FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Menkominfo Jelaskan Peran Jack Ma Sebagai Penasihat E-commerce

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menkominfo Jelaskan Peran Jack Ma Sebagai Penasihat E-commerce

Post by je_tek on Tue Aug 29, 2017 9:23 pm


Menkominfo Rudiantara. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)

Jack Ma telah ditetapkan sebagai salah satu anggota penasihat untuk Steering Committe dari peta jalan (roadmap) e-commerce. Peran pendiri Alibaba Group itu nantinya akan fokus memberikan masukan pada pengembangan sumber daya manusia.

Saat ditemui di tengah rapat bersama DPR di Jakarta, Senin (28/8), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan tugas Jack Ma itu bersifat jangka panjang demi memajukan ekonomi digital di Indonesia.

"Fokus pada pengembangan sumber daya manusia, khususnya talenta. Bukan jangka pendek tapi jangka panjang. Indonesia pusat dari pengembangan SDM untuk ekonomi digital di kawasan regional," kata Rudiantara.

Baca Juga :

Menkominfo Rudiantara Temui Pendiri Alibaba Jack Ma di China
Pendiri Alibaba Resmi Jadi Penasihat E-commerce Pemerintah Indonesia


Pemilihan Jack Ma sebagai penasihat Steering Committe tentu ada alasan tersendiri. Rudiantara menilai Jack Ma punya pengalaman membangun perusahaan Alibaba menjadi raja e-commerce di rumah sendiri, China. Ma dan Alibaba juga berhasil mengusir eBay dari daratan China.

Atas sukses Ma membangun Alibaba menjadi layanan marketplace terbesar di dunia, Rudiantara berkata Indonesia harus belajar dari mereka.

"Kita harus pelajari itu. Kita harus banyak belajar, banyak mendengar, banyak melihat yang pas di Indonesia. Tapi kembali kepentingan
Menkominfo Rudiantara dan bos Alibaba Jack Ma. (Foto: Kemkominfo)

Resminya Ma menjadi penasihat e-commerce Indonesia ini diumumkan setelah Rudiantara, beserta Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, melakukan pertemuan dengan Jack Ma pada Selasa (22/8) lalu di China. Pertemuan ini menindaklanjuti dikeluarkannya Perpres roadmap e-commerce.

Pada awal Agustus ini, pemerintah sudah mengesahkan roadmap e-commerce Indonesia yang diumumkan sejak awal 2016 lalu. Di dalamnya ada 7 poin yang menjadi isu besar seputar e-commerce, di antaranya adalah masalah pendanaan, sumber daya manusia, logistik, keamanan siber, perlindungan konsumen, dan infrastruktur TIK.

Steering Committe ini nantinya akan dipimpin oleh Darmin Nasution dan beranggotakan menteri yang bakal mendapatkan masukan dari penasihat yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Reporter: Ferio Pristiawan

Sumber
avatar
je_tek
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 30
Posts : 41
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 07.07.17
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik