FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat Empty Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat

Post by hamba tuhan on Tue Jun 26, 2012 3:52 am

Ada sebuah rumor yang telah akrab ditelinga kita, dan ternyata rumor itu sering mengusik pikiran untuk mengetahui duduk persoalan yang sebenarnya. Bahwa setelah Nabi Muhammad saw. wafat, malaikat Jibril tidak lagi turun ke bumi untuk menurunkan wahyu. Artinya, Jibril di anggap telah pensiun dari tugasnya. Karena memang, seperti yang diketahui masyarakat umum, bahwa tugas pokok Malaikat Jibril adalah menyampaikan pesan ilahi (wahyu) kepada para utusan Allah, sehingga, tidak heran bila kita sering mendengar petanyaan "apa yang dikerjakan Malaikat Jibril sekarang?" apakah beliau sudah pensiun?

Imam al-Shuyuti dalam al-Hawi li al-Fatawa menegaskan bahwa rumor di atas merupakan hal yang tidak berdasar dan hanya mengada-ada, terbukti ada beberapa hadits yang menjelaskan bahwa malaikat Jibril masih tetap eksis turun ke Bumi. Dalam kitab itu, beliau mencantumkan sebuah hadits yang riwayatkan oleh al-Thabrani dalam al-Kabir dari Maimunah binti sa''ad, dia berkata: “Wahai Rasulullah, bolehkah seseorang tidur dalam keadaan junub? Nabi menjawab "Aku tidak suka jika ia (orang yang junub) tidur sebelum mengambil wudlu'', aku khawatir ia lantas mati (dalam keadaan berhadats), sehingga tidak dihadiri oleh Malaikat Jibril.” Hadits ini, menurut al-Suyuthi, secara tersurat menjelaskan bahwa Malaikat jibril selalu turun ke bumi untuk menghadiri setiap orang mukmin yang mati dalam keadaan suci dari hadats. Selain itu, al-Suyuthi juga menampilkan sebuah hadits yang dikeluarkan oleh Nu'aim bin Hammad dalam al-Fitan, dan al-Thabrani dari Ibnu Mas''ud, bahwa ketika Nabi saw. menyebutkan ciri-ciri Dajjal, beliau bersabda: "Lalu Dajjal melewati Mekkah, ternyata di sana dia bertemu dengan makhluq yang sangat besar, maka dia bertanya: siapa kamu? makhluq tersebut menjawab ''aku adalah Mika''il, Allah mengutusku untuk menjaga tanah haram ini''. Kemudian Dajjal meneruskan perjalanannya ke Madinah, disana dia juga bertemu dengan Makhluq yang besar dan dia bertanya: siapa kamu? makhluq itu menjawab: ''aku adalah Jibril, aku diutus Allah untuk menjaga tanah haram ini''." Itulah dua hadits yang dikemukakan oleh al-Suyuthi, yang menjelaskan bahwa malaikat Jibril -kendati Nabi sudah wafat- masih tetap eksis turun ke Bumi pada waktu-waktu tertentu. Disamping itu, tiap-tiap Lailatu al-Qodar, para malaikat semuanya turun ke bumi, termasuk di antaranya adalah Jibril yang diredaksikan dalam al-Qur’an surah al-Qadr dengan kalimat al-Ruh.

Mohon masukan dari akhi2.... kalo ada kekeliuran ya monggo diperbaiki....
hamba tuhan
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 19

Kembali Ke Atas Go down

Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat Empty Re: Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi Muhammad Wafat

Post by wahabi on Wed Feb 27, 2013 1:59 pm

lafadh arabnya mana mas?
hadits dan alqur'an itu tidak bisa ditulis dengan lafadh ajam saja,karena nanti malah bisa rusak pemahamannya.
sebagian ulama' juga mempunyai pendapat bahwa jibril,mika'il/mikal dll dibeberapa tempat/lafadh menunjukkan golongan malaikat saja,contohnya seperti zabaniyah,raqib,rahman dll.
dan biasanya didalam hadits memakai jabra'il,bukan jibril,waqilah itu ada bedanya.
mohon penjelasannya.
avatar
wahabi
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Posts : 3
Kepercayaan : Islam
Location : surabaya
Join date : 27.02.13
Reputation : 0

http://halakawahhabi.wordpress.com/

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik