FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

tanda munculnya imam mahdi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

tanda munculnya imam mahdi

Post by keroncong on Fri Nov 11, 2011 2:45 pm

Ketika para shahabat sedang duduk-duduk membicarakan tentang hari kiamat, muncullah Rasulullah صلى الله عليه وسلم bertanya kepada mereka:

مَا تَذْكُرُونَ؟

“Apa yang sedang kalian bicarakan?”

Maka para shahabat menjawab:

السَّاعَةَ.

“Hari Kiamat”.

Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

إِنَّ السَّاعَةَ لَا تَكُونُ حَتَّى تَكُونَ عَشْرُ آيَاتٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ فِي جَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَالدُّخَانُ وَالدَّجَّالُ وَدَابَّةُ الْأَرْضِ وَيَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَطُلُوعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قُعْرَةِ عَدَنٍ تَرْحَلُ النَّاسَ. وفي روية: الْعَاشِرَةِ نُزُولُ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. (رواه مسلم وأحمد والترمذي وأبو داود)

Sesungguhnya hari kiamat tidak akan terjadi sehingga terjadinya sepuluh tanda-tandanya. Ditenggelamkannya ke dalam bumi di tiga negeri di timur, barat dan jazirah Arab; munculnya asap, Dajjal, binatang melata di bumi (yang dapat berbicara), Ya’juz dan Ma’juz, terbitnya matahari dari barat, apa yang muncul dari dasar ‘Adn yang menggiring manusia ke tempat berkumpulnya. (Dalam riwayat lain): yang kesepuluh turunnya Isa bin Maryam صلى الله عليه وسلم. (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi dan Abu Dawud)



Di dalam riwayat-riwayat selain Muslim dijelaskan bahwa turunnya Isa عليه السلام adalah ketika kaum muslimin dipimpin oleh Imam Mahdi. Berarti imam Mahdi muncul sebelum turunnya Isa. Jadi, diantara tanda-tanda hari Kiamat yang besar (kubra) adalah munculnya Imam Mahdi. Ia akan memimpin seluruh kaum muslimin di dunia dengan penuh keadilan dan kemakmuran.



Imam Mahdi memenuhi bumi dengan keadilan

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudry رضي الله عنه bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

أُبَشِّرُكُمْ بِالْمَهْدِيِّ يُبْعَثُ فِي أُمَّتِي عَلَى اخْتِلاَفٍ مِنَ النَّاسِ وَزَلَازِلَ فَيَمْلَأُ الْأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلًا كَمَا مُلِئَتْ جَوْرًا وَظُلْمًا يَرْضَى عَنْهُ سَاكِنُ السَّمَاءِ وَسَاكِنُ الْأَرْضِ يَقْسِمُ الْمَالَ صِحَاحًا. (رواه أحمد)

Aku berikan kabar gembira kepada kalian tentang akan dibangkitkannya Imam Mahdi pada umatku untuk memimpin seluruh manusia di kala terjadinya perselisihan dan kegoncangan. Maka dia akan memenuhi bumi ini dengan penuh keadilan dan kebijaksanaan sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kejahatan dan kedhaliman. Seluruh penduduk langit dan bumi ridla kepadanya. Dia membagi harta kepada manusia dengan merata. (HR. Ahmad).

Berkata al-Haitsami: “Hadits ini juga diriwayatkan oleh Tirmidzi dan lainnya dengan ringkas dan diriwayatkan oleh imam dengan beberapa sanad. Abu Ya’la juga meriwayatkan dengan ringkas dan rawi-rawinya adalah rawi-rawi tsiqah (terpercaya)”. (Majma’uz Zawaid 77 hal. 313-314; Lihat Asyrathu asy-Sya’ah oleh Yusuf bin Abdullah al-Waabil.



Kemakmuran pada masa Imam Mahdi

Dalam riwayat lain dari Abu Sa’id al-Khudri bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

يَخْرُجُ فِي آخر أُمَّتِي الْمَهْدِيُّ يَسْقِيْهِ اللهُ الْغَيْثَ وَتُخْرِجُ اْلأَرْضُ نَبَاتَهَا وَيُعْطَى الْمَالُ صِحَاحًا وَتكْثِرُ الَمَاشِيَةُ وَتَعْظُمُ اْلأُمَّةُ يَعِيْشُ سَبْعًا أَوْ ثَمَانِيًا (يَعْنِي حِجَجًا). (رواه الحاكم في المستدرك وصصحه الألباني في الصحيحة 2/328 رقم 711)

Akan keluar di akhir umatku al-Mahdi, Allah akan memberikan hujan untuknya, bumi akan mengeluarkan tumbuh-tumbuhan baginya, dan dibagikan harta dengan merata, ternak melimpah, umat bertambah besar. Dan dia akan hidup selama 7 atau 8 (yakni tahun). (HR. Hakim dalam Mustadrak dan dishahihkan oleh al-Albani dalam ash-Shahihah 2/328 hadits ke 711)



Imam Mahdi dari turunan Ahlul Bait

Diriwayatkan pula hadits-hadits tentang munculnya Imam Mahdi para shahabat lain seperti Ali bin Abi Thalib, berkata Rasulullah صلى الله عليه وسلم :

الْمَهْدِيُّ مِنَّا أَهْلِ الْبَيْتِ يُصْلِحُهُ اللهُ فِي لَيْلَةٍ. (رواه أحمد في مسنده وابن ماجه في سننه وصححه الألباني في صحيح الجامع الصغير رقم 6611)

Al-Mahdi dari kami ahlul bait, Allah “memperbaikinya” dalam semalam. (HR. Ahmad dalam Musnadnya; Ibnu Majah dalam Sunan-nya; dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Jami’ush Shaghir no. hadits 6611)

Berkata Ibnu Katsir: “Yakni Allah menerima taubatnya, mengampuninya, memberikan taufiq kepadanya, mengilhamkan dan membimbingnya.” (An-Nihayah fil Fitan wal Malahim, Ibnu Katsir 1/29).



Sifat Imam Mahdi: lebar jidatnya dan mancung hidungnya

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudry, bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

اَلْمَهْدِيُّ مِنَّي أَجْلَى الْجَبْهَةُ أَقْنَى اْلأَنْفُ يَمْلأُ اْلأَرْضُ قِسْطًا وَعَدْلاً كَمَا مُلِئَتْ ظُلْمًا وَجُوْرًا، يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِيْنَ. (رواه أبو داود في سننه والحاكم في مستدركه. قال الألباني: اسناده حسن؛ انظر صحيح الجامع 6/22-23 رقم 6612)

Al-Mahdi dariku, lebar jidatnya, mancung hidungnya, memenuh bumi dengan kebijaksanaan dan keadilan, sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kedhaliman dan kejelekan. Dia menguasai tujuh tahun. (HR. Abu Dawud dalam Sunan-nya, Hakim dalam Mustadraknya; Berkata al-Albani: “Isnadnya hasan”. Lihat Shahihul Jami’: 6/222-223 hadits no. 6612)



Imam Mahdi dari keturunan Fathimah

Diriwayatkan dari Ummu Salamah, bahwasanya ia mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata:

اَلْمَهْدِيُّ مِنْ عِتْرَتِي مِنْ وَلَدِ فَاطِمَةَ. (رواه أبو داود)

Aku mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: “al-Mahdi dari keluargaku dari keturunan Fatimah. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah; Dishahihan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’ hadis no. 6610)



Imam Mahdi mengimami shalat kaum muslimin dan Nabi Isa عليه السلام

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

يَنْزِلُ عِيْسَى بْنُ مَرْيَمَ فَيَقُوْلُ أَمِيْرُهُمُ الْمَهْدِي تَعَال صَلَّى بِنَا. فَيَقُوْلُ: لاَ إِنَّ بَعْضَهُمْ أَمِيْرِ بَعْضٍ تَكْرِمَةَ اللهُ لِهَذِهِ اْلأُمَّةِ.

Akan turun Isa bin Maryam, kemudian berkata penguasa mereka: “Kemarilah, shalatlah mengimami kami”. Maka Isa berkata: “Tidak, sesungguhnya sebagian mereka pemimpin sebagian yang lain, sebagai kemuliaan dari Allah kepada umat ini”. (HR. Harits bin Abu utsamah dalam Musnad-nya sebagaimana dalam kitab al-Manaarul Munif oleh Ibnul Qayyim, hal. 147-148 dan dalam al-Fatawi oleh Suyuthi 2/64; Berkata Ibnul Qayyim: “Isnad hadits ini jayyid”)



Diriwayatkan pula dalam Shahih Muslim dengan tanpa menyebutkan al-Mahdi:

...فَيَنْزِلُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَقُولُ أَمِيرُهُمْ تَعَالَ صَلِّ لَنَا فَيَقُولُ لَا إِنَّ بَعْضَكُمْ عَلَى بَعْضٍ أُمَرَاءُ تَكْرِمَةَ اللَّهِ هَذِهِ الْأُمَّةَ . (رواه مسلم)

… Maka turun Isa bin Maryam, kemudian berkata penguasa mereka yaitu al-Mahdi: “Kemarilah, shalatlah mengimami kami”. Maka Isa berkata: “Tidak, sesungguhnya sebagian mereka pemimpin sebagian yang lain, sebagai kemuliaan dari Allah kepada umat ini”. (HR. Muslim)



Nama Imam Mahdi: Muhammad bin Abdillah

Diriwayatkan tentang nama Imam Mahdi dan nama bapaknya dalam beberapa hadits, diantaranya apa yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud, bahwasanya bersabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم:

لَا تَذْهَبُ أَوْ لَا تَنْقَضِي الدُّنْيَا حَتَّى يَمْلِكَ الْعَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي. وفي رواية: يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي وَاسْمُ أَبِيْهِ اسْمُ أَبِي. (رواه أبو داود في سننه، قال الألباني: صحيح، انظر صحيح الجامع الصغير رقم 5180)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: Tidak akan lenyap dunia ini hingga Arab dikuasai oleh seseorang dari keluargaku yang namanya mencocoki namaku. Dalam riwayat lain: Namanya mencocoki namaku dan nama bapaknya mencocoki nama bapakku (HR. Abu Dawud; Berkata al-Albani: “Hadits shahih”; lihat Shahihul Jami’u ash-Shaghir hadits no. 5180)



Berkata Ibnu Katsir رحمه الله tentang nama Imam Mahdi: “Dia adalah Muhammad bin Abdullah al-Alawi al-Fathimi al-Hasani. (an-Nihayah al-Fitan wal Malahim, juz 1 hal. 29)

Yakni Muhammad bin Abdullah anak Ali bin Abi Thalib dari Fathimah turunan al-Hasan.

Mutawatirnya hadits tentang al-Mahdi



Beberapa para ulama mengatakan bahwa hadits-hadits tentang Imam Mahdi adalah mutawatir seperti:

1. al-Hafidh Abul Hasan as-Sijistani

رحمه الله

Beliau رحمه الله berkata: “Telah mutawatir berita-berita dari Nabi صلى الله عليه وسلم yang menyebutkan imam Mahdi. Dan bahwasanya dia dari ahlul bait nabi صلى الله عليه وسلم, menguasai selama tujuh tahun, memenuhi bumi dengan keadilan. Bahwa isa عليه السلام turun membantu beliau memerangi Dajjal dan beliaulah yang mengimami shalat sedangkan Isa عليه السلام bermakmum di belakangnya”.

2. Muhammad as-Safarini رحمه الله

Beliau berkata: “Telah banyak riwayat-riwayat tentang keluarnya Imam Mahdi hingga mencapai derajat mutawatir maknawi dan telah tersebar berita tersebut di kalangan para ulama ahlus sunnah hingga menjadi aqidah dan keyakinan mereka”.

3. Imam asy-Syaukani رحمه الله

Beliau رحمه الله berkata: “Hadits-hadits tentang mutawatirnya berita Imam mahdi al-Muntadhar (yang ditunggu) yang kita bisa berpijak dengannya ada lima puluh hadits. Di dalamnya ada yang shahih, hasan, dan ada pula yang dlaif namun terdukung dengan keduanya. Maka yang demikian adalah mutawatir dengan tidak ada keraguan dan kerancuan padanya. Bahkan tepat untuk dikatakan mutawatir berita yang diriwayatkan kurang dari itu sebagaimana dalam kaidah-kaidah musthalah hadits. Adapun ucapan-ucapan para shahabat yang menyatakan dengan jelas akan munculnya Imam Mahdi, maka lebih banyak lagi dan memiliki hukum marfu’ karena dalam perkara ini tidak memungkinkan seseorang berijtihad”.

4. Shiddiq Hasan Khan رحمه الله

Beliau رحمه الله berkata: “Hadits-hadits yang tersebut tentang Imam Mahdi dengan berbagai macam riwayatnya sangat banyak dan telah mencapai derajat mutawatir maknawi. Diriwayatkan dalam sunan dan lain-lainnya dalam kitab-kitab para ulama Islam, mu’jam-mu’jam dan musnad-musnad.



Tempat turunnya Imam Mahdi

Berkata Ibnu Katsir رحمه الله: “…Maka keluarlah Imam Mahdi dari negeri masyrik, bukan dari gua Samira seperti yang dipahami oleh orang-orang bodoh dari kalangan Syi’ah…. (an-Nihayah al-Fitan wal Malahim, juz 1 hal. 290)



Beliau رحمه الله berkata juga: “Nanti Imam Mahdi akan didukung oleh orang-orang dari negeri masyriq, membelanya, menolongnya, menunaikan perintahnya, dan mengokohkan kedudukannya. Bendera-bendera mereka hitam yang menunjukkan kesederhanaan dan ketenangan, karena bendera Rasulullah صلى الله عليه وسلم pun hitam yang dijuluki dengan ‘aqab. (an-Nihayah al-Fitan wal Malahim, juz 1 hal. 290)



Wallahu a’lam.

avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanda munculnya imam mahdi

Post by keroncong on Fri Mar 16, 2012 12:18 am

1. Dari Jabir r.a., ia berkata: Rasulullah bersabda: "'Isa
ibn Maryam akan turun, lalu ia bersabda: Pemimpin mereka
(ummat Islam saat itu) adalah al-Mahdi. Marilah salat
bersama kami. Ia menjawab: "Ingatlah! Bahwasanya sebagian
kamu menjadi pemimpin pada sebagian yang lain, sebagai
penghormatan Allah kepada ummat (saat) ini." (HR. Abu
Nu'aim)

2. Dari Jabir ibn 'Abdillah r.a., berkata: Rasulullah SAW.
bersabda: "Segolongan ummatku akan selalu berperang membela
kebenaran, sehingga turunlah 'Isa ibn Maryam pada saat fajar
terbit di Baitul-Maqdis (Palestina). Ia turun pada al-Mahdi,
maka dikatakan: "Majulah hai Nabi Allah! dan salatlah
bersama kita." Maka ia berkata: "Ummat ini menjadi pemimpin
(amir) sebagian yang satu pada sebagian yang lain." (HR. Ibn
Amr ad-Dani)

3. Dari Khuzaifah r.a., berkata: "Rasulullah SAW., bersabda:
"Mahdi memalingkan mukanya, dan sungguh 'Isa ibn Maryam
telah turun seakan-akan air menetes dari rambutnya, maka
berkatalah Mahdi: Majulah kemuka dan salatlah bersama-sama
manusia. 'Isa menjawab: "Sesungguhnya salat itu diiqamati
adalah untukmu, lalu salatlah 'Isa al-Masih di belakang
seorang laki-laki (al-Mahdi) dari anak keturunanku." (HR.
Abu 'Amr ad-Dani)

4. Dari Abu Umamah r.a., ia berkata: Rasulullah telah
berkhutbah pada kita dan beliau menyebut-nyebut tentang
dajjal, dan bersabda: "Kota Madinah akan bersih dari kotoran
yang mengotorinya, sebagaimana seperti alat peniup api
(tukang besi) membersihkan kotoran besi. Hari itu akan
disebut sebagai hari kelepasan (Yaumul-Khalas)." Ummu Yuyaik
berkata: "Dimanakah saat orang-orang Arab hai Rasulullah?"
Nabi menjawab: "Mereka pada hari itu sedikit (jumlahnya)
kebanyakan mereka berada di Bait al-Maqdis dan imam mereka
adalah al-Mahdi, seorang laki-laki saleh. Sewaktu imam
mereka telah maju (untuk) salat subuh bersama mereka,
tiba-tiba turunlah 'Isa ibn Maryam kepada mereka waktu itu.
Maka imam pun surut ke belakang supaya dia 'Isa menjadi
imam. Kemudian ia meletakkan tangannya diantara kedua
bahunya kemudian Isa berkata kepada al-Mahdi: "Majulah
(sebagai imam) dan salatlah, maka sebenamya salat yang telah
diiqamati itu adalah untukmu." Maka salatlah bersama mereka
imam mereka." (HR. Ibn Majah, Ibn Khuzaimah, Abu 'Uwanah,
al-Hakim, Abu Nu'aim)

5. Dari Ibn 'Abbas r.a., ia berkata: Rasulullah SAW.
bersabda: "Tidak akan binasa suatu ummat, yang aku sebagai
pemulanya, 'Isa ibn Maryam sebagai penutupnya, dan al-Mahdi
pada pertengahannya." (HR. Abu Nu'aim)
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanda munculnya imam mahdi

Post by keroncong on Fri Mar 16, 2012 1:54 am

1. Dari Ibn Masud r.a., ia berkata: Sewaktu kami berada di
samping Rasulullah SAW., tiba-dba datang sekelompok pemuda
dari Bani Hayim, maka setelah nabi melihat mereka,
tergenanglah air matanya dan berubahlah warna (muka)nya.
Maka aku pun bertanya: "Kami senantiasa melihat wajahmu
(berubah) ada sesuatu yang dibencinya," maka ucap beliau:
"Sungguh kami dari Ahlul-Bait, yang Allah telah memilihkan
untuk kami kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia. Dan
sesunggunnya Ahlul-Bait-ku sesudahku nanti akan menemui
bencana dan pengusiran sehingga datang sekelompok orang dari
sebelah timur yang membawa bendera hitam. Mereka menuntut
hak, maka hak itu tidak diberikan lalu mereka memeranginya,
mereka pun kemudian memperoleh kemenangan. Selanjutnya apa
(hak) yang telah mereka minta itu diberikan, tetapi mereka
tidak mau menerimanya, sehingga mereka memberikannya kepada
seorang laki-laki dari Ahlul-Bait-ku. Kemudian dia
memenuhinya (bumi) dengan keadilan sebagaimana dipenuhinya
(bumi) itu oleh kecurangan. Maka barangsiapa diantara kalian
yang menjumpai yang demikian itu, hendaklah mendatangi
mereka sekalipun harus merangkak diatas salju, maka
sebenarnya merekalah al-Mahdi." (HR. Ibn Abi Syaibah, Nu'aim
ibn Hammad dan Ibn Majah dan Abu Nu'aim)

2. Dari Sa'id ibn Musayyab, ia berkata: Rasulullah bersabda:
"Bendera-bendera hitam milik Bani muncul dari Arab timur,
kemudian mereka tinggal (disitu) selama dikehendaki Allah,
kemudian (pasukan) kecil berbendera hitam muncul memerangi
seorang laki-laki dari putera Abu Sufyan dan kawan-kawannya,
dari sebelah timur, mereka diharuskan taat pada al-Mahdi."
(HR. Nu'aim ibn Hammad)

3. Dari Sauban r.a., ia berkata: "Rasulullah SAW., bersabda:
"Tiga (orang) kesemuanya adalah putera Khalifah akan
berperang dekat tempat perbendaharaanmu, kemudian tidak
seorang pun dari mereka yang memperolehnya. Lalu dari arah
timur muncul (pembawa) bendera-bendera hitam memerangi
kalian, dengan (cara) berperang yang belum pernah digunakan
oleh suatu kaum pun kemudian datang Khalifatullah al-Mahdi.
Apabila kalian mendengarnya, maka datangilah dia dan
berbai'atlah padanya, sekalipun (harus) merangkak diatas
salju, maka sesungguhnya dia adalah Khalifatullah al-Mahdi.
(HR. Ibn Majah, al-Hakim, dan disahihkan oleh Abu Nu'aim)

4. Dari Sauban al-Baihaqi, berkata: RasululIah SAW.
bersabda: "Apabila kalian melihat bendera-bendera hitam
datang dari Khurasan, maka datangilah dia, sesungguhnya
disana ada Khalifatullah al-Mahdi." (Musnad Imam Ahmad dalam
Dala'ilun-Nubuwwah. Juga diriwayatkan oleh Nu'aim ibn
Hammad, al-Hakim, dan Abu Nu'aim.)

5. Dari 'Amr ibn Yasir, berkata: Rasulullah bersabda: "Hai
'Abbas! Sesungguhnya perkara ini (kepemimpinan ummat), Allah
telah memulai dengan (mengutus) aku, dan akan diakhirinya
oleh seorang laki-laki dari putera (keturunan)-mu, Dia akan
memenuhinya (bumi) dengan keadilan sebagaimana bersama-sama
'Isa a.s." (Lihat dalam Kanzul-'Ummal, Juz VII, hlm. 177)

avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanda munculnya imam mahdi

Post by keroncong on Wed Apr 18, 2012 6:37 pm

Dalam pandangan aqidah Ahlussunnah wal Jamaah, Al-Mahdi dikenal melalui hdits-hadits yang shohih dan hasan yang telah diakui validitasnya oleh jumhur umat Islam.

Ada banyak hadits yang menerangkan sosok Al-Mahdi itu dan merupakan kewajiban kita untuk mempercayainya sesuai dengan apa yang kita terima dari Rasulullah SAW, tanpa menafsirkan, mentakwilkan atau menolaknya.

Al-Mahdi menurut hadits-hadits yang kita terima adalah sosok manusia yang Allah akan turunkan di akhir zaman, meksi tidak ada riwayat yang memastikan kapan kejadian itu. Selain itu, dijelaskan bahwa beliau adalah merupakan ahli bait Rasulullah SAW. Untuk memastikan apakah dia benar Al-Mahdi yang dimaksud, ada ciri-ciri yang telah disebutkan, yang paling penting diantaranya adalah bahwa beliau akan mengisi bumi ini dengan keadilan setelah sebelumnya dipenuhi dengan kezaliman dan kerusakan. Diantara hadits itu antara lain:

Dari Ibnu Mas‘ud ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,¤Bila tidak kekal dunia ini kecuali sehari saja, maka Allah akan panjangkan hari itu hingga Dia mengutus seseorang dari aku atau dari ahli baitku, namanya sesuai dengan namaku dan nama ayahnya sesuai dengan nama ayahku. Dia akan memenuhi dunia dengan keadilan dan qisth sebagaimana dunia ini sebelumnya dipenuhi dengan kezaliman dan al-Juur. (HR. At-Tirmizy dalam kitab Fitan dan haditsnya hasan shahih). Dijelaskan bahwa kedatangan Al-Mahdi ini sebelum turunnya Nabi Isa as. Yang akan memberi petunjuk kepada banyak manusia dan menegakkan hujjah Allah SWT. Untuk lebih dalamnya pembahasan ini, silahkan merujuk pada kitab An-Nihayah karya Ibnu Katsir.

Al-Mahdi Versi Syiah

Dalam konsep syaiah, sosok Al-Mahdi ini menjadi bias dan berbeda. Karena menurut mereka Al-Mahdi adalah titisan dari 12 imam yang ditunggu-tunggu kedatangannya.

Kelompok ini meyakini bahwa imam mereka ada 12 dan semuanya memiliki mukjizat seperti Nabi dan telah diberi wasiat dan rahasia ajaran Islam. Sehingga mereka berhak menerangkan ajaran Islam yang orang lain tidak diberitahu menjadi rahasia mereka sendiri.

Mereka yakin bahwa para imam itu dititipi ilmu oleh Rasulullah SAW untuk menyempurnakan syariat. Tidak ada perbedaan antara imam dengan Rasulullah SAW kecuali bahwa Rasulullah SAW menerima wahyu.

Para imam itu diyakini berada pada derajat ma‘shum yang tidak mungkin berdosa dan terpelihara dari segala kesalahan, kelalaian serta dosa-dosa baik besar atau kecil.

Mereka meyakini bahwa imam mereka yang ke-12 adalah Al-Mahdi. Saat ini dia masih dalam keadaan ghaibah (menghilang) ke dalam sebuah gua di Samara (surro man ra‘a), sebuah kota kecil di Iraq dekat sungai Tigris utara Baghdad.

Suatu hari nanti Al-Mahdi sebagai imam ke-12 itu akan muncul lagi (roj‘ah). Karena itu sekarang setiap ba‘da maghrib mereka rajin berdiri di pintu gua bahkan menyediakan sebuha kendaraan untuk pergi. Perbuatan ini terus berlangsung tiap malam. Harapan mereka imam itu akan datang untuk memenuhi keadilan sebagaiman bumi sedang dipenuhi dengan kekejaman dan kezoliman. Imam ke-12 ini juga akan melacak lawan-lawan syiah sepanjang sejarah.

Tentu saja semua itu adalah riyawat yang datang tidak melalui hadits yang benar dan diakui. Mereka memiliki sumber cerita sendiri yang bila dilihat dari kacamata sunnah, sumber itu sangat tidak bisa dipertanggung-jawabkan. Dan dalam istilah hadits, maka riwayat itu bukan hanya dhoif, tapi mungkar, maudhu‘ atau sederajat dengan hadis palsu.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanda munculnya imam mahdi

Post by keroncong on Tue Sep 11, 2012 9:04 pm

Satu hal yang menarik untuk disisipkan di sini masih perihal
KEDATANGAN KEMBALI ALMASIH ialah, bahwa bukan saja kaum
Kristen yang memiliki kepercayaan "kedatangan kembali" itu
melainkan pada kaum Muslimin ternyata pula menyimpan
kepercayaan itu. Entah siapa yang berhak di antara kedua
ummat ini, ataukah keduanya sama-sama berhak?

Jika kedatangan Almasih bagi ummat Kristen merupakan
HALELUYAH KEMENANGAN, maka bagi ummat muslimin merupakan
DATANGNYA YANG HAQ SIRNANYA YANG BATIL. Bukankah Almasih
akan datang dan menyatakan bahwa Islam adalah Agama sejati?
Bukankah Almasih akan mendirikan Shalat berjama'ah serta
menjadi ma'mum di shaf pertama? Alangkah bahagia saat-saat
demikian!

Disamping kebahagiaan ummat Muslimin karena Almasih datang
untuk kemenangan Islam, terpetik pula sebuah "kabar suka"
bahwa kebahagiaan akan melimpah, kemenangan akan mutlak
yaitu pada saat seseorang yang bergelar IMAM MAHDI datang di
tengah-tengah ummat Muslimin. Yang lebih meyakinkan lagi
ialah bahwa munculnya Imam Mahdi itu bertepatan waktunya
dengan kedatangan Almasih. Beliau inilah yang didorong oleh
Almasih untuk menjadi imam dalam shalat berjama'ah itu.
Kedatangan Imam Mahdi telah tersebut dalam beberapa Hadits.
Di antara Missi-missinya yang utama ialah:

* Beliau akan membagi harta sama rata;

* Beliau menegakkan Agama pada akhir zaman seperti Nabi
Muhammad saw. pada permulaan zaman.

* Beliau akan menegakkan keadilan di bumi.

* Beliau akan berperang atas Sunnah Rasul.

* Beliau akan membunuh babi dan salib.1

* Ummat Islam akan mendapat kesenangan dari padanya yang
belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.

* Beliau tidak membangunkan orang tidur dan tidak
menumpahkan darah.

* Penduduk Bumi dan Langit serta burung-burung suka pada
kekhalifahannya. Demikianlah missi-missi utamanya. Begitu
hebat makna kedatangannya, bahkan terpetik berita-berita
yang mengatakan bahwa meriam-meriam musuh yang memuntahkan
peluru untuk membunuh kaum Muslimin konon mendadak berobah
menjadi cairan dingin. Jika demikian kondisi dan situasinya,
beliau tentunya sangat diharapkan mengingat penderitaan
ummat sudah semakin parah.

Akan tetapi kapan beliau datang? Soalnya hanya tunggu waktu
saja; dan sesudah sekian tahun bahkan sekian abad belum juga
terjawab "kapan beliau datang," maka yang menunggu bertambah
menderita sedang yang ditunggu belum juga tiba.

Last but not least harapan ummat yang menderita telah
terpenuhi. Secara mengejutkan namun menggembirakan, sejarah
Islam telah menampilkan Imam Mahdi; Beliau sudah datang!
Siapa orangnya, dimana munculnya, kapan datangnya, inilah
yang sulit memastikan! Sebab Imam Mahdi yang datang tidak
seorang melainkan banyak. Bahkan yang menambah sulit lagi
masih ada Imam-imam Mahdi yang belum datang. Mereka juga
ditunggu-tunggu kedatangannya.

Untuk memudahkan Kita mengenal para Imam Mahdi tersebut,
baiknya kita memisalkan mereka dalam dua masa. Masa pertama
ialah masa "mereka yang belum datang" dan masa kedua ialah
"masa mereka yang sudah datang." Mereka yang akan datang
menurut aliran Syiah Sabaiyah adalah Ali bin Abi Talib;
Menurut Syiah Kaisaniyah adalah Mohammad Ali Hanafiyah.
Menurut Syiah AI-Jaridiyah, Mohammad bin Abdullah An-Nafsus
Zakiyah adalah Mahdi yang ditunggu-tunggu. Menurut Syiah
Imamiah, Mohammad bin Hasan Al-Askari adalah Mahdi yang
ditunggu-tunggu. Adapun para Mahdi yang "sudah datang"
antara lain ialah: Ubaidullah bin Mohammad Alhabib oleh
Syiah Qaramithah dianggap Mahdi. Mohammad bin Ismail bin
Ja'far oleh golongan Syiah Ismailiyah dianggap Mahdi.
Golongan Muwahidin menganggap Mohammad bin Taumert adalah
Mahdi. Segolongan Muslim di India menganggap Ahmad bin
Mohammad Berelvi adalah Mahdi. Golongan Ahmadiyah di India
menganggap Mirza Ghulam Ahmad adalah Mahdi. Golongan Babiyah
menganggap Ali Mohammad Al-Bab adalah Mahdi. Penduduk Sudan
Afrika menganggap Mohammad Ahmad Donggola adalah Mahdi.
Mahdi-mahdi yang lain seperti Mahdi dari Rief Afrika, dari
Tunisia, dari Marokko, dari Pegunungan Shahrazur, dari
Kurdistan, dari Senegal dan Mahdi dari Jawa timur Indonesia,
merekapun telah datang dan masing-masing membawa missi-missi
utamanya.2

Demikian kumpulan Mahdi yang tercatat dalam sejarah Islam.
Kenyataan dari mereka yang telah datang itu sama sekali
tidak sanggup memenuhi missi-missi utamanya. Jangankan
seluruh missi sanggup dipikulnya, pada tugas pembagian harta
sama-rata saja, beliau-beliau itu tidak sanggup
melaksanakannya; Juga mereka tidak membunuh BABI atau
memecah SALIB, baik harafiyah maupun kiasan. Apalagi memberi
kesenangan pada kaum Muslimin yang belum pernah
dirasakannya.

Bagaimana dengan Mandi-mahdi yang belum datang?! Apakah kaum
Muslimin harus menanti kedatangan mereka? Padahal, penantian
itu membuat ummat jadi lamban. Lebih-lebih penantian yang
tak menentu, entah tahunan, puluhan tahun, abad bahkan
ribuan tahun. Ummat Muslimin akan kehilangan langkah,
statis, mati gerak, bahkan tertelan zaman. Mengambil sikap
yang baik adalah tidak menanti dan tidak terlintas dalam
pikiran untuk menanti. Lebih baik lagi ialah membuang jauh
doktrin kedatangan kembali Almasih maupun Almahdi.

Namun andaikata sejarah Islam nanti menampilkan tokoh-tokoh
tersebut, maka biarkanlah nama beliau, tempat munculnya,
waktu datangnya berada dalam ketentuan TUHAN.

Catatan kaki:
1 Ali Mohammad Ali Dhukhayyil, Al-Imam Mahdi, Darut-turas
Al-Islami, 1974, Beirut, hal. 13.
2 H.M. Arsyad Thalih Lubis, IMAM MAHDI, Medan, Firma
Islamiyah, 1967, hal 8 dan hal. 94/95/96.
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanda munculnya imam mahdi

Post by BiasaSaja on Fri Jan 04, 2013 7:30 pm

Kalau menurut SYIAH, Ahmadiyah, Wahabi gimana?? mana
avatar
BiasaSaja
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 660
Kepercayaan : Protestan
Location : warnet langganan
Join date : 08.12.12
Reputation : 11

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanda munculnya imam mahdi

Post by Kedunghalang on Tue May 06, 2014 8:28 am

@BiasaSaja wrote:Kalau menurut SYIAH, Ahmadiyah, Wahabi gimana?? mana

Dari sekian banyak pendakwa Imam Al Mahdi, hanya HMG Ahmad as saja yang tanda-tandanya sangat akurat sesuai dengan Al Qur'an dan Hadits. HMG Ahmad as adalah seorang keturunan dari Persia yang telah diutus Allah (Al Jumu'ah 62:3/4 & Shahih Bukhari) sebagai Khalifatullah, Imam Al Mahdi (An-Nur 24:55/56 & Sunan Ibnu Majah) dan Masih Mau'ud (Az-Zukhruf 43:57/58 & Musnad Ahmad bin Hambal). Pendakwaan HMG Ahmad as sebagai Imam Al Mahdi didukung oleh tanda alam, yakni gerhana bulan dan gerhana matahari di bulan Ramadhan (Al Qiyamah 75:6/7-9/10 & Sunan Addarul Quthni) yang telah terjadi beberapa tahun setelah mendakwakan sebagai Imam Al Mahdi.

http://www.alislam.org/topics/eclipses/response-to-mcnaughton.html

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: tanda munculnya imam mahdi

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik