu ingin menjadikan bagi ALLAH daya nyata atasmu.

Qs 4:144  Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Inginkah kamu mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?

---
5/51. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan Yahudi dan Nashara jadi pimpinan. Setengah mereka adalah
pimpinan setengahnya. Siapa dari kamu yang menjadikan mereka pimpinan maka dia termasuk mereka.
ALLAH tidak menunjuki kaum yang zalim.

Qs(5:51) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin( mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

---
5/57. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan orang-orang yang menjadikan agamu olok-olok dan permainan
dari orang-orang diberi Kitab sebelum kamu dan orang-orang kafir selaku pimpinan. Insyaflah pada ALLAH jika kamu Mukminin.

Qs(5:57) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.

---
5/80. Engkau lihat kebanyakan dari mereka mengambil pimpinan pada orang-orang kafir. Sangat jahat yang
mereka dahulukan untuk diri mereka agar ALLAH mengutuki mereka, dan dalam siksaan mereka akan kekal.

Qs(5:80) Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan.

---
6/121. Jangan makan dari apa yang tidak disebut Nama ALLAH atasnya. Hal itu adalah kefasikan.
Dan setan-setan mewahyukan kepada pimpinan-pimpinan mereka untuk membantah kamu.
Jika kamu patuhi mereka, bahwa kamu adalah orang-orang musyrik.

Qs 6:121 Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik.

---
9/23. Wahai orang-orang beriman, jangan adakan bapak-bapakmu dan saudara-saudaramu jadi pimpinan jika mereka
lebih menyukai kekafiran diatas iman. Siapa yang menjadikan mereka pimpinan dari kamu, itulah orang-orang zalim.

Qs 9:23  Hai orang-orang beriman, janganlah kamu jadikan bapa-bapa dan saudara-saudaramu menjadi wali( mu), jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka wali, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

---
60/13. Wahai orang-orang beriman, jangan jadikan pimpinan kaum yang ALLAH marah atas mereka sungguh
mereka kecewa tentang Akhirat sebagaimana kecewanya orang kafir tentang kawanan kubur.

Qs 60:13  Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan penolongmu kaum yang dimurkai Allah. Sesungguhnya mereka telah putus asa terhadap negeri akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur berputus asa.

---
29/41. Perumpamaan orang-orang yang mengadakan pimpinan selain ALLAH seperti perumpamaan laba-laba
yang mengadakan rumah. Bahwa rumah yang lebih lemah ialah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.

Qs 29:41  Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.

---

5/55. Bahwa pimpinanmu ialah ALLAH dan Rasul-NYA dan orang-orang beriman yang mendirikan Shalat
dan memberikan zakat, mereka ruku`(menyembah ALLAH).

Qs(5:55) Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).


5/56. Siapa yang menjadikan ALLAH pimpinan serta Rasul-NYA dan orang-orang beriman,
bahwa golongan ALLAH, merekalah yang menang.

Qs(5:56) Dan barangsiapa mengambil Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman menjadi penolongnya, maka sesungguhnya pengikut (agama) Allah itulah yang pasti menang.

---
9/71. Dan Mukminin serta Mukminat, setengah mereka pimpinan setengahnya, menyuruh dengan yang makruf
dan mencegah dari yang mungkar, mereka mendirikan Shalat dan memberi zakat serta mematahi ALLAH dan
Rasu-NYA. Itulah yang pasti ALLAH kasihi mereka, bahwa ALLAH mulia bijaksana.

Qs 9:71  Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sun Sep 03, 2017 12:24 am, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sat Sep 02, 2017 11:33 pm

sekilasInfo untuk post #3

6/123. Seperti itulah KAMI jadikan setiap negeri orang-orang besarnya berdosa agar menipupadanya.
Dan tiada yang mereka tipu selain diri (bangsa) mereka, dan mereka tidak menyadari.

Qs 6:123 Dan demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri penjahat-penjahat yang terbesar agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu. Dan mereka tidak memperdayakan melainkan dirinya sendiri, sedang mereka tidak menyadarinya.

---
17/16. Ketika KAMI ingin membinasakan suatu negeri, KAMI perintahkan penjahatnya, lalu mereka berbuat
fasik di sana, maka logislah atasnya perkataan, KAMI hancurkan dia dengan kehancuran.

Qs 17:16 Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.

---
3/28. Tidaklah orang-orang beriman mengadakan orang-orang kafir jadi pemimpin selain orang-orang beriman.
Dan siapa yang melakukan itu maka tiada dia dari ALLAH suatu juga, kecuali jika kamu menginsafi dari mereka
ada keinsafan. ALLAH memperingatkan kamu tentang Diri-NYA, dan kepada ALLAH tempat berkumpul.

Qs 3:28 Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali( mu).
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sat Sep 02, 2017 11:33 pm

sekilasInfo untuk post #4

19/59. Lalu menggantikan sesudah mereka generasi yang meninggalkan Shalat dan
yang mengikuti syahwat, mereka pasti menemui kekeliruan.

Qs 19:59 Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan,
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sat Sep 02, 2017 11:35 pm

quote
Re: Memilih Pemimpin Beriman

tanggapan
memilih pemimpin tidak harus beragama islam, seperti yang ada di Al-Quran

Qs5:13  (5:12) Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.

Qs 38:26 Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat darin jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:02 am

sekilasInfo saja
Qs 4:89 Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah kamu jadikan di antara mereka penolong-penolong( mu), hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling, tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorangpun di antara mereka menjadi pelindung, dan jangan (pula) menjadi penolong,

Qs 4:90 kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum, yang antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai) atau orang-orang yang datang kepada kamu sedang hati mereka merasa keberatan untuk memerangi kamu dan memerangi kaumnya. Kalau Allah menghendaki, tentu Dia memberi kekuasaan kepada mereka terhadap kamu, lalu pastilah mereka memerangimu. tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian kepadamu maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka.

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:06 am

tidak semua yang tampak kafir dimata manusia adalah kafir diMata AllohSWT
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:07 am

tidak semua yang tampak menyembah berhala adalah menyembah berhala diMata AllohSWT
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:08 am

tidak semua yang tampak mempersekutukan Alloh adalah mempersekutukan AllohSWT diMata AllohSWT
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:11 am

pemimpin (seperti Ahok) tidak bisa disebut pemimpin syaitan, karena Ahok tidak menerima suap juga karena Ahok memberantas koruptor, sehingga yang miskin tidak bertambah miskin
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:15 am

tentang pelarangan pemimpin Yahudi dan Nasrani di Almaidah,
Almaidah memang melarang pemimpin Yahudi dan Nasrani, yaitu hanya terhadap pemimpin Yahudi dan Nasrani yang zalim

jadi larangan itu tidak bersifat mutlak, karena pemimpin yang memberantas koruptor, justru memberrantas kezoliman
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:27 am

tidak semua islam dan nonislam masuk neraka demikian pula tidak semua islam dan nonislam masuk surga
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 12:29 am

AllohSWT memang melarang pemimpin kafir, tapi bukan berarti AllohSWT melarang semua pemimpin kafir.

demikian pula,

AllohSWT melarang beraulia, menjadikan penolong, pelindung juga melarang berteman kepada kafir, tapi bukan berarti terhadap semua kafir.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 5:05 am

tentang ayat ini

Qs 6:123 Dan demikianlah Kami adakan pada tiap-tiap negeri penjahat-penjahat yang terbesar agar mereka melakukan tipu daya dalam negeri itu. Dan mereka tidak memperdayakan melainkan dirinya sendiri, sedang mereka tidak menyadarinya.

NB
ayat ini, tidak boleh dipahami bahwa AllohSWT mendukung kejahatan,

karena pelaku kejahatan tetap bisa terikat oleh HukumTuhan dan karena itulah para pelaku kejahatan tetap bisa berdosa saat melakukan kejahatan, bahkan ketika mereka sedang makar dalam hati mereka, mereka bisa berdosa,

dan tidak ada satupun penjahat didunia yang tidak bisa dijerat oleh HukumTuhan, juga bahwa tidak ada satu pun penjahat didunia ini, yang bisa kebal dengan neraka, bahkan iblispun tetap bisa ke neraka.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sun Sep 03, 2017 5:37 am, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by njlajahweb on Sun Sep 03, 2017 5:29 am

dalam ayat Qs6:123 (atau yang semacam itu) AllohSWT hanya tampak seolah-olah mendukung kejahatan, tapi pada hakikatnya AllohSWT tidak mendukung kejahatan

ini adalah bukti bahwa pada hakikatnya AllohSWT tidak benar-benar mendukung kejahatan

Qs 10:27  Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5730
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Memilih Pemimpin Beriman

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik