FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by senopati on Sat Mar 17, 2012 8:29 pm

First topic message reminder :

Adakah agama lain yang memberikan arahan tentang bagaimana cara Thaharah (bersuci), seperti yang ada dalam agama islam??
avatar
senopati
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 28
Posts : 109
Join date : 11.03.12
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down


Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Sun Feb 17, 2013 8:25 am


jasmani yang suci itu yang kek gimana?
bebas kuman atau gimana...
kok wudhu disebut suci jasmani..
bagaimana kalau mandi dan keramas?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by ucup on Sun Feb 17, 2013 10:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
jasmani yang suci itu yang kek gimana?
bebas kuman atau gimana...
kok wudhu disebut suci jasmani..
bagaimana kalau mandi dan keramas?
mo mandi mo kramas mon ujan-ujanan, terserah apa maksud suci jasmani....
Gw ulang lg, dikresten kalo mau beribadah diwajibkan bersuci jasmani ga?
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Revolt on Mon Feb 18, 2013 10:42 am

ada muslim lagi menyamar jadi umat ajaran lain nih....
avatar
Revolt
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 946
Kepercayaan : Protestan
Location : Di depan komputer
Join date : 31.01.13
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Mon Feb 18, 2013 1:04 pm

@ucup wrote:mo mandi mo kramas mon ujan-ujanan, terserah apa maksud suci jasmani....
Gw ulang lg, dikresten kalo mau beribadah diwajibkan bersuci jasmani ga?

jelaskan dulu:
suci jasmani yang kamu maksud itu kek gimana?
kok dengan wudu aja sudah suci, bagaimana kalau mandi dan keramas sekalian?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by ucup on Thu Mar 07, 2013 8:21 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@ucup wrote:mo mandi mo kramas mon ujan-ujanan, terserah apa maksud suci jasmani....
Gw ulang lg, dikresten kalo mau beribadah diwajibkan bersuci jasmani ga?

jelaskan dulu:
suci jasmani yang kamu maksud itu kek gimana?
kok dengan wudu aja sudah suci, bagaimana kalau mandi dan keramas sekalian?
dikresten kalo mau beribadah diwajibkan bersuci jasmani ga?
nb: bersuci jasmani versi lo sendiri
avatar
ucup
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 285
Kepercayaan : Islam
Join date : 27.10.12
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Thu May 16, 2013 9:38 am



gak ada suci jasmani..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 12:48 am

pantes kristen saat menguasai eropa, eropa dalam masa kegelapan toilet saja tidak tahu, tidak punya, baru setelah Islam masuk eropa, baru tercerahkan, eropa baru tahu apa itu mandi, kebersihan badan dll.

di Islam itu kebersihan adalah sebagian dari iman.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Otak Trailer on Fri Aug 23, 2013 2:34 pm

@SEGOROWEDI wrote:
jasmani yang suci itu yang kek gimana?
bebas kuman atau gimana...
kok wudhu disebut suci jasmani..
bagaimana kalau mandi dan keramas?
up 
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 2:52 pm

suci secara badan itu bebas dari najis dan kotoran.

mandi keramas itu bersuci untuk seluruh badan, yakni mandi besar. ada hal2 yang harus mandi wajib dulu sebelum sholat dan puasa beribadah, yakni jika setelah melakukan hubungan suami istri dll.

nah, kalau dalam kondisi biasa, cukup dengan berwudhu dulu sebelum sholat.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 3:35 pm

@Mutiara wrote:suci secara badan itu bebas dari najis dan kotoran.

mandi keramas itu bersuci untuk seluruh badan, yakni mandi besar. ada hal2 yang harus mandi wajib dulu sebelum sholat dan puasa beribadah, yakni jika setelah melakukan hubungan suami istri dll.

nah, kalau dalam kondisi biasa, cukup dengan berwudhu dulu sebelum sholat.
wudhu menjadikan tubuh bebas dari kotoran..
yakin?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 3:38 pm

wudhu itu membersihkan bagian tubuh tertentu yang diwajibkan bersih sebelum melaksanakan sholat
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 3:39 pm

@Mutiara wrote:suci secara badan itu bebas dari najis dan kotoran.
via wudhu, apa bisa bebas kotoran?
sehingga badannya suci

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 3:41 pm

tentu saja
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 3:43 pm



ketiakmu aja banyak bakterinya..
bahkan mulutmu sehabis berkumur..
belum kemaluanmu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 3:45 pm

begooo, isi perutmu itu pun selalu penuh kotoran dan bakteri, tapi ada yg mudharat ada yg manfaat. bakteri itu ada yg diperlukan tubuh.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 3:50 pm


bakteri jahat juga banyak di tubuhmu..
belum cacing, kutu dan sebagainya..
mana bisa bersih apalagi suci hanya oleh wudhu??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 3:58 pm

lumayan, daripada kamu yang tak pernah berwudhu...(wudhu itu cara paling minimal yg wajib untuk dilakukan sebelum ibadah, mau mandi besar juga boleh, tapi wudhu itu wajibnya)
kristen itu tahu mandi tahu sabun saja barusan, setelah Islam masuk eropa.... sebelumnya bahkan yesusmu perintahkan maka tahi bakar

wanita kristen setelah haid saja tak tahu mandi besar, tak tahu cara bersuci, malah memenggal kepala merpati cara bersucinya seperti perintah imamat.

untungnya wanita kafir sekarang pada mengikuti sunnah nabi sesuai hadis Aisya, yakni mandi besar.
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 4:21 pm


nah.
gak bisa kan menunjukkan suci jasmani/bersih dari kotoran via wudhu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by janganbilangbilang on Fri Aug 23, 2013 4:23 pm

@SEGOROWEDI wrote:
nah.
gak bisa kan menunjukkan suci jasmani/bersih dari kotoran via wudhu..
kan ada mandi wed malu 
avatar
janganbilangbilang
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 72
Posts : 507
Kepercayaan : Islam
Location : Sulawesi
Join date : 09.04.12
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 11:05 pm

yup


Ali Selman Benoist (Perancis)
Doktor ilmu kesehatan

Saya adalah seorang Doktor dalam ilmu kesehatan, berasal dari keluarga Perancis Katolik. Pekerjaan yang saya pilih ini telah menyebabkan saya terpengaruh oleh corak kebudayaan ilmiah yang tidak banyak memberikan kesempatan dalam bidang kerohanian. Ini tidak berarti bahwa saya tidak percaya atas adanya Tuhan. Yang saya maksud ialah karena dogma-dogma dan peribadatan Kristen, khususnya Katolik, tidak membangkitkan pengertian dalam jiwa saya atas adanya Tuhan. Karena itulah maka naluri saya atas Esanya Tuhan Allah telah menjadi penghalang antara diri saya dan kepercayaan Trinitas, dan dengan sendirinya juga atas ketuhanan Yesus Kristus.

Sebelum saya memeluk agama Islam, saya telah percaya atas kebenaran kalimat syahadat pertama yang berbunyi ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH dan ayat-ayat Al-Qur�an Surat Al-Ikhlas yang berbunyi:

Katakanlah: Dia itu Allah adalah Satu (Esa); Allah adalah Pelindung. Dia tidak melahirkan anak dan tidak pula dilahirkan sebagai anak, dan tidak ada sesuatu yang menyerupai Dia. -- Al-Ikhlash 1-4.

Dengan demikian, maka saya menganggap bahwa percaya kepada alam gaib dan segala yang ada di belakang kebendaan (metafisika) itulah yang menyebabkan saya memeluk agama Islam, disamping lain-lain sebab yang membuat saya berbuat demikian. Saya tidak bisa menerima pengakuan para pendeta Katolik yang mengatakan bahwa salah satu kekuasaan mereka ialah "mengampuni dosa manusia" sebagai wakil Tuhan. Dan saya secara mutlak tidak percaya atas dogma Katolik tentang "makan malam ketuhanan"� (rite of communion) dan "roti suci" yang melambangkan jasad Yesus. Dogma ini menyerupai kepercayaan rakyat-rakyat pada abad primitif yang membuat lambang-lambang suci yang tidak boleh didekati orang. Kemudian bilamana badan lambang ini sudah mati, jiwanya mereka jadikan sebagai sumber ilham, dan jiwanya itu masuk ke dalam lingkungan mereka.
Soal yang lain lagi yang menyebabkan saya jauh dari agama Kristen, ialah ajaran-aiarannya yang sedikitpun tidak ada hubungannya dengan kebersihan badan, terutama sebelum melakukan sembahyang, sehingga saya anggap hal itu merupakan pelanggaran atas kehormatan Tuhan, karena sebagaimana Dia telah membuatkan jiwa buat kita, Dia juga telah membuatkan badan kita Dan adalah suatu kewajiban kita untuk tidak mensia-siakan badan kita.

Saya juga menilai bahwa agama Kristen itu bersikap pasif mengenai logika kehidupan jasmani kemanusiaan, sedangkan Islam adalah satu-satunya agama yang memperhatikan alam kemanusiaan.

Adapun titik berat dan sebab pokok saya memeluk agama Islam ialah Al-Qur�an. Sebelum saya memeluk Islam, saya telah mempelajarinya dengan semangat kritik intelektual Barat, dan saya banyak terpengaruh oleh sebuah buku besar karangan Tuan Malik Bennabi yang bernama Addzahiratul-Qur�aniyah (atau Le Phenomene
Coranique), sehingga yakinlah saya bahwa Al-Qur�an itu adalah wahyu yang diturunkan Allah. Sebahagian dari ayat-ayat Al-Qur�an yang diwahyukan lebih dari 13 abad yang lalu mengandung beberapa teori yang sekarang diketemukan oleh pembahasan ilmiah yang paling modern. Hal itu sudah cukup nienyebabkan saya menjadi yakin dan percaya (Iman) kepada Syahadat bagian kedua: MUHAMMADUR�RASULULLAH.

Begitulah, maka pada tanggal 30 Pebruari 1953, saya datang ke Mesjid di Paris untuk memberitahukan keimanan saya kepada Islam, dan Mufti Masjid Paris memasukkan saya dalam daftar kaum Muslimin, dan saya menerima nama baru sebagai orang Islam : Ali Selman.

Saya merasa sangat puas dengan kepercayaan/akidah saya yang baru dan sekali lagi saya kumandangkan: ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN RASULULLAH!
Salah satu sabda Rasulullah s.a.w.:

Berpikir satu jam lebih baik dari pada beribadah 60 tahun. -- Riwayat Abu Hurairah.
Pengetahuan itu milik orang Mukmin yang hilang, di mana saja dia menemukannya, dia lebih berhak , atasnya. -- Riwayat Turmudzi.


http://solihin87.abatasa.co.id/post/detail/9183/kisah-mualaf-dari-perancis

avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 11:14 pm

@janganbilangbilang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
nah.
gak bisa kan menunjukkan suci jasmani/bersih dari kotoran via wudhu..
kan ada mandi wed malu 
maka saya bilang..
mending mandi sekalian daripada cuman cupik-cupik wudhu
kalau perlu semprot desinfektan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 11:19 pm

@Mutiara wrote:
Soal yang lain lagi yang menyebabkan saya jauh dari agama Kristen, ialah ajaran-aiarannya yang sedikitpun tidak ada hubungannya dengan kebersihan badan, terutama sebelum melakukan sembahyang, sehingga saya anggap hal itu merupakan pelanggaran atas kehormatan Tuhan,
bandingkan aja mereka yang ke gereja..
dengan santri-santri sarungan yang hendak solat..
bersih dan wangi mana!
ehmm 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 11:30 pm

Wudhu dan Kesehatan Jasmani
Wudhu ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Hal inilah yang dibuktikan oleh Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan neurolog asal Austria yang menyatakan bahwa wudhu mampu merangsang pusat saraf dalam tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena keselarasan air wudhu
dan titik-titik saraf sehingga kondisi tubuh akan senantiasa sehat.

Ulama fiqih juga menjelaskan bahwa wudhu juga merupakan upaya untuk
memelihara kebersihan. Daerah yang dibasuh dengan air wudhu seperti tangan, daerah muka, dan kaki merupakan bagian yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing, termasuk kotoran. Oleh karena itu, daerah tersebut harus dibasuh
untuk menghindari penyakit kulit yang umumnya sering menyerang permukaan kulit yang terbuka dan jarang dibersihkan seperti sela-sela jari tangan, kaki, dan
belakang telinga.

Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa munculnya penyakit kulit disebabkan oleh rendahnya kebersihan kulit. Untuk itulah orang yang memiliki aktivitas padat terutama di luar ruangan disarankan untuk selalu membasuh dan mencuci anggota badannya yang terbuka seperti kepala, muka, telinga, tangan dan kaki.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Salim terungkap bahwa wudhu dengan cara yang baik dan benar akan mencegah seseorang dari berbagai penyakit. Muhammad Salim juga menganalisis masalah kesehatan hidung dari orang-orang yang tidak berwudhu dengan orang yang berwudhu secara teratur selama lima kali dalam sehari untuk mendirikan shalat. Salim mengambil zat dalam hidung pada selaput lendir dan mengamati beberapa jenis kumannya.
Berdasarkan analisisnya, lubang hidung orang-orang yang tidak berwudhu memudar dan berminyak, terdapat kotoran dan debu pada bagian dalam hidung, serta permukaannya tampak lengket dan berwarna gelap. Sedangkan orang-orang yang teratur dalam berwudhu, permukaan rongga hidungnya tampak cemerlang, bersih, dan tidak berdebu.

Mokhtar Salem dalam bukunya “Prayers a Sport for the Body and Soul” menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Apabila dibersihkan dengan air (terutama saat berwudhu), maka bahan kimi tersebut akan larut bersama air. Selain itu, wudhu juga dapat membuat seseorang menjadi
tampak lebih muda.

Sejarah hidup Rasulullah seperti yang diungkapkan oleh Muhammad Husein Haykal dalam bukunya “Hayatu Muhammad”, Rasullah sepanjang hidupnya tidak pernah menderita sakit kecuali saat sakaratul maut hingga wafatnya.

Wudhu dengan cara yang benar dapat mencegah berbagai penyakit dan inilah salah satu alasan mengapa Rasulullah senantiasa menyarankan para keluarga dan sahabatnya untuk menjaga wudhu.

Wudhu dan Kesehatan Rohani
Rasulullah bersabda: “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu mereka.” (HR. Muslim no. 249).

Wudhu mencapai aspek kejiwaan dan hikmah yang tertinggi dari aktivitas membasuh sejumlah anggota wudhu.
Dengan membasuh muka, berharap wajah terlindungi dari dosa yang dilakukan mata.
Ketika membasuh tangan, berharap tangan terjaga dari dosa yang belum dilakukan dan dibersihkan dari kekhilafan yang dilakukan di masa lalu. Saat mengusap kepala, berharap agar pikiran mereka terlindungi dari pikiran-pikiran yang tidak syar’i. Ketika membasuh telinga, semoga hal itu dapat menghapuskan dosa yang dilakukan oleh telinga. Dan ketika membasuh kaki, berdoa agar Allah senantiasa membimbing agar tetap berada di jalan yang lurus (Islam).
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by SEGOROWEDI on Fri Aug 23, 2013 11:57 pm

@Mutiara wrote:
Wudhu dan Kesehatan Rohani
Rasulullah bersabda: “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu mereka.” (HR. Muslim no. 249).
bobo 

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Mutiara on Fri Aug 23, 2013 11:58 pm

buktikan saja setelah kau mati, gitu aja kok repot
avatar
Mutiara
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3660
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 01.08.13
Reputation : 45

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bagaimana cara Bersuci Agamamu??

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik