FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

CEO XL Axiata Setelah Jual Saham Elevenia: E-commerce Sudah Crowded

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

CEO XL Axiata Setelah Jual Saham Elevenia: E-commerce Sudah Crowded

Post by je_tek on Tue Aug 29, 2017 9:28 pm


Dian Siswarini, CEO XL Axiata. (Foto: XL Axiata)

Dalam waktu dekat ini, salah satu pemain e-commerce yang punya nama cukup populer di Indonesia, Elevenia, tidak lagi dimiliki oleh dua perusahaan yang sejak awal patungan mendirikannya: XL Axiata dari Indonesia dan SK Planet dari Korea Selatan. Kedua investor ini telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat untuk menjual seluruh saham mereka kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

XL dan SK Planet sebelumnya memiliki saham 50:50 di Elevenia yang dibangun sejak 2014. Langkah penjualan saham ini ditargetkan keduanya bisa rampung pada semester kedua 2017.

CEO XL Axiata, Dian Siswarini, meyakini langkahnya sudah cermat dalam melepas saham di Elevenia karena saat ini dia menilai industri perdagangan elektronik telah ramai oleh investasi dalam jumlah sangat besar, dan berasal dari pemain asing.

Sementara itu, XL membutuhkan modal yang juga besar untuk membangun bisnis utamanya: telekomunikasi. Dian berkata ia tidak bisa menjalankan dua bisnis sekaligus yang membutuhkan dana besar. XL harus harus memilih satu di antara dua pilihan, dan mereka memilih bisnis yang telah dijalankan sejak 1996.

"E-commerce sudah crowded dengan investasi besar dari luar. Dalam bisnis ini kan ada istilah 'winner takes all', jadi yang besar itu yang akan menang. Nah, kita lihat dari situ, kalau kita mau terus di situ akan dibutuhkan dana yang sangat besar," ujar Dian saat ditemui di Jakarta, Selasa (29/8).


Seperti perusahaan telekomunikasi lain, Dian menilai dalam bisnis e-commerce dan digital, para pemainnya belum bisa mengukur seberapa besar mereka harus berinvestasi, dan sebuah capaian laba bersih mungkin adalah sesuatu yang masih jauh dari hari ini, walaupun Dian berkata transaksi di Elevenia "masih bagus."

Sementara di bisnis telekomunikasi, Dian merasa XL sudah sangat mantap bermain di sana karena semua upaya investasi, pendapatan, dan labanya, sudah jelas ukurannya.

"Akhirnya kita putuskan dana yang kita miliki kita fokuskan untuk telekomunikasi saja. Alasannya satu itu, bahwa kemungkinan ke depannya profitabilitas e-commerce mengecil, jadi kita kembali ke core," terang Dian.

XL menganggap para pendatang baru e-commerce dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dengan jurang ketidakpastian yang makin dalam. Sementara XL berpacu dengan profitabilitas.

avatar
je_tek
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 30
Posts : 41
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 07.07.17
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik