FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

sekilas infoku [ JILID 1 ]

Halaman 24 dari 40 Previous  1 ... 13 ... 23, 24, 25 ... 32 ... 40  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Wed Jan 04, 2017 8:26 am

First topic message reminder :

Info Sekilas(1)
Bukti bahwa Tuhan itu tidak mungkin tidak ada:

Adalah: Adanya keteraturan pada peredaran benda benda langit yang memiliki orbit, yang menyebar dengan teratur dengan tidak berbenturan, dan ini pasti Dia yang mengaturnya, yaitu Dia yang adalah, Tuhan atas segala makhluk.

seperti juga peredaran matahari, bumi, bulan yang beredar secara teratur(seperti robot yang sudah diprogram oleh Sang Pencipta) hingga membentuk terjadinya siang dan malam untuk menandai hari-hari, bulan-bulan dan tahun-tahun.
——————-
Sekilas info(2)

Dalam Alkitab, di kitab Kejadian 1:14, Tuhan atas segala makhluk menciptakan benda-benda penerang untuk menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun.

Kejadian
1:14 Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,
——————
Sekilas info(3)

saya percaya, Kristus tidak pernah mendiskriminasi orang-orang ateis, dan Kristus juga mengasihi orang ateis, juga Kristus tidak pernah memaksa orang ateis, untuk percaya kepada Kristus.

TAPI anda boleh mencoba untuk datang ke Gereja Bethany(yang sudah pernah saya buktikan) supaya anda membuktikan bahwa memang ada kedamaian hati yang luarbiasa dari Kristus, yang bisa mengurangi banyaknya beban pikiran anda, juga yang bisa membuat anda menangis bahagia, serta bisa mengisi kekosongan batin anda atau kekosongan hati anda, dan anda tidak harus menjadi kristen.

saya juga menghormati para ateis yang mau mendirikan kebajikan ataupun yang mau mencari kepuasan batin yang datang dari Kebenaran Kristus.

NB: Kristus malah membenci orang-orang yang tampak benar diluarnya saja tapi sombong rohani, seperti kebanyakan dari para ahli taurat dan orang farisi, yang merasa dirinya mampu menjamin untuk selalu sempurna dalam lahir atau batinya dalam setiap detik dalam seumur hidupnya dan yang merasa dirinya tidak lagi memerlukan pertobatan padahal hati mereka sering ada kesombongan, padahal juga manusia pasti bisa ada jatuh bangunya dalam menjalani hidup ini entah secara lahiriah atau secara batiniah atau tujuan hatinya, tapi usahakanlah setidak-tidaknya, untuk lebih banyak bangunya dari pada jatuhnya dalam lahir maupun batin, sambil dalam hati memohon pertolongan kepada Tuhan atas segala makhluk.
—————–
Sekilas info(4)

Mungkin arti kehidupan yang lebih tepat adalah proses berawal hingga berakhirnya perjalanan waktu seseorang yang dibatasi oleh kematian yang dihiasi oleh suka dan duka, baik yang datangnya dari Tuhan atau dari manusianya itu sendiri.
—————-
Sekilas info(5)

Biarlah imanmu tetap percaya pada Tuhan atas segala makhluk walaupun seandainya logikamu sedang disaat ada alasan untuk tidak percaya. Maka katakanlah dalam hatimu” Ya Tuhan atas segala makhluk tolonglah hamba, yang saat ini belum mampu untuk percaya.”
—————-
Sekilas info(6)

Ujian Tuhan itu memang bisa mengguncangkan baik iman ataupun hati nurani kita, yang bisa membuat kita berkata “ya Tuhan mengapa ini bisa terjadi padahal Engkau-kan Tuhan yang Baik.

Maka ingatlah bahwa apa yang terbaik menurut kita belum-tentu seperti apa yang terbaik menurut Tuhan, dan jika kita masih ada pertanyaan-pertanyaan-kehidupan yang tidak bisa kita jawab, pastilah diakhirat nanti, kita bisa langsung tanya sama Tuhan atau mungkin melalui malaikat-Nya.
—————-
Sekilas info(7)

Jadi yang terbaik adalah tetaplah berusaha untuk belajar dengan semampu-mampunya untuk menjadi orang yang tahu diri baik secara lahir maupun batin sambil memohon pertolongan-Nya, tapi seandainya Dia tidak menolong untuk menguji kita, maka tetaplah kita lebih mencintai Dia daripada segalanya dan tetap beribadah kepada-Nya tanpa mengabaikan cinta pada orangtua maupun keluarga.
—————-
Sekilas info(8)

saya juga memakai logika untuk belajar memahami Tuhan dan segala hal tentang Tuhan dan juga saya tidak melarang orang melogika Tuhan dan segala hal tentang Tuhan dalam rangka belajar memahami Tuhan walaupun tidak mungkin sampai 100 persen, tapi bukan berarti Tuhan harus selalu dilogika, karena Tuhan tidak bisa dilogika secara terus-menerus juga karena Tuhan tidak mungkin dipahami manusia secara keseluruhan atau secara 100 persen (kecuali sebagian kecilnya atau sebagian besarnya saja).

Dulu saya mengutamakan logika dalam memahami Tuhan, tapi sekarang saya mengutamakan iman dalam memahami Tuhan, tanpa mengabaikan logika.
—————-
Sekilas info(9)

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
—————-
Sekilas info(10)

Beberapa contoh tentang gambaran Iman Yang Benar adalah :

1. Tetap percaya bahwa pada HAKIKATNYA TUHAN ITU TIDAK PERNAH BERSALAH juga bahwa HAKIKAT HATI TUHAN ITU TIDAK PERNAH BERMAKSUD JAHAT, walaupun pernah ada bayi ataupun anak yang masih kecil yang menjadi korban bencana alam atau menderita sakit berat, atau cacat dan sebagainya, yang bisa saja mengguncangkan hati nurani.

2. Tetap percaya bahwa Tuhan itu tetap Tuhan Yang Maha Baik/Yang Tak pernah Bermaksud Jahat/Yang Tak Pernah Memiliki Tujuan Hati Yang Jahat, walaupun disaat kita sedang dalam keadaan yang terburuk, yang bisa saja, tidak bisa kita hindari, meskipun disaat kita sedang benar.

3. Tetap percaya Tuhan itu Maha-Kuasa/bahwa POTENSI Kemampuan Tuhan itu tetap selalu Yang Paling Mampu atas segala makhluk, walaupun disaat sedang ada kejahatan yang semakin merajalela.

4. Tetap percaya Tuhan itu Maha Adil/Yang Paling Mampu Melakukan Keadilan, meski sedang disaat ada banyak ketidakdilan.

5. Dan seterusnya …
—————-
Sekilas info(11)

jadi baiklah kita sama-sama belajar untuk bersatu hati, untuk belajar lebih banyak menyenangkan hati Tuhan walaupun ada jatuh-bangunya, tanpa menutup mata dengan hal-hal lain yang memang perlu dilakukan, karena kita masih hidup didunia.

saya menasihati, bukan selalu berarti bahwa saya lebih unggul dari kalian, saya tidak bermaksud untuk menggurui.

saya sebagai manusia biasa, tidak bisa menjamin untuk selalu lebih baik dari kalian dalam seumur hidup, sayapun juga bisa jatuh, saya juga masih belajar dalam kehidupan ini, bahkan sebenarnya semua tokoh agamapun masih belajar, dihadapan Tuhan.

Jadi marilah kita sama-sama saling menguatkan, bergandengan, menegur dengan kasih, tidak memperbesar perbedaan, saling mendukung dalam kebajikan, dan dalam semua kebaikan.
—————-
Sekilas info(12)

mungkin salah satu cara agar kita lebih mudah bersyukur pada Tuhan atas segala makhluk saat kita dalam keadaan terburuk, adalah dengan memikirkan yang lebih buruk dari yang kita alami.
—————-
Sekilas info(13)

menurut saya, sah-sah saja jika seseorang berbuat baik dan beribadah untuk mendapatkan berkat, untuk masuk surga, dan tujuan-tujuan lainya(asalkan tidak bertentangan dengan Firman-Tuhan ataupun hati nurani).

Tapi tujuan-utama kita dalam hati kita harus tetap sama, yaitu belajar menyenangkan hati Tuhan atas segala makhluk yang didasar-utamakan oleh cinta kita yang tak-bersyarat pada Tuhan atas segala makhluk, even in long suffering.
—————-
Sekilas info(14)

mungkin arti takdir adalah segala sesuatu yang terjadi yang disebab-utamakan oleh Tuhan.

sedangkan arti nasib adalah segala sesuatu yang terjadi yang disebab-utamakan oleh manusia.
*contohnya:
bencana banjir, yang dikarenakan ulah manusia dimana banyak pohon ditebangi, juga karena ulah manusia dimana banyak sampah yang dibuang sembarangan oleh manusia, sehingga membuntu got, juga arus sungai, hingga mengakibatkan banjir.
—————-
Sekilas info(15)
“opini saya tentang kehidupan”

memang benar bahwa segala sesuatu terjadi karena seizin Tuhan,

tapi bukan berarti segala sesuatu terjadi karena kehendak Tuhan.

saya percaya ada perizinan Tuhan yang dikehendaki, tapi ada perizinan Tuhan yang sebenarnya tidak dikehendaki atau yang sebenarnya tidak 100%disetujui, mengingat Tuhan telah memberi manusia, kebebasan untuk memilih apakah mengikuti kehendaknya sendiri atau mengikuti kehendak Tuhan. (supaya kita jangan selalu menyalahkan Tuhan)
—————-
Sekilas info(16)

Tuhan telah memberikan kebebasan pada manusia dengan harapan agar manusia bisa mempergunakan kebebasan itu dengan bijak, bukan dengan kebebasan yang tanpa batas yang sama dengan tanpa hukum atau tanpa aturan.

mungkin banyak manusia lupa bahwa Tuhan sebenarnya tidak hanya memberi kebebasan saja, tapi Tuhan juga telah memberikan peringatan, sebagai baju bagi kebebasan kita,
artinya bahwa saat kita menggunakan kebebasan itu, maka sudah seharusnya kita mengingat hukuman-Tuhan yang menanti apabila kita menyalahgunakan kebebasan itu.

maka kebebasan yang kita pakai itu, akan dituntut pertanggungjawabanya nanti, di persidangan Ilahi, dimana semua manusia dikumpulkan dari segala penjuru bumi dan tak seorangpun bisa berbohong, ataupun bersaksi dusta.
—————-
Sekilas info(17)

rencana Tuhan memang selalu menjadi kenyataan, tapi harapan Tuhan belum tentu menjadi kenyataan, karena manusia yang telah diberi kebebasan oleh Tuhan, lebih sering mengingat gadget, dari-pada mengingat Tuhan.
—————–
Sekilas info(18)

ada hambaTuhan yang mendapat penglihatan, bahwa ternyata nanti, di akhir dari akhir zaman, saat ada pengangkatan, ternyata ada orang Islam yang juga diangkat ke sorga.
—————-
Sekilas info(19)
“cerita santai (dongeng), {own version}”

seandainya cicak bisa bicara, mungkin cicak itu akan bertanya: “Ya Tuhan, Engkau kok nggak adil ama aku, Engkau nggak CS deh ama aku, soalnya aku kan, nggak Engkau beri sayap, tapi mangsaku, malah Engkau beri sayap?”

Lalu Tuhan menjawab: “Karena didalam dirimu, telah kutanamkan benih yang luarbiasa yaitu semangat juang yang luiarbiasa yang berkobar untuk bertahan hidup, karena itulah, kau tidak perlu Kuberi sayap, lagi pula, kalau hewan bersayap bisa memakan mangsa yang bersayap pula, itu kan hal biasa. Tapi kamu luarbiasa, karena kamu bisa memakan mangsa yang bersayap, padahal kamu tidak bersayap”
—————-
Sekilas info(20)

mungkin ada orang yang berkata dalam hatinya:”Ya Tuhan, rasanya penderitaanku ini tiada berakhir, padahal aku melakukan kebenaran ataupun Firman-Mu”.

maka dari itu, saya ingin mengingatkan kata-kata penghiburan buat anda yaitu bahwa:

penderitaan yang kita alami tidak ada apa-apanya dibandingkan kebahagiaan dan nikmatnya sorgawi, karena itu janganlah patah asa apalagi bunuh diri, namun tetaplah berkobar semangat juang menjalani hidup ini yang didasari juga dengan kejujuran yang dikawal oleh kearifan, karena kejujuran dijaman ini, tidak bisa berdiri sendiri, tapi harus digandeng dengan kearifan, agar kejujuran anda tidak dipermainkan oleh orang lain, juga tidak menjadi bulan-bulanan orang lain
—————–
Sekilas info(21)

bagi yang tergerak hatinya untuk menambah doa dipagi hari, mungkin nggak ada salahnya jika anda berkata dalam hatimu: “Ya Tuhan atas segala makhluk, biarlah Engkau yang lebih menguasai lahir dan batinku dan paksalah hamba menuju jalan-Mu, jika hamba bebal dihadapan-Mu”.
—————-
Sekilas info(22)

mungkin ada orang yang berkata dalam hatinya: “mengapa pada umumnya, orang jahat itu diberi umur panjang oleh Tuhan”

*mungkin jawabanya adalah :

karena Tuhan sedang memberi waktu bagi orang jahat itu, untuk bertobat,

tapi apabila orang jahat itu tidak-tahu-diri kalau dirinya diberi waktu-tobat oleh Tuhan,

maka berarti Tuhan sedang menunggu orang jahat itu, agar bertambah-tambah dosanya hingga dosa orang jahat itu menjadi semakin banyak-sekali dan menjadi semakin layak untuk dimasukan ke neraka yang paling berat hukumanya.
—————-
Sekilas info(23)

memang yang paling sulit dalam hidup kerohanian, adalah ketika kita belajar menerima kedaulatan-Tuhan juga ketika Tuhan sendiri, dengan sengaja tidak mempercayakan diri-Nya sebagai Tuhan yang baik.(ini termasuk ujian tingkat tinggi).
—————-
Sekilas info(24)

bagi saya, Kedaulatan-Tuhan(perbuatan-perbuatan-Nya), berada diatas segala kebenaran juga bahkan diatas firman-Nya bahkan-lagi diatas kebenaran hatinurani, artinya bahwa ketika Tuhan memandang perlu, untuk melakukan manuver-manuver yang tidak biasanya, maka bagi saya, Dia tetap berhak melakukan itu. Karena itu jugalah saya pernah sampai bertanya-tanya kenapa mengapa Tuhan seolah melanggar firman-Mu sendiri.

dan bagi saya Dia juga berhak menentukan saya dineraka, maka seandainya Dia menentukan saya dineraka dari sejak saya dilahirkan, maka saya cuma minta satu hal saja, yaitu supaya Tuhan tetap mengizinkan saya untuk mencintai-Nya.
—————-
Sekilas info(25)

Tuhan itu, terlalu benar untuk disalahkan, terlalu suci untuk berdosa, juga terlalu sempurna untuk dikambinghitamkan.

Ya Tuhan atas segala makhluk, Engkaulah yang selalu benar dan yang paling benar, Engkaulah yang selalu suci dan yang paling suci, juga Engkaulah yang selalu sempurna dan yang paling sempurna,

biarlah segala lidah mengaku bahwa Engkaulah yang paling layak dimuliakan dan biarlah segala makhluk sujud gemetar dihadapan-Mu.
—————-
Sekilas info(26)

kadang saya berpikir, mengapa ada bayi-bayi ataupun anak-anak kecil (yang masih belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat), tapi mereka harus mengalami kematian dalam kandungan, kematian karena bencana, kematian tragis(kematian yang tidak lazim), penderitaan jasmani yang begitu berat, penyiksaan dan lain sebagainya yang bisa mengguncangkan hati nurani kita, tapi saya percaya bahwa Tuhan atas segala makhluk telah menyediakan penghiburan khusus dan penyambutan khusus bagi mereka, dan mereka akan ditempatkan ketempat yang teristimewa disorga dalam taraf manusia, bahkan mungkin saja, mereka akan ditempatkan didekat Takhta Tuhan.
—————-
Sekilas info(27)

mungkin ada orang yang bertanya dalam hatinya, mengapa Tuhan seolah tega mengambil orang yang saya sayangi.

bisa jadi jawabanya adalah sebagai berikut :

1. karena, sebelum orang itu terhanyut oleh arus dunia yang mengakibatkan dia menuju ke neraka, maka Tuhan berinisiatif untuk mengambil dia dahulu, mumpung orang itu masih layak ditempatkan disorga.

2. mungkin anda telah mendewakan orang itu dalam hati anda.

3. mungkin dengan adanya orang itu, anda sering menunda ataupun membatalkan waktu beribadah.

4. mungkin dalam hati anda, anda lebih condong kepada orang itu dari pada kepada Tuhan.

5. mungkin Tuhan mempunyai rencana lain yang masih perlu kita gali, dengan dasaran pikiran yang positif kepada Tuhan, sambil memohon bimbingan-Nya.

NB: bisa jadi salah satu jawaban diatas menjadi salah satu jawaban dalam persoalan kita yang lain, agar kita jangan menyalahkan Tuhan, walaupun dalam hati.
—————-
Sekilas info(28)

kadang kita memang tidak bisa menghindari adanya perbedaan tipis yang memang sulit untuk dibedakan,

saking tipisnya perbedaan itu, kadang hal itu mungkin bisa digambarkan sebagai “serupa tapi tak sama”,

dan serupa tapi tak sama itu, mungkin bisa dicontohkan seperti “do tinggi dan do rendah”, sama-sama ber-nada do tapi berbeda oktaf.
—————-
Sekilas info(29)

minyak dan air berbeda, tapi mereka sama-sama termasuk zat cair.
—————-
Sekilas info(30)

kadang dalam pikiran saya terbersit pertanyaan,

seandainya hanya ada dua pilihan antara Tuhan yang bertindak sewenang-wenang, dan iblis yang bertindak sewenang-wenang, mana yang saya pilih?

maka saya akan tetap memilih Tuhan yang bertindak sewenang-wenang.

Karena kalau Tuhan bertindak sewenang-wenang, saya percaya Dia pasti bertanggungjawab(walaupun seandainya saya tidak melihat pertanggung-jawaban Tuhan didunia ini).
—————-
Sekilas info(31)

terang dan gelap tidak bisa bersatu, kecuali dalam hati manusia.

Karena itu berjuanglah sebisa mungkin sembari memohon pertolongan-Nya, supaya terang yang ada padamu bisa menjadi lampu untuk jalan-jalanmu.
—————
Sekilas info(32)

Imamat 17
17:7 Janganlah mereka mempersembahkan lagi korban mereka kepada jin-jin, sebab menyembah jin-jin itu adalah zinah. Itulah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi mereka turun-temurun.
—————-
Sekilas info(33)

kalau ada mereka yang mengatakan semua agama itu sama,

mungkin yang dimaksudkan adalah dalam hal, sama-sama mendirikan kebajikan.

jadi mereka memandang dalam sudut pandang yang pada umumnya, atau secara garis besar yang dalam salah satu tujuan yang sama.
—————–
Sekilas info(34)

janganlah kita mempunyai mental untuk hanya mau, menerima yang enak-enak saja dari Tuhan,

namun seharusnya, kita juga mau belajar, untuk menerima apa-apa yang tidak enak dari Tuhan, baik secara lahiriah maupun batiniah dalam seumur hidup kita,

dan inilah yang seharusnya juga, menjadi bagian dari inti pengajaran agama oleh para pemuka-pemuka agama diseluruh dunia.
—————–
Sekilas info(35)

kalau kita teringat bahwa Tuhan itu Maha-Kasih,

maka seharusnya, kita juga mengingat bahwa Tuhan juga Maha Adil,

yang nantinya, akan membalaskan manusia menurut perbuatanya.

Agar kita tidak lupa diri, dihadapan-Nya
—————–
Sekilas info(36)

orang yang paling bodoh, adalah orang yang dalam hatinya mengira, bahwa dia bisa mempermainkan keselamatan, kebaikan, kasih juga pengampunan dari Tuhan, dan orang yang paling parah adalah orang yang menyalahgunakanya.
—————-
Sekilas info(37)

kalau kita hanya mengingat bahwa Tuhan itu Maha kasih, Maha Pengampun, Maha baik, maka hal ini bisa membuat kita terbuai dan tersesat.
—————-
Sekilas info(38)

kalau Tuhan itu Maha kasih, bukan berarti kita boleh tidak beribadah untuk seterusnya, juga bukan berarti Tuhan membolehkan kita berbuat apa saja dengan melanggar semua aturan atau hukum agama ataupun negara.
—————-
Sekilas info(39)

kalau Tuhan itu Maha Pengampun, itu bukan berarti kita selalu terhindar dari hukuman Tuhan.
—————-
Sekilas info(40)

kalau Tuhan itu Maha Baik, maka belum tentu Dia melakukan kebaikan seperti yang kita anggap,

tapi memang kadang atau sering, kebaikan Tuhan itu tidak bisa kita logika.

Contohnya, ada kisah nyata seperti dibawah ini:

ketika hambaTuhan yang terkena kecelakaan dan kehilangan kakinya dan ketika hambaTuhan itu bertanya pada Tuhan “mengapa ini terjadi padaku”, lalu Tuhan menjawab “itulah yang terbaik”.

Jadi dalam kisah nyata diatas, yang dimaksud Tuhan terbaik adalah menurut pandangan Tuhan, bukan terbaik menurut pandangan manusia.
—————-
Sekilas info(41)

mungkin di era akhir jaman ini, akan banyak iman-iman yang mulai tertidur, yang sudah mulai lelah untuk mempercayai keMaha-an Tuhan ketika dihadapkan dalam situasi ataupun kondisi, yang sering kali mengguncangkan iman, namun tetaplah juga untuk berjuang agar kita tetap berpikir positif pada Tuhan, terkhusus dalam situasi terburuk.
—————-
Sekilas info(42)

mungkin salah-satu PR terbesar bagi para pemuka-pemuka agama diseluruh dunia adalah mengisi kekosongan pikiran para jemaah atau jemaat, agar mereka tidak menjadi generasi “penuduh Tuhan” yang selalu menyalahkan Tuhan dalam hati mereka.
—————-
Sekilas info(43)

semua kekayaan, kepandaian, kemampuan ataupun talenta, juga apa-apa yang bisa dibanggakan oleh manusia, adalah titipan Tuhan, karena itulah manusia tidak pantas menyombongkan dirinya.
—————
Sekilas info(44)

jika Tuhan sendiri yang membuat perbedaan, maka siapakah yang mampu memecahkanya, kecuali Tuhan dan makhluk yang kepadanya Tuhan berkenan menyatakanya.
—————-
Sekilas info(45)

marilah kita sama-sama belajar untuk menyikapi perbedaan dengan bijak, agar Tuhan tidak menutup hati nurani kita juga agar Tuhan mau menambahkan rema kepada kita, sehingga kita bisa mengumpulkan serpihan-serpihan hikmah dari tirai-tirai yang berbeda
—————-
Sekilas info(46)

jika kita membiasakan diri bertanya untuk mencari tahu dan tidak untuk menyerang, maka akan ditambahkan kepadamu serpihan rema yang terpendam.
—————-
Sekilas info(47)

Tuhan itu memang unik, kadang Dia menyembunyikan rema dalam diri orang yang kita benci, bahkan pada orang yang kita anggap paling bejat(tapi bukan berarti Tuhan mendukung orang jahat) bahkan pula, kadang Dia memberkati kita dari orang yang kita tidak sukai.
—————-
Sekilas info(48)

jika kita bisa menahan diri untuk membenci, maka janganlah kita membenci, namun jika kita tidak tahan untuk membenci, maka janganlah terlalu membenci.
—————-
Sekilas info(49)

perbedaan itu bisa menjadi indah, seperti keindahan pelangi yang terdiri dari warna yang berbeda-beda, tapi itu tergantung bagaimana kita menyikapi perbedaan itu.
—————-
Sekilas info(50)

seperti pria dan wanita, mereka adalah dua dunia yang berbeda, tapi justru Tuhan menciptakan mereka untuk menjadi satu rumah-tangga dalam pernikahan. Jadi, walaupun mereka berbeda, maka bukan berarti mereka tidak bisa hidup berdampingan dalam keharmonisan, mungkin inilah juga yang menjadi salah-satu PR bagi kita, sebagai umat.
—————-
Sekilas info(51)

bagi yang tergerak hatinya, mungkin inilah beberapa contoh dalam menyikapi perbedaan:

1. menjadikan perbedaan itu sebagai tambahan pengetahuan.
2. menyikapi perbedaan itu dengan teguran kasih, dan tidak ada salahnya kita menambahkan kata maaf.
3. menyikapi perbedaan itu dengan menghormati kebebasan untuk memilih apa yang dia percayai, karena salah satu yang terpenting dalam hal ini adalah bahwa kita sudah menyampaikan apa yang kita ketahui dan selebihnya adalah urusan Tuhan.
4. dan sebagainya, dengan dasaran kasih juga niat hati yang tidak memusuhi.
—————-
Sekilas info(52)

saya percaya bahwa ada saat-saatnya dimana ketidak-tulusan manusia, masih dimaklumi oleh Tuhan, seperti ketika kita sedang malas berdoa di pagi hari,

namun karena kita berusaha untuk belajar menyenangkan hati-Tuhan,

maka kita memaksakan diri untuk berdoa,

dan saya percaya bahwa Tuhan masih mau menerima doa kita.

karena banyak orang malas beribadah dengan alasan ketidak-tulusan hati, bahkan ada yang sampai 5 tahun tidak pernah beribadah sama sekali.
—————-
Sekilas info(53)

penderitaan memang bukan untuk dicari, tapi jika Tuhan menghadapkan kita pada penderitaan(baik lahiriah maupun batiniah), maka baiklah kita belajar untuk merelakan hati kita dan berserah pada-Nya (walaupun dalam keadaan yang terburuk) serta memohon pada-Nya agar ditambahkan kekuatan kita untuk melaluinya.
—————-
Sekilas info(54)

tidak ada seorangpun yang bisa tawar-menawar dengan Tuhan dalam hal orang itu akan dilahirkan dalam rupa yang bagus atau dalam rupa yang jelek, dalam keluarga yang kaya atau dalam keluarga yang miskin, juga dalam ras apa, ataupun dalam agama apa.

kalau sekilas kita memandang sepertinya Tuhan itu egois, tapi tidak apalah.

Karena bagi saya, tidak ada yang boleh egois selain Tuhan atas segala makhluk dan Dia masih berhak melakukan itu.
—————-
Sekilas info(55)

ketika aku memandang sinar mata bayi-bayi yang tidak berdosa dari semua agama, aku menjadi terharu, karena mereka bisa saja menjadi korban dari ke egoisan kita dalam perdebatan yang tidak sehat yang bisa menimbulkan api dendam, amarah antar agama yang berbeda sehingga bisa membuka peluang akan terjadinya lagi perang agama yang bisa menimbulkan korban-korban mereka yang tidak bersalah termasuk anak-anak kecil dan bayi-bayi yang tidak berdosa yang bisa saja mati karena terkena bom akibat perang agama. karena itulah maka janganlah kita terfokus untuk memperbesar perbedaan tapi terfokuslah untuk bagaimana kita tetap bisa hidup rukun walaupun berbeda prinsip atau kepercayaan.
—————-
Sekilas info(56)

kadang orang kaya itu tidak seperti yang kita pikirkan karena orang kaya itu bisa jadi mengalami hal-hal seperti dibawah ini:

1. mereka tidak akan benar-benar menemukan sahabat sejati.
2. mungkin hidup mereka jarang ada damai karena sering ada pertengkaran tentang hak waris dalam keluarganya.
3. mereka sering tidak tenang hatinya karena banyak yang mengincar hartanya.
4. mereka menjadi sering gelisah dan kurang tidur karena memikirkan uang dan hartanya yang begitu banyak.
—————-
Sekilas info(57)

tapi orang-orang kaya itu masih mempunyai peluang untuk masuk surga, jika orang kaya itu menjadi orang kaya yang bijaksana.

orang kaya yang bijaksana adalah orang kaya yang mau memberikan sebagian hartanya kepada orang-orang yang memang benar-benar memerlukan, seperti orang miskin, yatim piatu, gelandangan dan sebagainya dengan tidak mengabaikan ibadah.
—————-
Sekilas info(58)

orang yang tampan tidak akan pernah disebut tampan kalau tidak ada orang yang jelek, demikian juga orang yang cantik.

jadi sebenarnya orang yang tampan dan orang yang cantik seharusnya berterimakasih kepada orang yang jelek, karena orang yang jelek itu ikut berjasa atas sebutan mereka.
—————-
Sekilas info(59)

orang yang tampan dan orang yang cantik memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk tidak setia pada pasanganya, sedangkan orang yang jelek mempunyai kecenderungan yang lebih kecil untuk tidak setia pada pasanganya.

jadi masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
—————-
Sekilas info(60)

semua agama juga mempunyai kelebihan masing-masing, tapi adalah tidak bijak jika kita mencari-cari kelemahan atau kekurangan agama lain.
—————-
Sekilas info(61)

mungkin orang yang paling banyak dimaklumkan dosanya, adalah orang-orang yang cacat, karena mereka menderita seumur hidup.
—————-
Sekilas info(62)

mungkin ada orang yang berkata dalam hatinya

“mengapa harus ada kematian yang tragis bagi orang-orang yang sungguh-sungguh pada Tuhan”.

mungkin jawabanya adalah

dengan kematian yang tragis itu, maka orang itu sedang diberi kesempatan oleh Tuhan untuk membayar harga dengan cara yang singkat dan juga untuk mempercepat orang itu menuju tingkatan surga yang lebih tinggi..
—————-
Sekilas info(63)

marilah kita sama-sama juga belajar untuk tetap lebih mencintai Tuhan dari segalanya, walaupun jika seandainya:

1. Tuhan lebih memberkati orang yang kita benci.
2. Tuhan tidak selalu melindungi kita.
3. Tuhan tidak selalu menolong kita.
4. Tuhan memberi hikmat ataupun kemampuan lebih, kepada orang yang lebih muda dari kita.
5. dan sebagainya.
—————-
Sekilas info(64)

mungkin ada baiknya kalau kita memikirkan semua yang terburuk yang bisa saja terjadi pada kita, untuk mempersiapkan mental kita, apabila seandainya Tuhan dengan tiba-tiba, menghadapkan kita, pada apa yang paling kita takutkan terjadi,

supaya apabila kita kecewa pada-Nya, paling tidak, kita tidak terlalu kecewa pada-Nya,

dan semoga kita tidak kecewa pada-Nya dan tetap setia pada-Nya.

karena kesetiaan yang Tuhan tuntut adalah kesetiaan sampai akhir, walaupun dalam situasi yang terburuk sekalipun.
—————-
Sekilas info(65)

agar kita tidak hanyut dalam kesombongan,

mungkin ketika kita melihat orang yang kita anggap lebih berdosa dari kita, kita bisa menanamkan pikiran yang seperti ini:

seandainya aku menjadi orang itu, belum tentu aku lebih baik dari orang itu(tapi bukan berarti dalam hati kita, kita mendukung perbuatan dosa orang itu).
—————-
Sekilas info(66)

kalau ada orang yang rajin beribadah tapi perbuatanya tidak terpuji, maka ambilah perkataanya yang bisa membangun rohanimu, tapi janganlah meniru perbuatanya yang tidak patut ditiru dan janganlah menjadi jera beribadah karena melihat orang yang seperti itu tapi lihatlah kebenaran Tuhan.
—————-
Sekilas info(67)

mungkin ada orang yang bertanya dalam hatinya..

“mengapa Tuhan menciptakan manusia yang bisa jatuh dalam dosa”

mungkin jawabanya adalah:

yang jelas bukan berarti Tuhan mendukung dosa, tapi supaya manusia lebih melihat kebenaran Tuhan yang selalu benar dan yang paling benar, juga agar manusia jangan berkata bahwa dirinya bisa menjamin untuk selalu benar dalam lahir dan batinya dalam seumur hidupnya.

NB: memang orang benar itu ada, namun orang yang selalu benar(dalam batinya) itu tidak ada.
—————-
Sekilas info(68)

aku bersyukur ternyata Kristus juga mau memperdengarkan suara-Nya pada orang yang mungkin tidak pernah dilirik oleh orang lain yaitu seorang penjual air, seperti yang saya pernah lihat dalam kisahnyata solusi di tv, dan dalam kisahnyata lain, Kristus mau menampakan dirinya kepada pemulung-pemulung dan menyembuhkan sakit mereka, ini pernah terjadi disurabaya.
—————-
Sekilas info(69)

jika kita sedang digoda oleh kesombongan rohani dalam hati, maka cepat-cepatlah meminta ampunan-Nya, sebelum Tuhan mengurangi kekuatan kita sehingga kita jatuh dalam pencobaan yang seharusnya kita bisa melaluinya.
—————
Sekilas info(70)

janganlah kita menjadi ahli hukum untuk memutarbalikan hukum, dan jika demikian yang terjadi, maka dosa kita bisa dilipat gandakan oleh Tuhan.
—————-
Sekilas info(71)

ketika dosa sedang mengintip, maka cepat-cepatlah minta pertolongan Tuhan sambil berusaha menghindari dosa juga berusaha menghindari kesempatan berbuat dosa.
—————-
Sekilas info(72)

setia kawan itu perlu, tapi kalau kita tetap membela mati-matian kawan kita padahal dia jelas-jelas salah, maka kesetiakawanan kita adalah kesetiakawanan yang tidak sehat.
—————-
Sekilas info(73)

kadang atau sering, dalam hidup ini, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, namun tetaplah belajar bersyukur dalam hatimu, baik dalam suka maupun duka.
—————
Sekilas info(74)

dalam menjalani hidup ini, memang ada jatuh bangunya, tapi usahakanlah setidak-tidaknya, agar lebih banyak bangunya dari pada jatuhnya, sambil dalam hati, memohon tuntunan-Nya.
—————
Sekilas info(75)

memang ada kalanya Tuhan membiarkan kita berjuang sendiri, seperti perjuangan ulat untuk keluar dari kepompongnya, agar kita melakukan apa yang menjadi bagian kita,

karena kalau semua-semua Tuhan yang melakukan, lalu kapan kita melakukan bagian kita.
—————-
Sekilas info(76)

jika buku diibaratkan manusia,

kadang buku itu,

sampulnya jelek isinya juga jelek, kadang sampulnya jelek isi tidak jelek,

kadang juga,

sampulnya bagus isinya juga bagus tapi terkadang sampulnya bagus isinya tidak bagus.
—————-
Sekilas info(77)

ada pengampunan yang tidak perlu disertai hukuman, tapi ada pengampunan yang harus disertai hukuman untuk menimbulkan efek jera.
—————-
Sekilas info(78)

ada kata maaf yang bisa diterima saat itu juga, tapi ada kata maaf, yang membutuhkan waktu, untuk bisa menerimanya,

semoga Tuhan menambahkan kesabaran hati.
—————-
Sekilas info(79)

janganlah kita suka menunda-nunda beribadah, supaya jangan sampai Tuhan dengan terpaksa, mengeluarkan cambuk-Nya untuk untuk mendisiplinkan kita.
—————
Sekilas info(80)

ada kisah kesaksian nyata dari orang yang suka menunda-nunda untuk meluangkan waktu buat Tuhan karena dia orang sibuk, lalu akhirnya dia mendapat kecelakaan dan dibawa kerumah sakit, lalu sadarlah dia, bahwa tiba-tiba dia mepunyai banyak waktu luang untuk berdoa, tapi dirumah sakit.
—————
Sekilas info(81)

luangkanlah waktu setiap hari untuk Tuhan, karena manusia tidak tahu kapan ia akan di panggil, karena diera akhir jaman ini, kemungkinan besar, akan lebih banyak kematian yang tidak disangka-sangka.
—————-
Sekilas info(82)

janganlah kita berkata dalam hati, aku akan bertobat kalau aku sudah tua nanti, (sedangkan manusia tidak tahu kapan ajal menanti).

Karena maut itu, tidak pernah pandang bulu, apakah engkau masih muda atau tua, apakah engkau sedang sehat atau sakit, maka berlombalah untuk mengumpulkan perbekalan yang abadi selagi kita hidup dalam dunia yang fana ini.
—————-
Sekilas info(83)

Tuhan tidak pernah menerima pertobatan yang direncanakan, ataupun pertobatan yang hanya dimulut.

Tapi Tuhan menerima pertobatan yang keluar dari hati dan terwujud dalam perbuatan yang secara terus-menerus.
—————-
Sekilas info(84)

mungkin ada orang bertanya dalam hatinya

“untuk apa Tuhan menciptakan manusia”

mungkin jawaban saya adalah:

Tuhan mempunyai tujuan utama dan tujuan lainya, dalam menciptakan manusia.

dan tujuan utama Tuhan dalam hal menciptakan manusia adalah

agar manusia menjadi penyembah-penyembah yang benar dan tetap setia walau dalam suka dan duka, terkhusus dalam duka, karena penyembahan manusia bisa lebih tinggi tingkatanya dibanding dengan penyembahan malaikat.

mungkin inilah tujuan lainya dalam hal Tuhan menciptakan manusia yaitu :

1. untuk memelihara bumi, supaya bumi ini ada yang merawatnya.

2. agar manusia mendapat kesempatan untuk bisa naik tingkat atau level berikutnya dalam tingkatan sorga yang hanya bisa ditentukan melalui kehidupan manusia didunia, tapi itu tergantung manusia itu sendiri.

3. untuk mengerjakan PR rohani (agar kita melakukan bagian kita) yang juga didasari oleh kebijaksanaan (dalam menghadapi perbedaan yang sudah Tuhan gariskan) juga kearifan (dalam menelaah dan melakukan Firman-Nya), dan PR jasmani (agar manusia tidak malas) untuk tetap berusaha dengan sebisa mungkin dalam segala kebaikan dengan tidak mengabaikan hal-hal lainya yang memang perlu dilakukan karena kita masih hidup dibumi ini, asalkan dengan cara yang baik dan benar dengan semampu-mampunya yang juga tidak bertentangan dengan Firman-Nya juga hatinurani.

4. (untuk ateis), agar mereka, dengan semaksilmal mungkin, melakukan apa-apa yang tidak bertentangan dengan hati nurani sambil mencari siapakah yang menciptakan dunia ini, yang adalah Tuhan atas segala makhluk dan berusaha untuk mempercayai-Nya, juga berusaha menjadi orang yang beragama.

5. untuk menikmati kesenangan dunia dengan sewajarnya dan secukupnya juga dengan rasa tahu diri, juga tetap berusaha juga untuk belajar menyenangkan hati-Nya, agar kita tidak hanya menyenangkan diri sendiri saja. Dan juga agar kita tetap mengingat bahwa didunia ini tidak hanya ada kesenangan, agar kita mempersiapkan mental kita untuk hal ini, karena hanya disorgalah terdapat kesenangan yang terus-menerus.

6. dan sebagainya
—————-
Sekilas info(85)

jalan keselamatan itu seperti pintu yang sempit karena itulah keselamatan itu butuh perjuangan bahkan dalam lahir dan batin.

jadi keselamatan itu butuh perjuangan, dan keselamatan itu tidak semudah mengedipkan mata ataupun membalikan tangan.

maka janganlah para pengkotbah membuat seolah keselamatan itu mudah didapat dengan tidak perlu perjuangan, sehingga para jemaat menjadi meremehkan atau menggampangkan akan keselamatan itu, jika ini terjadi maka Tuhan juga akan menuntut pertanggung-jawaban dari para pengkotbah itu.
—————-
Sekilas info(86)

kalau ada orang kristen yang bisa menjadi terang dihadapan orang lain tapi tidak bisa menjadi terang didalam rumahnya sendiri, maka terang orang itu adalah terang yang palsu

ambil saja petuahnya yang bisa menambah kerohanianmu tapi jangan meniru perbuatanya yang tidak pantas menjadi teladan.
—————-
Sekilas info(87)

kalau anda tergolong orang yang sibuk dalam pelayanan, maka tetaplah menyisihkan waktu untuk keluarga anda, karena jangan sampai keluarga anda terbengkalai atas nama pelayanan.
—————-
Sekilas info(88)

janganlah menjual seluruh hartamu atau memberi semua uangmu, kecuali engkau memang mendapat petunjuk tanda-tanda Ilahi yang tidak bisa dibantah.
—————
Sekilas info(89)

Tuhan tidak pernah melarang orang untuk menjadi kaya, asalkan dengan cara yang halal dan menjadi orang kaya yang bijaksana.

Tapi yang Tuhan larang adalah keterikatan hati yang berlebihan terhadap harta atau uangnya yang banyak itu.
—————-
Sekilas info(90)

kita boleh saja mengagumi, memuji, mencintai, menyayangi apa saja dan siapa saja, asalkan tidak keluar dari Firman-Nya, dengan cara yang benar, juga pada porsinya dan jangan sampai semua itu melebihi apa yang kita lakukan untuk Tuhan.
—————-
Sekilas info(91)
“antara logika dan iman”

sepertinya logika itu bisa dibilang unik, kadang ia bisa menjadi kawan tapi kadang ia bisa menjadi lawan dalam batin kita.

tapi kita boleh saja membuat logika sebagai partner dalam hidup kita, sepanjang logika itu tidak menyudutkan Tuhan dan segala hal tentang Tuhan.

Tapi jika logika kita sedang menyudutkan Tuhan, maka saat inilah iman wajib berperan, dan biarkanlah iman yang lebih memimpin daripada logika,

tapi tentu saja dengan iman yang didasar-utamakan oleh Tuhan atas segala makhluk yang kita cintai dengan tidak bersyarat sehingga sebagai manusia yang mempunyai rasa tahu diri pada-Nya,

maka kita wajib untuk selalu berpikir positif padaNya walau dalam situasi yang paling mengguncangkan sekalipun.
—————-
Sekilas info(92)

kadang kita tidak mempunyai pilihan lain, untuk berbuat baik didepan orang,

salah satu contohnya, seperti memberi uang kepada pengemis yang sudah tua, di depan banyak orang,

tapi itu sebenarnya bukan masalah, selama dalam hati kita, kita tidak mempunyai niat untuk dilihat orang ataupun dipuji orang,

demikian pula terhadap perbuatan-perbuatan baik yang lainya termasuk saat menjalankan ibadah.
—————-
Sekilas info(93)

alkitab mengatakan bahwa musuh orang kristen bukanlah orang Islam ataupun orang lain, karena musuh orang kristen bukan darah dan daging tapi iblis dan setan-setanya,

tapi bukan berarti kita berhak meremehkan iblis dan setan-setan itu, karena hanya Tuhan-lah yang berhak meremehkan iblis dan setan-setan itu dan karena kita mengusir mereka dengan kekuatan Tuhan, bukan dengan kekuatan kita.
—————-
Sekilas info(94)

mungkin kadang atau sering kita suka meremehkan hal-hal kecil atau hal-hal sepele dalam hati kita,

namun mungkin jarang kita menyadari bahwa dengan kebiasaan kita yang suka meremehkan hal-hal kecil atau hal-hal yang sepele itu, akan memperbesar kemungkinan bahwa hal itu, nantinya, bisa saja menjadi bumerang bagi kita sendiri.
—————–
Sekilas info(95)

janganlah juga, kita suka menghakimi orang lain dalam hati kita,

karena bisa jadi, Tuhan sendiri yang akan membuat kita menjadi tidak lebih dari orang yang sering kita hakimi dalam hati,(agar kita rendah hati)

bahkan lagi, tidak menutup kemungkinan, kalau kita, bisa menjadi lebih parah dari orang yang sering kita haikimi dalam hati.
—————-
Sekilas info(96)

biarlah kita juga sama-sama dengan sebisa-mungkin berusaha belajar untuk memupuk juga mempertahankan rasa tahu-diri baik dalam lahiriah maupun batiniah kita sampai seumur hidup kita, sambil memohon bantuan dan restu-Nya,

yaitu rasa tahu-diri kepada segala makhluk, kepada diri-sendiri, kepada orang lain, kepada hati nurani, kepada agama, kepada kitabnya, juga rasa tahu-diri terhadap tanggungg-jawab, terhadap lingkungan, terkhusus terhadap Tuhan atas segala makhluk,

yang juga didasari oleh rasa untuk siap menerima resiko, apabila seandainya Tuhan berkehendak lain, yang jauh bersebrangan dengan kehendak kita.

agar jangan sampai Tuhan dengan terpaksa menambahkan takdir duka yang seharusnya tidak perlu kita tanggungg, untuk menghukum kita.
—————-
Sekilas info(97)

Tuhan memang melihat hati, tapi bukan berarti Tuhan tidak menilai perbuatan kita.

karena bisa jadi banyak orang bisa-bisa tidak beribadah seterusnya dengan alasan Tuhankan melihat hati.
—————–
Sekilas info(98)

inti dalam perdebatan agama adalah bukan masalah menang atau kalah,

tapi bagaimana kita bisa memberi tahu argumen kita dengan cara yang terbaik menurut iman masing-masing, yang juga didasari oleh kerendah-hatian.

menang dalam perdebatan itu, boleh-boleh saja, asalkan dengan cara yang baik dan benar yang juga didasari oleh rasa rendah hati.

tapi akan menjadi percuma, jika kita hanya menang dalam perdebatan, namun tidak menang dalam tanggung-jawab kita terhadap agama dan kitab kita masing-masing., ketika Hari Penghakiman telah tiba.

jadi kita boleh saja bertujuan menang dalam perdebatan,
tapi janganlah itu menjadi tujuan utama.

semoga kita bersama, bisa menang dalam mempertanggung-jawabkan lahir dan batin kita, ketika Hari Penghakiman telah tiba.
—————
Sekilas info(99)

bagi yang suka ke sarang walet, anda harus memakai masker, karena kalau tidak, dalam hidung anda, bisa ada ulat yang semacam belatung(tapi namanya ulat apa, saya lupa), ada kisah nyatanya di youtube.
—————-
Sekilas info(100)

kita boleh berharap, (asalkan baik dan benar), tapi jangan terlalu berharap, karena bisa jadi, ujung-ujungnya kita bisa menyalahkan Tuhan dalam hati.
--------------
Sekilas info(101)

ditolong Tuhan atau tidak ditolong Tuhan, seharusnya kita tetap percaya bahwa Tuhan sanggup menolong, inilah salah satu contoh iman yang benar.
--------------
Sekilas info(102)

menginginkan sesuatu itu boleh-boleh saja asalkan yang sewajarnya, tapi janganlah kita terlalu menginginkan sesuatu secara berlebihan, karena itu juga bisa menjadi berhala dihadapan-Nya. Maka dari itu, Tuhan biasanya justru dengan sengaja memperkecil kemungkinan itu terjadi, namun tetaplah beribadah dan setia sampai akhir pada-Nya, itu kalau anda memang mempunyai rasa cinta yang tanpa pamrih kepada-Nya. Jadi dikabulkan atau tidak dikabulkan kenginginan anda, maka tetaplah setia sampai akhir, inilah yang termasuk dalam kesetiaan yang sejati.
--------------
Sekilas info(103)

orang-orang yang termasuk memiliki makrifat, adalah orang-orang yang mau belajar merelakan hatinya untuk diobrak-abrik oleh Tuhan, walaupun mereka benar di mata Tuhan, seperti ayub(yang diakui kebenaranya oleh Tuhan sendiri). Karena Tuhan selalu lebih benar dari semua kebenaran kita, juga agar kita lebih rendah hati, inilah kerendah-hatian tingkat tinggi.
--------------
Sekilas info(104)

janganlah kita fokus pada pertolongan Tuhan, karena hal itu, bisa membuat hati kita sering kecewa pada Tuhan. Tapi, biarlah dalam hati kita, kita tetap lebih memandang Tuhan dari pada berkat-Nya, dari pada janji-janjiNya, dari pada mujizat-Nya, dari pada pertolongan-Nya, bahkan dari pada surga-Nya.
--------------
Sekilas info(105)

biarlah kita tetap belajar setia sampai akhir kepada-Nya yang juga didasari oleh sikap hati yang benar, walaupun saat diberkati berlimpah-limpah juga walaupun pada saat yang sebaliknya, juga walaupun segala sesuatu terjadi seperti yang tidak kita inginkan. Karena ujian Tuhan bisa dalam bentuk apa saja, namun tetaplah hatimu mengagumi-Nya dan katakanlah dalam hatimu "TERPUJILAH TUHAN YANG SELALU BENAR".

Sekilas info(106)

SekilasInfo(107)
janganlah mencintai TUHAN karena apa yang DIA miliki, janganlah juga mencintai TUHAN karena apa yang sanggup DIA lakukan, tetapi tetaplah mencintai TUHAN walau DIA tidak memberi apa yang DIA miliki juga walau DIA tidak melakukan apa yang sangup DIA lakukan untuk kita, itulah cinta yang tidak menuntut balasan dari TUHAN, cinta yang bagaikan intan putih yang berkilau-kilauan.

SekilasInfo(108)
ada saat-saatnya TUHAN mengabulkan apa yang kita minta, namun ada saat-saatnya pula, bahwa TUHAN tidak mengabulkan apa yang kita minta, karena jika TUHAN selalu menuruti kehendak manusia, maka DIA bukan TUHAN, tapi pembantu alias (babu).

SekilasInfo(109)
Doa juga merupakan permohonan pada TUHAN dengan harapan agar kiranya TUHAN tergerak Hati-NYA untuk mengabulkan doa kita, namun doa bukanlah pengharusan untuk TUHAN supaya TUHAN harus mengabulkan doa kita, jadi janganlah kecewa pada-NYA ketika DIA tidak mengabulkan doa kita, karena kadang atau sering justru dengan tidak dikabulkanya doa kita maka itulah yang terbaik menurut TUHAN walau hal itu tidak terbaik menurut logika kita, namun tetaplah percaya bahwa TUHAN lebih mengetahui juga bahwa TUHAN selalu berniat baik walau kita tidak tahu apa maksud TUHAN dibalik semua itu.

SekilasInfo(110)
walaupun seandainya kita menderita bukan karena kesalahan kita padahal kita sungguh-sungguh dihadapan TUHAN, namun tetaplah percaya bahwa TUHAN selalu berniat baik walaupun menurut logika kita(saat kita dalam keadaan terburuk) TUHAN itu tidak baik. Karena menurut iman yang benar yaitu bahwa TUHAN itu tidak ada ketidak benaran didalam DIA.

SekilasInfo(111)
walaupun sesuatu terjadi tidak seperti yang kita inginkan, maka biarlah kita tetap percaya bahwa TUhan selalu berniat baik, walaupun kita tidak tahu alasanya mengapa ini terjadi.

sekilas info(112)
Tuhan pasti menolong,
Tuhan pasti menolong, pada waktunya Tuhan(artinya tidak selalu menolong pada waktu yang manusia inginkan)dan Tuhan pasti menolong jika Tuhan memandang perlu.
karena jika TUhan selalu menolong manusia maka manusia tidak akan pernah melakukan bagianya.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Wed Aug 28, 2019 11:43 pm, total 8 kali diubah
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down


sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Wed Feb 06, 2019 2:48 pm

sekilas info,
Hukuman Allah atas semua orang
2:1 Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. l  Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama 1 . m  2:2 Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian. 2:3 Dan engkau, hai manusia, engkau yang menghakimi mereka yang berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya juga 2 , adakah engkau sangka, bahwa engkau akan luput dari hukuman Allah? 2:4 Maukah engkau menganggap sepi kekayaan n  kemurahan-Nya,o  kesabaran-Nya p  dan kelapangan hati-Nya? q  Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan? r  2:5 Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka s  dan hukuman t  Allah yang adil akan dinyatakan. 2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, u  2:7 yaitu hidup kekal v  kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan w  dan ketidakbinasaan 3 , x  2:8 tetapi murka dan geram y  kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. z  2:9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, a  pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani, b  2:10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani. c  2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu. d  2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa 4  tanpa hukum Taurat; e  dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat. 2:13Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan f  hukum Tauratlah yang akan dibenarkan 5 2:14Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, g  maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela. 2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil h  yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi 6  i  dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus. j
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Wed Feb 06, 2019 2:53 pm

sekilas info,
kebaikan termasuk buah Roh.
Galatia 5:22
Galatians 5:22
갈라디아서 5:22
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Wed Feb 06, 2019 3:00 pm

sekilas info,
dan mereka yang melakukan kebaikan pasti termasuk buah Roh dan buah Roh pasti termasuk melakukan Kehendak Bapa.[ASALKAN didasari sikap batin yang benar tanpa mengabaikan puncak kecondongan batin yang benar, yaitu "HANYA untuk menyenangkan Hati Allah"]
Matius 7:21
Matthew 7:21
마태복음 7:21
Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 1:23 pm

sekilas info,
Orang Samaria yang murah hati
10:25 Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: "Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal? q " 10:26 Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?" 10:27 Jawab orang itu: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, r  dan kasihilah sesamamu 8  manusia seperti dirimu sendiri. s " 10:28 Kata Yesus kepadanya: "Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup. t " 10:29 Tetapi untuk membenarkan dirinya u  orang itu berkata kepada Yesus: "Dan siapakah sesamaku manusia?" 10:30 9 Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati. 10:31 Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan. v  10:32 Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. 10:33 Lalu datang seorang Samaria, w  yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. 10:34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. 10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali. 10:36 Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?" 10:37 Jawab orang itu: "Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya." Kata Yesus kepadanya: "Pergilah, dan perbuatlah demikian!"
---
Dari hal diatas itu, bisa dikatakan bahwa, orang samaria[yang tidak tahu tentang Jesus] itu, 
telah melakukan kebaikan yang didasari sikap batin yang benar, 
sebab TuhanYesusKristus[intinya] membenarkan perbuatan orang samaria itu.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 2:38 pm

sekilas info,
isi PB yang bisa terkait dengan hakikat isi PL [yang bisa juga ada bagian atau bagian-bagian yang bisa terkait juga dengan Jesus atau yang terkait dengan Jesus di PL]
Matius 3:3
Matthew 3:3
마태복음 3:3
Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya."
Matius 4:14
Matthew 4:14
마태복음 4:14
supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
Matius 8:17
Matthew 8:17
마태복음 8:17
Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita."
Matius 12:17
Matthew 12:17
마태복음 12:17
supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
Matius 13:14
Matthew 13:14
마태복음 13:14
Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
Matius 15:7
Matthew 15:7
마태복음 15:7
Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu:
Markus 1:2
Mark 1:2
마가복음 1:2
Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu;
Markus 7:6
Mark 7:6
마가복음 7:6
Jawab-Nya kepada mereka: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
Lukas 3:4
Luke 3:4
누가복음 3:4
seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.
Lukas 4:17
Luke 4:17
누가복음 4:17
Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
Yohanes 1:23
John 1:23
요한복음 1:23
Jawabnya: "Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya."
Yohanes 12:38
John 12:38
요한복음 12:38
supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?"
Yohanes 12:39
John 12:39
요한복음 12:39
Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga:
Yohanes 12:41
John 12:41
요한복음 12:41
Hal ini dikatakan oleh Yesaya, karena ia telah melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia.
Kisah Para Rasul 8:28
Acts 8:28
사도행전 8:28
Sekarang orang itu sedang dalam perjalanan pulang dan duduk dalam keretanya sambil membaca kitab nabiYesaya.
Kisah Para Rasul 8:30
Acts 8:30
사도행전 8:30
Filipus segera ke situ dan mendengar sida-sida itu sedang membaca kitab nabi Yesaya. Kata Filipus: "Mengertikah tuan apa yang tuan baca itu?"
Kisah Para Rasul 28:25
Acts 28:25
사도행전 28:25
Maka bubarlah pertemuan itu dengan tidak ada kesesuaian di antara mereka. Tetapi Paulus masih mengatakan perkataan yang satu ini: "Tepatlah firman yang disampaikan Roh Kudus kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi Yesaya:
Roma 9:27
Romans 9:27
로마서 9:27
Dan Yesaya berseru tentang Israel: "Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan.
Roma 9:29
Romans 9:29
로마서 9:29
Dan seperti yang dikatakan Yesaya sebelumnya: "Seandainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom dan sama seperti Gomora."
Roma 10:16
Romans 10:16
로마서 10:16
Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?"
Roma 10:20
Romans 10:20
로마서 10:20
Dan dengan berani Yesaya mengatakan: "Aku telah berkenan ditemukan mereka yang tidak mencari Aku, Aku telah menampakkan diri kepada mereka yang tidak menanyakan Aku."
Roma 15:12
Romans 15:12
로마서 15:12
Dan selanjutnya kata Yesaya: "Taruk dari pangkal Isai akan terbit, dan Ia akan bangkit untuk memerintah bangsa-bangsa, dan kepada-Nyalah bangsa-bangsa akan menaruh harapan."


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Thu Feb 07, 2019 2:56 pm, total 2 kali diubah
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 2:42 pm

sekilas info,
bagian isi PB yang bisa terkait dengan hakikat isi PL [yang bisa juga ada bagian atau bagian-bagian yang bisa terkait juga dengan Jesus atau yang terkait dengan Jesus di PL]
Matius 1:1
Matthew 1:1
마태복음 1:1
Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.
Matius 1:6
Matthew 1:6
마태복음 1:6
Isai memperanakkan raja DaudDaud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,
Matius 1:17
Matthew 1:17
마태복음 1:17
Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daudsampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.
Matius 1:20
Matthew 1:20
마태복음 1:20
Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
Matius 9:27
Matthew 9:27
마태복음 9:27
Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata: "Kasihanilah kami, hai Anak Daud."
Matius 12:3
Matthew 12:3
마태복음 12:3
Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
Matius 12:23
Matthew 12:23
마태복음 12:23
Maka takjublah sekalian orang banyak itu, katanya: "Ia ini agaknya Anak Daud."
Matius 15:22
Matthew 15:22
마태복음 15:22
Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, AnakDaud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."
Matius 20:30
Matthew 20:30
마태복음 20:30
Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar, bahwa Yesus lewat, lalu mereka berseru: "Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!"
Matius 20:31
Matthew 20:31
마태복음 20:31
Tetapi orang banyak itu menegor mereka supaya mereka diam. Namun mereka makin keras berseru, katanya: "Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!"
Matius 21:9
Matthew 21:9
마태복음 21:9
Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!"
Matius 21:15
Matthew 21:15
마태복음 21:15
Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel,
Matius 22:42
Matthew 22:42
마태복음 22:42
"Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud."
Matius 22:43
Matthew 22:43
마태복음 22:43
Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata:
Matius 22:45
Matthew 22:45
마태복음 22:45
Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"
Markus 2:25
Mark 2:25
마가복음 2:25
Jawab-Nya kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya kekurangan dan kelaparan,
Markus 10:47
Mark 10:47
마가복음 10:47
Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"
Markus 10:48
Mark 10:48
마가복음 10:48
Banyak orang menegornya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!"
Markus 11:10
Mark 11:10
마가복음 11:10
diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!"
Markus 12:35
Mark 12:35
마가복음 12:35
Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud?
Markus 12:36
Mark 12:36
마가복음 12:36
Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.
Markus 12:37
Mark 12:37
마가복음 12:37
Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.
Lukas 1:27
Luke 1:27
누가복음 1:27
kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.
Lukas 1:32
Luke 1:32
누가복음 1:32
Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
Lukas 1:69
Luke 1:69
누가복음 1:69
Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu,
Lukas 2:4
Luke 2:4
누가복음 2:4
Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, --karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud--
Lukas 2:11
Luke 2:11
누가복음 2:11
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.
Lukas 3:31
Luke 3:31
누가복음 3:31
anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud,
Lukas 6:3
Luke 6:3
누가복음 6:3
Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
Lukas 18:38
Luke 18:38
누가복음 18:38
Lalu ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"
Lukas 18:39
Luke 18:39
누가복음 18:39
Maka mereka, yang berjalan di depan, menegor dia supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru: "AnakDaud, kasihanilah aku!"
Lukas 20:41
Luke 20:41
누가복음 20:41
Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Bagaimana orang dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah AnakDaud?
Lukas 20:42
Luke 20:42
누가복음 20:42
Sebab Daud sendiri berkata dalam kitab Mazmur: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku,
Lukas 20:44
Luke 20:44
누가복음 20:44
Jadi Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"
Yohanes 7:42
John 7:42
요한복음 7:42
Karena Kitab Suci mengatakan, bahwa Mesias berasal dari keturunan Daud dan dari kampung Betlehem, tempat Daud dahulu tinggal."
Kisah Para Rasul 1:16
Acts 1:16
사도행전 1:16
Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daudtentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.
Kisah Para Rasul 2:25
Acts 2:25
사도행전 2:25
Sebab Daud berkata tentang Dia: Aku senantiasa memandang kepada Tuhan, karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
Kisah Para Rasul 2:29
Acts 2:29
사도행전 2:29
Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini.
Kisah Para Rasul 2:30
Acts 2:30
사도행전 2:30
Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas takhtanya.
Kisah Para Rasul 2:34
Acts 2:34
사도행전 2:34
Sebab bukan Daud yang naik ke sorga, malahan Daud sendiri berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku:
Kisah Para Rasul 4:25
Acts 4:25
사도행전 4:25
Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
Kisah Para Rasul 7:45
Acts 7:45
사도행전 7:45
Kemah itu yang diterima nenek moyang kita dan yang dengan pimpinan Yosua dibawa masuk ke tanah ini, yaitu waktu tanah ini direbut dari bangsa-bangsa lain yang dihalau Allah dari depan nenek moyang kita; demikianlah sampai kepada zaman Daud.
Kisah Para Rasul 7:46
Acts 7:46
사도행전 7:46
Daud telah mendapat kasih karunia di hadapan Allah dan ia memohon, supaya ia diperkenankan untuk mendirikan suatu tempat kediaman bagi Allah Yakub.
Kisah Para Rasul 13:22
Acts 13:22
사도행전 13:22
Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.
Kisah Para Rasul 13:34
Acts 13:34
사도행전 13:34
Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan Ia tidak akan diserahkan kembali kepada kebinasaan. Hal itu dinyatakan oleh Tuhan dalam firman ini: Aku akan menggenapi kepadamu janji-janji yang kudus yang dapat dipercayai, yang telah Kuberikan kepada Daud.
Kisah Para Rasul 13:36
Acts 13:36
사도행전 13:36
Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, dan ia memang diserahkan kepada kebinasaan.
Kisah Para Rasul 15:16
Acts 15:16
사도행전 15:16
Kemudian Aku akan kembali dan membangunkan kembali pondok Daud yang telah roboh, dan reruntuhannya akan Kubangun kembali dan akan Kuteguhkan,
Roma 1:3
Romans 1:3
로마서 1:3
tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud,
Roma 4:6
Romans 4:6
로마서 4:6
Seperti juga Daud menyebut berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya:
Roma 11:9
Romans 11:9
로마서 11:9
Dan Daud berkata: "Biarlah jamuan mereka menjadi jerat dan perangkap, penyesatan dan pembalasan bagi mereka.
2 Timotius 2:8
2 Timothy 2:8
디모데후서 2:8
Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunanDaud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku.
Ibrani 4:7
Hebrews 4:7
히브리서 4:7
Sebab itu Ia menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika Ia setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu!"
Ibrani 11:32
Hebrews 11:32
히브리서 11:32
Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi,
Wahyu 3:7
Revelation 3:7
요한계시록 3:7
Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.
Wahyu 5:5
Revelation 5:5
요한계시록 5:5
Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."
Wahyu 22:16
Revelation 22:16
요한계시록 22:16
Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Thu Feb 07, 2019 2:58 pm, total 2 kali diubah
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 2:45 pm

sekilas info,
bagian dari PL yang bisa terkait dengan hakikat isi PB [yang bisa juga ada bagian atau bagian-bagian yang bisa terkait juga dengan Jesus atau yang terkait dengan Jesus di PL]

Matius 8:4
Matthew 8:4
마태복음 8:4
Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."
Matius 17:3
Matthew 17:3
마태복음 17:3
Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
Matius 17:4
Matthew 17:4
마태복음 17:4
Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
Matius 19:7
Matthew 19:7
마태복음 19:7
Kata mereka kepada-Nya: "Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?"
Matius 19:8
Matthew 19:8
마태복음 19:8
Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.
Matius 22:24
Matthew 22:24
마태복음 22:24
Guru, Musa mengatakan, bahwa jika seorang mati dengan tiada meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan isterinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu.
Matius 23:2
Matthew 23:2
마태복음 23:2
Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa.
Markus 1:44
Mark 1:44
마가복음 1:44
Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka.
Markus 7:10
Mark 7:10
마가복음 7:10
Karena Musa telah berkata: Hormatilah ayahmu dan ibumu! dan: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya harus mati.
Markus 9:4
Mark 9:4
마가복음 9:4
Maka nampaklah kepada mereka Elia bersama dengan Musa, keduanya sedang berbicara dengan Yesus.
Markus 9:5
Mark 9:5
마가복음 9:5
Kata Petrus kepada Yesus: "Rabi, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia."
Markus 10:3
Mark 10:3
마가복음 10:3
Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Apa perintah Musa kepada kamu?"
Markus 10:4
Mark 10:4
마가복음 10:4
Jawab mereka: "Musa memberi izin untuk menceraikannya dengan membuat surat cerai."
Markus 10:5
Mark 10:5
마가복음 10:5
Lalu kata Yesus kepada mereka: "Justru karena ketegaran hatimulah maka Musa menuliskan perintah ini untuk kamu.
Markus 12:19
Mark 12:19
마가복음 12:19
Guru, Musa menuliskan perintah ini untuk kita: Jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati dengan meninggalkan seorang isteri tetapi tidak meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan isterinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu.
Markus 12:26
Mark 12:26
마가복음 12:26
Dan juga tentang bangkitnya orang-orang mati, tidakkah kamu baca dalam kitab Musa, dalam ceritera tentang semak duri, bagaimana bunyi firman Allah kepadanya: Akulah Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub?
Lukas 2:22
Luke 2:22
누가복음 2:22
Dan ketika genap waktu pentahiran, menurut hukum Taurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan,
Lukas 5:14
Luke 5:14
누가복음 5:14
Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapapun juga dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkanMusa, sebagai bukti bagi mereka."
Lukas 9:30
Luke 9:30
누가복음 9:30
Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia.
Lukas 9:33
Luke 9:33
누가복음 9:33
Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan Yesus, Petrus berkata kepada-Nya: "Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu.
Lukas 16:29
Luke 16:29
누가복음 16:29
Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu.
Lukas 16:31
Luke 16:31
누가복음 16:31
Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."
Lukas 20:28
Luke 20:28
누가복음 20:28
Guru, Musa menuliskan perintah ini untuk kita: Jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati sedang isterinya masih ada, tetapi ia tidak meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan isterinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu.
Lukas 20:37
Luke 20:37
누가복음 20:37
Tentang bangkitnya orang-orang mati, Musa telah memberitahukannya dalam nas tentang semak duri, di mana Tuhan disebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.
Lukas 24:27
Luke 24:27
누가복음 24:27
Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.
Lukas 24:44
Luke 24:44
누가복음 24:44
Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab TauratMusa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Yohanes 1:17
John 1:17
요한복음 1:17
sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.
Yohanes 1:45
John 1:45
요한복음 1:45
Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut olehMusa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret."
Yohanes 3:14
John 3:14
요한복음 3:14
Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan,
Yohanes 5:45
John 5:45
요한복음 5:45
Jangan kamu menyangka, bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalahMusa, yaitu Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapanmu.
Yohanes 5:46
John 5:46
요한복음 5:46
Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku.
Yohanes 6:32
John 6:32
요한복음 6:32
Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari sorga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari sorga.
Yohanes 7:19
John 7:19
요한복음 7:19
Bukankah Musa yang telah memberikan hukum Taurat kepadamu? Namun tidak seorangpun di antara kamu yang melakukan hukum Taurat itu. Mengapa kamu berusaha membunuh Aku?"
Yohanes 7:22
John 7:22
요한복음 7:22
Jadi: Musa menetapkan supaya kamu bersunat--sebenarnya sunat itu tidak berasal dari Musa, tetapi dari nenek moyang kita--dan kamu menyunat orang pada hari Sabat!
Yohanes 7:23
John 7:23
요한복음 7:23
Jikalau seorang menerima sunat pada hari Sabat, supaya jangan melanggar hukum Musa, mengapa kamu marah kepada-Ku, karena Aku menyembuhkan seluruh tubuh seorang manusia pada hari Sabat.
Yohanes 8:5
John 8:5
요한복음 8:5
Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?"
Yohanes 9:28
John 9:28
요한복음 9:28
Sambil mengejek mereka berkata kepadanya: "Engkau murid orang itu tetapi kami murid-murid Musa.
Yohanes 9:29
John 9:29
요한복음 9:29
Kami tahu, bahwa Allah telah berfirman kepada Musa, tetapi tentang Dia itu kami tidak tahu dari mana Ia datang."
Kisah Para Rasul 3:22
Acts 3:22
사도행전 3:22
Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.
Kisah Para Rasul 6:4
Acts 6:4
사도행전 6:4
dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."
Kisah Para Rasul 6:11
Acts 6:11
사도행전 6:11
Lalu mereka menghasut beberapa orang untuk mengatakan: "Kami telah mendengar dia mengucapkan kata-kata hujat terhadap Musa dan Allah."
Kisah Para Rasul 6:14
Acts 6:14
사도행전 6:14
sebab kami telah mendengar dia mengatakan, bahwa Yesus, orang Nazaret itu, akan merubuhkan tempat ini dan mengubah adat istiadat yang diwariskan oleh Musa kepada kita."
Kisah Para Rasul 7:20
Acts 7:20
사도행전 7:20
Pada waktu itulah Musa lahir dan ia elok di mata Allah. Tiga bulan lamanya ia diasuh di rumah ayahnya.
Kisah Para Rasul 7:22
Acts 7:22
사도행전 7:22
Dan Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir, dan ia berkuasa dalam perkataan dan perbuatannya.
Kisah Para Rasul 7:27
Acts 7:27
사도행전 7:27
Tetapi orang yang berbuat salah kepada temannya itu menolak Musa dan berkata: Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim atas kami?
Kisah Para Rasul 7:29
Acts 7:29
사도행전 7:29
Mendengar perkataan itu, larilah Musa dan hidup sebagai pendatang di tanah Midian. Di situ ia memperanakkan dua orang anak laki-laki.
Kisah Para Rasul 7:31
Acts 7:31
사도행전 7:31
Musa heran tentang penglihatan itu, dan ketika ia pergi ke situ untuk melihatnya dari dekat, datanglah suara Tuhan kepadanya:
Kisah Para Rasul 7:32
Acts 7:32
사도행전 7:32
Akulah Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Ishak dan Yakub. Maka gemetarlah Musa, dan ia tidak berani lagi melihatnya.
Kisah Para Rasul 7:35
Acts 7:35
사도행전 7:35
Musa ini, yang telah mereka tolak, dengan mengatakan: Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim? --Musa ini juga telah diutus oleh Allah sebagai pemimpin dan penyelamat oleh malaikat, yang telah menampakkan diri kepadanya di semak duri itu.
Kisah Para Rasul 7:37
Acts 7:37
사도행전 7:37
Musa ini pulalah yang berkata kepada orang Israel: Seorang nabi seperti aku ini akan dibangkitkan Allah bagimu dari antara saudara-saudaramu.
Kisah Para Rasul 7:38
Acts 7:38
사도행전 7:38
Musa inilah yang menjadi pengantara dalam sidang jemaah di padang gurun di antara malaikat yang berfirman kepadanya di gunung Sinai dan nenek moyang kita; dan dialah yang menerima firman-firman yang hidup untuk menyampaikannya kepada kamu.
Kisah Para Rasul 7:40
Acts 7:40
사도행전 7:40
Kepada Harun mereka berkata: Buatlah untuk kami beberapa allah yang akan berjalan di depan kami, sebabMusa ini yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir--kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.
Kisah Para Rasul 7:44
Acts 7:44
사도행전 7:44
Kemah Kesaksian ada pada nenek moyang kita di padang gurun, seperti yang diperintahkan Allah kepadaMusa untuk membuatnya menurut contoh yang telah dilihatnya.
Kisah Para Rasul 13:39
Acts 13:39
사도행전 13:39
Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.
Kisah Para Rasul 15:1
Acts 15:1
사도행전 15:1
Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: "Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan."
Kisah Para Rasul 15:5
Acts 15:5
사도행전 15:5
Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: "Orang-orang bukan Yahudi harus disunat dan diwajibkan untuk menuruti hukum Musa."
Kisah Para Rasul 15:21
Acts 15:21
사도행전 15:21
Sebab sejak zaman dahulu hukum Musa diberitakan di tiap-tiap kota, dan sampai sekarang hukum itu dibacakan tiap-tiap hari Sabat di rumah-rumah ibadat."
Kisah Para Rasul 21:21
Acts 21:21
사도행전 21:21
Tetapi mereka mendengar tentang engkau, bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsa lain untuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka jangan menyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut adat istiadat kita.
Kisah Para Rasul 26:22
Acts 26:22
사도행전 26:22
Tetapi oleh pertolongan Allah aku dapat hidup sampai sekarang dan memberi kesaksian kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar. Dan apa yang kuberitakan itu tidak lain dari pada yang sebelumnya telah diberitahukan oleh para nabi dan juga oleh Musa,
Kisah Para Rasul 28:23
Acts 28:23
사도행전 28:23
Lalu mereka menentukan suatu hari untuk Paulus. Pada hari yang ditentukan itu datanglah mereka dalam jumlah besar ke tempat tumpangannya. Ia menerangkan dan memberi kesaksian kepada mereka tentang Kerajaan Allah; dan berdasarkan hukum Musa dan kitab para nabi ia berusaha meyakinkan mereka tentang Yesus. Hal itu berlangsung dari pagi sampai sore.
Roma 5:14
Romans 5:14
로마서 5:14
Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.
Roma 9:15
Romans 9:15
로마서 9:15
Sebab Ia berfirman kepada Musa: "Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati."
Roma 10:5
Romans 10:5
로마서 10:5
Sebab Musa menulis tentang kebenaran karena hukum Taurat: "Orang yang melakukannya, akan hidup karenanya."
Roma 10:19
Romans 10:19
로마서 10:19
Tetapi aku bertanya: Adakah Israel menanggapnya? Pertama-tama Musa berkata: "Aku menjadikan kamu cemburu terhadap orang-orang yang bukan umat dan membangkitkan amarahmu terhadap bangsa yang bebal."
1 Korintus 7:32
1 Corinthians 7:32
고린도전서 7:32
Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan, bagaimana Tuhan berkenan kepadanya.
1 Korintus 7:33
1 Corinthians 7:33
고린도전서 7:33
Orang yang beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan isterinya,
1 Korintus 7:34
1 Corinthians 7:34
고린도전서 7:34
dan dengan demikian perhatiannya terbagi-bagi. Perempuan yang tidak bersuami dan anak-anak gadis memusatkan perhatian mereka pada perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus. Tetapi perempuan yang bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan suaminya.
1 Korintus 9:9
1 Corinthians 9:9
고린도전서 9:9
Sebab dalam hukum Musa ada tertulis: "Janganlah engkau memberangus mulut lembu yang sedang mengirik!" Lembukah yang Allah perhatikan?
1 Korintus 10:2
1 Corinthians 10:2
고린도전서 10:2
Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.
2 Korintus 3:7
2 Corinthians 3:7
고린도후서 3:7
Pelayanan yang memimpin kepada kematian terukir dengan huruf pada loh-loh batu. Namun demikian kemuliaan Allah menyertainya waktu ia diberikan. Sebab sekalipun pudar juga, cahaya muka Musa begitu cemerlang, sehingga mata orang-orang Israel tidak tahan menatapnya. Jika pelayanan itu datang dengan kemuliaan yang demikian
2 Korintus 3:13
2 Corinthians 3:13
고린도후서 3:13
tidak seperti Musa, yang menyelubungi mukanya, supaya mata orang-orang Israel jangan melihat hilangnya cahaya yang sementara itu.
2 Korintus 3:15
2 Corinthians 3:15
고린도후서 3:15
Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.
2 Timotius 3:8
2 Timothy 3:8
디모데후서 3:8
Sama seperti Yanes dan Yambres menentang Musa, demikian juga mereka menentang kebenaran. Akal mereka bobrok dan iman mereka tidak tahan uji.
Ibrani 3:2
Hebrews 3:2
히브리서 3:2
yang setia kepada Dia yang telah menetapkan-Nya, sebagaimana Musapun setia dalam segenap rumah-Nya.
Ibrani 3:3
Hebrews 3:3
히브리서 3:3
Sebab Ia dipandang layak mendapat kemuliaan lebih besar dari pada Musa, sama seperti ahli bangunan lebih dihormati dari pada rumah yang dibangunnya.
Ibrani 3:5
Hebrews 3:5
히브리서 3:5
Dan Musa memang setia dalam segenap rumah Allah sebagai pelayan untuk memberi kesaksian tentang apa yang akan diberitakan kemudian,
Ibrani 3:16
Hebrews 3:16
히브리서 3:16
siapakah mereka yang membangkitkan amarah Allah, sekalipun mereka mendengar suara-Nya? Bukankah mereka semua yang keluar dari Mesir di bawah pimpinan Musa?
Ibrani 7:14
Hebrews 7:14
히브리서 7:14
Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku ituMusa tidak pernah mengatakan suatu apapun tentang imam-imam.
Ibrani 8:5
Hebrews 8:5
히브리서 8:5
Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di sorga, sama seperti yang diberitahukan kepada Musa, ketika ia hendak mendirikan kemah: "Ingatlah," demikian firman-Nya, "bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu."
Ibrani 9:19
Hebrews 9:19
히브리서 9:19
Sebab sesudah Musa memberitahukan semua perintah hukum Taurat kepada seluruh umat, ia mengambil darah anak lembu dan darah domba jantan serta air, dan bulu merah dan hisop, lalu memerciki kitab itu sendiri dan seluruh umat,
Ibrani 10:28
Hebrews 10:28
히브리서 10:28
Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi.
Ibrani 11:23
Hebrews 11:23
히브리서 11:23
Karena iman maka Musa, setelah ia lahir, disembunyikan selama tiga bulan oleh orang tuanya, karena mereka melihat, bahwa anak itu elok rupanya dan mereka tidak takut akan perintah raja.
Ibrani 11:24
Hebrews 11:24
히브리서 11:24
Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun,
Ibrani 12:21
Hebrews 12:21
히브리서 12:21
Dan sangat mengerikan pemandangan itu, sehingga Musa berkata: "Aku sangat ketakutan dan sangat gemetar."
Yudas 1:9
Jude 1:9
유다서 1:9
Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayatMusa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"
Wahyu 15:3
Revelation 15:3
요한계시록 15:3
Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 3:04 pm

sekilas info,
di sini juga ada, bagian PL yang bisa terkait dengan PB.
Zakharia 12:10
Zechariah 12:10
스가랴 12:10
Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.
Yohanes 19:37
John 19:37
요한복음 19:37
Dan ada pula nas yang mengatakan: "Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam."
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 5:03 pm

sekilas info, kutipan dari : https://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=mesias



Kristus [kecil]


TB- Terjemahan Yunani dari kata Ibrani Masyiakh atau Mesias (Al-masih), artinya: "yang diurapi oleh Tuhan". Yesus disebut Kristus karena Dialah yang dipilih Allah menjadi Penyelamat dan Tuhan. Akhirnya Kristus juga menjadi nama diri untuk Yesus.
BIS- Terjemahan Yunani dari kata Ibrani "Mesias". Nama itu berarti "Yang diurapi Allah". Yesus diberi gelar Kristus karena Ialah yang dipilih dan diutus oleh Allah untuk menjadi Penyelamat dan Tuhan. (Lihat Raja Penyelamat --> 20644, dan Lihat Anak Manusia --> 19715.)


Mesias [kecil]


TB- Lihat Kristus --> 20942


Raja Penyelamat [kecil]


BIS- Kata Ibrani untuk ungkapan ini ialah: "Mesias". Kata ini adalah sebuah gelar yang berarti "Dia yang diurapi"; gelar ini diberikan kepada Penyelamat yang kedatangan-Nya dijanjikan oleh nabi-nabi bangsa Yahudi. Lihat Kristus --> 20942.


Mesias [haag]


Mesias.
Bentuk kata Aram yang di-yunani-kan dari Mesyiha (: yang diurapi) dan hanya ditemukan pada [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yoh 1:41;4:25&tab=text]Yoh 1:41; 4:25[/url]. Dalam arti tadi maka kata tersebut dipakai:

[list=no_number]
[*](1) Bagi raja yang sedang memerintah, yang pada saat pengangkatannya diurapi dengan minyak (1Sam 10:12Sam 2:41Raj 1:39dbtl.). Urapan itu melambangkan hubungan istimewa dengan Allah dan memberi kekuasaan illahi. Oleh sebab itu raja disebut "yang diurapi oleh Yahwe". Ia tidak boleh dijamah (1Sam 24:72Sam 1:14 dbtl.).
[*](2) Sebutan bagi Imam Agung ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Im 4:3,5,16&tab=text]Im 4:3,5,16[/url]), sebab ia juga diurapi, analog dengan para raja (Bdk.: Kel 29:7Im 8:12).
[*](3) Sebutan bagi --> Nenek-moyang Isr. (1Taw 16:22Mazm 105:15) untuk menyatakan hubungannya dengan Allah.
[*](4) Sebutan bagi Penebus yang dijanjikan dalam kitab-kitab baru sejak abad 1 sebelum Mas., terkecuali dalam Mazm 2:2.
[/list]



ALLAH [browning]

Dalam Alkitab ada 'orang-orang *bodoh' yang tidak percaya kepada Allah (Mzm. 14:1), bukan berdasar pada pertimbangan argumen rasional, melainkan berdasar pada kehidupan mereka yang rusak dan egois. Karena itu, ateisme eksistensialis modern seperti Jean-Paul Sartre atau kaum positivis yang mempertahankan bahwa kita memiliki akses kepada pengetahuan hanya melalui pengetahuan empiris, tidak dikenal dalam PL, maupun dalam PB. Allah adalah yang ada dan akan ada (Kel. 3:14); kata kerja Ibraninya menunjukkan manifestasi kebiasaan. Inilah *penyataan pertama dalam sumber *E *Pentateukh mengenai nama ilahi. Hal ini menyiratkan bahwa Allah dapat dikenal hanya jika Ia menghadirkan diri kepada manusia, dan manusia menanggapinya. Allah dalam Alkitab dipahami sebagai yang omnipoten (berkuasa di mana-mana), omnisiens (serba mengetahui), dan benar-benar pencipta yang baik atas segala sesuatu yang ada. Seperti dalam agama-agama lain, diharapkan bahwa ketaatan kepada Allah akan membawa kesejahteraan personal dan nasional serta terhindar dari bencana. Ketaatan tersebut dilakukan dalam cara hidup yang telah ditentukan, seperti makan makanan tertentu, yang menimbulkan perasaan solidaritas. Dalam PL *Taurat berisi hukum ritual dan perilaku etis, dan itu semua dianggap langsung berasal dari Allah. Dengan demikian, bagi umat Israel, percaya kepada Allah berarti harus pula ambil bagian dalam kehidupan persekutuan dan upacara-upacaranya. Orang Ibrani tidak tiba pada *monoteismenya tanpa masa persiapan panjang -- dari suatu lingkungan politeistik, melalui *henoteisme (ketika Israel menyembah Allah yang esa, namun mengakui keberadaan ilah-ilah bangsa lain), hingga monoteisme etis. Perbedaan antara Yahweh dan ilah-ilah lain yang berawal pada abad ke-9 sM dipertajam oleh *Hosea pada abad ke8 sM. Pada abad ke-7 sM ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 13:6-11&tab=text]Ul. 13:6-11[/url]) orang-orang Israel yang setia harus memberitahu sanak familinya yang menyembah ilah-ilah lain. Selama masa pembuangan, iman kepada Yahweh sebagai satu-satunya Allah, pencipta hal yang baik dan yang jahat, diterima oleh *Deutero Yesaya (Yes. 45:7). Yahweh diakui sebagai Pencipta seluruh alam semesta, namun juga sebagai keberadaan tertinggi, yang dengan ramah masuk ke dalam *perjanjian dengan umat-Nya. Gambaran-gambaran untuk melukiskan Allah adalah raja, bapa, dan *gembala: berjenis kelamin maskulin; namun dalam literatur yang lebih kemudian personifikasi *Hikmat sebagai penyataan Allah menunjukkan bahwa jenis kelamin feminin bukanlah hal yang asing bagi konsepsi PL tentang Allah -- karena kata Ibrani untuk 'Hikmat' berjenis kelamin feminin; dan aktivitas Allah kadang-kadang digambarkan dengan istilah-istilah khas perempuan (Yes. 66:13). Allah yang transenden adalah juga Allah yang berkenan merendahkan diri untuk diam di tengah umat-Nya. Orang Ibrani percaya bahwa 'Kemah Allah' adalah hadirat Allah di tengah-tengah mereka dan pada waktunya Allah diam di Bait-Nya. Allah dianggap sebagai Allah yang menuntut kebenaran dan keadilan, dan murkaNya akan ditimpakan kepada mereka yang tidak taat kepada-Nya. Namun, tidak benar bahwa Allah PL terutama adalah Allah yang menjatuhkan hukuman dan Allah yang mengerikan bagi orang-orang berdosa, sedangkan Allah PB terutama adalah Allah yang berbelas kasih dan pengampun. Kontras antara PL dan PB dilukiskan secara berlebihan oleh bidat *Marcion !!(+/- 150 M!!). Gereja Kristen selalu mempertahankan bahwa Allah Israel, Bapa Yesus, adalah Allah yang juga disembah oleh umat Kristen. Terdapat kontinuitas konsep. Namun, perubahan mendasar konsep alkitabiah tentang Allah adalah bahwa bagi umat Kristen tempat penyataan diri Allah yang utama sekarang adalah dalam diri Yesus Kristus (Mat. 1:23Yoh. 14:9). Allah dalam PB tetaplah Allah PL, yang kudus dan transenden, namun dipercayai bahwa Yesus telah menunjukkan dalam kehidupan manusia bahwa pada dasarnya Allah adalah *kasih. Pengalaman umat Kristen lebih lanjut menyebabkan timbulnya doktrin *Trinitas, yang isyarat-isyaratnya sudah terdapat dalam PB (mis. Mat. 28:19). Bahasa Paulus tentang partisipasi orang beriman dalam *Roh Kudus (2Kor. 13:13) mungkin diuraikan oleh doktrin kemudian tentang Roh Kudus sebagai 'hypostasis' ('pribadi') yang berbeda dalam keberadaan Allah. Dalam Alkitab ada beberapa nama diberikan bagi Allah. Kata Ibrani El sering digunakan dalam bentuk jamak (plural) *Elohim. Ia dipertentangkan dengan berhala Baal dalam sejarah Deuteronomis dan dalam Hos. 2. 'Yahweh' terdapat hampir 6.000 kali dalam PL, namun dalam naskah *Masoretik (abad ke-6 M) vokal dari Adonai('Tuhanku') dimasukkan ke dalam nama Yahweh yang tak terkatakan itu, maka bahasa Inggrisnya menjadi Yehovah. Frasa Yahweh Sebaoth' (Tuhan bala tentara) dalam PL ditemukan 279 kali, paling sering dalam kitab nabi-nabi. Semula nama ini dihubungkan dengan 'pasukan perang', namun kemudian berarti tindakan Yahweh yang berkuasa mengatur alam semesta dan peruntungan manusia. PB tak pernah menyangkal kekudusan Allah (banyak ditekankan dalam PL), namun lebih suka menggunakan ungkapan yang menunjukkan kesetiaan (1Kor. 1:9), hikmat (Rm. 16:27), dan *kebenaran-Nya (Yoh. 3:33). Ia adalah Allah *perdamaian (1Tes. 5:23), *pengharapan (Rm. 15:13), dan di atas semua itu, *kasih (2Kor. 13:11, dan Yoh. 3:161Yoh. 4:8). Konsep Alkitab tentang Allah sebagai yang mahakuasa (mis. Mat. 26:53), dan bahwa kemahakuasaan-Nya dapat campur tangan langsung dalam segala persoalan dunia ini, sekarang harus dimodifikasi dengan pengakuan bahwa ada keterbatasan yang dikenakan pada kemahakuasaan ilahi. Menurut pengakuan tersebut, perjalanan alam semesta dapat diperkirakan dan itulah dasar yang diperlukan bagi kebebasan dan tanggung jawab manusia. Kuasa Allah dapat dipahami dalam kasih-Nya yang menderita, pengosongan diri-Nya yang benar-benar memberi kekuatan kepada apa yang diciptakan-Nya; melebihi penciptanya. Allah benar-benar telah bertindak dalam dunia (seperti dipertahankan oleh Alkitab), namun arti yang lebih dalam bahwa Dia telah menciptakan suatu dunia yang beraturan, bertata nilai, dan berasionalitas -- yang dengannya kita dapat memahami gagasan tentang ketuhanan.

njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 5:05 pm

sekilas info, lanjutan, kutipan dari : https://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=mesias


KRISTUS [browning]

Terjemahan dari Khristos yang digunakan dalam *LXX untuk kata Ibrani Mesias, yang berarti 'yang diurapi'. Semula kata ini dikenakan kepada raja yang telah diurapi, seperti *Daudoleh *Samuel (1Sam. 16:13), dan pengganti-penggantinya (Mzm. 2:2Dan. 9:25). Dalam PB dikenakan kepada Yesus sebagai sosok yang menggenapi harapan-harapan PL (Luk. 2:11). 'Kristus' begitu sering dikenakan kepada Yesus, sebagai Mesias, sehingga seakan-akan menjadi nama keluarga yang dilekatkan pada Yesus (Yoh. 1:17).

MESIAS [browning]

Kata Ibrani yang berarti 'yang diurapi', orang yang akan menjadi *juruselamat umatnya. Dalam PL digunakan baik untuk raja-raja dan untuk imam-imam, terutama Raja Daud dan para penggantinya, tetapi juga untuk *Koresy (Yes. 45:1). Dalam pengharapan eskhatologis nabi-nabi, diharapkan seorang raja yang kelak akan memerintah dalam keadilan dan dalam damai ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 11:1-5&tab=text]Yes. 11:1-5[/url]), namun kata 'mesias' itu sendiri tidak ditemukan dalam tulisan-tulisan mereka. *Gulungan Laut Mati menunjuk pada kedatangan dua tokoh imamat dalam tradisi *Melkisedek, yang menyatakan kedua fungsi itu, yaitu raja dan imam, dalam dirinya. Pada perumpamaan-perumpamaan Kitab Henokh (Henokh 37-71), dari pertengahan abad pertama M, ada pula disebut seorang Mesias yang adalah *Anak Manusia surgawi. Jadi, inti referensinya adalah Allah yang turun tangan dalam sejarah manusia dengan mengutus utusan-Nya. Para pembaca Kristen kemudian mendapatkan petunjuk-petunjuk dalam PL bahwa Mesias ini harus menderita (mis. [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 22:5-7&tab=text]Mzm. 22:6-8[/url]). Dalam PB 'mesias' Ibrani ini menjadi 'Kristus' (bah. Yunani: Christos). Tetapi petunjuk kepada Yesus sebagai Mesias sangat jarang terdapat dalam Injil-injil Sinoptik. Sedikitnya petunjuk ini mencerminkan tradisi bahwa Yesus sendiri tidak suka memakai gelar-gelar seperti ini untuk diriNya sendiri. Sekalipun demikian, cerita masuknya Yesus ke Yerusalem ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mrk 11:1-10&tab=text]Mrk. 11:1-10[/url]) dan pemurnian Bait Allah ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mrk 11:15-19&tab=text]Mrk. 11:15-19[/url]) memperlihatkan adanya pengertian pada-Nya tentang pembebasan umat-Nya, seperti dinubuatkan *Maleakhi (3:1). Waktu Yesus disebut Kristus oleh Petrus, Petrus ditegur (Mrk. 8:29) dan disuruh diam mengenai hal itu. Hanya pada *pengadilanNya Yesus mengiakan pertanyaan-pertanyaan Imam Besar mengenai kemesiasan itu (Mrk. 14:61 dst.). Dalam Mat. 26:64, jawaban Yesus itu berbunyi: 'engkau telah menyatakannya', yang mengecilkan artinya untuk pengadilan-Nya sekarang, tetapi segera Yesus pasti akan menerima kedudukan yang mengukuhkan kehormatan mesianikNya 'di sebelah kanan Allah'. Suatu ucapan penghujatan yang tidak memerlukan bukti lain dalam pengadilan. Jawaban Yesus kepada *Pilatus (Mat. 27:11) juga merupakan pengakuan kemesiasan-Nya, tetapi tanpa penjelasan atau pembenaran -- kecuali dalam Injil (Yohanes 18:36) ada pernyataan: 'Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini'. Pada waktu kebanyakan anggota Gereja tidak lagi berkebangsaan Yahudi, sebutan 'Kristus' kehilangan anti aslinya sebagai Mesias, yang diurapi. Orang-orang bukan Yahudi tidak berkepentingan akan seorang Mesias, yang akan membangun kembali kerajaan Israel. Maka Kristus menjadi kata sifat untuk Yesus (mungkin dicampuradukkan dengan kata 'Chrestos', yang berarti 'baik'). Kemudian Kristus ini menjadi nama kecil. Malah Paulus, yang adalah seorang Yahudi, sudah mulai menggunakan sebutan 'Kristus' sebagai ganti nama Yesus, atau digabungkan bersamanya.

ALLAH [ensiklopedia]


Bagi pengertian Kristen, Alkitab adalah satu-satunya sumber ajaran tentang Allah. Dalam Alkitab kita menemukan penyataan Allah tentang diriNya sendiri.
I. Kata-kata Ibrani untuk Allah
a. 'el, 'eloah, 'elohim
Sebutan el berakar pada suatu kata yg berarti kekuatan atau tenaga. Dengan arti ini el digunakan dalam PL untuk manusia, dan secara abstrak digunakan untuk benda, selain untuk Allah. Apabila mengacu kepada Allah, maka kata itu sering dirangkai dengan julukan seperti 'Yg Mahakuasa', misalnya el-shaddai, Allah Yg Mahakuasa, atau Maha sempurna. Kata eloah (jarang digunakan kecuali dlm puisi) dan elohim juga digunakan; bentuk jamaknya, elohim, lazim digunakan. Ada yg melihat penggunaan bentuk jamak ini sebagai sisa politeisme, yg lain melihatnya sebagai tanda yg mengacu kepada Trinitas. Tapi lebih mungkin ialah contoh penggunaannya yg lazim dalam bh Ibrani, dimana penggunaan bentuk jamak dimaksudkan untuk mengintensifkan atau memperluas gagasan yg dikemukakan dalam bentuk tunggal. Dengan demikian elohim mengarahkan perhatian kepada kepenuhan Allah yg tak kunjung habis, kepada kelimpahan hidup di dalam Allah.
b. Yahweh
Nama ini, sering ditulis Jehovah, diterjemahkan 'TUHAN' dalam Alkitab terjemahan LAI. Yahweh adalah nama diri Allah, seperti Elohim adalah nama umum bagi Allah. Jadi pada khususnya Yahweh adalah nama dari Allah yg hidup yg dinyatakan oleh Alkitab. Asal mulanya tidak pasti, meskipun mungkin berasal dari kata dasar hwh atau hyh, yg mengandung pengertian 'eksistensi yg mandiri dan tidak bermuasal'. Ketika pertama kalinya dinyatakan kepada Musa dari nyala api yg keluar dari semak duri ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Kel 3:11-15&tab=text]Kel 3:11-15[/url]), api yg berasal dari dirinya sendiri dan bukan dari sekelilingnya, adalah pertanda dari eksistensi yg mandiri.
Penyingkapan Allah tentang arti nama 'AKU ADALAH AKU', atau mungkin lebih tepat 'AKU AKAN ADA YANG AKU AKAN ADA', mengumumkan kesetiaan Allah dan Allah yg tidak pernah berubah. Ia tetap sama, kemarin, hari ini dan selama-lamanya. SementaraKel 6:3 nampaknya mengemukakan bahwa nama Yahweh belum dikenal sebelumnya, sedang dalam terang [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Kej 15:7;28:13&tab=text]Kej 15:7; 28:13[/url] sudah diperkenalkan, maka Kel 6:3 mengartikan bahwa Nama itu belum dinyatakan sebelumnya dalam pengertian yg sebenarnya dan dalam makna kualitasnya. Perlu diperhatikan bahwa dalam penyataan ini Yahweh menyatakan diriNya bukan sebagai Allah yg baru atau Allah yg asing, sesungguhnya tidak ada yg lain, kecuali 'Yahweh, Allah nenek moyangmu' (Kel 3:16).
c. 'adonay
Ini juga bentuk jamak, mengacu kepada Allah sebagai penuh kehidupan dan kuasa. Artinya 'Tuhan', atau dalam bentuknya yg lebih diperkuat, 'Tuhan dari segala tuan', dan 'Tuhan semesta', yg menunjukkan Allah sebagai Pemerintah yg kepada-Nya segala sesuatu tunduk dan kepada-Nya manusia dihubungkan sebagai hamba (Kej 18:27). Sebutan ini paling disukai oleh para penulis Yahudi di kemudian hari, dan nama itulah yg diambil untuk mewakili nama suci YHWH.
Anggapan bahwa pemakaian nama-nama ini menunjukkan adanya perbedaan antara Allah yg lebih tinggi dan yg lebih rendah dalam pemikiran penulis-penulis PL, tidak cocok dengan fakta-fakta, dan apabila hal itu dijadikan patokan bagi penentuan sumber-sumber maka akan menyebabkan kekacauan belaka. Memang penulis-penulis PL menekankan aspek-aspek yg berbeda tentang sifat Allah, tapi hal ini tidak mendukung pandangan evolusioner tentang agama Israel yg berkembang dari polidemonisme sampai kepada monoteisme. Kecenderungan umum yg berlaku di Israel ialah arah yg sebaliknya, yaitu mundur dari`monoteisme murni dan menerima pengaruh politeisme dari bangsa-bangsa di sekitarnya. Walaupun terdapat perkembangan sejarah tentang penyataan din Allah kepada Israel, sifat dasar dan tabiat-Nya tetap tidak pernah berubah selama-lamanya.
Allah yg dinyatakan oleh Kitab Suci adalah Allah Yg Hidup, berpribadi, yg sendirinya ada dan tidak dijadikan, sadar akan diriNya, Pencipta alam semesta, Sumber kehidupan dan berkat. Kehidupan-Nya, sifat-Nya dan kehendak-Nya adalah tema-tema pokok yg menjiwai pemikiran-pemikiran para penulis Alkitab.
II. Keberadaan Allah
Adalah benar bahwa Alkitab tidak pernah membicarakan keberadaan Allah terlepas dari sifat-sifat-Nya, karena Allah adalah Apa yg Ia sendiri nyatakan tentang diriNya. Tapi adalah mungkin untuk memikirkan keberadaan Allah dalam hubungan dengan keberadaan kita manusia, atau dari segi kesamaan maupun kebalikannya, sekalipun hakikatnya tetap tak dapat dipahami. Dapat dikatakan bahwa Allah adalah Roh, Roh Sejati, berpribadi dan tidak terbatas.
Menurut penyataan Kristus kepada wanita Samaria, Allah adalah Roh (Yoh 4:24), dan kita harus memahami Dia sebagai Roh Sejati, dengan pengertian bahwa Ia bukanlah kumpulan atau terdiri dari bagian-bagian, melainkan tanpa tubuh atau wujud jasmaniah, dan justru tak dapat dilihat dengan indra jasmaniah (Yoh 1:18).
Alkitab juga jelas menyatakan bahwa Allah adalah Roh, berpribadi, rasional, sadar akan diriNya, mengambil keputusan dari diriNya, dan pelaku moral yg piawai. Allah adalah Akal yg tertinggi, dan sumber dari segala rasionalitas yg ada dalam seluruh ciptaan-Nya.
Allah adalah Roh Yg Mahakuasa, tanpa ikatan dan batasan apa pun atas keberadaan-Nya atau atas salah satu sifatNya, dan setiap aspek dan unsur dari kodrat-Nya tidak terbatas. Terkait dengan waktu, ke-'tanpa-batas'-an-Nya disebut kekekalan. Terkait dengan ruang atau tempat Ia disebut omnipresen (hadir di mana-mana). Terkait dengan semesta alam Ia dinyatakan baik transenden maupun immanen. Yg dimaksud dengan Allah yg transenden ialah, keterlepasan-Nya dari seluruh ciptaan-Nya sebagai Pribadi yg berdaulat dan bebas bertindak sendiri dan yg 'ada hadir' sendirinya. Ia tidak dikungkung oleh alam, tapi tanpa batas Ia diagungkan di atasnya. Bahkan bagian-bagian Alkitab yg secara khas menyingkap manifestasi-Nya yg temporal dan lokal menekankan keagungan-Nya dan kemahakuasaan-Nya (omnipoten) sebagai Pribadi luar dunia, Pencipta dan Hakim Yg Mahakuasa (bnd [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 40:12-17&tab=text]Yes 40:12-17[/url]).
Yg dimaksud dengan Allah yg immanen ialah kehadiran dan kuasa-Nya yg senantiasa berlaku dalam ciptaan-Nya. Ia tidak berdiri jauh dari dunia, tidak masa bodoh dan berpangku tangan menonton dari jauh hasil karya ciptaan-Nya; Ia merasuki segala sesuatu yg organik dan yg anorganik, bertindak dari dalam ke luar, dari titik pusat setiap atom dan dari sumber paling dalam pikiran dan kehidupan dan perasaan, yaitu suatu rangkaian bersinambungan, dari sebab dan akibat. Dalam Yes 57:15 terdapat ungkapan tentang Allah yg transenden sebagai 'Yg Mahatinggi dan Yg Mahamulia, yg bersemayam untuk selamanya dan Yg Mahakudus namaNya', dan tentang Dia yg immanen sebagai 'Yg juga bersama-sama orang yg remuk dan rendah hati'.
III. Sifat-sifat Allah
Jika Allah adalah Pribadi, maka sebagai pelaku moral Ia memiliki tabiat. Jadi kita dapat berbicara tentang sifat-sifat yg dapat dihubungkan dengan tabiat Allah. Sekalipun tidak ada sifat yg dapat menjelaskan keadaan Allah, namun sifat-sifat yg sedemikian banyak dikemukakan dalam Alkitab memberikan penjelasan yg memadai tentang transendensi dan immanensi-Nya. Tapi haruslah diingat bahwa sifat-sifat Allah adalah tercakup dalam keberadaan-Nya, justru sifat-sifat-Nya itu adalah koeksistensif dengan kodrat-Nya.
Di dalam Allah sifat-sifat dan keberadaan adalah satu. Di dalam manusia tidak demikian halnya. Sifat-sifat manusia -- karena dia makhluk -- adalah terbatas. Di dalam manusia ada perbedaan antara keberadaan, kehidupan, pengetahuan dan kemauan. Yg sangat kita harapkan ialah keempat hal tersebut dapat berimbang. Dalam ihwal Allah, sifat-sifat-Nya tetap berdaya rasuk dan masing-masing tidak terhingga dan tanpa batas. Sebagai contoh, tak dapat dikatakan bahwa Allah adalah sebagian kasih dan sebagian adil karena seantero diriNya adalah kasih dan sekaligus seantero diriNya adalah adil. Setiap sifat Allah pada diriNya adalah Allah sendiri, dan Allah diekspresikan sepenuhnya dalam setiap sifat-Nya itu. Manusia tetap manusia sekalipun ia tidak memiliki salah satu sifat manusia tertentu: Allah bukanlah Allah tanpa segenap sifat-Nya.
Adalah tepat membagi sifat-sifat Allah dalam dua jenis. Pertama, sifat-sifat yg dapat dikomunikasikan atau diberikan atau diteruskan; dan yg kedua, sifat-sifat yg tidak dapat dikomunikasikan (kadang-kadang disebut sebagai 'berhubungan' dan 'tidak berhubungan'). Sifat-sifat yg dapat dikomunikasikan (dlm batas tertentu) kepada makhluk ciptaan-Nya yg berakal dan berbudi pekerti, antara lain ialah: kebijaksanaan, kebaikan, kebenaran, keadilan, kasih -- yakni sifat-sifat yg menyatakan immanensi Allah. Sifat-sifat yg tidak dapat dikomunikasikan atau diteruskan ialah: kesempurnaan Allah yg tidak mempunyai kesamaan dalam (diri) manusia -- misalnya: Allah tidak diciptakan, tidak berubah, mahatahu, kekal -- yakni sifat-sifat yg menekankan transendensi-Nya. Kendati demikian, sifat-sifat terakhir ini dapat dimengerti.
Yg dimaksud dengan ihwal 'tidak diciptakan', ialah Allah mempunyai keberadaan-Nya sendiri -- berbeda dari semua makhluk ciptaan-Nya -- Ia tidak menggantungkan keberadaan-Nya kepada yg ada di luar diriNya sendiri.
Yg dimaksud dengan ketidakberubahan Allah, ialah Ia tidak memiliki perubahan apa pun dalam diriNya, dalam kesempurnaan-Nya, maksud-maksud-Nya dan janji-janjiNya. Semua saran tentang perubahan yg ditujukan kepadaNya dalam Alkitab adalah kata-kata kiasan, yg disesuaikan dengan sudut pandangan manusia biasa.
Yg dimaksud dengan keabadian-Nya, ialah Allah berada di atas batas-batas waktu, tanpa awal dan tanpa akhir, dan tanpa pergantian waktu. Hal ini akan lebih mudah dimengerti dengan mengingat bahwa waktu tidak ada baik di dan oleh dirinya sendiri, dan hanyalah merupakan iringan dari kejadian. Dalam Allah tidak ada waktu, tidak ada 'menjadi'; Ia adalah yg kekal 'Aku Ada', dan kekinian-Nya adalah kekal.
Yg dimaksud dengan kemahatahuan Allah dan kehadiran-Nya di mana-mana, ialah bahwa Ia berada di atas batas-batas tempat dan ruang. Pengetahuan Allah adalah bagian dari sifat-Nya dan tidak perlu dipelajari-Nya, berbeda dari hal setiap manusia. Justru pengetahuan-Nya adalah mutlak lengkap dan mutlak sempurna, dan mencakup waktu lampau, kini dan waktu yg akan datang. Kemahatahuan-Nya menyertai kehadiran-Nya di mana saja, sebab pengetahuan Allah meliputi kehadiran Allah di segala tempat dan ruang dan pada segala waktu. Bukan bahwa Allah berada di mana-mana, melainkan di mana-mana itulah Dia dan ada pada Dia. Lagipula, Ia utuh seluruhnya, bukan sebagian Dia saja, hadir di mana-mana.
Yg dimaksud dengan kemahakuasaan Allah, ialah sesuatu yg sangat berbeda dari kuasa yg ada pada manusia. Pada manusia kuasa adalah usaha kemauan yg memanfaatkan atau menggunakan kuasa yg telah tersedia ada sebelumnya; pada Allah kemahakuasaan adalah sifat yg memiliki daya cipta, suatu 'daya kemampuan' menciptakan segenap karya ciptaan yg ada dari yg tiada. Dalam Allah semua kuasa adalah kreatif.
Kekudusan dapat disebut sebagai sifat Allah yg paling khas, kemilau dari segala keberadaan-Nya. Dan kekudusan-Nya-lah yg paling khas memisahkan Dia dari segenap ciptaan-Nya -- karena hanya Dia yg kudus -- dan itulah pula yg membuat Dia tidak terhampiri dalam segala kesempurnaan-Nya. Kekudusan-Nya itulah semarak dan kemegahan intelektual dan moral-Nya, kemurnian etis yg olehnya Ia menyukai kebaikan dan membenci yg jahat (*KEKUDUSAN).
IV. Kehendak Allah
Kehendak atau kemauan Allah terutama menyatakan 'sifat menentukan sendiri' yg olehnya Allah bertindak sesuai kemahakuasaan-Nya dan ke-Allah-an-Nya yg abadi. Meskipun kehendak Allah tidak dapat dikatakan terbatas, kesempurnaan-Nya memberikan keyakinan bahwa Ia tidak akan pernah melakukan sesuatu apa pun yg bertentangan dengan tabiat-Nya. Para teolog membedakan kehendak Allah memutuskan sendiri, yg dengannya Ia memutuskan sendiri apa pun yg terjadi, dari kehendak-Nya menyuruh, yg dengannya Ia menugasi makhluk-makhluk-Nya melakukan tugas-tugas yg harus mereka lakukan. Dapat dimengerti, bahwa kehendak memutuskan sendiri selalu tuntas, sedangkan kehendak menyuruh sering tidak ditaati. Jika kita memikirkan kedaulatan kuasa kehendak Allah, kita mengakui bahwa kekuasaan tersebut memperlihatkan Allah sebagai dasar mutlak dari segala keberadaan, dan dasar mutlak dari segala sesuatu yg pernah terjadi, atau secara aktif menyebabkan sesuatu terjadi, atau secara pasif membolehkan sesuatu terjadi. Jadi, masuknya dosa ke dalam dunia dikaitkan dengan kehendak Allah yg bersifat membolehkan.
Ciri-ciri khas dari kehendak Allah ialah, di balik kehendak-Nya terdapat kebijaksanaan dan kekudusan-Nya yg tidak terbatas, dan kehendak-Nya itu dilaksanakan-Nya dengan penuh anugerah dan kebaikan, dan tindakan-Nya dilakukan tanpa syarat atau secara mutlak sebab kehendakNya itu tidak bergantung kepada sesuatu apa pun di luar Allah sendiri. Tujuan dari semuanya ini adalah untuk kemuliaan-Nya, atau dapat dikatakan, manifestasi dari kemuliaan-Nya di mana dalamnya terletak berkat sepenuhnya kepada makhluk-makhluk-Nya.
Segi kehendak Allah yg paling sering disinggung dalam Alkitab ialah tujuan-Nya yg berkuasa. Maksud dan tujuan Allah itu mencakup dan meliputi semuanya. Ini sesuai dengan kodrat Allah yg hakiki, sebab pengetahuan-Nya adalah langsung, serta merta dan lengkap, dan Ia tidak perlu menunggu terbentangnya peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian, tidak seperti manusia harus menunggunya. Jadi Ia sanggup mencakup segala hal dalam satu rencana. Dikatakan bahwa tujuan-Nya adalah bebas, berkuasa dan tidak berubah -- bebas dalam arti bahwa Ia tidak dapat di bawah pengaruh suatu apa pun atau oleh siapa pun di luar diriNya sendiri; Allah berkuasa sebab Ia mempunyai kemahakuasaan untuk melakukan maksud-maksud-Nya; Allah tidak berubah karena tidak ada perubahan dalam Allah, sebab perubahan mengacu kepada lemahnya kebijaksanaan dalam membuat rencana, atau kurangnya kuasa melaksanakan sesuatu. Justru dikatakan selanjutnya, sebab tidak akan ada keadaan darurat atau bahaya di luar dugaan, dan tidak ada kekurangan dalam batas kemampuan, maka dalam Dia tidak akan pernah ada penyebab mungkinnya terjadi perubahan.
Jika kita tidak mampu 'memadankan' kemahakuasaan Allah dengan tanggung jawab manusia, maka ketidakmampuan itu adalah sebab kita tidak mengerti pengetahuan Allah dan pemahaman-Nya tentang segala hukum yg menguasai tingkah laku manusia. Seantero Alkitab mengajarkan, bahwa seluruh kehidupan manusia dijalaninya atas topangan dan kekuatan yg berasal dari kuasa Allah 'yg di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada' (Kis 17:28), dan seperti burung bebas bergerak di udara dan ikan bebas hidup di laut, masing-masing di tempatnya yg sewajarnya, demikianlah manusia mempunyai kebebasan yg sebenarnya dalam kehendak Allah yg menciptakan dia bagi diriNya.
V. Kebapakan Allah
Penyataan Kristen tentang Allah ialah Allah sesungguhnya adalah Bapak. Sebutan itu paling sering dipakai oleh Yesus terhadap Allah. Dalam teologi Kristen sebutan Bapak terutama mengacu kepada Oknum Pertama dari Tritunggal. Tapi karena Oknum Pertama dianggap sebagai sumber dari Allah Yg Ilahi, yaitu yg melambangkan martabat, kehormatan, dan kemuliaan Tritunggal, maka sebutan Bapak kadang-kadang dipakai apabila menunjuk kepada Allah atau Allah Yg Mahatinggi (bnd 1 Ptr 1:17Yak 1:27; juga Yes 9:5, di mana Mesias disebut 'Bapak yg kekal' sebagai hunjukan kepada Allah Yg Mahatinggi).
Pengertian tentang Allah sebagai Bapak tidak berasal dari ajaran Yesus, walaupun Ia memberikan kepadanya konsep baru dan dalam. Pemikiran ini terdapat dalam PL dengan hubungan yg kreatif dan hubungan yg teokratif. Hubungan dasariah Allah kepada manusia yg Ia ciptakan dalam gambar-Nya, mendapat gambar padanan paling lengkap dan tepat pada hubungan alami itu yg meliputi pemberian hidup. Maleakhi mengajukan pertanyaan, 'Bukankah kita sekalian mempunyai satu Bapak, bukankah satu Allah menciptakan kita?' (2:10). Yesaya berseru, 'Sekarang, ya Tuhan, Engkaulah Bapak kami! Kamilah tanah liat dan Engkau-lah yg membentuk kami; dan kami sekalian adalah buatan tanganMu' (Yes 64:8).
Tapi dalam arti rohanilah terutama hubungan ini diajukan. Dalam Ibr 12:9 Allah disebut 'Bapak segala roh', dan dalam Bil 16:22 disebut 'Allah dari roh segala makhluk'. Paulus, ketika berbicara dari atas Areopagus, memakai pikiran ini untuk menekankan irasionalitas manusia rasional yg menyembah berhala-berhala dari kayu dan batu, dengan mengutip penyair Aratus ('Karena kita juga adalah keturunan') untuk menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk Allah. Jadi manusia sebagai makhluk adalah padanan dari ke-Bapak-an Allah pada umumnya. Tanpa Bapak Pencipta tidak ada warga manusia, tidak ada keluarga umat manusia.
Acuan atau sebutan Bapak dalam PL juga mengungkapkan hubungan perjanjian Allah kepada umat-Nya, Israel. Dalam pengertian ini hubungan tersebut adalah hubungan kolektif, bukan hubungan perseorangan. Israel sebagai umat perjanjian adalah anak Allah, justru ditantang untuk mengakui dan menanggapi hubungan Bapak -- anak ini, 'Jika Aku ini Bapak, dimanakah hormat yg kepada-Ku itu?' (Mal 1:6). Tapi karena hubungan perjanjian itu bersifat menyelamatkan dalam pengertian rohaninya, hubungan ini dapat dianggap sebagai pertanda penyataan ke-Bapak-an Allah dalam PB.
Dalam PB sebutan Bapak dipakai dalam pengertian khas dan sangat pribadi. Kristus memakainya terlebih dahulu, mengenai hubungan-Nya sendiri dengan Allah. Terdapat bukti mencolok bahwa hubungan ini adalah unik dan tidak dapat dibagikan dengan makhluk apa pun juga. Allah adalah BapakNya melalui kelahiran yg kekal, istilah yg menggambarkan hubungan hakiki dan abadi. Adalah penuh arti betapa Yesus dalam ajaran-Nya kepada ke-12 murid-Nya tidak pernah memakai sebutan 'Bapak kita', mencakup baik diriNya dan murid-murid-Nya. Dalam amanat-Nya setelah kebangkitan-Nya, Ia menunjukkan dua hubungan yg berbeda yaitu 'BapakKu dan Bapak-mu' (Yoh 20:17); tapi kedua hubungan tersebut terangkai sedemikian rupa, sehingga yg satu menjadi dasar bagi yg lain. Ia sebagai Anak, meskipun dalam tingkat yg sama sekali unik, adalah dasar dari status murid-murid sebagai anak.
Inilah hubungan yg menyelamatkan bagi semua orang percaya. Dalam konteks penyelamatan, hal ini dilihat dari dua segi, yaitu dari kedudukan mereka di dalam Kristus dan dari pekerjaan Roh Kudus yg membaharui di dalam mereka. Dari segi pertama, mereka -- dalam persekutuan yg hidup dengan Kristus -- diterima masuk ke dalam keluarga Allah dan dengan demikian diberikan segala hak istimewa sebagai anak; 'dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris' (Rm 8:17). Dari segi kedua, mereka dianggap sebagai dilahirkan ke dalam keluarga Allah melalui kelahiran kembali. Yg pertama adalah segi obyektif, sedangkan yg kedua adalah aspek subyektif. Oleh kedudukan mereka yg baru (pembenaran) dan hubungan (pengangkatan) kepada Allah Bapak di dalam Kristus, mereka diikutsertakan dalam kodrat ilahi (2 Ptr 1:4) dan dilahirkan ke dalam keluarga Allah.
Jelaslah bahwa ajaran Yesus tentang ke-Bapak-an Allah, membatasi hubungan itu terhadap umat-Nya yg percaya. Tidak pernah dilaporkan bahwa Ia menganggap hubungan ini terjadi antara Allah dan orang yg tidak percaya. Ia bukan hanya tidak mengisyaratkan Allah sebagai Bapak yg menyelamatkan semua orang, tapi Ia mengatakan dengan sangat tajam kepada orang-orang Yahudi yg suka bertengkar, 'Iblislah yg menjadi bapakmu' (Yoh 8:44).
Dalam hubungan Bapak inilah PB menunjukkan segi-segi yg lebih lembut dari tabiat Allah, kasih-Nya, pemeliharaan-Nya, karunia-Nya dan kesetiaan-Nya. Dalam mendidik ke-12 murid-Nya Kristus memakai gambaran dan hubungan bapak duniawi kepada anak-anaknya dan dari sana terus maju ke tingkat yg lebih tinggi: 'Betapa terlebih lagi Bapak-mu yg di sorga....'
KEPUSTAKAAN. J. J Crawford, The Fatherhood of God, 1868; J Orr, The Christian View of God and the World, 1908; A. S Pringle-Pattison, The Idea of God, 1917; G Vos, Biblical Theology, 1948; H Bavinck, The Doctrine of God, 1951; J. I Packer, Knowing God, 1973; J Schneider, C Brown, J Stafford Wright, NIDNTT 2, hlm 66-90; H Kleinknecht dll, TDNT 3, hlm 65-123. RAF/JMP
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 5:08 pm

sekilas info, berikutnya lagi, kutipan dari https://alkitab.sabda.org/dictionary.php?word=mesias


MESIAS [ensiklopedia]


I. Dalam PL
Istilah Mesias, yg dipakai sebagai gelar resmi dari tokoh utama yg dinanti-nantikan oleh orang Yahudi, adalah hasil pemikiran dari Yudaisme masa kemudian. Tentu pemakaian Istilah itu dikukuhkan oleh PB, tapi dalam PL hanya terdapat dua kali ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Dan 9:25-26&tab=text]Dan 9:25-26[/url]).
Pemikiran tentang mengurapi, dan pemikiran tentang orang yg diurapi, adalah lazim dalam PL (*URAP, PENGURAPAN). Satu contoh istimewa, yg kadang-kadang menimbulkan kesukaran bagi mahasiswa-mahasiswa PL, ternyata secara khusus adalah sangat berguna membatasi Istilah mi. Dalam Yes 45:1 Koresy, raja Persia, disapa sebagai (mesyikho) 'yg Ku-urapi'. Di sini ada lima unsur yg jika ditinjau dengan terang Alkitab bagian yg lain, jelas menentukan garis pikiran utama tertentu mengenai mesianisme PL. Koresy ialah orang yg dipilih Allah (Yes 41:25), ditetapkan untuk menggenapi suatu tujuan penyelamatan bagi umat Allah ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 45:11-13&tab=text]45:11-13[/url]), dan menggenapi hukuman terhadap musuh-musuh-Nya (Yes 47). Kepadanya diberikan kuasa untuk memerintah bangsa-bangsa ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 45:1-3&tab=text]45:1-3[/url]); dan dalam semua tindakannya, yg sesungguhnya bertindak ialah Yahweh sendiri ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 45:1-7&tab=text]45:1-7[/url]).
Kedudukan 'yg diurapi' dari Koresy, dengan jelas menunjukkan bahwa dapat dikatakan ada pemakaian 'sekular' dari Istilah mesianik (bnd 'pengurapan' Hazael, 1 Raj 19:15). Walaupun bukan maksud kita untuk membuktikan suatu soal PL dengan mengandalkan dogma PB, tapi jelas sekali bahwa kelima pokok di alas sungguh-sungguh benar terterap kepada Tuhan Yesus Kristus, yg memandang diriNya sebagai penggenapan atas harapan-harapan mesianik PL. Dengan memakai terang suluh ini, rencana yg terbaik dan yg paling sederhana bagi penelitian kita, ialah menerima sebagai mesianik semua nubuat yg menempatkan seseorang dalam sorotan sebagai tokoh penyelamat (demikian Vriezen).
Sudah berapa lama umur harapan-harapan yg bersifat mesianik ini? Suatu garis utama pemikiran mengenai soal ini (yg diberikan oleh Mowinckel) yakni: Mesias ialah tokoh eskatologi dalam arti kata yg setepat-tepatnya. Artinya, Dia bukanlah melulu tokoh yg diharapkan pada masa yg akan datang, tapi yg akan muncul pada 'hari terakhir'. Karena semua bagian PL mengenai eskatologi tepat, semua eskatologis terkait menoleh kembali kepada kerajaan Daud yg sudah runtuh, sebagai fakta sejarah dari masa silam, maka kata Mowinckel, Mesias harus tergolong pada masa sesudah pembuangan, dan tidak muncul dalam naskah-naskah sebelum pembuangan sebagai pokok nubuat. Nampaknya ps-ps mesianik yg tergolong kepada zaman raja-raja, harus ditafsirkan sebagai melulu sapaan kepada raja yg sedang memerintah dan tidak mengandung makna mesianik, artinya tanpa makna eskatologi. Penulis naskah yg kemudian -- seperti pernah dikemukakan -- mungkin mencocokkannya sehingga berciri mesianik, dan penulis-penulis mesianik berikutnya mungkin mengambil dari yg berciri mesianik itu beberapa pemikiran, tapi yg pada dirinya sendiri, dan atas nalar yg cermat, ps-ps itu tidaklah mesianik.
Menentang pemikiran di atas telah dikemukakan (ump oleh Knight) dengan nalar yg benar-benar berbobot, bahwa sukar diterima akal raja-raja yg kita kenal dalam Kitab Raj, sungguh-sungguh digambarkan dengan istilah-istilah yg dipakai ump dalam Mazmur-mazmur Kerajaan. Hal itu akan dibicarakan lebih lanjut, maka cukuplah mengatakan bahwa ps-ps seperti itu merujuk kepada konsep kerajaan Israel, dan kepada suatu harapan yg terdapat dalam jabatan raja itu.
Sekalipun pendapat Mowinckel benar, bahwa Mesias haruslah tokoh eskatologi, toh semua ahli PL tidak setuju bahwa eskatologi harus terjadi sesudah pembuangan (bnd ump Vriezen); memang dapat dipersoalkan apakah batasan konsep eskatologi Mowinckel tidak terlalu kaku. Jika ump, batasan itu menolak untuk menerima sebagai 'eskatologis' setiap ps yg menggambarkan keselamatan dan kehidupan dari sisa Israel sesudah Allah campur tangan, maka konsekuensi logisnya ialah juga menyangkal Tuhan Yesus Kristus sebagai tokoh eskatologi, dan dengan demikian menentang pandangan Alkitab mengenai 'zaman akhir' (ump Ibr 1:21 Yoh 2:18). Akan lebih memuaskan jika Mesias disebut 'tokoh teleologis'. Yg unik pada bangsa Israel ialah pengertian mereka akan tujuan dalam hidup mi. Mereka memiliki kesadaran demikian sejak dari semula (bnd [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Kej 12:1-3&tab=text]Kej 12:1-3[/url]), dan hal ini membuat hanya merekalah ahli sejarah yg sebenarnya dari dunia kuno.
Bahwa harapan ini khusus dihubungkan dengan seorang tokoh raja di masa yg akan datang, sama sekali tidak tergantung pada runtuhnya kerajaan Israel secara historis, sebab garis keturunan Daud sudah merupakan kegagalan dari awalnya, dan penanti-nantian, bahkan kerinduan, akan Raja Mesias tidak perlu ditempatkan sesudah zaman Salomo. Kebijakan yg tepat ialah mencari dalam PL seorang 'tokoh penyelamat', dan pencarian ini akan lebih dihubungkan dengan teologi Israel ketimbang dengan eskatologi yg dibatasi secara sempit Dengan berbuat demikian ada alasan-alasan yg tepat untuk mempertahankan bahwa harapan seperti itu sudah sejak semula dianut oleh umat terpilih ini, yg saat timbulnya dimulai dari 'proto-injil' yg termasyhur yaitu Kej 3:15.
a. Mesias sebagai pola dari tokoh-tokoh sejarah
Pandangan Israel mengenai hidup di dunia ini, yg bersifat teleologis, berakar pada pengetahuan akan Allah yg tunggal, yg menyatakan diriNya kepada mereka. Sifat Allah, yaitu setia dan konsekuen, memberi kunci masa depan kepada mereka, seberapa jauh iman mereka perlu melihat hal-hal yg akan terjadi. Allah melalui tokoh-tokoh akbar dan peristiwa-peristiwa tertentu pada masa lampau bertindak menurut 'pola' istimewa, dan karena Allah tidak berubah, maka Dia akan bertindak lagi menurut pola itu. Tiga dari tokoh akbar masa lampau secara khusus ditempatkan pada garis Mesias yaitu Adam, Musa dan Daud.
1. Mesias dan Adam. Ada segi-segi tertentu dari masa depan Mesias yg sangat jelas mengingatkan keadaan Taman Eden. Segi-segi itu dapat dikelompokkan dalam judul: kemakmuran (Ams 9:13; [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 4:2;32:15,20;55:13&tab=text]Yes 4:2; 32:15, 20; 55:13[/url]; Mzm 72:16) dan kedamaian (yaitu keselarasan di tengah-tengah dunia makhluk hidup: [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 11:6-9&tab=text]Yes 11:6-9[/url]; dan keselarasan hubungan dlm dunia umat manusia: [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 21:1-8&tab=text]Yes 21:1-8[/url]). Memperhatikan akibat-akibat kejatuhan dalam dosa yg menimpa dunia ini, maka nampak kedua unsur di ataslah yg hilang tatkala kutuk Allah mulai diberlakukan. Tatkala kutuk sudah dihapus dan Hamba Allah memulihkan segala sesuatu, keadaan Eden pulih kembali. Ini bukanlah impian belaka, tapi lanjutan yg logis dan tepat tentang ajaran penciptaan yg dilakukan oleh Allah yg kudus.
Semua ps yg dikutip di atas adalah mengenai Raja Mesias, watak pemerintahan-Nya dan kerajaan-Nya. Di sinilah rekapitulasi yg sebenarnya dari manusia pertama, sebab dia 'berkuasa' atas semua ciptaan lainnya ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Kej 1:28;2:19,20&tab=text]Kej 1:28; 2:19, 20[/url]), tapi pada saat dia jatuh kekuasaannya itu pun dirampas (bnd Kej 3:13). Kekuasaan dipulihkan kembali dalam dini Mesias. Harus diakui bahwa pikiran tentang Mesias sebagai Adam yg baru, bukanlah dikembangkan bertele-tele atau secara khusus, 'tapi bukanlah tidak mungkin kita mempunyai bukti, bahwa ideologi kerajaan kadang-kadang dipengaruhi oleh gambaran raja Firdaus' (Mowinckel). Ajaran tentang 'Adam kedua' dalam PB jelas mempunyai akan dalam PL pada ps-ps yg sudah dikutip.
2. Mesias dan Musa. Tidak usah heran Jika berita Keluaran dan pemimpinnya terukir dalam sekali di hati bangsa Israel, sehingga masa depan mereka lihat sebagai ulangan dari peristiwa itu. Pola Keluaran pertama seperti dicatat dan diceritakan kepada anak cucu bangsa ini turun-temurun, merupakan pernyataan kekal dari Allah (Kel 3:15). Gambaran 'Keluaran kedua' tidak selalu dalam rangka khas mesianik. Kadang-kadang ditekankan bahwa Allah akan berbuat lagi apa yg telah diperbuat-Nya pada Keluaran (pertama), hanya caranya melebihi yg pertama, tapi tanpa menyebut satu orang pun melalui siapa Ia akan bekerja seperti dulu Ia bekerja melalui Musa (ump [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Hos 2:15-23&tab=text]Hos 2:14-23[/url]; [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yer 31:31-34&tab=text]Yer 31:31-34[/url]; [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yeh 20:33-44&tab=text]Yeh 20:33-44[/url] -- mungkin sekali Musa disebut 'raja' dlm Ul 33:5). Tapi kadang-kadang nubuat mengenai Keluaran kedua itu berciri mesianik. Ay-ay seperti itu ialah [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 51:9-11;52:12&tab=text]Yes 51:9-11; 52:12[/url]; [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yer 23:5-8&tab=text]Yer 23:5-8[/url]. Sekali lagi harus diakui, bahannya tidak diungkapkan secara terbuka. Tapi dalam hal Musa masalahnya dapat kita teliti selangkah lebih jauh, sebab nubuatnya sendiri tercatat dalam [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 18:15-19&tab=text]Ul 18:15-19[/url] bahwa seorang nabi 'seperti aku' akan dibangkitkan oleh Yahweh.
Umumnya tafsiran [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 18:15-19&tab=text]Ul 18:15-19[/url] cenderung membela salah satu pandangan: apakah di sini datangnya Mesias yg dinubuatkan, atau melulu hanya menyinggung adanya keturunan nabi yg bersinambungan. Dalam tulisan-tulisan pada akhir-akhir ini, pandangan yg terakhir mendapat dukungan yg lebih benar, walau kadang-kadang disetujui bahwa anti mesianik boleh juga diterima, dalam anti sekunder. Tapi perikop ini agaknya menuntut kedua tafsiran itu, sebab beberapa ciri di dalamnya hanya dapat digenapi oleh garis nabi-nabi, dan yg lain oleh Mesias.
Ay-ay sekitar perikop ini sangat mendukung pandangan pertama. Musa yg terus-menerus mengingatkan pendengarnya akan kejijikan orang Kanaan, secara istimewa menekankan supaya menolak praktik pertenungan tentang masa depan. Peringatan ini ditopang oleh nubuat tentang datangnya nabi khusus ini. Di sinilah, kata Musa, ada jalan keluar bagi Israel untuk menolak pertenungan; orang hidup tidak boleh bertanya kepada (roh) orang mati, sebab Allah bangsa Israel akan berbicara kepada umat-Nya melalui seorang nabi, yg akan dibangkitkan-Nya untuk maksud itu. Nampaknya ini merupakan janji tentang penyataan yg bersinambungan; nubuat tentang kedatangan seorang Mesias di masa yg masih jauh sekali tidak akan bersesuaian dengan bimbingan yg dibicarakan oleh Musa.
Juga ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 18:21-22&tab=text]21-22[/url], yg menyediakan cara untuk menguji seorang nabi apakah benar atau palsu, dapat dianggap mengantisipasi keadaan yg sering timbul pada zaman nabi-nabi Alkitab, dan yg menimbulkan perasaan yg begitu pahit dalam hail Yeremia (23:9 dab). Tapi pertimbangan ini tidak sama bobotnya dengan yg terdahulu, sebab wajarlah suatu cara menguji Mesias disediakan. Mesias palsu sama seperti nabi palsu, dan memang, untuk tidak memperpanjang soal itu, Yesus sendiri mengalaskan ke-Mesias-an-Nya kepada satunya perkataan-Nya dengan perbuatan-Nya, sementara orang-orang Yahudi yg menentang-Nya terus mendesak meminta tanda mesianik yg mencolok dan tidak meragukan.
Jika kita menerima ucapan Musa itu sebagai nubuat adanya garis nabi-nabi, tentulah hal itu sudah digenapi secara melimpah. Tiap nabi yg benar 'serupa dengan Musa', sebab dia ada untuk mengajarkan doktrin Musa. Baik Yeremia (23:9 dab) maupun Yehezkiel ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 13:1--14:11&tab=text]13:1-14:11[/url]) membedakan nabi yg benar dari nabi palsu berdasarkan isi berita mereka: nabi yg benar mempunyai amanat menentang dosa, nabi palsu tidak. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa teologi nubuat yg benar memancar dari Sinai. Kebenaran ini diajarkan juga dalam Ul, sebab ps 13 sudah membicarakan masalah nabi palsu, dan tuntutan yg setepatnya ialah supaya setiap nabi harus diukur dengan patokan penyataan Keluaran (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 14:5,10&tab=text]5, 10[/url]) dan ajaran Musa (ay 18). Musa adalah patokan nabi; setiap nabi yg benar ialah nabi 'seperti Musa'.
Tapi ada segi lain dari tafsiran perikop ini. Menurut Ul 34:10 Musa ialah nabi yg unik, dan yg sama dengan dia belum ada. Pandangan mana pun yg dianut mengenai tarikh Ul, ay ini menunjukkan bahwa [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 18:15-19&tab=text]Ul 18:15-19[/url] diartikan sebagai nubuat mesianik: sebab jika tarikh Ul sebelia anggapan beberapa ahli, atau jika 34:10 menyajikan ulasan redaksi yg kemudian, maka di sini kepada kita diinformasikan bahwa tidak seorang nabi pun, baik kelompok nabi seluruhnya, yg dipandang sudah menggenapi nubuat 18:15 ini.
Selanjutnya, mengamati perikop itu, perlu diberikan perhatian khusus kepada istilah-istilah yg persis tepat dalam pembandingan dengan Musa. Perikop ini tidak berkata -- dalam arti umum dan tidak terbatas -- bahwa akan timbul seorang nabi 'sama seperti Musa', tapi khusus seorang nabi, yg dini dan pekerjaannya dapat dibandingkan dengan Musa di G Horeb (ay 16). Pembandingan ini tidak digenapi oleh nabi mana pun dalam PL. Musa di Horeb adalah pengantara perjanjian Sinai; para nabi adalah pemberita dari perjanjian ini dan menubuatkan penggantinya. Musa adalah pemula; para nabi penyiar. Dengan Musa agama Israel memasuki masa baru; para nabi berjuang agar masa itu ditegakkan dan tetap ada, dan menyediakan jalan bagi masa yg menyusul, yg mereka idam-idamkan. Maka tuntutan ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 18:15-16&tab=text]15-16[/url] dapat digenapi hanya oleh Mesias.
Bagaimanakah kedua tafsiran ini dapat dicocokkan? Telah kita lihat bertalian dengan kebutuhan Israel yg terus menerus akan suara Allah, bahwa seorang Mesias yg masih jauh hari kehadiran-Nya tidaklah memenuhi kebutuhan tsb. Dalam mengatakan yg demikian, kita berkata seolah-olah informasi abad 20 ini adalah bagi Israel kuno. Pasti perikop ini menubuatkan nabi -- Mesias, tapi tidak mengatakan apa-apa mengenai diriNya 'di saat yg masih jauh'. Hanya perjalanan waktu yg dapat menunjukkan itu. Justru di sinilah kecocokannya: bertalian dengan peran nabi-nabi, keadaan Israel persis sama dengan peran raja-raja (lih lebih lanjut di bawah). Urutan raja berjalan dalam terang janji akan datangnya Raja Agung, dan tiap raja pengganti dielu-elukan dengan memakai istilah-istilah mesianik, untuk mengingatkan dia akan panggilannya menjadi raja dengan sifat tertentu, juga untuk mengungkapkan kerinduan nasional agar Mesias kiranya datang.
Demikian juga halnya dengan para nabi. Mereka hidup dalam bayangan janji; mereka juga harus memenuhi pola tertentu. Tiap raja harus, semampu-mampunya, menyerupai raja yg sudah lampau (yaitu raja Daud), sampai yg Satu itu datang, yg sanggup menata kembali pola raja Daud dan menjadi raja masa depan; begitu juga tiap nabi harus, semampu-mampunya, menyerupai nabi yg sudah lampau (yaitu nabi Musa), sampai yg Satu itu datang, yg sanggup menata kembali pola nabi Musa dan menjadi nabi, pembuat hukum, dan pengantara pada masa yg akan datang -- perjanjian baru.
3. Mesias dan raja Daud. Waktu Yakub menjelang ajalnya dikatakan (tidak ada alasan untuk meragukan ucapan ini), bahwa dia bernubuat mengenai masa depan anak-anaknya. Nubuat mengenai Yehuda mencolok menyita perhatian ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Kej 49:9-10&tab=text]Kej 49:9-10[/url]). Perdebatan berpusat pada arti 'ad khi yavo' syiloh. Yeh 21:27 agaknya menyarankan tafsir 'sampai ia datang yg berhak atasnya', dan pasti inilah pendekatan yg paling tua atas soal itu. Pendapat modern mengatakan bahwa pada kutipan di atas terselip satu kata pinjaman dari Akadia, yg berarti 'penguasaannya (= nya = Yehuda)'.
Tidak perlu mendebat pendapat ini. Bagaimanapun juga pemerintahan Israel sudah ditentukan di Yehuda, dan penguasa Yehuda yg mulia dilihat sebagai penggenapan dari kedaulatan itu. Dalam tingkat permulaan, dan serentak dalam tingkat patokan, hal ini terjadi dalam raja Daud dari Yehuda, dan dengan dialah semua raja yg menyusul -- dari segi baik atau jahat -- dibandingkan (ump [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=1Raj 11:4,6;14:8;15:3,11-14&tab=text]1 Raj 11:4, 6; 14:8; 15:3, 11-14[/url]; [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=2Raj 18:3;22:2&tab=text]2 Raj 18:3; 22:2[/url]). Namun gampang mengakui bahwa Daud menjadi raja patokan, tapi sulit menerangkan mengapa dia menjadi patokan dari raja yg akan datang itu. Nubuat nabi Natan ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=2Sam 7:12-16&tab=text]2 Sam 7:12-16[/url]) tidak merujuk kepada hanya satu raja saja sebagai penggenapannya, tapi menubuatkan suatu keturunan, kerajaan, dan takhta yg tetap teguh bagi Daud. Kita harus mengandaikan bahwa sesudah kegagalan yg berturut-turut menimpa takhta Daud, zaman pemerintahan Daud bersinar (dan tepat) makin terang benderang dalam ingatan umat Israel, dan pengharapan ditumpukan dalam dini 'Daud' masa depan (ump Yeh 34:23). Bagaimanapun juga, demikianlah pengharapan itu, seperti diperlihatkan secara khusus oleh dua kelompok berita dalam Alkitab PL.
(i) Mazmur-mazmur. Kita tidak membicarakan tata ibadah mana yg dilakukan untuk menyanyikan Mazmur-mazmur Kerajaan; yg hendak kita soroti ialah isinya. Beberapa mazmur tertentu terpusat sekitar Raja. Dengan membatasi penyelidikan kita atas mazmur-mazmur itu, mazmur-mazmur tertentu tadi dengan cermat melukiskan watak dan tugas raja itu. Dengan ringkas dapat dikatakan Sang Raja menghadapi perlawanan dunia ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 2:1-3;110:1&tab=text]Mzm 2:1-3; 110:1[/url]), tapi sebagai pemenang ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 45:3-5;89:22,23&tab=text]Mzm 45:4-6; 89:23, 24[/url]), oleh kegiatan Yahweh ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 2:6,8;18:46-50;21:1-13;110:1-2&tab=text]Mzm 2:6,8; 18:47-51; 21:2-14; 110:1-2[/url]), Dia mendirikan pemerintahan sedunia ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 2:8-12;18:43-45;45:17;72:8-11;89:25;110:5-6&tab=text]Mzm 2:8-12; 18:44-46; 45:18; 72:8-11; 89:26; 110:5-6[/url]), berpusat di Sion (2:6), ditandai perhatian utama terhadap moralitas ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 45:4,6-7;72:2-3,7;101:1-8&tab=text]Mzm 45:5, 7-8; 72:2-3, 7; 101:1-8[/url]). Pemerintahan-Nya kekal ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 21:4;45:6;72:5&tab=text]Mzm 21:5; 45:7; 72:5[/url]), kerajaan-Nya damai sejahtera (Mzm 72:7), makmur (Mzm 72:16), ketaatanNya terhadap Yahweh tak tergoyahkan (Mzm 72:5). Yg paling dihormati di antara segenap umat ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 45:2,7&tab=text]Mzm 45:3, 8[/url]), Dia sahabat orang miskin dan musuh para penindas ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 72:2-4;12--14&tab=text]Mzm 72:2-4; 12-14[/url]). Dalam zamannya orang adil berkembang (Mzm 72:7). Dia diingat selama-lamanya (45:18), nama-Nya kekal (Mzm 72:17), dan Ia menerima syukur yg tak putus-putusnya (Mzm 72:15). Bertalian dengan Yahweh, Dia-lah yg menerima berkat Yahweh selama-lamanya (45:3). Dia-lah pewaris perjanjian Yahweh dengan Daud ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 89:28-37;132:11-12&tab=text]Mzm 89:29-38; 132:11-12[/url]) dan dari keimaman menurut Melkisedek (Mzm 110:4). Dia kepunyaan Yahweh (Mzm 89:19) dan taat kepada Yahweh ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 21:1,7;63:1-8,11&tab=text]Mzm 21:2, 8; 63:2-9, 12[/url]). Dia Anak Yahweh ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mzm 2:7;89:27&tab=text]Mzm 2:7; 89:28[/url]), duduk di sebelah kanan-Nya (Mzm 110:1), dan Dia sendiri ilahi (45:7).
Pola mesianik yg kelihatan pada Koresy seperti telah disinggung jelas ada di sini. Tak mungkin catatan-catatan seperti itu diterapkan langsung dan secara pribadi kepada garis keturunan para raja yg mengganti raja Daud di Yehuda. Maka di sini kita menghadapi bualan yg paling lompong atau ungkapan cita-cita yg agung. Sekedar komentar tentang rujukan kepada Allah dalam Mzm 45:7, yg diterjemahkan oleh Bode, 'Bahwa arasy-Mu, ya Allah! Kekal selamanya'; oleh TBI, 'Takhta-Mu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya'. Mengingat di tempat lain dalam PL ada pengharapan tentang kedatangan seorang Mesias yg ilahi, maka tidak ada alasan untuk membuang terjemahan Bode itu. Kita dapat menerima terjemahan bahwa Raja yg disapa adalah Allah. Memang ay 8 dari Mzm 45 masih terus menyapa Raja dengan 'Allah, Allah-mu', tapi ini tidak dapat dijadikan alasan menentang terjemahan lama tsb. Jelas bahwa tetap ada perbedaan Allah dari Raja itu, kalaupun Raja itu disapa sebagai 'Allah'. Tapi hal ini tidak perlu mengherankan kita, sebab hal yg sama persis terjadi dalam seluruh penantian Mesias seperti akan kita lihat nanti. Hal yg sama terjadi juga tentang *Malaikat Yahweh, yg ilahi, tapi dibedakan dari Allah.
(ii) [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 7--12&tab=text]Yes 7-12[/url], dll. Yesaya menghadapi raja Ahas pada masa yg sangat kritis bagi wangsa Daud. Pada tahun-tahun sesudah raja Daud, anak menggantikan bapaknya tanpa putus-putusnya atau tanpa ancaman alga keturunan. Tapi sekarang, dan untuk pertama kalinya, nampaknya pemerintahan wangsa Daud akan berakhir. Kerajaan-kerajaan utara, Siria dan Efraim yg bermaksud menyatukan Palestina, bila perlu dengan kekuatan senjata untuk melawan Asyur, bermaksud memasuki Yehuda, merebut Yerusalem, dan mengangkat seorang raja boneka. Ucapan Yesaya bermakna ganda: demi Nama Yahweh ia nyatakan bahwa ancaman ini tidak akan berlangsung lama dan tidak akan digenapi ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 7:7,16&tab=text]7:7, 16[/url]), namun saat ini sangat menentukan bagi wangsa Daud. Kerajaan Daud tidak akan runtuh karena kekuatan utara, tapi dapat hancur karena ketidakpercayaan (7:9).
Segala sesuatu tergantung pada cara Ahas menghadapi krisis ini. Kalau dia menghadapinya dengan mengandalkan iman kepada janji janji Yahweh mengenai Daud dan Sion, semuanya akan berjalan baik; tapi kalau ia mengandalkan kejituan politik dan meminta pertolongan Asyur, maka dia -- perhatikan bagaimana Yesaya mengidentikkan Ahas begitu ketat dengan wangsa Daud (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 7:2,12,17&tab=text]2, 12, 17[/url]) -- sama sekali tidak mempunyai harapan masa depan. Dengan maksud untuk menimbulkan iman dalam hati raja yg tak beriman itu, Yesaya menawarkan suatu tanda (ay 11) tapi raja menolaknya. Jalan iman disingkirkan, dan bentuk kemusnahan dikokohkan. Sebagai hukuman atas kedurhakaan ini, 'Tuhan Sendiri' akan memberikan tanda: Imanuel akan lahir, ahli waris dari kemusnahan yg ditimbulkan oleh raja Ahas. Sebelum anak itu berumur beberapa tahun ancaman itu sudah lenyap. Tapi kemakmuran negerinya dan bangsanya turut lenyap, sebab orang Asyur bukanlah sahabat atau penyelamat, melainkan pembinasa yg hanya menelantarkan sisa-sisa penduduk di negeri yg ditaklukkannya (ay 21) dan membuatnya menjadi negeri tandus yg ditumbuhi duri dan rumput (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 7:23-24&tab=text]23-24[/url]).
Tapi segera sesudah Yesaya menyatakan kelahiran Imanuel yg akan serta-merta itu, ia langsung mengalihkannya kepada kelahiran anaknya sendiri, Maher-Syalal Hasy-Bas. Karena alasan yg akan segera kelihatan, kelahiran anak inilah yg bermakna ganda, yaitu pertanda dan faktor waktu dalam melenyapkan ancaman dari utara ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 8:1-4&tab=text]8:1-4[/url]). Orang Asyur tampil lagi sebagai pemusnah, dan sekarang negeri Imanuel-lah (ay 8) yg akan diinjak-injaknya; tapi bagaimanapun Imanuel-lah jaminan bahwa tidak satu pun niat jahat orang asing akan menang (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 8:9-10&tab=text]9-10[/url]). Kendati demikian, bagi bangsa yg sudah menolak Allah, hanya pembuanganlah yg menyusul kemudian (ay[url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 8:19-22&tab=text]19-22[/url]).
Tapi bukan inilah yg menjadi akhirnya, sebab 'di kemudian hari' (8:23) akan nampak terang besar (9:1), sukacita akan berlimpah-limpah (ay 2), perhambaan akan hapus (ay 3), kemenangan akan datang (ay 4), dan semuanya ini disebabkan oleh lahirnya seorang Raja yg mempunyai 4 nama (ay 5). Dia Penasihat, artinya pemberi nasihat sedemikian rupa, sehingga harus disebut 'Penasihat Ajaib' (pele, bnd 28:29); Dia Allah yg perkasa, mempunyai kodrat ilahi (bnd 10:21); Dia akan memerintah selama-lamanya dengan kemurahan seorang bapak, dan sebagai Raja Dia akan memberikan kepada umat-Nya kepenuhan kesejahteraan hati dan jiwa, badani dan sekitarnya, yg diungkapkan dalam bh Ibrani dengan kata syalom (damai sejahtera). Sesudah Dia duduk di takhta Daud, kekuasaan-Nya tidak akan mengenai batas waktu dan tempat (ay 6). Perhatian-Nya yg utama tertuju kepada pemerintahan yg adil dan benar, dan yg menjamin kedatangan-Nya dan Kerajaan-Nya ialah 'kecemburuan Yahweh'.
Menyimak bagian ini sebagai satu kesatuan, maka tak mungkin lagi menyangsikan bahwa Imanuel sama dengan 'raja yg bernama empat' itu (9:5) dan kesamaan makna mesianik di sini dengan maknanya dalam Mzm sangat mencolok. Mula-mula Yesaya menjunjung tinggi di hadapan Alias pengharapan yg terkandung dalam wangsa Daud, yaitu Raja ilahi yg akan datang itu. Dengan memakai ungkapan yg umum dikenal di kalangan raja, Yesaya mengizinkan raja yg malang itu memandang dari jauh penggenapan janji yg sudah lama dinanti-nantikan, dalam rangka kemusnahan yg menimpa bangsa itu karena rajanya tidak percaya. Lalu Yesaya mengalihkan faktor waktu kepada Maher-Syalal Hasy-Bas, yg namanya berlipat empat penuh nubuat. Kemudian, sesudah menjelaskan bahwa Imanuel memang sungguh ahli waris Daud yg dinanti-nantikan, Yesaya mengangkat tinggi-tinggi di depan mata bangsa yg sudah terhukum dan sekarat itu, harapan akan kelahiran Imanuel, yg kendati masih jauh tapi pasti.
Inti bagian Alkitab yg mulai dari 9:7 ialah bahwa kerajaan Israel Utara akan runtuh karena menolak firman Allah. Dan Yesaya menunjukkan bahwa walaupun Yehuda tidak akan dilemparkan ke pembuangan oleh Asyur, namun pembuangan itu adalah mutlak pasti; tapi yg juga adalah pasti ialah pengumpulan kembali sisa-sisa Israel dan Yehuda ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 10:5-23&tab=text]10:5-23[/url]). Yehuda diberi semangat untuk melawan Asyur ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 10:24-34&tab=text]10:24-34[/url]), dan sesudah siksaan yg dahsyat, sekali lagi untuk menguatkan iman akan bangkit Raja keturunan Daud, yg khas dikaruniai Roh Allah, kerajaan-Nya adalah kerajaan moral dan keadilan rohani ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 11:1-6&tab=text]11:1-6[/url]), penuh damai sejahtera ilahi (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 11:6-9&tab=text]6-9[/url]), meliputi bangsa-bangsa (ay 10), dan Israel akan dipulihkan (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 11:11-16&tab=text]11-16[/url]). Raja yg sama, pribadi dan sifat-sifat umum yg sama, dan kerajaan yg sama tampil lagi dalam ps 32. Tidak perlu memperinci sifat raja ini: sebab sama dengan yg digambarkan dalam Mzm. Tapi perlu dicatat secara khusus, bahwa di sini juga keilahian-Nya dikemukakan tepat seperti biasanya. Dia adalah Allah ('el) (9:6), tapi kerajaan-Nya ditegakkan oleh 'kecemburuan Yahweh'.
b. Tokoh-tokoh mesianik lainnya
1. Hamba Yahweh. Mengikuti cara melukiskan Raja dalam Yes 7 dll, di sini disajikan kesatuan pemaparan Hamba Yahweh dalam Yes 40dll. Dalam ps 40 umat Allah berada dalam keadaan sulit, terbuang di Babel, mula-mula tidak disebut tapi kemudian diungkapkan (43:14dll). Kelepasan mereka adalah pasti, sebab tidak ada Allah selain Allah mereka. Dalam maksud-Nya untuk melepaskan mereka, Yahweh membangkitkan seorang pembebas (ps 41). Jadi kepastian dalam pikiran Yesaya akan kelepasan bangsa Israel secara teologi didasarkan pada kebesaran Allah Israel, sebagai satu-satunya Allah, Allah Pencipta dan satu-satunya Penggerak dalam sejarah. Dan semakin ia meninggikan Yahweh, nampak semakin lompong allah-allah bangsa-bangsa, dan semakin mengerikan keadaan orang-orang yg tunduk kepada allah-allah demikian (40:18 dab; 41:6 dab; 21 dab).
Kesadaran nabi Yesaya akan kegelapan yg melingkupi bangsa-bangsa meningkat sampai puncaknya pada [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 41:28-29&tab=text]Yes 41:28-29[/url]; di situ dia kemukakan masalah dari jumlah terbesar umat manusia. Tapi hanya Allah yg satu-satunya yg mempunyai jawab atas masalah ini: Hamba Yahweh akan membawa penyelamatan ('pengajaran', 42:4) kepada bangsa-bangsa. Jadi Hamba Yahweh, tanpa perkenalan dan identifikasi din, tapi dengan pra-anggapan bahwa Israel yg dimaksud, tampil membawa misi untuk bangsa-bangsa ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 42:1-4&tab=text]42:1-4[/url]). Tapi misi ini baru dijelaskan ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 42:5-17&tab=text]42:5-17[/url]), tatkala dipaparkan keadaan yg sebenarnya dari Hamba Yahweh, yaitu Israel ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 42:18-25&tab=text]42:18-25[/url]): buta, tuli, dipenjarakan, dan (ay 25) dihinggapi kedunguan rohani sedemikian rupa, sehingga tujuan pengajaran dari pembuangan itu belum dilihat dan moral bangsa itu tidak berubah.
Tema kebutuhan nasional dan rohani Israel inilah yg menyibukkan nabi Yesaya sampai 48:22. Raja Koresy diberitakan akan menjadi penyelamat nasional, dan berulangkali ditegaskan bahwa Yahweh akan mengampuni dosa Israel. Namun kita lihat Israel keluar dari Babel tanpa mengenal damai sejahtera Allah ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 48:20-22&tab=text]48:20-22[/url]). Tapi Yahweh memiliki jawaban atas kebutuhan rohani umat-Nya. Koresy akan membawa mereka pulang dari Babel; Hamba Yahweh akan mengembalikan mereka kepada Yahweh ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 49:1-6&tab=text]49:1-6[/url]). Hamba Yahweh itu disebut Israel (ay 3), bukan karena sebagai satu bangsa atau sebagian daripadanya -- dalam keadaannya yg sebenarnya ataupun berdasarkan suatu mode yg dicita-citakan -- adalah hamba yg dimaksud, tapi adalah karena bangsa itu telah kehilangan makna nama itu (48:1), dan hanya Hamba Yahweh-lah yg berhak memakai nama itu. Umat Israel telah diperas menjadi Satu.
Sesudah tugas ganda Hamba Yahweh dikukuhkan kembali ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 49:7-13&tab=text]49:7-13[/url]), Yesaya selanjutnya menjelaskan beda Dia dari bangsa itu: bangsa Israel tawar hati ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 49:14-26&tab=text]49:14-26[/url]) dan tak mau menjawab ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 50:1-3&tab=text]50:1-3[/url]), tapi Hamba Yahweh penuh harapan, dan taat kendati harus menanggung penderitaan yg berat ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 50:4-9&tab=text]50:4-9[/url]). Sekarang Hamba Yahweh ini mulai menjulang tinggi karena keunggulan pribadi-Nya. Dan orang Israel yg setia dianjurkan untuk meneladani hidup-Nya ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 50:10-11&tab=text]50:10-11[/url]). Hal ini menunjukkan bahwa Dia tak dapat disamakan dengan 'sisa' bangsa itu, terutama karena sisa bangsa itu dipanggil untuk melihat penyelamatan yg besar, secara nasional ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 51:1-3&tab=text]51:1-3[/url]) dan universal ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 51:4-6&tab=text]51:4-6[/url]) yg akan digenapi-Nya. Justru segi-segi nasionallah yg utama (walau tidak mengucilkan hal-hal lain, lih 52:10) menyita perhatian nabi sampai tiba saatnya ia bisa menunjukkan 'Penuntas Agung' pada 52:13: 'Sesungguhnya, hamba-Ku akan berhasil'.
Tugas Hamba Yahweh itu disimpulkan dalam 3 ay (13-15): ditinggikan, yg didahului oleh penderitaan, dampaknya meliputi seluruh dunia. Ps 53 memperincinya sebagai: 1. Hamba Yahweh hidup di tengah-tengah manusia (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 52:1-3&tab=text]1-3[/url]); 2. kematian-Nya bersifat menggantikan (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 52:4-9&tab=text]4-9[/url]); dan 3. dasar rohani dari semuanya adalah kehendak Yahweh, yg menghantar HambaNya kepada kemenangan dan kehidupan sesudah penderitaan-Nya (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 52:10-12&tab=text]10-12[/url]). Dua ps berikutnya melengkapi cerita ini; ps 54 memanggil Israel kepada perjanjian baru, dan dalam Ps 55 himbauan ditujukan kepada semua orang yg membutuhkan supaya masuk dalam penyelamatan yg membebaskan itu.
Ringkasan yg nampaknya tergesa-gesa ini paling sedikit menunjukkan pekerjaan Hamba itu. Dan di sini nampak segi baru, yg memperkenalkan doktrin Hamba-Mesias ke dalam konsep mesianik: penyelamatan melalui kematian-Nya yg menggantikan orang-orang berdosa, baik Yahudi maupun bangsa-bangsa non-Yahudi. Penting diperhatikan pertanda berkaitan dengan diriNya. Yg paling mencolok dari semua tanda itu ialah bahwa Dia manusia dan di antara manusia ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 49:1;50:4&tab=text]49:1; 50:4[/url]b; [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 53:2-3,7-9&tab=text]53:2-3, 7-9[/url]). Yg juga mencolok ialah Ia mendapat karunia-karunia khas dari Allah: Roh Allah (52:1) dan Firman ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 49:2;50:4&tab=text]49:2; 50:4[/url]).
Dua hal lagi perlu diperhatikan. Pertama, agaknya dalam [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 55:3-4&tab=text]55:3-4[/url] Hamba ini disamakan dengan Raja Mesias dari suku Daud. Pasti berdasarkan pekerjaan Hamba inilah perjanjian yg kekal itu didirikan (bnd 55:3 dgn [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 54:10;53:5&tab=text]54:10 dan 53:5[/url]b). Perjanjian ini sekarang diterangkan sebagai 'kasih setia kerajaan Daud', dan pemimpin yg ditawarkan kepada bangsa itu ialah Daud. Kedua, dapat dikemukakan bahwa dengan menyebut Hamba itu 'Tangan Yahweh', maka Yesaya membenarkan bahwa Hamba itu sama dengan Allah dan serentak dibedakan dari Allah, keadaan yg sudah dikemukakan dalam hal tokoh-tokoh mesianik lainnya. Pasti Tangan Yahweh yg ia sapa itu dalam 51:9 adalah sebagai pribadi dan diakuinya bahwa tindakan Tangan itu merupakan tindakan Yahweh sendiri. Dalam53:1 dikatakannya, 'Siapakah yg percaya kepada berita yg kami dengar? Dan siapakah yg dapat melihat di situ tangan Yahweh?' (terjemahan Mowinckel). Jelas, Hamba Yahweh dilukiskan di sini dalam sifat-sifat ilahi, serentak disamakan dengan dan dibedakan dari Yahweh.
2. Penakluk yg diurapi. Yesaya menunjukkan seorang Raja yg memerintah orang Yahudi dan bangsa-bangsa non-Yahudi (11), tapi tidak dijelaskannya bagaimana bangsa-bangsa non-Yahudi itu terhisab di dalamnya. Melalui ajarannya tentang Hamba ia tuntaskan gambaran itu. Ia melukiskan penyelamatan meliputi seluruh dunia sehingga semua yg diselamatkan dimasukkan dalam pemerintahan Daud. Tapi dalam unsur rajawi dan Hamba (ump [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 9:4-6;42:13,17;45:16,24;49:24-26&tab=text]9:3-5; 42:13, 17; 45:16, 24; 49:24-26[/url]) jelas diungkapkan bahwa pekerjaan Raja dan Hamba itu mencakup pembalasan terhadap musuh-musuh Yahweh. Dalam ciri ketiga khas mesianik Yesaya menguraikan pokok ini dengan teliti sekali. Seorang seperti Raja ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 11:2,4&tab=text]11:2, 4[/url]) dan Hamba Yahweh ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 42:1;49:2&tab=text]42:1; 49:2[/url]), diurapi dengan Roh Kudus dan Firman tampil tiba-tiba (seperti tokok-tokoh lainnya di tempatnya) dalam 59:21. Ps 56-59 mencatat kebejatan moral umat Israel dan ketidakmampuan mereka melakukan hukum Taurat dan menyelamatkan dini mereka sendiri. Yahweh sendiri memakai peranti penyelamatan (Yes 59:16 dab), dan dengan itu Ia akan menjungkirbalikkan musuh-musuh-Nya dan melepaskan umat-Nya. Tapi perjanjian berikutnya dibuat oleh pengantara yg diterangkan dengan kata-kata yg pasti, mengingat kedua tokoh mesianik lain yg diucapkan oleh Yesaya, seperti diungkapkan di atas. Sukacita penyelamatan ini, yg dinikmati baik oleh Yahudi maupun non-Yahudi, dan yg membuat bangsa Israel mengungguli segala bangsa (bnd [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 45:14-25&tab=text]45:14-25[/url]), disajikan dalam ps 60.
Dalam ps 61 Orang yg dikaruniai Roh Kudus dan Firman itu tampil lagi, dan secara pribadi menyatakan pekerjaan-Nya, yakni memberitakan tahun rahmat Yahweh dan hari pembalasan Yahweh ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 61:1-3&tab=text]61:1-3[/url]). Tugas ini dikukuhkan lagi oleh Yahweh dalam ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 61:4-9&tab=text]4-9[/url], kemudian pembicara kembali memberi kesaksian tentang sukacitanya mengenakan perlengkapan penyelamatan. Dengan mengenakan peranti demikian, 'Tuhan Allah akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa' (61:11). Artinya, Dia terlibat dalam suatu upaya yg meliputi seluruh dunia, tapi bagaimanapun juga Yahweh sendirilah Pelakunya. Ps 62 menyajikan gambaran menyeluruh tentang upaya ini berkaitan dengan dampaknya terhadap Sion dan bangsa-bangsa (bnd hubungan [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 51:17--52:12&tab=text]51:17-52:12[/url] dgn 52:13dab). Dan dalam [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 63:1-6&tab=text]63:1-6[/url] Penakluk yg diurapi itu dengan mengenakan pakaian-Nya yg telah ditentukan, melaksanakan pembalasan dan penyelamatan. Dalam dirinya, Penakluk mesianik ini hampir tidak berbeda dari Raja dan Hamba Yahweh. Dia mendapat karunia-karunia rohani yg sama; Dia manusia di antara manusia. Tapi ada dua lagi keterangan yg diberikan. Pertama, Dia digambarkan sebagai penakluk Edom, suatu tugas yg tak pernah dilakukan oleh raja Israel manapun kecuali Daud (bnd [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Bil 24:17-19&tab=text]Bil 24:17-19[/url]). Nampakkah kepada kita di sini, bahwa Penakluk yg diurapi itu sama orangnya dengan Raja Mesias dari wangsa Daud? Kedua, dalam perkembangan tema ini, Dia-lah yg akhirnya mengenakan perlengkapan penyelamatan dan pembalasan, yg kelihatan dipakai oleh Yahweh sendiri (Yes 59:16 dab). Sekali lagi nabi Yesaya memperkenalkan gagasan mesianik itu: kesamaan dan perbedaan Yahweh dengan yg diurapi-Nya.
3. Tunas Daud. Dengan tema mesianik ini terdapat beberapa nubuat dalam PL, yg dipersatukan dengan indah sekali. Yer 23:5 dab dan 33:14 dab benar-benar sama. Yahweh ingin menumbuhkan suatu Tunas 'bagi Daud'. Dia adalah Raja dan pada zaman-Nya Israel akan diselamatkan. Pemerintahan-Nya ditandai dengan keadilan dan kebenaran. Nama-Nya ialah 'Yahweh Keadilan kita'.
Bagian kedua perikop ini menghubungkan nubuat tentang Tunas dengan kepastian bahwa imam-imam 'tidak akan terputus mempersembahkan korban bakaran'. Hal ini bisa kelihatan agak ganjil, seandainya Zakharia tidak melukiskan tokoh mesianik yg sama. Dalam Za 3:8 dinyatakan bahwa Yosua dan imam-imam seangkatannya merupakan tanda dari maksud Yahweh untuk mendatangkan 'HambaKu, sang Tunas', yg akan menyelesaikan tugas imam dengan menghapuskan kejahatan negeri itu dalam satu hari. Sekali lagi dalam 6:12 dab Zakharia kembali membicarakan Tunas yg akan menjadi besar di tempatnya, akan membangun Bait Yahweh, menjadi imam di atas takhtanya, dan menikmati damai sejahtera dengan Allah, yg sempurna dan disepakati. Maka jelas, bahwa Tunas itu ialah Mesias dalam jabatan Raja dan jabatan Imam-Nya. Dia-lah yg menggenapi Mzm 110, yg menyatakan Raja itu sebagai 'Imam kekal menurut Melkisedek'.
Sekarang pada tempatnyalah membicarakan [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 4:2-6&tab=text]Yes 4:2-6[/url]. Rujukan mesianik pada ay 2 menjadi bahan perdebatan, dan sering disangkal, tapi karena ay-ay berikutnya cocok sekali dengan pemakaian Tunas dalam ps-ps tersebut di atas, maka sulit menolak kesimpulan bahwa Mesias terdapat juga di sini. Dia-lah Tunas Yahweh, dan Dia dihubungkan dengan pekerjaan menyucikan putri Sion dari segala kekotorannya dan dengan pemerintahan Raja Yahweh di Yerusalem (ay [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yes 4:5,6&tab=text]5, 6[/url]). Lukisan Tunas ini meringkaskan dalam satu gambar apa yg di tempat lain diperluas dan diuraikan oleh nabi Yesaya sebagai tugas Raja, Hamba dan Penakluk. Pola pikir mesianik tentang kemanusiaan dan keilahian, dan pola pikir 'sama dengan Allah' dan 'berbeda dari Allah' -- disajikan, sebab Tunas itu di satu pihak adalah 'milik Daud' tapi di pihak lain 'milik Yahweh' -- yaitu ucapan-ucapan yg mengiaskan asal mula dan wataknya; Dia 'HambaKu', namun nama-Nya 'Yahweh Keadilan kita'.
4. Keturunan perempuan. Telah kita perhatikan bahwa sifat kemanusiaan Mesias jelas ditekankan. Secara khusus, sering melalui garis ibu-Nya-lah asal mula kemanusiaanNya dijelaskan. Mudah sekali terjebak memberi penekanan berlebihan pada soal-soal kecil, namun patut dicatat bahwa baik Imanuel (Yes 7:14) maupun Hamba Yahweh (Yes 49:1) adalah contoh. Sama seperti itu Mi 5:2 bicara tentang 'perempuan yg akan melahirkan', dan mungkin sekali ay yg sukar, Yer 31:22, mengacu kepada pengandungan dan kelahiran seorang bayi ajaib.
Nubuat yg paling pokok mengenai keturunan perempuan, dan ay yg mungkin menjadi dasar untuk timbulnya gagasan itu, disajikan dalam Kej 3:15. Tapi para ahli hampir sepakat menolak adanya rujukan mesianik di sini, juga menganggap ay ini hanyalah 'melulu pernyataan umum mengenai umat manusia dengan ular, dan pernyataan permusuhan kedua pihak' (Mowinckel). Tapi sebagai soal mengenai tafsiran ps Kej ini, dan sama sekali lepas dari masalah benar tidaknya secara historis ataupun unsur lain, tidaklah jujur memisahkan ay ini dari kait naskahnya dan menalarnya berdasarkan aetiologi.
Untuk melihat kekuatan janji dalam 3:15, kita harus mengindahkan peranan ular dalam tragedi kejatuhan manusia ke dalam dosa. Kej 2:19 menunjukkan keunggulan manusia atas makhluk binatang. Dalam kasih karunia-Nya Pencipta memberitahu manusia itu bahwa dia berbeda dari makhluk binatang: manusia bisa memaksakan kehendaknya atas binatang, tapi di antara binatang tidak ditemukan 'penolong yg sepadan dengan dia'. Yg serupa dengan manusia tidak ada dalam makhluk binatang.
Tapi dalam ps 3 fenomena lain muncul: seekor binatang berbicara, yg bagaimanapun juga telah melampaui harkatnya dan kedudukannya, menempatkan dirinya sama dan sebagai sesama manusia, sanggup terlibat dalam pembicaraan akali, bahkan sebagai yg lebih unggul dalam arti sanggup mengajar manusia peni ihwal yg tentangnya manusia itu sebelumnya (seolah) disesatkan, dan memberi tahu manusia itu pengertian yg benar akan hukum dan dini Allah. Ular itu berbicara sebagai benar-benar mempunyai kebolehan dan sanggup menimbang Allah dalam piring neraca dan menemukan bobot Allah kurang, sanggup membaca pikiran-pikiran batiniah Yg Mahakuasa dan menelanjangi alasan-alasan-Nya yg tersembunyi! Bahkan sang ular menyatakan permusuhan terbuka melawan Allah; sangat membenci watak Allah, siap untuk memusnahkan rencana penciptaan-Nya, mengejek dan mengolok-olok Yg Mahatinggi.
Tidak cukup melihat dalam ular itu melulu hanya hati manusia yg ingin tahu dan tak terkendalikan (Williams), atau sesuatu yg serupa dengan itu. Alkitab mengenal hanya satu oknum yg melakukan kecongkakan yg begitu fasik, kebencian yg begitu keji terhadap Allah, dan nalar ilmu tafsir menuntut bahwa ular yg di Firdaus itu adalah alai dari 'Si ular tua, yaitu Iblis yg adalah Satan' (Why 20:2). Tapi di mana dosa merajalela di situ kasih karunia melimpah, dan itulah yg terjadi di sini. Justru pada saat Iblis nampak menggondol kemenangan gemilang, pada saat itu pula dinyatakan bahwa keturunan perempuan itu akan meremukkan dan menghancurkan dia Keturunan perempuan itu memang akan remuk memar dalam proses pertarungan itu, tapi Ia akan mendapat kemenangan. Keturunan perempuan ini akan membalikkan seluruh bencana kejatuhan dalam dosa.
5. Anak Manusia. Kita akhiri telaah mengenal ke-Mesias-an PL ini dengan uraian pendek tentang penglihatan Daniel akan Anak Manusia ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Dan 7:1-28&tab=text]Dan 7:1-28[/url]). Dalam suatu soal, yg menimbulkan begitu banyak pembicaraan dan silang pendapat, kita hanya dapat melakukan di sini seperti yg dilakukan dalam seluruh artikel ini, yaitu menyatakan suatu titik pandang saja. Inti penglihatan itu ialah pemandangan penghakiman; di sana Yg Lanjut Usia-nya melenyapkan semua kekuasaan duniawi yg bersifat bermusuhan -- sambil lalu baiklah dicatat di sini timbulnya kembali pola kerajaan dari Mzm 2 -- dan dibawalah ke hadapan-Nya 'dengan awan-awan dari langit seorang seperti Anak Manusia', kepada-Nya diberikan kekuasaan meliputi seluruh dunia dan yg kekal selama-lamanya. Sudah jelas, bahwa suasana umum di sini, adalah berhubungan dengan pemerintahan yg meliputi seluruh dunia, yg umumnya telah kita amati dalam ps-ps tentang ke-Mesias-an. Tapi apakah 'seorang seperti Anak Manusia' itu ialah Mesias secara perseorangan, atau dimaksudkan pempersonifikasian umat Allah, janganlah diselesaikan secara ringkas demikian. [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Dan 7:18,22&tab=text]Dan 7:18, 22[/url] membicarakan tentang penghakiman dan pemerintahan yg diberikan kepada 'orang-orang kudus milik Yg Mahatinggi'; maka nalar menuntut bahwa penerima yg samalah yg dimaksud dengan tokoh tunggal dalam [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Dan 7:13,14&tab=text]Dan 7:13, 14[/url].
Tapi boleh juga kita catat, bahwa ada keterangan rangkap tentang binatang-binatang, yg menjadi musuh dari orang-orang kudus. Dan 7:17 berkata bahwa binatang-binatang besar ... ialah 'empat raja' dan Dan 7:23 berkata 'binatang yg keempat itu ialah kerajaan yg keempat'. Yg digambarkan ialah dua-duanya, perseorangan (raja-raja) dan sekelompok (kerajaan-kerajaan). Kita harus terima keterangan pendahuluan yg sama bagi 'seorang seperti Anak Manusia. Selanjutnya, harus kita pandang hubungan raja kerajaan ini dengan pengertian PL. Raja itulah yg utama, kerajaannya adalah yg kedua. Bukanlah kerajaan itu yg membentuk rajanya, tapi sebaliknya. Mengenai raja-raja binatang itu, merekalah musuh-musuh pribadi dari kerajaan orang-orang kudus, dan mereka melibatkan kerajaan-kerajaannya dengan dini mereka; sama seperti itu 'seorang seperti Anak Manusia' menerima pemerintahan alam semesta, dan di sini sudah terlibat pemerintahan umat-Nya (bnd pemerintahan Israel dlm pemerintahan penakluk, Yes 60).
Berdasarkan ini telah ditekankan pendapat, bahwa 'seorang seperti Anak Manusia' itu ialah perseorangan yg bersifat Mesias. Dalam pengertian ini, dia cocok dengan gambaran umum, yg terdapat dalam seluruh urutan harapan di atas: dia Raja, ditentang oleh dunia, tapi mencapai pemerintahan seluruh dunia dengan mengandalkan kecemburuan Yahweh, yaitu dari Yg Lanjut Usia-nya dalam penglihatan Daniel; dia seorang manusia, yg ternyata dari gelarnya, kendati demikian tidak berasal dari tengah-tengah umat manusia, tapi datang 'dengan awan-awan dari langit', suatu kedudukan yg khas ilahi (lih ump Mzm 104:3Yes 19:1). Di sini terdapat lagi pembedaan yg manusiawi dari yg ilahi, yg terdapat hampir tanpa kekecualian dalam ke-Mesias-an PL, dan yg pada saat genap waktunya disempurnakan penuh seutuhnya dalam Nabi, Imam dan Raja, Yesus Mesias!
II. Dalam PB
Kata Ibrani masyiakh atau Aram mesyikha' dua kali ditransliterasikan dalam bh Yunani dengan messias ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yoh 1:41;4:25&tab=text]Yoh 1:41; 4:25[/url]; dan di kedua tempat itu ditambah keterangan dgn khristos). Di tempat lain kata itu diterjemahkan dengan kata Yunani Khristos, dari kata kerja khrio, yg berarti 'mengurapi'. Dalam TBI diterjemahkan baik dengan Kristus maupun Mesias, kecuali dalam Kis 4:26; [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Why 11:15;12:10&tab=text]Why 11:15; 12:10[/url]; di situ dipakai 'yg diurapi'.
Mesias ialah Yesus dari Nazaret, yg pada saat baptisanNya diurapi 'dengan Roh Kudus dan kuat kuasa' (Kis 10:38; bnd maksud dari hal Yesus mengutip Yes 61:1 dlm Luk 4:18). Tapi Yesus sendiri jarang memakai istilah itu, dan tanpa diragukan sebabnya ialah kesalahpahaman yg bisa timbul karena pemakaian istilah itu. Tatkala Petrus menyatakan pengakuannya bahwa Yesus-lah Kristus, Dia terima Nama pertanda itu, tapi memerintahkan murid-murid-Nya jangan menceritakan itu kepada siapa pun ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mrk 8:29-30&tab=text]Mrk 8:29-30[/url]).
Dalam percakapan-Nya dengan perempuan Samaria ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Yoh 4:25-26&tab=text]Yoh 4:25-26[/url]) istilah itu pasti dipahami dalam terang pengharapan orang Samaria, bahwa akan datang seorang Taheb atau 'yg membetulkan', nabi seperti Musa, yg dijanjikan dalam [url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Ul 18:15-19&tab=text]Ul 18:15-19[/url]. Tapi, waktu Dia ditantang oleh Imam Besar pada saat penghakiman-Nya, supaya mengatakan apakah Dia 'Mesias, Anak dari Yg Terpuji atau tidak, Dia mengaku, dan kata-kata dari ucapan-Nya dijadikan dasar dakwaan bahwa Dia benar menghujat Allah ([url=https://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Mrk 14:61-64&tab=text]Mrk 14:61-64[/url]). Hukuman ini, yg mendatangkan hukuman mati, dibalikkan oleh Allah, yg membangkitkan Dia dari antara orang mati, dan meninggikan Dia ke 'sebelah kanan-Nya', dan dengan demikian menyatakan bahwa Yesus yg sudah disalibkan, itulah 'Tuhan dan Kristus' (Kis 2:36; bnd Rm 1:4).
Tapi pengertian Yesus akan dan cara-Nya untuk menggenapi panggilan ke-Mesias-an-Nya berbeda dari gambaran umum tentang Mesias yg diharapkan. Suara dari sorga pada saat pembaptisan-Nya (Mrk 1:11) menyambut Dia sebagai Mesias dari suku Daud, dengan kata-kata dari Mzm 2:7: 'AnakKu-lah Engkau'. Tapi dengan menambahkan kata-kata dari Yes 52:1 yg memperkenalkan Hamba Yahweh, diberi pertanda bahwa ke-Mesias-an-Nya akan menggenapi gambaran Hamba itu, rendah hati, taat, menderita, menggenapi tugas-Nya dengan menjalani maut, sambil menyerahkan pembelaan atas diriNya kepada Allah dengan hati yg percaya. Pelayanan Yesus yg dimahkotai dengan penderitaan-Nya, ditandai dengan selalu berpegang teguh pada jalan yg ditentukan bagi-Nya oleh BapakNya. Maka karena itu Yesus memberikan pengertian baru kepada kata 'Mesias', yg mengatasi setiap arti yg sebelum itu dimilikinya.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 8:43 pm

sekilas info,
1 Petrus 2:19
1 Peter 2:19
베드로전서 2:19
Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.
1 Petrus 2:20
1 Peter 2:20
베드로전서 2:20
Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.
1 Petrus 5:10
1 Peter 5:10
베드로전서 5:10
Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderitaseketika lamanya.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 8:53 pm

sekilas info,
Filipi 3:10
Philippians 3:10
빌립보서 3:10
Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 8:58 pm

sekilas info,
Matius 10:22
Matthew 10:22
마태복음 10:22
Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai padakesudahannya akan selamat.
Yakobus 1:12
James 1:12
야고보서 1:12
Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerimamahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 9:06 pm

sekilas info,
Wahyu 1:13
Revelation 1:13
요한계시록 1:13
Dan di tengah-tengah kaki dian itu ada seorang serupa Anak Manusia, berpakaian jubah yang panjangnya sampai di kaki, dan dadanya berlilitkan ikat pinggang dari emas.
Wahyu 6:11
Revelation 6:11
요한계시록 6:11
Dan kepada mereka masing-masing diberikan sehelai jubah putih, dan kepada mereka dikatakan, bahwa mereka harus beristirahat sedikit waktu lagi hingga genap jumlah kawan-kawan pelayan dan saudara-saudara mereka, yang akan dibunuh sama seperti mereka.
Wahyu 7:9
Revelation 7:9
요한계시록 7:9
Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.
Wahyu 7:13
Revelation 7:13
요한계시록 7:13
Dan seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku: "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?"
Wahyu 7:14
Revelation 7:14
요한계시록 7:14
Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 9:08 pm

Wahyu 22:14
Revelation 22:14
요한계시록 22:14
Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Thu Feb 07, 2019 9:18 pm

sekilas info,
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Fri Feb 08, 2019 2:39 pm

sekilas info,
7:13 Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, m dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku, 7:14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku n disebut, merendahkan diri, o berdoa dan mencari wajah-Ku, p lalu berbalik 3 q dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar r dari sorga dan mengampuni s dosa mereka, serta memulihkan 4 t negeri mereka.
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Fri Feb 08, 2019 3:09 pm

sekilas info,
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Sat Feb 09, 2019 7:49 am

sekilas info,
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Sat Feb 09, 2019 10:10 am

sekilas info,
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Sat Feb 09, 2019 2:45 pm

sekilas info,

sebuah kata, ["kesiapan".]
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Sat Feb 09, 2019 8:23 pm

sekilas info,

Di menit 1:18:21, terlihat banget kalau pendeta ini cenderung mengarahkan jemaat kearah keakuan iman yang egois!!!
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Sat Feb 09, 2019 8:40 pm

njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by njlajahweb on Sun Feb 10, 2019 5:32 pm

sekilas info,
njlajahweb
njlajahweb
KOLONEL
KOLONEL

Female
Posts : 24402
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 118

Kembali Ke Atas Go down

sekilas infoku [ JILID 1 ] - Page 24 Empty Re: sekilas infoku [ JILID 1 ]

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 24 dari 40 Previous  1 ... 13 ... 23, 24, 25 ... 32 ... 40  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik