FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

Google di Jepang Sempat Padam Beberapa Jam Akibat Salah Pengaturan Alamat Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Google di Jepang Sempat Padam Beberapa Jam Akibat Salah Pengaturan Alamat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Google di Jepang Sempat Padam Beberapa Jam Akibat Salah Pengaturan Alamat Empty Google di Jepang Sempat Padam Beberapa Jam Akibat Salah Pengaturan Alamat

Post by je_tek on Tue Aug 29, 2017 9:19 pm

Google di Jepang Sempat Padam Beberapa Jam Akibat Salah Pengaturan Alamat Screen-Shot-2017-08-28-at-10.10.21_sva95h
Google Jepang (Foto : The Next Web)

Ketika Internet Service Provider (ISP) membuat kesalahan kecil, dampaknya bisa sangat besar, dan inilah yang terjadi di Jepang pada pekan lalu seperti dimuat oleh The Next Web.

Jumat kemarin, separuh internet di Jepang mendadak mati setelah Google dengan tak sengaja memperbaiki sebuah Border Gateway Protocol (BGP) siang waktu setempat. Blunder ini berasal dari beberapa prefix alamat yang salah dikirimkan ke Verizon.

Tak lama setelah kesalahan pengaturan ini dieksekusi, sejumlah pengguna layanan NTT Communications dan KDDI Corp tidak bisa tersambung dengan dunia maya, atau kecepatan jelajahnya turun drastis.

Google telah mengakui kesalahannya dan bertanggungjawab penuh atas perannya dalam mati internet tersebut.

“Kami memasang informasi keliru bagi jaringan yang ada sehingga menimbulkan masalah. Kami memodifikasi informasi yang keliru tersebut dalam delapan menit,” kata perwakilan Google kepada Asahi Shimbun.

“Kami memohon maaf untuk ketidaknyamanan dan gangguan ini,” tambahnya.

Gangguan berlangsung selama beberapa jam sebelum akhirnya Google bisa mengatasi masalah secara menyeluruh.

Namun, kesalahan ini sangat besar yang membuat kementerian komunikasi dan urusan dalam negeri Jepang akan melakukan investigasi untuk mengungkap penyebab sesungguhnya dari padamnya internet tersebut.

Berdasarkan hasil temuan mereka,” Google secara tak sengaja menjadi penyedia transit bagi Jastel saat memberikan prefiks kepada Verizon. Karena Verizon akan memilih jalur ini ke Jastel, mereka akan mengirimkan traffic jaringannya ke Google. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada Jastel, tapi juga ribuan jaringan lainnya.”

Alasan dari malfungsi ini adalah Google tidak pernah menyediakan layanan transit, yang berarti traffic bagi jaringan pihak ketiga seharusnya tidak pernah lewat sistem mereka, dan jika ini terjadi maka semua orang tahu apa selanjutnya.

“Sangat mudah membuat kekeliruan konfigurasi yang menyebabkan insiden seperti sekarang,” kata tim investigasi.

“Dalam kasus ini, eror konfigurasi atau masalah perangkat lunak di jaringan Google menyebabkan pemberitahuan tak diinginkan terhadap prefiks kepada Verizon yang pada akhirnya membocorkannya juga kepada pengguna layanan mereka.”

Sumber
je_tek
je_tek
KOPRAL
KOPRAL

Male
Age : 32
Posts : 41
Kepercayaan : Islam
Location : Bandung
Join date : 07.07.17
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik