FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Pertanyaan bagi kalian !!!

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by rdnQtfz669 on Wed Apr 25, 2012 10:16 pm

First topic message reminder :

Maaf sebelumnya...
Yang bisa jawab, jawab ya...
Ditunggu jawabannya...

1. Siapakah yang menciptakanmu ?
2. Siapakah yang menciptakan jagat raya ?
3. Kemanakah kalian setelah meninggal dunia ?
4. Adakah bukti bahwa kalian itu benar ? Tunjukan !
5. Siapakah yang membuat isi kitab kalian ? Buktikan jika kandungannya benar !
6. Siapakah tuhanmu ?
7. Apakah tuhanmu memiliki sejarah ?
8. Siapakah manusia pertama kali dimuka bumi ?
9. Apakah ada hukuman dari tuhanmu bagi orang yang berbuat keburukan ?
10. Dimana tuhanmu itu sekarang ? Hidupkah dia ? Apakah Abadi ?

Terimakasih jawabannya...
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down


Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by bedah tipis on Mon May 07, 2012 5:19 pm

@rdnQtfz669 wrote:Maaf sebelumnya...
Yang bisa jawab, jawab ya...
Ditunggu jawabannya...

1. Siapakah yang menciptakanmu ?IBLIS/SANG RAJA PENYESAT
2. Siapakah yang menciptakan jagat raya ? YANG BISA MENYESATKAN MANUSIA
3. Kemanakah kalian setelah meninggal dunia ?NERAKA PASTI QS 19.71
4. Adakah bukti bahwa kalian itu benar ? Tunjukan !HAJAR ASWAD BISA BANGUN DARI BOBONYA UNTUK JADI SAKSI.. :mon3: :mon3: :mon3:
5. Siapakah yang membuat isi kitab kalian ? Buktikan jika kandungannya benar !EXIS DI ABAD KE 8...AMBURADUL
6. Siapakah tuhanmu ?ALLOH SWT TUHAN NEGERI MEKAH...
7. Apakah tuhanmu memiliki sejarah ?PAGAN QURAISE
8. Siapakah manusia pertama kali dimuka bumi ?ADEM
9. Apakah ada hukuman dari tuhanmu bagi orang yang berbuat keburukan ?TIADA MAAF BAGIMU....
10. Dimana tuhanmu itu sekarang ? Hidupkah dia ? Apakah Abadi ?ADA DI SUDUT KABAH ZAT BENDA MATI.....TERGANTUNG...SIAPA YANG BISA MELEBURNYA JADI DEBU... :mon3: :mon3:

Terimakasih jawabannya...
avatar
bedah tipis
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Posts : 95
Join date : 29.01.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Orang_Pinggiran on Wed May 09, 2012 12:50 am

@SEGOROWEDI wrote:
@rdnQtfz669 wrote:
astaghfirullah,,saya mohon maaf jika saya menuduh :( tak ada maksud...

nih, baca sampe paham, kalo berani lakukan :)
Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."

tantangan kek gitu itu buat apaan?
gak pede banget..
sedang surah quran aja gak ada yang jelas juntrungannya
antar ayat sering gak nyambung

Kalo lo yang berpendapat kaya gitu si gw maklum Wed, lah injil aja banyak kaga ngartinya, apalagi Al Qur'an ketawa guling
avatar
Orang_Pinggiran
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1862
Kepercayaan : Islam
Location : Jawa Tengah
Join date : 12.03.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Otak Trailer on Thu May 10, 2012 7:12 pm

@rdnQtfz669 wrote:
@Otak Trailer wrote:
hi man,lu kate gw orang-orang yg salah.en bagemana lu dapat standar benar or salah so kaga fair lu pake kebenaran from your religion.
lu kate salah but hinduers kate doi bener or lu kate salah but kristeners kate doi bener.
egois lu man !!!
:lkj:

astaghfirullah...Ya Allah bukakan pintu hatinya, berikan hidayah agar dia selamat :)
okay, kalo saya egois coba Anda jawab pertanyaan ini dengan logika Anda !

Kenapa banyak sekali agama didunia ini ?
Sedangkan masing - masing agama mengaku bahwa agamanyalah yang paling benar :)
hi man,lu kate agama lu better is pindah sebelah.gw angkringan di sono man. bingung
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by rdnQtfz669 on Fri May 11, 2012 4:28 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@rdnQtfz669 wrote:
astaghfirullah,,saya mohon maaf jika saya menuduh :( tak ada maksud...

nih, baca sampe paham, kalo berani lakukan :)
Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."

tantangan kek gitu itu buat apaan?
gak pede banget..
sedang surah quran aja gak ada yang jelas juntrungannya
antar ayat sering gak nyambung

Anda berani gak lakuinnya ?
Gak berani bilang aja :lkj:

dalam al-Qur'an setiap surat tidak membahas 1 hal atau pristiwa, tapi banyak hal dalam 1 surat :)

kalo Anda meragukan al-Qur'an, coba simak dan pahami:
Di dalam al-Qur'an ada kata/kalimat:
- Mekkah, buktinya ada
- Allah s.w.t. pencipta langit dan bumi, gunakan logika siapa selain Dia yang menciptakan langit sebegitu luasnya ?
- Kaum Bani Israil dan Nasrani (sekarang Yahudi dan Kristen), buktinya ada
- Keburukan kaum Bani Israil (Yahudi), terbukti sekarang tuh Israel (http://laskarislam.indonesianforum.net/t2423-27-sifat-buruk-bani-israil-yahudi)
- Kekuasaan Allah s.w.t., merahasiakan hari akhir (kiamat) dan kematian seseorang. Mati datang secara tiba - tiba tak pandang bulu.
- masih banyak lagi...
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by rdnQtfz669 on Fri May 11, 2012 5:14 pm

@Otak Trailer wrote:
hi man,lu kate agama lu better is pindah sebelah.gw angkringan di sono man. bingung

tiada tuhan yang patut disembah selain Allah s.w.t.

dia Maha Segala-galanya...
saya yakin bahwa Islam itu benar karena banyak buktinya...

sekarang, apakah Anda bisa buktikan bahwa agama Anda benar ?
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Gravelord on Sat May 12, 2012 6:33 pm

@rdnQtfz669 wrote:Maaf sebelumnya...
Yang bisa jawab, jawab ya...
Ditunggu jawabannya...

1. Siapakah yang menciptakanmu ? karma ku dengan proses oleh ayah dan ibu.
2. Siapakah yang menciptakan jagat raya ? paticca samupada (hukum sebab akibat yang saling bergantungan)
3. Kemanakah kalian setelah meninggal dunia ? sesuai karma yang diperbuat
4. Adakah bukti bahwa kalian itu benar ? Tunjukan ! hidup ini adalah buktinya
5. Siapakah yang membuat isi kitab kalian ? Buktikan jika kandungannya benar ! Buddha sang maha tercerahkan
6. Siapakah tuhanmu ? ga butuh
7. Apakah tuhanmu memiliki sejarah ? ga ada
8. Siapakah manusia pertama kali dimuka bumi ? banyak
9. Apakah ada hukuman dari tuhanmu bagi orang yang berbuat keburukan ? tidak ada, karena karma lah yang menjadikan semuanya
10. Dimana tuhanmu itu sekarang ? Hidupkah dia ? Apakah Abadi ? ga ada, ga hidup maupun mati, ga!

Terimakasih jawabannya...
avatar
Gravelord
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 34
Posts : 95
Location : Sungai Guntung
Join date : 24.12.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by rdnQtfz669 on Mon May 14, 2012 7:15 pm

@Gravelord wrote:
@rdnQtfz669 wrote:Maaf sebelumnya...
Yang bisa jawab, jawab ya...
Ditunggu jawabannya...

1. Siapakah yang menciptakanmu ? karma ku dengan proses oleh ayah dan ibu.
2. Siapakah yang menciptakan jagat raya ? paticca samupada (hukum sebab akibat yang saling bergantungan)
3. Kemanakah kalian setelah meninggal dunia ? sesuai karma yang diperbuat
4. Adakah bukti bahwa kalian itu benar ? Tunjukan ! hidup ini adalah buktinya
5. Siapakah yang membuat isi kitab kalian ? Buktikan jika kandungannya benar ! Buddha sang maha tercerahkan
6. Siapakah tuhanmu ? ga butuh
7. Apakah tuhanmu memiliki sejarah ? ga ada
8. Siapakah manusia pertama kali dimuka bumi ? banyak
9. Apakah ada hukuman dari tuhanmu bagi orang yang berbuat keburukan ? tidak ada, karena karma lah yang menjadikan semuanya
10. Dimana tuhanmu itu sekarang ? Hidupkah dia ? Apakah Abadi ? ga ada, ga hidup maupun mati, ga!

Terimakasih jawabannya...

terima kasih jawabannya kk Gravelord,,
:lkj:
saya izin menyanggah pada jawaban Anda nomor 8 :)

Anda bilang bahwa manusia pertama kali dimuka bumi ini banyak, nah banyak itu pasti ada yang paling pertama diciptakan,,
tidak mungkin kan tiba - tiba dimuka bumi ini muncul orang banyak,,

dan mengenai hukum karma,,
apa itu karma ?
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Gravelord on Tue May 15, 2012 8:33 am

makasih, yang jelas, manusia pertama siapa, nggak ada catatannya, soalnya waktu mereka ada, belum pandai nulis. daripada saya asal sebut si anu, kemudian kudu dipercaya dan diyakini tanpa ada bukti kan lucu. umat Buddha bukan umat yang asal percaya, kudu ehipassiko.

kemudian:

KAMMA/KARMA
(Perbuatan)

Kamma (bahasa Pali) atau Karma (bahasa Sanskerta) berarti perbuatan atau aksi. Guru Buddha dalam Nibbedhika Sutta; Anguttara Nikaya 6.63 menjelaskan secara jelas arti dari kamma:

”Para bhikkhu, cetana (kehendak)lah yang kunyatakan sebagai kamma. Setelah berkehendak, orang melakukan suatu tindakan lewat tubuh, ucapan atau pikiran.”

Jadi, kamma berarti semua jenis kehendak (cetana), perbuatan yang baik maupun buruk/jahat, yang dilakukan oleh jasmani (kaya), perkataan (vaci) dan pikiran (mano), yang baik (kusala) maupun yang jahat (akusala).

Kamma atau sering disebut sebagai Hukum Kamma merupakan salah satu hukum alam yang berkerja berdasarkan prinsip sebab akibat. Selama suatu makhluk berkehendak, melakukan kamma (perbuatan) sebagai sebab maka akan menimbulkan akibat atau hasil. Akibat atau hasil yang ditimbulkan dari kamma disebut sebagai Kamma Vipaka.

Dalam Samuddaka Sutta; Samyutta Nikaya 11.10 {S 1.227} , Guru Buddha menjelaskan cara bekerjanya kamma :

"Sesuai dengan benih yang di tabur, begitulah buah yang akan dipetiknya. Pembuat kebajikan akan mendapatkan kebaikan, pembuat kejahatan akan memetik kejahatan pula. Taburlah biji-biji benih dan engkau pulalah yang akan merasakan buah dari padanya".

Dua Jenis Kamma Berdasarkan Sifatnya
Ada dua jenis kamma (perbuatan) berdasarkan sifatnya, yaitu:
1. Kamma Buruk/Jahat (perbuatan buruk/jahat) atau disebut dengan Akusala Kamma.
yaitu, kamma (perbuatan) yang didasari oleh pikiran yang diliputi oleh dosa (kebencian), lobha (keserakahan), dan moha (kebodohan batin). Contoh: membunuh, mencuri, berbohong, mabuk-mabukan, dan sebagainya.
2. Kamma Baik (perbuatan baik) atau disebut dengan Kusala Kamma.
yaitu, kamma (perbuatan) yang didasari oleh pikiran yang diliputi oleh adosa (ketidakbencian), alobha (ketidakserakahan), dan amoha (ketidakbodohan batin). Contoh: berdana, menolong makhluk yang kesukaran, berkata jujur, bermeditasi, dan sebagainya.

Empat Jenis Kamma Berdasarkan Waktu Munculnya Akibat (vipaka) yang Dihasilkan
1. Ditthadhamma vedaniya Kamma yaitu Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) segera mungkin pada waktu kehidupan sekarang. Kamma ini terbagi 2 macam, yaitu :
• Kamma yang memberikan hasil dalam kehidupan sekarang ini, termasuk yang sudah masak betul atau disebut dengan Paripakka Dittha Dhamma vedaniya Kamma. Contoh : Seorang miskin bernama Punna yang memberikan dana makanan kepada Y A Sariputta Maha Thera menjadi kaya-raya dalam waktu tujuh hari setelah berdana.
• Kamma yang memberikan hasil setelah lewat tujuh hari atau disebut dengan Aparipakka Dittha Dhammavedaniya. Contoh : Jika berbuat kebaikan atau kejahatan dalam usia muda, akan dipetik hasil dalam usia muda atau usia tua dalam kehidupan sekarang ini juga.
2. Upajja vedaniya Kamma yaitu Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) pada kehidupan berikutnya yaitu satu kehidupan setelah kehidupan sekarang.
3. Aparapariya vedaniya Kamma yaitu Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) pada kehidupan berikutnya secara berturut-turut.
4. Ahosi Kamma yaitu Kamma yang tidak lagi atau tidak akan memiliki kekuatan untuk menghasilkan akibat (kadaluwarsa). Ahosi Kamma terbentuk ketika kekuatan suatu perbuatan (kamma) terhalangi oleh kekuatan perbuatan (kamma) lain yang sangat besar. Selain itu Ahosi Kamma terbentuk jika tidak adanya kondisi-kondisi pendukung yang dibutuhkan untuk kamma itu berbuah, sehingga kamma tersebut tidak menghasilkan akibat (vipaka).

Empat Jenis Kamma Berdasarkan Fungsinya
1. Janaka Kamma yaitu Kamma yang menyebabkan timbulnya syarat untuk terlahirnya kembali suatu makhluk. Kamma ini menimbulkan batin (Nama) dan jasmani (Rupa).
2. Upatthambhaka Kamma yaitu Kamma yang mendukung terpeliharanya satu akibat dari sebab yang telah timbul. Kamma ini membantu Janaka Kamma, yaitu :
• Membantu Janaka Kamma yang belum mempunyai waktu menimbulkan hasil, memberikan waktu menimbulkan hasil/akibat.
• Membantu Janaka Kamma yang sedang mempunyai waktu menimbulkan hasil memberikan kekuatan untuk menimbulkan hasil secara sempurna.
• Membantu Rupa-Nama (Lahir-Bathin) yang dilahirkan Janaka Kamma menjadi maju dan bertahan lama.
3. Upapilaka Kamma yaitu Kamma yang menekan, mengolah, menyelaraskan satu akibat dari satu sebab. Kamma ini adalah menekan Janaka Kamma, yaitu :
• Upapilaka Kamma yang menekan Janaka Kamma supaya tidak ada waktu menimbulkan hasil.
• Upapilaka Kamma yang menekan Janaka Kamma yang mempunyai waktu menimbulkan hasil supaya mempunyai kekuatan menurun.
• Upapilaka Kamma yang menekan Rupa-Nama (Lahir-Bathin) yang dilahirkan Janaka Kamma.
4. Upaghâtaka Kamma yaitu kamma yang memotong atau menghancurkan kekuatan akibat dari satu sebab yang telah terjadi.

Empat Jenis Kamma Berdasarkan Sifat dari Akibat yang Dihasilkannya
1. Garuka Kamma yaitu Kamma Berat, yang memiliki kualitas kekuatan yang besar yang mampu menimbulkan hasil dalam kehidupan kedua, dan kekuatan kamma lain tidak mampu mencegahnya.Garuka Kamma terdiri dari 2 jenis yaitu:
• Akusala Garuka Kamma adalah Perbuatan Buruk/Jahat yang berat. Yang disebut Akusala Garuka Kamma (Perbuatan jahat yang berat) adalah Niyatamicchaditthi-Kamma (Perbuatan pandangan salah yang pasti) dan Pancanantariya-Kamma (Lima perbuatan durhaka, yaitu membunuh ibu, membunuh ayah, membunuh Arahat, melukai Sang Buddha dan memecah-belah Sangha). Akibat dari melakukan Akusala Garuka Kamma adalah tumimbal-Iahir ke alam Apaya (Alam yang menyedihkan, yaitu alam neraka, alam setan, alam binatang dan alam asura).
Akusala Garuka Kamma juga disebut dengan Anantariya Kamma karena dampaknya masih dapat di rasakan dikehidupan selanjutnya. Hal ini dijelaskan oleh Guru Buddha dalam Parikuppa Sutta; Anguttara Nikaya 5.129.

Contoh: Devadatta yang telah melukai kaki Guru Buddha dan memecah-belah Sangha, dilahirkan kembali di alam neraka avici. Dan Raja Ajatasattu yang telah membunuh ayahnya (Raja Bimbisara) tidak dapat meraih kesucian Sotapana (tingkat kesucian pertama) karena kekuatan besar dari Akusala Garuka Kamma.
• Kusala Garuka Kamma adalah Perbuatan Baik yang berat. Yang disebut Kusala Garuka Kamma adalah hasil dari melaksanakan Samatha-Bhavana (meditasi ketenangan batin) sehingga mencapai Rupa-Jhana 4 dan Arupa-Jhana 4 atau disebut Jhana 8. Akibat dari melakukan Kusala Garuka Kamma adalah tumimbal-Iahir di alam Brahma.
Akusala Garuka Kamma, bila tidak ada waktu menimbulkan hasil, tetapi mempunyai kesempatan untuk menjadi Upatthambhaka Kamma (Kamma membantu). Sebaliknya, Kusala Garuka Kamma itu, bila tidak ada waktu menimbulkan hasil, akan menjadi Ahosi Kamma dan tidak mempunyai kesempatan untuk menjadi Upatthambhaka Kamma (Kamma membantu).
2. Asanna Kamma adalah kusala kamma (perbuatan baik) dan akusala kamma (perbuatan buruk/jahat) yang dilakukan seseorang sebelum saat ajalnya, yang dapat dilakukan dengan lahir dan bathin. Dengan batin misalnya; memikirkan, merasakan, mengingat-ingat semua perbuatan baik atau buruk yang telah dilakukan, atau memikirkan kebaikan atau kejahatan terhadap makhluk lain. Kamma inilah yang akan menentukan keadaan kelahiran seseorang yang akan datang jika tidak ada kekuatan kamma lain yang lebih besar lagi yang menentukan.

Contoh: Seorang algojo pada saat menjelang ajalnya, ia mengingat pernah memberi sedekah kepada Y.A. Sariputta. Dengan mengingat hal ini ia terlahir di alam yang bahagia. Namun, meskipun terlahir di alam bahagia, ia tetap memperoleh dampak buruk dari apa perbuatan buruk yang pernah ia lakukan.
3. Acinna Kamma atau Bahula Kamma adalah Kamma Kebiasaan, yaitu perbuatan baik dan jahat yang merupakan kebiasaan bagi seseorang karena sering dilakukan. Bila seseorang belum saat ajalnya tidak berbuat sesuatu, dan dengan demikian tidak terdapat Asanna Kamma, maka yang menentukan keadaan kelahiran yang berikutnya ialah Kamma Kebiasaan (Acinna Kamma) yaitu perbuatan-perbuatan yang merupakan kebiasaan seseorang karena sering dilakukan sehingga seolah-olah merupakan watak baru.

Contoh: Cunda seorang penjagal babi, yang hidup disekitar vihara tempat Guru Buddha berdiam, ia meninggal dengan mendengking seperti babi karena kebiasaannya memotong babi.
4. Kattata Kamma adalah Kamma yang tidak terlalu berat dirasakan akibatnya. Kamma ini yang paling lemah di antara semua kamma. Kamma ini merupakan perbuatan baik (kusala kamma) dan perbuatan jahat (akusala kamma) yang pemah dibuat dalam kehidupan lampau dan kehidupan sekarang ini yang belum mencapai Garuka Kamma, Asanna Kamma dan Acinna Kamma, yang si pembuatnya tidak melakukan dengan cetana atau kehendak yang kuat sepenuhnya.

Pandangan-Pandangan Keliru Mengenai Kamma
1. Kamma hanya dianggap sebagai hal yang buruk saja.

Pandangan ini beranggapan bahwa kamma hanya dianggap sebagai hasil yang buruk saja yang menimpa seseorang yang telah melakukan perbuatan buruk. Pandangan keliru (miccha ditthi) ini terjadi karena adanya kerancuan antara kamma (perbuatan) dengan kamma vipaka (hasil perbuatan) dan pemahaman yang salah terhadap kamma. Padahal, kamma yang berarti perbuatan sedangkan hasilnya disebut vipaka, tidak hanya berhubungan dengan perbuatan buruk ataupun akibat buruk semata, tetapi juga perbuatan baik ataupun akibat yang baik. Kamma vipaka (hasil perbuatan) tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang buruk tetapi juga hal-hal yang baik yang dialami oleh seseorang. Contoh: seseorang gemar berdana sehingga ia dihormati oleh setiap orang. Gemar berdana adalah kamma baik dan dihormati orang lain merupakan kamma vipaka (hasil perbuatan) yang baik.

2. Kamma vipaka (hasil kamma) dianggap sebagai nasib atau takdir yang tidak bisa diubah.

Pandangan ini dikatakan keliru karena jika hal itu terjadi maka seseorang tidak akan dapat bebas dari penderitaannya. Padahal seseorang dapat mengubah apa yang sedang ia alami. Selain itu, Guru Buddha telah mengajarkan mengenai Viriya atau semangat membaja yang berguna untuk mengatasi segala kesulitan. Sebagai contoh, seseorang yang lahir dalam keluarga yang kekurangan (miskin) karena kamma kehidupan lampau yang buruk yang telah ia lakukan dikehidupan yang lalu, ia dapat mengubah kondisi yang dialaminya tersebut dengan bekerja keras sehingga ia tidak lagi hidup dalam kemiskinan.

3. Prinsip kerja hukum kamma adalah mata dibayar mata, nyawa dibayar nyawa.

Pandangan ini beranggapan bahwa kamma akan selalu menghasilkan bentuk yang sama dengan hasil perbuatan (kamma vipaka), membunuh maka akan dibunuh, mencuri maka akan dicuri, menipu maka akan ditipu, dan sebagainya. Pandangan ini keliru karena kamma memiliki karakter yang dinamis dan tidak lepas dari kondisi-kondisi yang ada, sehingga tidak selamanya bentuk dari hasil kamma akan sama dengan bentuk kammanya. Tetapi yang dapat dipastikan adalah sifatnya, dimana kamma yang sifat buruk pasti akan menghasilkan hal yang sifatnya juga buruk, kamma baik pasti akan menghasilkan hal yang sifatnya juga baik.

4. Kamma orang tua diwarisi oleh anaknya.

Pandangan ini beranggapan bahwa orang tua yang melakukan kamma buruk maka hasilnya (vipaka) akan di terima oleh anaknya atau keluarga lainnya. Pandangan ini keliru karena prinsip kerja kamma adalah siapa yang melakukan perbuatan maka ia akan yang menerima hasilnya. Dalam Cullakammavibhanga Sutta; Majjhima Nikaya 135 Guru Buddha bersabda : "Semua mahluk hidup mempunyai kamma sebagai milik mereka, mewarisi kammanya sendiri, lahir dari kammanya sendiri, berhubungan dengan kammanya sendiri, dilindungi oleh kammanya sendiri. Kamma itulah yang membedakan makhluk hidup dalam keadaan rendah atau tinggi."

Dalam kasus tertentu terlihat sepertinya orang tua yang melakukan kamma buruk dan anaknya yang mengalami penderitaan. Hal ini bukan berarti kamma buruk orang tua diwarisi oleh anaknya, tetapi ini lebih berarti bahwa kamma buruk orang tua tersebut memicu kamma buruk si anak untuk berbuah. Dengan kata lain seseorang akan menerima akibat dari kammanya sendiri, tetapi kammanya dapat mempengaruhi atau mengkondisikan kamma orang lain untuk berbuah.

5. Kamma kehidupan lampau penentu segalanya yang terjadi di masa sekarang.

Pandangan ini beranggapan bahwa semua yang dialami seseorang pada masa sekarang, baik kondisi yang baik maupun buruk tidak lain merupakan hasil (vipaka) dari kamma kehidupan lampau saja. Pandangan ini keliru karena jika hal itu terjadi demikian maka seseorang hanya akan menjadi ”boneka” yang tidak bisa membebaskan diri dari penderitaan dan akan manjadi seseorang yang tidak memiliki kewaspadaan dan pengendalian diri. Hal ini telah dibabarkan oleh Guru Buddha dalam Tittha Sutta; Anguttara Nikaya 3.61 maupun dalam Sivaka Sutta; Samyutta Nikaya 36.21 {S 4.229} dan Devadaha Sutta; Majjhima Nikaya 101.

6. Kamma maupun vipaka (hasil kamma) ditentukan oleh tuhan.

Pandangan ini beranggapan bahwa semua yang diperbuat dan dialami seseorang pada masa sekarang, baik hal yang baik maupun buruk tidak lain merupakan kehendak tuhan. Pandangan ini keliru karena jika hal itu terjadi maka semua perbuatan dan semua yang dialami seseorang tidak lain hanya merupakan kehendak tuhan, sehingga seseorang tidak memiliki kehendak bebas, hanya akan menjadi ”boneka” yang tidak bisa membebaskan diri dari penderitaan dan akan menjadi seseorang yang tidak memiliki kewaspadaan dan pengendalian diri. Hal ini telah dibabarkan oleh Guru Buddha dalam Tittha Sutta; Anguttara Nikaya 3.61.

7. Kamma lampau dapat dihilangkan/dihapuskan.

Pandangan ini beranggapan bahwa kamma (perbuatan) buruk yang telah dilakukan seseorang, dapat dihilangkan/dihapuskan. Pandangan ini keliru karena kamma (perbuatan) lampau tersebut telah dilakukan dan telah terjadi sehingga tidak dapat dihapuskan. Sebagai contoh, Guru Buddha sendiri tetap menerima hasil dari kamma buruk kehidupan lampauNya berupa terlukanya kaki Beliau karena batu yang digulingkan oleh Devadatta. Jika kamma kehidupan lampau bisa dihapuskan maka Guru Buddha dengan mudah menghilangkannya dan kaki Beliau tidak akan terluka.

Kamma masa lampau tetap akan menimbulkan hasilnya seperti yang telah dijelaskan oleh Guru Buddha dalam Lonaphala Sutta; Anguttara Nikaya 3.99, dengan menggunakan perumpamaan garam yang sama banyaknya, yang satu dimasukkan ke dalam air di cangkir dan dan yang lain ke dalam sungai Ganga. Garam diibaratkan sebagai kamma buruk dan air adalah kamma baik. Ketika garam dimasukan ke dalam sebuah cangkir maka rasa garam tersebut akan terasa. Sedangkan garam yang jumlahnya sama dimasukan ke dalam sungai, maka air sungai tersebut tidak akan terasa asin. Jadi kamma buruk kehidupan lampau akan memberikan hasil/dampak tetapi dengan adanya kamma baik yang banyak yang dilakukan pada masa sekarang maka dampak dari kamma buruk tersebut menjadi berkurang bahkan tidak terasa.

semoga semua makhluk berbahagia
avatar
Gravelord
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 34
Posts : 95
Location : Sungai Guntung
Join date : 24.12.11
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Jagona on Tue May 15, 2012 8:57 am

@rdnQtfz669 wrote:
@Jagona wrote:
@rdnQtfz669 wrote:Maaf sebelumnya...
Yang bisa jawab, jawab ya...
Ditunggu jawabannya...

1. Siapakah yang menciptakanmu ?
2. Siapakah yang menciptakan jagat raya ?
3. Kemanakah kalian setelah meninggal dunia ?
4. Adakah bukti bahwa kalian itu benar ? Tunjukan !
5. Siapakah yang membuat isi kitab kalian ? Buktikan jika kandungannya benar !
6. Siapakah tuhanmu ?
7. Apakah tuhanmu memiliki sejarah ?
8. Siapakah manusia pertama kali dimuka bumi ?
9. Apakah ada hukuman dari tuhanmu bagi orang yang berbuat keburukan ?
10. Dimana tuhanmu itu sekarang ? Hidupkah dia ? Apakah Abadi ?

Terimakasih jawabannya...

apa urgensinya menjawab pertanyaan di atas ........ ok

:lkj:

kalo gak bisa jawab bilang aja :D

ma'af apa sebenarnya yang anda sombongkan ...... ? Coba anda jelaskan "apa urgensinya menjawab pertanyaan anda di atas ? kalo anda gak bisa jawab bilang aja .... ok

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by rdnQtfz669 on Tue May 15, 2012 6:00 pm

@Gravelord wrote:makasih, yang jelas, manusia pertama siapa, nggak ada catatannya, soalnya waktu mereka ada, belum pandai nulis. daripada saya asal sebut si anu, kemudian kudu dipercaya dan diyakini tanpa ada bukti kan lucu. umat Buddha bukan umat yang asal percaya, kudu ehipassiko.

kemudian:

KAMMA/KARMA
(Perbuatan)

Kamma (bahasa Pali) atau Karma (bahasa Sanskerta) berarti perbuatan atau aksi. Guru Buddha dalam Nibbedhika Sutta; Anguttara Nikaya 6.63 menjelaskan secara jelas arti dari kamma:

”Para bhikkhu, cetana (kehendak)lah yang kunyatakan sebagai kamma. Setelah berkehendak, orang melakukan suatu tindakan lewat tubuh, ucapan atau pikiran.”

Jadi, kamma berarti semua jenis kehendak (cetana), perbuatan yang baik maupun buruk/jahat, yang dilakukan oleh jasmani (kaya), perkataan (vaci) dan pikiran (mano), yang baik (kusala) maupun yang jahat (akusala).

Kamma atau sering disebut sebagai Hukum Kamma merupakan salah satu hukum alam yang berkerja berdasarkan prinsip sebab akibat. Selama suatu makhluk berkehendak, melakukan kamma (perbuatan) sebagai sebab maka akan menimbulkan akibat atau hasil. Akibat atau hasil yang ditimbulkan dari kamma disebut sebagai Kamma Vipaka.

Dalam Samuddaka Sutta; Samyutta Nikaya 11.10 {S 1.227} , Guru Buddha menjelaskan cara bekerjanya kamma :

"Sesuai dengan benih yang di tabur, begitulah buah yang akan dipetiknya. Pembuat kebajikan akan mendapatkan kebaikan, pembuat kejahatan akan memetik kejahatan pula. Taburlah biji-biji benih dan engkau pulalah yang akan merasakan buah dari padanya".

Dua Jenis Kamma Berdasarkan Sifatnya
Ada dua jenis kamma (perbuatan) berdasarkan sifatnya, yaitu:
1. Kamma Buruk/Jahat (perbuatan buruk/jahat) atau disebut dengan Akusala Kamma.
yaitu, kamma (perbuatan) yang didasari oleh pikiran yang diliputi oleh dosa (kebencian), lobha (keserakahan), dan moha (kebodohan batin). Contoh: membunuh, mencuri, berbohong, mabuk-mabukan, dan sebagainya.
2. Kamma Baik (perbuatan baik) atau disebut dengan Kusala Kamma.
yaitu, kamma (perbuatan) yang didasari oleh pikiran yang diliputi oleh adosa (ketidakbencian), alobha (ketidakserakahan), dan amoha (ketidakbodohan batin). Contoh: berdana, menolong makhluk yang kesukaran, berkata jujur, bermeditasi, dan sebagainya.

Empat Jenis Kamma Berdasarkan Waktu Munculnya Akibat (vipaka) yang Dihasilkan
1. Ditthadhamma vedaniya Kamma yaitu Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) segera mungkin pada waktu kehidupan sekarang. Kamma ini terbagi 2 macam, yaitu :
• Kamma yang memberikan hasil dalam kehidupan sekarang ini, termasuk yang sudah masak betul atau disebut dengan Paripakka Dittha Dhamma vedaniya Kamma. Contoh : Seorang miskin bernama Punna yang memberikan dana makanan kepada Y A Sariputta Maha Thera menjadi kaya-raya dalam waktu tujuh hari setelah berdana.
• Kamma yang memberikan hasil setelah lewat tujuh hari atau disebut dengan Aparipakka Dittha Dhammavedaniya. Contoh : Jika berbuat kebaikan atau kejahatan dalam usia muda, akan dipetik hasil dalam usia muda atau usia tua dalam kehidupan sekarang ini juga.
2. Upajja vedaniya Kamma yaitu Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) pada kehidupan berikutnya yaitu satu kehidupan setelah kehidupan sekarang.
3. Aparapariya vedaniya Kamma yaitu Kamma yang menghasilkan akibat (vipaka) pada kehidupan berikutnya secara berturut-turut.
4. Ahosi Kamma yaitu Kamma yang tidak lagi atau tidak akan memiliki kekuatan untuk menghasilkan akibat (kadaluwarsa). Ahosi Kamma terbentuk ketika kekuatan suatu perbuatan (kamma) terhalangi oleh kekuatan perbuatan (kamma) lain yang sangat besar. Selain itu Ahosi Kamma terbentuk jika tidak adanya kondisi-kondisi pendukung yang dibutuhkan untuk kamma itu berbuah, sehingga kamma tersebut tidak menghasilkan akibat (vipaka).

Empat Jenis Kamma Berdasarkan Fungsinya
1. Janaka Kamma yaitu Kamma yang menyebabkan timbulnya syarat untuk terlahirnya kembali suatu makhluk. Kamma ini menimbulkan batin (Nama) dan jasmani (Rupa).
2. Upatthambhaka Kamma yaitu Kamma yang mendukung terpeliharanya satu akibat dari sebab yang telah timbul. Kamma ini membantu Janaka Kamma, yaitu :
• Membantu Janaka Kamma yang belum mempunyai waktu menimbulkan hasil, memberikan waktu menimbulkan hasil/akibat.
• Membantu Janaka Kamma yang sedang mempunyai waktu menimbulkan hasil memberikan kekuatan untuk menimbulkan hasil secara sempurna.
• Membantu Rupa-Nama (Lahir-Bathin) yang dilahirkan Janaka Kamma menjadi maju dan bertahan lama.
3. Upapilaka Kamma yaitu Kamma yang menekan, mengolah, menyelaraskan satu akibat dari satu sebab. Kamma ini adalah menekan Janaka Kamma, yaitu :
• Upapilaka Kamma yang menekan Janaka Kamma supaya tidak ada waktu menimbulkan hasil.
• Upapilaka Kamma yang menekan Janaka Kamma yang mempunyai waktu menimbulkan hasil supaya mempunyai kekuatan menurun.
• Upapilaka Kamma yang menekan Rupa-Nama (Lahir-Bathin) yang dilahirkan Janaka Kamma.
4. Upaghâtaka Kamma yaitu kamma yang memotong atau menghancurkan kekuatan akibat dari satu sebab yang telah terjadi.

Empat Jenis Kamma Berdasarkan Sifat dari Akibat yang Dihasilkannya
1. Garuka Kamma yaitu Kamma Berat, yang memiliki kualitas kekuatan yang besar yang mampu menimbulkan hasil dalam kehidupan kedua, dan kekuatan kamma lain tidak mampu mencegahnya.Garuka Kamma terdiri dari 2 jenis yaitu:
• Akusala Garuka Kamma adalah Perbuatan Buruk/Jahat yang berat. Yang disebut Akusala Garuka Kamma (Perbuatan jahat yang berat) adalah Niyatamicchaditthi-Kamma (Perbuatan pandangan salah yang pasti) dan Pancanantariya-Kamma (Lima perbuatan durhaka, yaitu membunuh ibu, membunuh ayah, membunuh Arahat, melukai Sang Buddha dan memecah-belah Sangha). Akibat dari melakukan Akusala Garuka Kamma adalah tumimbal-Iahir ke alam Apaya (Alam yang menyedihkan, yaitu alam neraka, alam setan, alam binatang dan alam asura).
Akusala Garuka Kamma juga disebut dengan Anantariya Kamma karena dampaknya masih dapat di rasakan dikehidupan selanjutnya. Hal ini dijelaskan oleh Guru Buddha dalam Parikuppa Sutta; Anguttara Nikaya 5.129.

Contoh: Devadatta yang telah melukai kaki Guru Buddha dan memecah-belah Sangha, dilahirkan kembali di alam neraka avici. Dan Raja Ajatasattu yang telah membunuh ayahnya (Raja Bimbisara) tidak dapat meraih kesucian Sotapana (tingkat kesucian pertama) karena kekuatan besar dari Akusala Garuka Kamma.
• Kusala Garuka Kamma adalah Perbuatan Baik yang berat. Yang disebut Kusala Garuka Kamma adalah hasil dari melaksanakan Samatha-Bhavana (meditasi ketenangan batin) sehingga mencapai Rupa-Jhana 4 dan Arupa-Jhana 4 atau disebut Jhana 8. Akibat dari melakukan Kusala Garuka Kamma adalah tumimbal-Iahir di alam Brahma.
Akusala Garuka Kamma, bila tidak ada waktu menimbulkan hasil, tetapi mempunyai kesempatan untuk menjadi Upatthambhaka Kamma (Kamma membantu). Sebaliknya, Kusala Garuka Kamma itu, bila tidak ada waktu menimbulkan hasil, akan menjadi Ahosi Kamma dan tidak mempunyai kesempatan untuk menjadi Upatthambhaka Kamma (Kamma membantu).
2. Asanna Kamma adalah kusala kamma (perbuatan baik) dan akusala kamma (perbuatan buruk/jahat) yang dilakukan seseorang sebelum saat ajalnya, yang dapat dilakukan dengan lahir dan bathin. Dengan batin misalnya; memikirkan, merasakan, mengingat-ingat semua perbuatan baik atau buruk yang telah dilakukan, atau memikirkan kebaikan atau kejahatan terhadap makhluk lain. Kamma inilah yang akan menentukan keadaan kelahiran seseorang yang akan datang jika tidak ada kekuatan kamma lain yang lebih besar lagi yang menentukan.

Contoh: Seorang algojo pada saat menjelang ajalnya, ia mengingat pernah memberi sedekah kepada Y.A. Sariputta. Dengan mengingat hal ini ia terlahir di alam yang bahagia. Namun, meskipun terlahir di alam bahagia, ia tetap memperoleh dampak buruk dari apa perbuatan buruk yang pernah ia lakukan.
3. Acinna Kamma atau Bahula Kamma adalah Kamma Kebiasaan, yaitu perbuatan baik dan jahat yang merupakan kebiasaan bagi seseorang karena sering dilakukan. Bila seseorang belum saat ajalnya tidak berbuat sesuatu, dan dengan demikian tidak terdapat Asanna Kamma, maka yang menentukan keadaan kelahiran yang berikutnya ialah Kamma Kebiasaan (Acinna Kamma) yaitu perbuatan-perbuatan yang merupakan kebiasaan seseorang karena sering dilakukan sehingga seolah-olah merupakan watak baru.

Contoh: Cunda seorang penjagal babi, yang hidup disekitar vihara tempat Guru Buddha berdiam, ia meninggal dengan mendengking seperti babi karena kebiasaannya memotong babi.
4. Kattata Kamma adalah Kamma yang tidak terlalu berat dirasakan akibatnya. Kamma ini yang paling lemah di antara semua kamma. Kamma ini merupakan perbuatan baik (kusala kamma) dan perbuatan jahat (akusala kamma) yang pemah dibuat dalam kehidupan lampau dan kehidupan sekarang ini yang belum mencapai Garuka Kamma, Asanna Kamma dan Acinna Kamma, yang si pembuatnya tidak melakukan dengan cetana atau kehendak yang kuat sepenuhnya.

Pandangan-Pandangan Keliru Mengenai Kamma
1. Kamma hanya dianggap sebagai hal yang buruk saja.

Pandangan ini beranggapan bahwa kamma hanya dianggap sebagai hasil yang buruk saja yang menimpa seseorang yang telah melakukan perbuatan buruk. Pandangan keliru (miccha ditthi) ini terjadi karena adanya kerancuan antara kamma (perbuatan) dengan kamma vipaka (hasil perbuatan) dan pemahaman yang salah terhadap kamma. Padahal, kamma yang berarti perbuatan sedangkan hasilnya disebut vipaka, tidak hanya berhubungan dengan perbuatan buruk ataupun akibat buruk semata, tetapi juga perbuatan baik ataupun akibat yang baik. Kamma vipaka (hasil perbuatan) tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang buruk tetapi juga hal-hal yang baik yang dialami oleh seseorang. Contoh: seseorang gemar berdana sehingga ia dihormati oleh setiap orang. Gemar berdana adalah kamma baik dan dihormati orang lain merupakan kamma vipaka (hasil perbuatan) yang baik.

2. Kamma vipaka (hasil kamma) dianggap sebagai nasib atau takdir yang tidak bisa diubah.

Pandangan ini dikatakan keliru karena jika hal itu terjadi maka seseorang tidak akan dapat bebas dari penderitaannya. Padahal seseorang dapat mengubah apa yang sedang ia alami. Selain itu, Guru Buddha telah mengajarkan mengenai Viriya atau semangat membaja yang berguna untuk mengatasi segala kesulitan. Sebagai contoh, seseorang yang lahir dalam keluarga yang kekurangan (miskin) karena kamma kehidupan lampau yang buruk yang telah ia lakukan dikehidupan yang lalu, ia dapat mengubah kondisi yang dialaminya tersebut dengan bekerja keras sehingga ia tidak lagi hidup dalam kemiskinan.

3. Prinsip kerja hukum kamma adalah mata dibayar mata, nyawa dibayar nyawa.

Pandangan ini beranggapan bahwa kamma akan selalu menghasilkan bentuk yang sama dengan hasil perbuatan (kamma vipaka), membunuh maka akan dibunuh, mencuri maka akan dicuri, menipu maka akan ditipu, dan sebagainya. Pandangan ini keliru karena kamma memiliki karakter yang dinamis dan tidak lepas dari kondisi-kondisi yang ada, sehingga tidak selamanya bentuk dari hasil kamma akan sama dengan bentuk kammanya. Tetapi yang dapat dipastikan adalah sifatnya, dimana kamma yang sifat buruk pasti akan menghasilkan hal yang sifatnya juga buruk, kamma baik pasti akan menghasilkan hal yang sifatnya juga baik.

4. Kamma orang tua diwarisi oleh anaknya.

Pandangan ini beranggapan bahwa orang tua yang melakukan kamma buruk maka hasilnya (vipaka) akan di terima oleh anaknya atau keluarga lainnya. Pandangan ini keliru karena prinsip kerja kamma adalah siapa yang melakukan perbuatan maka ia akan yang menerima hasilnya. Dalam Cullakammavibhanga Sutta; Majjhima Nikaya 135 Guru Buddha bersabda : "Semua mahluk hidup mempunyai kamma sebagai milik mereka, mewarisi kammanya sendiri, lahir dari kammanya sendiri, berhubungan dengan kammanya sendiri, dilindungi oleh kammanya sendiri. Kamma itulah yang membedakan makhluk hidup dalam keadaan rendah atau tinggi."

Dalam kasus tertentu terlihat sepertinya orang tua yang melakukan kamma buruk dan anaknya yang mengalami penderitaan. Hal ini bukan berarti kamma buruk orang tua diwarisi oleh anaknya, tetapi ini lebih berarti bahwa kamma buruk orang tua tersebut memicu kamma buruk si anak untuk berbuah. Dengan kata lain seseorang akan menerima akibat dari kammanya sendiri, tetapi kammanya dapat mempengaruhi atau mengkondisikan kamma orang lain untuk berbuah.

5. Kamma kehidupan lampau penentu segalanya yang terjadi di masa sekarang.

Pandangan ini beranggapan bahwa semua yang dialami seseorang pada masa sekarang, baik kondisi yang baik maupun buruk tidak lain merupakan hasil (vipaka) dari kamma kehidupan lampau saja. Pandangan ini keliru karena jika hal itu terjadi demikian maka seseorang hanya akan menjadi ”boneka” yang tidak bisa membebaskan diri dari penderitaan dan akan manjadi seseorang yang tidak memiliki kewaspadaan dan pengendalian diri. Hal ini telah dibabarkan oleh Guru Buddha dalam Tittha Sutta; Anguttara Nikaya 3.61 maupun dalam Sivaka Sutta; Samyutta Nikaya 36.21 {S 4.229} dan Devadaha Sutta; Majjhima Nikaya 101.

6. Kamma maupun vipaka (hasil kamma) ditentukan oleh tuhan.

Pandangan ini beranggapan bahwa semua yang diperbuat dan dialami seseorang pada masa sekarang, baik hal yang baik maupun buruk tidak lain merupakan kehendak tuhan. Pandangan ini keliru karena jika hal itu terjadi maka semua perbuatan dan semua yang dialami seseorang tidak lain hanya merupakan kehendak tuhan, sehingga seseorang tidak memiliki kehendak bebas, hanya akan menjadi ”boneka” yang tidak bisa membebaskan diri dari penderitaan dan akan menjadi seseorang yang tidak memiliki kewaspadaan dan pengendalian diri. Hal ini telah dibabarkan oleh Guru Buddha dalam Tittha Sutta; Anguttara Nikaya 3.61.

7. Kamma lampau dapat dihilangkan/dihapuskan.

Pandangan ini beranggapan bahwa kamma (perbuatan) buruk yang telah dilakukan seseorang, dapat dihilangkan/dihapuskan. Pandangan ini keliru karena kamma (perbuatan) lampau tersebut telah dilakukan dan telah terjadi sehingga tidak dapat dihapuskan. Sebagai contoh, Guru Buddha sendiri tetap menerima hasil dari kamma buruk kehidupan lampauNya berupa terlukanya kaki Beliau karena batu yang digulingkan oleh Devadatta. Jika kamma kehidupan lampau bisa dihapuskan maka Guru Buddha dengan mudah menghilangkannya dan kaki Beliau tidak akan terluka.

Kamma masa lampau tetap akan menimbulkan hasilnya seperti yang telah dijelaskan oleh Guru Buddha dalam Lonaphala Sutta; Anguttara Nikaya 3.99, dengan menggunakan perumpamaan garam yang sama banyaknya, yang satu dimasukkan ke dalam air di cangkir dan dan yang lain ke dalam sungai Ganga. Garam diibaratkan sebagai kamma buruk dan air adalah kamma baik. Ketika garam dimasukan ke dalam sebuah cangkir maka rasa garam tersebut akan terasa. Sedangkan garam yang jumlahnya sama dimasukan ke dalam sungai, maka air sungai tersebut tidak akan terasa asin. Jadi kamma buruk kehidupan lampau akan memberikan hasil/dampak tetapi dengan adanya kamma baik yang banyak yang dilakukan pada masa sekarang maka dampak dari kamma buruk tersebut menjadi berkurang bahkan tidak terasa.

semoga semua makhluk berbahagia

terima kasih kk "Gravelord" atas penjelasan tentang Karma/Kamma-nya :)
saya mengerti :lkj:

tapi saya ada pertanyaan lagi,,
apakah Takdir dan Nasib termasuk kedalam Karma/Kamma ?
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by rdnQtfz669 on Tue May 15, 2012 6:03 pm

@Jagona wrote:
@rdnQtfz669 wrote:
@Jagona wrote:
@rdnQtfz669 wrote:Maaf sebelumnya...
Yang bisa jawab, jawab ya...
Ditunggu jawabannya...

1. Siapakah yang menciptakanmu ?
2. Siapakah yang menciptakan jagat raya ?
3. Kemanakah kalian setelah meninggal dunia ?
4. Adakah bukti bahwa kalian itu benar ? Tunjukan !
5. Siapakah yang membuat isi kitab kalian ? Buktikan jika kandungannya benar !
6. Siapakah tuhanmu ?
7. Apakah tuhanmu memiliki sejarah ?
8. Siapakah manusia pertama kali dimuka bumi ?
9. Apakah ada hukuman dari tuhanmu bagi orang yang berbuat keburukan ?
10. Dimana tuhanmu itu sekarang ? Hidupkah dia ? Apakah Abadi ?

Terimakasih jawabannya...

apa urgensinya menjawab pertanyaan di atas ........ ok

:lkj:

kalo gak bisa jawab bilang aja :D

ma'af apa sebenarnya yang anda sombongkan ...... ? Coba anda jelaskan "apa urgensinya menjawab pertanyaan anda di atas ? kalo anda gak bisa jawab bilang aja .... ok

Saya tidak nyombongin apa - apa kk "Jagona"....
memang tidak penting ya, itu hanya saya saja yang ingin tahu :)

jikalau Anda tidak mau jawab, ya tidak usah dijawab aja :lkj:
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by sky on Mon Jun 04, 2012 6:41 am

berarti bener juga ye moesloem belum tentu islam.....
avatar
sky
REGISTERED MEMBER
REGISTERED MEMBER

Male
Age : 30
Posts : 5
Location : bandung
Join date : 04.06.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by rdnQtfz669 on Sun Jul 08, 2012 8:22 pm

@sky wrote:berarti bener juga ye moesloem belum tentu islam.....

memang bener, muslim belum tentu islam...

sangat sulit menjadi seorang muslim yang dicontohkan Rasulullah s.a.w.
Islam bukan agama yang percaya begitu saja selamat...gak kayak agama2 lain...
avatar
rdnQtfz669
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 22
Posts : 260
Kepercayaan : Islam
Location : Soreang, Bandung
Join date : 25.04.12
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Jagona on Mon Jul 09, 2012 10:36 am

@rdnQtfz669 wrote:
@sky wrote:berarti bener juga ye moesloem belum tentu islam.....

memang bener, muslim belum tentu islam...

sangat sulit menjadi seorang muslim yang dicontohkan Rasulullah s.a.w.
Islam bukan agama yang percaya begitu saja selamat...gak kayak agama2 lain...

Aku rasa tidak sulit ....... tinggal pahami dan lakukan "sami'na wa atho'na" dengan baik ... anda akan jadi muslim sejati ............. okey

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 71
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by barabasmurtad77 on Sat Jul 21, 2012 4:07 pm

@rdnQtfz669 wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
jaman cerdas kek gini masih jualan tuduhan kosong
awalnya menyangkal nyontek, ujungnya ngeles meluruskan
dasar muslim

astaghfirullah,,saya mohon maaf jika saya menuduh :( tak ada maksud...

nih, baca sampe paham, kalo berani lakukan :)
Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."

saya akan coba mengutip apa yang saya copas:

Karena ketidakmampuan Muhammad SAW meyakinkan Quraish, maka pertentangan terhadap Muhammadpun berlanjut. Salah satunya dilakukan oleh Nadr bin al Harits

Sumber :
Sirah Ibnu Ishaq – Kitab Sejarah Nabi Tertua
Muhammad bin Yasar bin Ishaq
Muhamadiyah University Press, 2003, jilid 1, halaman 200 – 201
Pada saat itu Nadr bin al Harits adalah salah satu setan dari Quraish. Dia selalu mencaci maki Rasulullah dan menunjukkan sikap bermusuhan. Dia pernah pergi ke al Hira dan belajar di sana tentang hikayat raja-raja Persia, hikayat tentang Rustum dan Isbandiyar. Ketika Rasullulah mengadakan pertemuan dimana dia mengingatkan mereka tentang Tuhan, dan mengingatkan umatnya tentang apa yang telah terjadi pada banyak generasi yang telah lalu akan pembalasan yang ditimpakan Tuhan atas kelaliman mereka, AL NADR MENGATAKAN KEPADA MEREKA, "AKU MEMILIKI KISAH DAN CERITA YANG LEBIH BAIK DAN LEBIH MENARIK DARI YANG DIA MILIKI, IKUTLAH AKU". Kemudian dia mulai menceritakan kepada mereka kisah tentang raja-raja Persia, Rustum dan Isbandiya, dan kemudian dia berkata, "Atas dasar apa kalian menganggap Muhammad adalah seorang penutur kisah yang lebih baik dari aku?".

Jadi kesalahan Nadr bin Al Harits adalah karena dia berani menyaingi Muhammad SAW dalam menceritakan kisah-kisah umat terdahulu. NADR BERANI MELAYANI TANTANGAN UNTUK MEMBUAT AYAT-AYAT YANG SERUPA AL-QUR'AN, DAN AKIBATNYA ADALAH HUKUMAN MATI.

barabasmurtad77
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 197
Join date : 24.11.11
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Pejuang_Islam on Sat Jul 21, 2012 11:58 pm

@barabasmurtad77 wrote:
@rdnQtfz669 wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
jaman cerdas kek gini masih jualan tuduhan kosong
awalnya menyangkal nyontek, ujungnya ngeles meluruskan
dasar muslim

astaghfirullah,,saya mohon maaf jika saya menuduh :( tak ada maksud...

nih, baca sampe paham, kalo berani lakukan :)
Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."

saya akan coba mengutip apa yang saya copas:

Karena ketidakmampuan Muhammad SAW meyakinkan Quraish, maka pertentangan terhadap Muhammadpun berlanjut. Salah satunya dilakukan oleh Nadr bin al Harits

Sumber :
Sirah Ibnu Ishaq – Kitab Sejarah Nabi Tertua
Muhammad bin Yasar bin Ishaq
Muhamadiyah University Press, 2003, jilid 1, halaman 200 – 201
Pada saat itu Nadr bin al Harits adalah salah satu setan dari Quraish. Dia selalu mencaci maki Rasulullah dan menunjukkan sikap bermusuhan. Dia pernah pergi ke al Hira dan belajar di sana tentang hikayat raja-raja Persia, hikayat tentang Rustum dan Isbandiyar. Ketika Rasullulah mengadakan pertemuan dimana dia mengingatkan mereka tentang Tuhan, dan mengingatkan umatnya tentang apa yang telah terjadi pada banyak generasi yang telah lalu akan pembalasan yang ditimpakan Tuhan atas kelaliman mereka, AL NADR MENGATAKAN KEPADA MEREKA, "AKU MEMILIKI KISAH DAN CERITA YANG LEBIH BAIK DAN LEBIH MENARIK DARI YANG DIA MILIKI, IKUTLAH AKU". Kemudian dia mulai menceritakan kepada mereka kisah tentang raja-raja Persia, Rustum dan Isbandiya, dan kemudian dia berkata, "Atas dasar apa kalian menganggap Muhammad adalah seorang penutur kisah yang lebih baik dari aku?".

Jadi kesalahan Nadr bin Al Harits adalah karena dia berani menyaingi Muhammad SAW dalam menceritakan kisah-kisah umat terdahulu. NADR BERANI MELAYANI TANTANGAN UNTUK MEMBUAT AYAT-AYAT YANG SERUPA AL-QUR'AN, DAN AKIBATNYA ADALAH HUKUMAN MATI.


Hi pak Murtad coba sebutkan anda dapat dari mana yang anda ambil...? lol coba tunjukan linknya mas bro....
avatar
Pejuang_Islam
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 28
Posts : 43
Location : jakarta
Join date : 27.06.12
Reputation : 1

Http://www.Menjawabfitnahmisionaris.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 30, 2012 9:27 am

Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."


kata-kata bijak mario teguh aja jauh lebih bermakna
daripada ayat-ayat quran

coba:
mana ayat/sura terbaik quran!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Sombrero on Sun Aug 05, 2012 3:31 am

@SEGOROWEDI wrote:Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."


kata-kata bijak mario teguh aja jauh lebih bermakna
daripada ayat-ayat quran

coba:
mana ayat/sura terbaik quran!

Dari sudut pandang kristen yang sudah menaruh kebencian dan belatung dalam hatinya, mana mungkin kamu mau memberikan aplause buat bahasa alquran, boro2 aplause, Jempol mu pun tidak.

Wedi, apa sih yang ingin kamu buktikan dengan pertanyaan seperti itu?

Apakah kalau Alkitab yang aslinya berbahasa Ibrani, kemudian di tulis ulang oleh orang2 Yunani dengan gaya bahasa sastrawan Yunani, dan bahkan nama yesus ikut2 di yunani-kan, apakah itu kamu anggab hebat? Situasi itu justru malah melemahkan Jati diri alkitab yang sebenarnya (ke-abal abalan) ...........Coba bayangkan,

"Cerita Siti Nurbaya, yang menulis orang Batak, dengan memakai bahasa Jawa"


Itulah aslinya alkitabmu. Apakah mungkin Cerita SIti Nurbaya bisa ditulis sebagaimana orang padang yang menulis? Kalau Alquran itu 100% Isinya Firman Allah, BUKAN opini, asumsi dan daya khayal pengarangnya !





Sombrero
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 17
Posts : 535
Location : JAKARTA
Join date : 06.07.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by dee-nee on Sun Aug 05, 2012 5:36 pm

@rdnQtfz669 wrote:
@sky wrote:berarti bener juga ye moesloem belum tentu islam.....

memang bener, muslim belum tentu islam...

sangat sulit menjadi seorang muslim yang dicontohkan Rasulullah s.a.w.
Islam bukan agama yang percaya begitu saja selamat...gak kayak agama2 lain...

Saya setuju banget ini ... tapi karena saya orang bodo ... saya bisa tau ga yang disebut Islam sejati itu seperti apa ... yang paling inti saja

Karena banyak juga agama lain yang bilang ... seseorang yang mengaku beragama kristen belum tentu kristen sejati, sama dengan agama lain ... alias ada juga kristen ktp, budha ktp, hindu ktp .. dsb ... sama saja bukan dengan maksudnya muslim ktp atau islam ktp
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by barabasmurtad on Tue Aug 07, 2012 12:04 am

@rdnQtfz669 wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
jaman cerdas kek gini masih jualan tuduhan kosong
awalnya menyangkal nyontek, ujungnya ngeles meluruskan
dasar muslim

astaghfirullah,,saya mohon maaf jika saya menuduh :( tak ada maksud...

nih, baca sampe paham, kalo berani lakukan :)
Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."

apa hebatnya Muhammad???? yang nulis Quran hasil nyontek sebagian dari kitab Talmud; injil Barnabas; injil Barabas. apakah Muhammad bisa dibandingkan dengan:
1Ki 4:29 Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut,
1Ki 4:30 sehingga hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur dan melebihi segala hikmat orang Mesir.
1Ki 4:31 Ia lebih bijaksana dari pada semua orang, dari pada Etan, orang Ezrahi itu, dan dari pada Heman, Kalkol dan Darda, anak-anak Mahol; sebab itu ia mendapat nama di antara segala bangsa sekelilingnya.
1Ki 4:32 Ia menggubah tiga ribu amsal, dan nyanyiannya ada seribu lima.
1Ki 4:33 Ia bersajak tentang pohon-pohonan, dari pohon aras yang di gunung Libanon sampai kepada hisop yang tumbuh pada dinding batu; ia berbicara juga tentang hewan dan tentang burung-burung dan tentang binatang melata dan tentang ikan-ikan.

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 74
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by barabasmurtad on Tue Aug 07, 2012 12:10 am

@rdnQtfz669 wrote:
@Otak Trailer wrote:
hi man,lu kate gw orang-orang yg salah.en bagemana lu dapat standar benar or salah so kaga fair lu pake kebenaran from your religion.
lu kate salah but hinduers kate doi bener or lu kate salah but kristeners kate doi bener.
egois lu man !!!
:lkj:

astaghfirullah...Ya Allah bukakan pintu hatinya, berikan hidayah agar dia selamat :)
okay, kalo saya egois coba Anda jawab pertanyaan ini dengan logika Anda !

Kenapa banyak sekali agama didunia ini ?
Sedangkan masing - masing agama mengaku bahwa agamanyalah yang paling benar :)

SIAPAKAH YANG MENCIPTAKAN AGAMA???? APAKAH ALLAH???? BUKAN!!!!
MANUSIALAH yang menciptakan agama; manusia yang karena kesombongannya, karena merasa dirinya benar; karena merasa dirinya lebih paham dari yang lain; karena merasa LEBIH MENGENAL ALLAH DIBANDINGKAN YANG LAIN. manusia seperti inilah yang MENCIPTAKAN AGAMA, sehingga timbullah SEMBOYAN DAN KESOMBONGAN SEHINGGA IA MENGKLAIM AGAMANYA SEBAGAI YANG TERBAIK!!!!

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 74
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by barabasmurtad on Tue Aug 07, 2012 12:19 am

@rdnQtfz669 wrote:
@sky wrote:berarti bener juga ye moesloem belum tentu islam.....

memang bener, muslim belum tentu islam...

sangat sulit menjadi seorang muslim yang dicontohkan Rasulullah s.a.w.
Islam bukan agama yang percaya begitu saja selamat...gak kayak agama2 lain...

Islam bukan agama yang percaya begitu saja selamat
KARENA ISLAM memang tidak memiliki FAHAM atau DOKTRIN TENTANG KESELAMATAN melainkan semua orang HARUS MEMASUKI NERAKA!!!!

barabasmurtad
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Age : 74
Posts : 408
Kepercayaan : Protestan
Location : bandung
Join date : 26.11.11
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by janganbilangbilang on Tue Aug 07, 2012 1:48 am

@SEGOROWEDI wrote:Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."


kata-kata bijak mario teguh aja jauh lebih bermakna
daripada ayat-ayat quran

coba:
mana ayat/sura terbaik quran!

AssalamuAlaikum

buat SW, mnurut sdr kata2 sdr mario teguh lbh bermakna?
jika sw manganggp p mario sebagai sosok yg mampu merangkai kalimat bermakna, silahkan anda caritahu dulu dasar kalimat2 super p mario teguh yg anda anggap brmakna tsb.
apakah anda jg tau siapa sosok mario teguh tsb...?
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 72
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by janganbilangbilang on Tue Aug 07, 2012 2:02 am

@SEGOROWEDI wrote:Q.S. al-Baqarah:23
"Dan jika kamu meragukan (al-Qur'an) yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong - penolongmu selain Allah jika memang kamu orang - orang yang benar."


kata-kata bijak mario teguh aja jauh lebih bermakna
daripada ayat-ayat quran

coba:
mana ayat/sura terbaik quran!

jika logika keimanan sngorokwedi hanya sampai pada kalimat seorang manusia yaitu bpk mario teguh, lha sedangkan logikaxkeimanan bpk mario teguh anda tau kan dasar keimanan pak mario hingga rangkaian kalimat dan kata2x begitu super.....?? yang pasti p mario gak pake keimanan dr alkitab. .....wkwkwkwkwkwkwkkwk...


Terakhir diubah oleh janganbilangbilang tanggal Wed Aug 08, 2012 4:18 am, total 1 kali diubah (Reason for editing : ralat)
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 72
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Pejuang_Islam on Tue Aug 07, 2012 6:50 am

@barabasmurtad wrote:
@rdnQtfz669 wrote:
@sky wrote:berarti bener juga ye moesloem belum tentu islam.....

memang bener, muslim belum tentu islam...

sangat sulit menjadi seorang muslim yang dicontohkan Rasulullah s.a.w.
Islam bukan agama yang percaya begitu saja selamat...gak kayak agama2 lain...

Islam bukan agama yang percaya begitu saja selamat
KARENA ISLAM memang tidak memiliki FAHAM atau DOKTRIN TENTANG KESELAMATAN melainkan semua orang HARUS MEMASUKI NERAKA!!!!

ah yang bener bosen

jesus Aja masuk Neraka kata orang Yahudi senang
avatar
Pejuang_Islam
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 28
Posts : 43
Location : jakarta
Join date : 27.06.12
Reputation : 1

Http://www.Menjawabfitnahmisionaris.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Pertanyaan bagi kalian !!!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik