FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by keroncong on Sat Jun 09, 2012 5:26 pm

1 Kor 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.


1 Kor 11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?




Dalam alkitab Perjanjian Lama ada kisah pelarian Nabi Yakub ke Mesopotamia di mana ia jatuh cinta kepada seorang perempuan bernama Rachel. Setelah bekerja selama 7 tahun sebagai mas kawin, Yakub malahan dinikahkan dengan Lea, saudaranya Rachel. Dikisahkan Laban, sang ayah, “menipu” Yakub dengan memberikan Lea sebagai pengantin wanita pada hari pernikahan. Yakub tak mengetahui hal itu. Akhirnya memang kemudian Rachel menjadi istri ke-2 Yakub setelah Yakub bekerja 7 tahun lagi pada Laban sebagai mas kawin. Laban beralasan bahwa sesuai adat, Rachel tidak boleh melangkahi kakaknya untuk menikah. Mengapa ”penipuan” Laban ini sukses? Karena menurut adat mesopotamia pada jaman itu seluruh tubuh pengantin ditutup dengan kain hingga hanya terlihat kedua matanya.



Kerudung telah menjadi budaya di mesopotamia sejak 3000SM. Perempuan terhormat harus menggunakan kerudung untuk menbedakan dari budak dan pelacur pada jaman itu. Kerudung juga merupakan simbol kelas menengah atas masyarakat di tiga kawasan yaitu mesopotamia, babilonia dan asyiria pada jaman itu.



Jelaslah bahwa kerudung bukanlah tradisi orisinil Yahudi dan Arab. Namun sampai hari ini masih dilestarikan oleh Yahudi, Kristen Timur dan Islam. Kalau kita masuk ke gereja-gereja Kristen Timur, baik yunani maupun oriental orthodox, maka kita akan melihat setiap wanita yang beribadah mengenakan kerudung. Di Indonesia pun, saya melihat demikian ketika saya beribadah di gereja Orthodox Rusia di Jakarta. Hal ini sangat berbeda jauh dengan suasana di gereja-gereja barat/latin, baik Katolik maupun Protestan. Jangankan kerudung, bahkan saat beribadah pun masih banyak yang menggunakan bayu ”you can see” dan rok mini. *sigh



Di Kristen, melalui perjanjian baru, pemakaian kerudung juga dianjurkan, namun tidak disyariatkan seperti di dalam talmud yahudi. Namun kebanyakan gereja orthodox menafsirkan bahwa kerudung harus dilestarikan wanita saat beribadah seperti ajaran Rasul Paulus. Sedangkan gereja modern Katolik dan Protestan menekankan bahwa kerudung harus dilihat dalam konteks Paulus yang masih sangat terpengaruh tradisi Yahudi jaman itu.



Tapi sesungguhnya, kalo kita perhatikan bahwa kerudung pun mencapai pengaruhnya ke benua eropa barat. Lihat saja pakaian tradisional Belanda dan Itali yang wanitanya mengenakan tutup kepala walau memang secara bentuk telah berubah dari aslinya.


Pergeseran makna kerudung di Kristen sendiri terjadi pergeseran makna dari semula yang artinya ”tabir” menjadi penutup aurat wanita pada abad ke-4 sebelum Islam lahir. Dalam mitologi Persia kuno, kerudung bahkan dianggap sebagai ”kemah menstruasi” yaitu tempat pengasingan untuk perempuan yang sedang datang bulan. Nama2 kerudung pun berbeda-beda sesuai dengan budaya di banyak tempat. Bentuknya pun bermacam-macam.



Dilihat dari sejarah awal bahwa kerudung ternyata memang bertujuan baik karena untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi perempuan, dan sama sekali bukan merendahkan seperti banyak yang disebut orang barat. Pernah ada kisah jaman dulu bahwa ada perempuan yang sedang buang hajat dan tidak berkerudung lalu diganggu laki-laki iseng karena disangka budak.



Berbeda dengan yahudi, tradisi kerudung masuk ke arab dari mesopotamia melalui jalur perdagangan. Terjadi pada masa imperium Kristen Byzantium (turki). Bahwa secara geokultural, kerudung sangat bermanfaat bagi perempuan-perempuan di timur tengah karena matahari yang terik dapat merusak kulit mereka.


Kerudung menjadi eksklusif sebenarnya terkait dengan kemenangan Khomeini atas Syah Pahlevi. Simbol kemenangan timur atas dunia barat. Sejak itulah kerudung menjadi trend dan masuk ke kampus-kampus sekuler.


Jadi menurut saya, tidak layaklah untuk siapapun alergi apalagi anti terhadap kerudung karena tujuannya adalah baik. Biarlah orang memilih untuk menggunakannya atau tidak. Jika memang seorang wanita (apa pun agamanya) merasa aman dan nyaman untuk berkerudung, maka kita baik untuk mendukungnya.




Last but not least, tau dengan sosok Perawan Maria yang berkerudung? Umat Katolik dan Orthodox sangat menghormati dan meneladani sikap beliau. Umat Muslim pun mengenalnya dengan nama Maryam ibunda Isa Almasih.


Semoga kisah tentang kerudung di atas menambah wawasan kita untuk dapat melihatnya secara konteks sosio-kultural selain konteks teologis. Dan saya sertakan beberapa gambar kerudung yang digunakan oleh wanita Kristen Orthodox.

sumber: http://christianforpeace.blogspot.com/2011/01/sejarang-kerudung.html




Baca juga Artikel-Artikel berikut :
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Uskup Koptik Minta Wanita Kristen Berjilbab Seperti Muslimah

Post by Penyaran on Sat Jul 21, 2012 10:55 am

ijin berbagi info co-admin piss ternyata ada pula seorang uskup koptik yg mendukung hal ini piss



Hidayatullah.com—Seorang uskup Koptik di Mesir membuat geram banyak wanita Kristen setelah pada 18 Mei lalu mengatakan bahwa perempuan Kristen seharusnya mengenakan pakaian sopan, “seperti halnya saudara-saudara perempuan Muslim mereka” dan mengikuti contoh mereka. Demikian lansir Al Arabiya (31/5/2012) yang mengutip laporan Guardian awal pekan ini.

“Bunda Maria kita dulu mengenakan tarha [kerudung panjang untuk menutupi rambut], mengapa kalian tidak bisa mengikuti apa yang dicontohkannya dan (berpakaian) tertutup?” kata uskup yang merupakan salah satu calon yang diunggulkan untuk menjabat sebagai Paus Gereja Orthodoks Koptik (Qibhty).

Pernyataan pemuka agama Kristen Koptik itu sepertinya muncul menyusul semakin banyaknya kasus gangguan terhadap para wanita yang tidak mengenakan jilbab di jalan-jalan di Mesir.

Salah seorang wanita Koptik menceritakan kepada Guardian bahwa ia, bersama dengan wanita-wanita Muslim yang tidak berjilbab, mencapat teriakan dari para pria yang berpapasan dengan mereka. Para pria itu mengatakan, “ Kalian tunggu saja nanti pasti datang orang yang akan membuat kalian berpakaian tertutup dan menyuruh kalian tinggal di rumah, sehingga tidak ada lagi kekotoran seperti ini.”

Wanita-wanita Kristen yang marah atas pernyataan uskup mereka itu kemudian berunjuk rasa pada 18 Mei lalu di depan Patriarki Koptik di Abbasiyyah. Sekitar 50 orang pria dan wanita Kristen yang berdemonstrasi itu yakin bahwa pernyataan uskup tersebut merupakan “instrumentalisasi politik atas wanita Koptik,” tulis Guardian.

Warga Kristen tersebut menuding uskup mereka ingin merayu kelompok Islam, dengan “menunjukkan keinginannya untuk mengikuti aturan berpakaian wanita Muslim.”*

Sumber: http://www.hidayatullah.com/read/22940/01/06/2012/uskup-koptik-minta-wanita-kristen-berjilbab-seperti-muslimah.html

Penyaran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2559
Join date : 03.01.12
Reputation : 115

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by islam pasti jaya on Fri Sep 13, 2013 9:20 pm

nice info.. 2 good 
Bagaimana pandangan kristener tentang wanita2 kristen yg tidak mau pakai penutup kepala/rambut..??

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by wildan99Islam on Fri Sep 13, 2013 9:42 pm

nih, membuktikan bahwa Islam emang ajaran penyempurna
Bukan Penjiplak!
KOS aja Sholat
Kristen juga (ceweknya) sebenernya disuruh pakai busana yang tertutup seperti Islam

Nice Info
nice info
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by jaya on Wed Nov 20, 2013 12:34 am

cocokmology, sapa nyontek sapa? Yang dating belakangan nyontek, duh ternyata dah tercampur gaya kafir ne agama.
avatar
jaya
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1969
Kepercayaan : Lain-lain
Location : London
Join date : 21.07.13
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by Mutiara on Wed Jan 08, 2014 12:17 pm

biarawati itu yang masih taat dalam berbusana mengikuti perintah NABI Isa
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 08, 2014 12:40 pm



tapi kan gak ada hubungannya dengan aurat-auratan
berart yang ikut-ikutan bertudung, apalagi 'disempurnakan",
seluruh tubuh dikerudungi termasuk wajah kecuali telapak tangan
adalah perintah SETAN

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by putramentari on Wed Jan 15, 2014 2:32 pm

@SEGOROWEDI wrote:

tapi kan gak ada hubungannya dengan aurat-auratan
berart yang ikut-ikutan bertudung, apalagi 'disempurnakan",
seluruh tubuh dikerudungi termasuk wajah kecuali telapak tangan
adalah perintah SETAN

KAMU NYUMPAHIN PAULUS YA NAK, NTAR KUALAT LHO usil usil usil 
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 15, 2014 3:12 pm


mana aurat-auratannya? gak ada...
tuh leher masih kelihatan... mana hijab apalagi ninja-nya??? gak ada..

berarti:
aurat-auratan/hijab-hijaban/ninja-ninjaan = perinah SETAN

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by putramentari on Wed Jan 15, 2014 3:38 pm

@SEGOROWEDI wrote:
mana aurat-auratannya? gak ada...
tuh leher masih kelihatan... mana hijab apalagi ninja-nya??? gak ada..

berarti:
aurat-auratan/hijab-hijaban/ninja-ninjaan = perinah SETAN

KAYAKNYA PAULUS DISUMPAHIN DUA KALI DECH usil usil usil 
avatar
putramentari
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 36
Posts : 4870
Kepercayaan : Islam
Location : Pekanbaru
Join date : 04.03.12
Reputation : 116

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 15, 2014 3:56 pm

paulus gak ngajarin jilbab-jilbaban; hijab=hijaban dan ninja-ninjaan
demi aurat-auratan...

yang ngajari = SETAN

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by wildan99Islam on Fri Jan 17, 2014 10:09 am

^ jago banget ngototnya panas panas
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by mystery on Fri Jan 17, 2014 10:28 am

@SEGOROWEDI wrote:paulus gak ngajarin jilbab-jilbaban; hijab=hijaban dan ninja-ninjaan
demi aurat-auratan...

yang ngajari = SETAN

setan gak pernah pake kerudung wed, tapi bertanduk. kan lucu kalo ada tanduknya dipakein kerudung.
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Kenapa kebanyakan muslim PURA2(TIBA2) BUTA HURUF klo membaca Alkitab ????????

Post by Guest on Fri Jan 17, 2014 12:13 pm

Judulnya:
Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5


ayat yg dikutip oleh @keroncong:
1Kr 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.

1Kr 11:6 Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.

1Kr 11:10 Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat.

1Kr 11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?


Gak usah aku jelasin, tulisan SEGEDE gitu dan MENCOLOK sudah sangat jelas, apakah perempuan HARUS memakai tutup kepala atau tutup kepala itu SITUASIONAL sifatnya??

Jadi yang mana yg benar dari sifat muslim ini:
1. muslim buta huruf sehingga gak bisa membaca kapan saat pakai tutup kepala?
2. muslim menulis ayat 1 sampe 100, tapi cuma membaca ayat 3 ?
3. ________

Guest
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by The seventh on Sat Jan 25, 2014 1:18 am

@keroncong wrote:
1 Kor 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.


1 Kor 11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?




Dalam alkitab Perjanjian Lama ada kisah pelarian Nabi Yakub ke Mesopotamia di mana ia jatuh cinta kepada seorang perempuan bernama Rachel. Setelah bekerja selama 7 tahun sebagai mas kawin, Yakub malahan dinikahkan dengan Lea, saudaranya Rachel. Dikisahkan Laban, sang ayah, “menipu” Yakub dengan memberikan Lea sebagai pengantin wanita pada hari pernikahan. Yakub tak mengetahui hal itu. Akhirnya memang kemudian Rachel menjadi istri ke-2 Yakub setelah Yakub bekerja 7 tahun lagi pada Laban sebagai mas kawin. Laban beralasan bahwa sesuai adat, Rachel tidak boleh melangkahi kakaknya untuk menikah. Mengapa ”penipuan” Laban ini sukses? Karena menurut adat mesopotamia pada jaman itu seluruh tubuh pengantin ditutup dengan kain hingga hanya terlihat kedua matanya.



Kerudung telah menjadi budaya di mesopotamia sejak 3000SM. Perempuan terhormat harus menggunakan kerudung untuk menbedakan dari budak dan pelacur pada jaman itu. Kerudung juga merupakan simbol kelas menengah atas masyarakat di tiga kawasan yaitu mesopotamia, babilonia dan asyiria pada jaman itu.



Jelaslah bahwa kerudung bukanlah tradisi orisinil Yahudi dan Arab. Namun sampai hari ini masih dilestarikan oleh Yahudi, Kristen Timur dan Islam. Kalau kita masuk ke gereja-gereja Kristen Timur, baik yunani maupun oriental orthodox, maka kita akan melihat setiap wanita yang beribadah mengenakan kerudung. Di Indonesia pun, saya melihat demikian ketika saya beribadah di gereja Orthodox Rusia di Jakarta. Hal ini sangat berbeda jauh dengan suasana di gereja-gereja barat/latin, baik Katolik maupun Protestan. Jangankan kerudung, bahkan saat beribadah pun masih banyak yang menggunakan bayu ”you can see” dan rok mini. *sigh



Di Kristen, melalui perjanjian baru, pemakaian kerudung juga dianjurkan, namun tidak disyariatkan seperti di dalam talmud yahudi. Namun kebanyakan gereja orthodox menafsirkan bahwa kerudung harus dilestarikan wanita saat beribadah seperti ajaran Rasul Paulus. Sedangkan gereja modern Katolik dan Protestan menekankan bahwa kerudung harus dilihat dalam konteks Paulus yang masih sangat terpengaruh tradisi Yahudi jaman itu.



Tapi sesungguhnya, kalo kita perhatikan bahwa kerudung pun mencapai pengaruhnya ke benua eropa barat. Lihat saja pakaian tradisional Belanda dan Itali yang wanitanya mengenakan tutup kepala walau memang secara bentuk telah berubah dari aslinya.


Pergeseran makna kerudung di Kristen sendiri terjadi pergeseran makna dari semula yang artinya ”tabir” menjadi penutup aurat wanita pada abad ke-4 sebelum Islam lahir. Dalam mitologi Persia kuno, kerudung bahkan dianggap sebagai ”kemah menstruasi” yaitu tempat pengasingan untuk perempuan yang sedang datang bulan. Nama2 kerudung pun berbeda-beda sesuai dengan budaya di banyak tempat. Bentuknya pun bermacam-macam.



Dilihat dari sejarah awal bahwa kerudung ternyata memang bertujuan baik karena untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi perempuan, dan sama sekali bukan merendahkan seperti banyak yang disebut orang barat. Pernah ada kisah jaman dulu bahwa ada perempuan yang sedang buang hajat dan tidak berkerudung lalu diganggu laki-laki iseng karena disangka budak.



Berbeda dengan yahudi, tradisi kerudung masuk ke arab dari mesopotamia melalui jalur perdagangan. Terjadi pada masa imperium Kristen Byzantium (turki). Bahwa secara geokultural, kerudung sangat bermanfaat bagi perempuan-perempuan di timur tengah karena matahari yang terik dapat merusak kulit mereka.


Kerudung menjadi eksklusif sebenarnya terkait dengan kemenangan Khomeini atas Syah Pahlevi. Simbol kemenangan timur atas dunia barat. Sejak itulah kerudung menjadi trend dan masuk ke kampus-kampus sekuler.


Jadi menurut saya, tidak layaklah untuk siapapun alergi apalagi anti terhadap kerudung karena tujuannya adalah baik. Biarlah orang memilih untuk menggunakannya atau tidak. Jika memang seorang wanita (apa pun agamanya) merasa aman dan nyaman untuk berkerudung, maka kita baik untuk mendukungnya.




Last but not least, tau dengan sosok Perawan Maria yang berkerudung? Umat Katolik dan Orthodox sangat menghormati dan meneladani sikap beliau. Umat Muslim pun mengenalnya dengan nama Maryam ibunda Isa Almasih.


Semoga kisah tentang kerudung di atas menambah wawasan kita untuk dapat melihatnya secara konteks sosio-kultural selain konteks teologis. Dan saya sertakan beberapa gambar kerudung yang digunakan oleh wanita Kristen Orthodox.

sumber: http://christianforpeace.blogspot.com/2011/01/sejarang-kerudung.html




Baca juga Artikel-Artikel berikut :


Katanya Surat-surat Paulus palsu ????
Sekarang bawa2 surat Paulus utk Jemaat Allah di Korintus ttg Hiasan Kepala Wanita...dan di klaim sm dgn ajaran di Alquran..hehehe aneh..
Seperti saya bilang org muslim ini plin-plan..hari ini bilang surat Paulus palsu tp besok membenarkan apa yg di tulis dlm surat Paulus..
Pasti alasannya : " kl yg ini kan msh asli.."
Enak bener mengklaim ayat mana yg asli dan ayat mana yg palsu sesuai keinginan telinga kalian aja...

Kl bawa ayat jgn setengah2..

1 KORINTUS 11:1-16
Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus.

HIASAN KEPALA WANITA

2. Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.
3. Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.
4. Tiap-tiap laki-laki yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang bertudung, menghina kepalanya.
5. Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.
6. Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.
7. Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.
8. Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki.
9. Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki.
10. Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat.
11. Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan.
12. Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah.
13. Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?
14. Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,
15. tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.
16. Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian.

Baca yg saya bold...
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by Mutiaraa on Sat Jan 25, 2014 3:54 am

berdoa itu tiap saat, gak harus cuma di gereja saja, jadi bertudung itu gak cuma ketika di gereja doank.....

sebenarnya itu ayat perintah Nabi Isa ketika perempuan sholat(berdoa) yakni wajib pakai mukena rukuh. tapi berhubung ditafsirkannya secara lebay dan ayat aslinya sudah dipalsukan sudah diedit sana sini, jadi TIDAK UTUH dan TIDAK LENGKAP lagi itu injil bible, makanya perempuan kristen benar-benar sudah kafir sekali sekarang ini, berdoa pun tak lagi menutup kepalanya, padahal harusnya GUNDHUL itu lebih baik, daripada berbuat TIDAK SOPAN kepada tuhan dengan menunjukkan aurat rambutnya.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by The seventh on Sat Jan 25, 2014 10:27 am


@Mutiaraa wrote:berdoa itu tiap saat, gak harus cuma di gereja saja, jadi bertudung itu gak cuma ketika di gereja doank.....

sebenarnya itu ayat perintah Nabi Isa ketika perempuan sholat(berdoa) yakni wajib pakai mukena rukuh. tapi berhubung ditafsirkannya secara lebay dan ayat aslinya sudah dipalsukan sudah diedit sana sini, jadi TIDAK UTUH dan TIDAK LENGKAP lagi itu injil bible, makanya perempuan kristen benar-benar sudah kafir sekali sekarang ini, berdoa pun tak lagi menutup kepalanya, padahal harusnya GUNDHUL itu lebih baik, daripada berbuat TIDAK SOPAN kepada tuhan dengan menunjukkan aurat rambutnya.

Hahahaha....LAGU LAMA KASET KUSUT SAMPEYAN..
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by cain on Sat Jan 25, 2014 11:19 am

@The seventh wrote:
@keroncong wrote:
1 Kor 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.


1 Kor 11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?




Dalam alkitab Perjanjian Lama ada kisah pelarian Nabi Yakub ke Mesopotamia di mana ia jatuh cinta kepada seorang perempuan bernama Rachel. Setelah bekerja selama 7 tahun sebagai mas kawin, Yakub malahan dinikahkan dengan Lea, saudaranya Rachel. Dikisahkan Laban, sang ayah, “menipu” Yakub dengan memberikan Lea sebagai pengantin wanita pada hari pernikahan. Yakub tak mengetahui hal itu. Akhirnya memang kemudian Rachel menjadi istri ke-2 Yakub setelah Yakub bekerja 7 tahun lagi pada Laban sebagai mas kawin. Laban beralasan bahwa sesuai adat, Rachel tidak boleh melangkahi kakaknya untuk menikah. Mengapa ”penipuan” Laban ini sukses? Karena menurut adat mesopotamia pada jaman itu seluruh tubuh pengantin ditutup dengan kain hingga hanya terlihat kedua matanya.



Kerudung telah menjadi budaya di mesopotamia sejak 3000SM. Perempuan terhormat harus menggunakan kerudung untuk menbedakan dari budak dan pelacur pada jaman itu. Kerudung juga merupakan simbol kelas menengah atas masyarakat di tiga kawasan yaitu mesopotamia, babilonia dan asyiria pada jaman itu.



Jelaslah bahwa kerudung bukanlah tradisi orisinil Yahudi dan Arab. Namun sampai hari ini masih dilestarikan oleh Yahudi, Kristen Timur dan Islam. Kalau kita masuk ke gereja-gereja Kristen Timur, baik yunani maupun oriental orthodox, maka kita akan melihat setiap wanita yang beribadah mengenakan kerudung. Di Indonesia pun, saya melihat demikian ketika saya beribadah di gereja Orthodox Rusia di Jakarta. Hal ini sangat berbeda jauh dengan suasana di gereja-gereja barat/latin, baik Katolik maupun Protestan. Jangankan kerudung, bahkan saat beribadah pun masih banyak yang menggunakan bayu ”you can see” dan rok mini. *sigh



Di Kristen, melalui perjanjian baru, pemakaian kerudung juga dianjurkan, namun tidak disyariatkan seperti di dalam talmud yahudi. Namun kebanyakan gereja orthodox menafsirkan bahwa kerudung harus dilestarikan wanita saat beribadah seperti ajaran Rasul Paulus. Sedangkan gereja modern Katolik dan Protestan menekankan bahwa kerudung harus dilihat dalam konteks Paulus yang masih sangat terpengaruh tradisi Yahudi jaman itu.



Tapi sesungguhnya, kalo kita perhatikan bahwa kerudung pun mencapai pengaruhnya ke benua eropa barat. Lihat saja pakaian tradisional Belanda dan Itali yang wanitanya mengenakan tutup kepala walau memang secara bentuk telah berubah dari aslinya.


Pergeseran makna kerudung di Kristen sendiri terjadi pergeseran makna dari semula yang artinya ”tabir” menjadi penutup aurat wanita pada abad ke-4 sebelum Islam lahir. Dalam mitologi Persia kuno, kerudung bahkan dianggap sebagai ”kemah menstruasi” yaitu tempat pengasingan untuk perempuan yang sedang datang bulan. Nama2 kerudung pun berbeda-beda sesuai dengan budaya di banyak tempat. Bentuknya pun bermacam-macam.



Dilihat dari sejarah awal bahwa kerudung ternyata memang bertujuan baik karena untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi perempuan, dan sama sekali bukan merendahkan seperti banyak yang disebut orang barat. Pernah ada kisah jaman dulu bahwa ada perempuan yang sedang buang hajat dan tidak berkerudung lalu diganggu laki-laki iseng karena disangka budak.



Berbeda dengan yahudi, tradisi kerudung masuk ke arab dari mesopotamia melalui jalur perdagangan. Terjadi pada masa imperium Kristen Byzantium (turki). Bahwa secara geokultural, kerudung sangat bermanfaat bagi perempuan-perempuan di timur tengah karena matahari yang terik dapat merusak kulit mereka.


Kerudung menjadi eksklusif sebenarnya terkait dengan kemenangan Khomeini atas Syah Pahlevi. Simbol kemenangan timur atas dunia barat. Sejak itulah kerudung menjadi trend dan masuk ke kampus-kampus sekuler.


Jadi menurut saya, tidak layaklah untuk siapapun alergi apalagi anti terhadap kerudung karena tujuannya adalah baik. Biarlah orang memilih untuk menggunakannya atau tidak. Jika memang seorang wanita (apa pun agamanya) merasa aman dan nyaman untuk berkerudung, maka kita baik untuk mendukungnya.




Last but not least, tau dengan sosok Perawan Maria yang berkerudung? Umat Katolik dan Orthodox sangat menghormati dan meneladani sikap beliau. Umat Muslim pun mengenalnya dengan nama Maryam ibunda Isa Almasih.


Semoga kisah tentang kerudung di atas menambah wawasan kita untuk dapat melihatnya secara konteks sosio-kultural selain konteks teologis. Dan saya sertakan beberapa gambar kerudung yang digunakan oleh wanita Kristen Orthodox.

sumber: http://christianforpeace.blogspot.com/2011/01/sejarang-kerudung.html




Baca juga Artikel-Artikel berikut :


Katanya Surat-surat Paulus palsu ????
Sekarang bawa2 surat Paulus utk Jemaat Allah di Korintus ttg Hiasan Kepala Wanita...dan di klaim sm dgn ajaran di Alquran..hehehe aneh..
Seperti saya bilang org muslim ini plin-plan..hari ini bilang surat Paulus palsu tp besok membenarkan apa yg di tulis dlm surat Paulus..
Pasti alasannya : " kl yg ini kan msh asli.."
Enak bener mengklaim ayat mana yg asli dan ayat mana yg palsu sesuai keinginan telinga kalian aja...

Kl bawa ayat jgn setengah2..

1 KORINTUS 11:1-16
Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus.

HIASAN KEPALA WANITA

2. Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.
3. Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.
4. Tiap-tiap laki-laki yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang bertudung, menghina kepalanya.
5. Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.
6. Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.
7. Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.
8. Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki.
9. Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki.
10. Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat.
11. Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan.
12. Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah.
13. Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?
14. Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,
15. tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.
16. Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian.

Baca yg saya bold...

1. namanya juga mot mas bro, niru2 junjungannyalah. Semaunya bilang a, b, c, dst tentang satu hal.
2. ayat 16 juga sudah ngejawab semua orang yang mau ngebantah kok mas bro  ketawa guling tapi hanya orang berotak saja yang akan memahaminya, mot mah kagak usah di arepin ketawa guling 
avatar
cain
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1408
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesia
Join date : 13.10.13
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by Mutiaraa on Sat Jan 25, 2014 3:36 pm

yang loe bilang lagu lama itu perintah yesusmu....

avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by The seventh on Sun Jan 26, 2014 4:02 am

@Mutiaraa wrote:yang loe bilang lagu lama itu perintah yesusmu....

Baca lg dong kl perlu pake kaca pembesar...biar keliatan huruf2nya yg jelas..
Yg saya komentarin lagu lama kaset kusut itu yaaahh lagu anda itu..cari lagu baru napa,biar org ga bosen dengernya..

Mana ada perintah Yesus di situ.. Lha wong itu si Paulus koq yg ngomong yg anda klaim surat2nya palsu..
Jgn percaya sm si Paulus..dosa lho, percaya sm muhammad aja.. Mau anda di bilang murtad krn percaya sm kata2nya si Paulus??
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by Mutiaraa on Sun Jan 26, 2014 5:56 am

1 Kor 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.


1 Kor 11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?

itu perintah dari tuhanmu atau karangan siapa?
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by SEGOROWEDI on Sun Jan 26, 2014 9:30 am


itu pengajaran paulus, MUT
keknya muhammad-mu penggemar paulus juga
maka kamu dipaksa pakai kerudung juga yang dimodif

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by Mutiaraa on Sun Jan 26, 2014 12:38 pm

nah, berarti itu adalah satu-satunya kebenaran dari ucapan si paulus yang masih benar, ucapannya ketika sedang tidak kumat ayannya, kata-kata nabi yesus yang masih ia ingat benar.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by The seventh on Sun Jan 26, 2014 5:04 pm

@Mutiaraa wrote:nah, berarti itu adalah satu-satunya kebenaran dari ucapan si paulus yang masih benar, ucapannya ketika sedang tidak kumat ayannya, kata-kata nabi yesus yang masih ia ingat benar.

 panas 
Akhirnya si mumut "jatuh cinta" jg sm kata2nya Paulus... Ga di sangka2..diam2 dia menaruh simpati pd Paulus yg sakit ayan..hati2 ketularan ayannya..mut
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by amara on Sun Jan 26, 2014 5:15 pm

bicara kebenaran dikira ngefans

qiii qiii qiiii qiii

anak kecil pun kalau bicara jujur, wajib dipercaya, kalau memang lagi bener, kalau lagi boong, apalagi kalau kebanyakan bohongnya ya jangan dipercaya
avatar
amara
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 639
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 20.01.14
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ternyata Perempuan Kristen pun Wajib Memakai Kerudung Menurut Korintus 11:5

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik