FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Mon Nov 07, 2016 5:30 pm

First topic message reminder :

http://www.sapa.or.id/lp/120-ntb/4032-penanggulangan-kemiskinan-upaya-menanggulangi-desa-tkpkd-jamkesmas


UPAYA MENANGGULANGI KEMISKINAN DI DESA

Twitter

SAPA - Kemiskinan merupakan hal yang menjadi momok dalam penyelengaraan pembangunan Indonesia selama ini, baik di tingkat nasional hingga daerah terlebih di wilayah pedesaan. Berbagai upaya telah dan terus diupayakan dalam upaya mengatasi persoalan kemiskinan, bahkan sejak adanya kemiskinan itu sendiri.
Namun banyak persoalan yang menjangkit perdesaan dimana permasalahan itu saling berkaitan satu sama lain sehingga, ada kecenderungan masyarakat di perdesaan sulit keluar dari permasalahan kemiskinan. Kondisi ini diperparah kurang maksimalnya upaya, pemerintah pusat, daerah dan tentunya desa serta masyarakatnya untuk benar-benar berupaya mencari jalan keluar dari kemiskinan tersebut. Sehingga lama-kelamaan kemiskinan tersebut semakin parah dan bertambah, sebab akar permasalahan serta solusi yang dicanangkan belum sepenuhnya menyentuh kemiskinan itu sendiri.
Kemiskinan kini menjadi suatu identitas yang melekat dengan perdesaan seperti warisan yang diterima turun-temurun. Sehingga tidak heran, banyak penduduk desa yang mengadu nasib baik di kota atau menjadi tenaga kerja di luar negeri dalam upayanya untuk memperbaharui taraf hidup keluarganya. Selain kurangnya perhatian pemerintah, banyak persoalan lain yang berkontribusi terhadap merebaknya kemiskinan, diantaranya: (1) tingkat pendidikan serta kualitas pendidikan masyarakat yang masih rendah; (2) rendahnya asset yang dikuasai masyarakat perdesaan; (3) pelayanan sarana dan prasarana pedesaan kurang memadai; (4) terbatasnya kesempatan melakukan usaha di perdesaan; (5) lemahnya pembangunan berbasis masyarakat dan (6) lemahnya koordinasi dalam pembangunan perdesaan itu sendiri.
Implikasi logis keadaan tersebut akan bermuara pada kenyataan bahwa bukan perkara mudah bagi pemerintah dalam upayanya mengentaskan kemiskinan, jika masyarakat sendiri terkesan enggan merubah kehidupannya. Dalam beberapa kasus, ada kecendrungan masyarakat dalam kategori miskin semakin apatis menjalani hidup, karena berharap banyak dari sumbangan langsung yang terus diberikan oleh pemerintah dan pihak lain. Menyadari hal tersebut pemerintah (daerah dan desa) seharusnya dapat membuat terobosan dalam penanggulangan kemiskinan sesuai dengan karakter dan potensi daerah/desa masing-masing dan tidak menunggu intervensi program penanggulangan kemiskinan dari pemerintah semata.
Pengembangan ekonomi lokal yang dapat mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi lokal merupakan hal urgen yang perlu dilakukan. Hal ini dapat diharap berdampak positif terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di tingkat lokal. Sehingga dengan sendirinya dapat menekan angka kemiskinan di daerah bersangkutan. Solusi ini memang bukanlah satu-satunya solusi tepat, mengingat setiap daerah memiliki masalah berbeda, sehingga penanggulangan kemiskinan memerlukan solusi yang juga berbeda. Solusi tersebut tidak akan berjalan baik dan menyentuh dasar kemiskinan, bila pemerintah tidak serius menanggulanginya dan masyarakat sendiri enggan merubah nasibnya menjadi lebih baik lagi.
Banyak hal lain yang patut dipertimbangkan demi melihat nyaris gagalnya intervensi program penanggulangan kemiskinan selama ini dalam mengentaskan kemiskinan secara real. Strategi dan kebijakan alternatif yang berpihak kepada rakyat miskin, option for the poor, menjadi kebutuhan mutlak menanggulangi kemiskinan. Untuk membuat strategi dan kebijakan alternatif, diperlukan pengetahuan yang memadai tentang penyebab utama (akar) kemiskinan masyarakat desa.
Strategi dan kebijakan alternatif menanggulangi kemiskinan di desa dapat dilakukan dengan cara; (1), memberikan kesempatan luas kepada masyarakat desa memperoleh layanan pendidikan memadai dan gratis. Pemerintah perlu mengembangkan sistem pendidikan nasional yang berorentasi keberpihakan kepada orang miskin. Pendidikan yang ditawarkan di Indonesia cenderung mahal dan sulit dijangkau orang miskin. Karenanya, mereka memilih tidak menyekolahkan anak mereka, sebab beban biaya pendidikan tidak sebanding kemampuan keuangan mereka.
(2), redistribusi lahan dan modal pertanian yang seimbang. Ketimpangan kepemilikan lahan pertanian, memperlebar jurang kemiskinan antar-masyarakat di pedesaan. Sebagian besar tanah pertanian dimiliki tengkulak lokal dan tuan tanah. Akibatnya, tanah pertanian tidak memberikan penghasilan cukup bagi orang desa yang memiliki tanah dan modal pertanian terbatas. (3), mendorong perkembangan investasi pertanian dan pertambangan ke daerah pedesaan. Pembukaan investasi pertanian dan pertambangan dapat memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat desa. Dengan begitu, pendapatan mereka akan meningkat dan berpengaruh pada perubahan kesejahteraan hidup.
(4), membuka kesempatan luas kepada masyarakat desa memperoleh kredit usaha yang mudah. Sistem kredit saat ini (seperti KUR), belum memberikan kemudahan usaha bagi masyarakat desa dan sering salah sasaran. Karena itu, diperlukan kebijakan baru yang memberikan jaminan kredit usaha memadai bagi masyarakat desa. (5), memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan masyarakat desa.
Dapat dilakukan melalui mekanisme lumbung desa yang memberikan kesempatan sama kepada masyarakat, memperoleh sumber kebutuhan secara terorganisir. (6), memperkenalkan sistem pertanian modern dengan teknologi baru yang memberikan kemudahan bagi masyarakat menggali sumber pendapatan yang memadai. Teknologi pertanian diperbanyak dan diberikan cuma-cuma kepada petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan mempermudah pemenuhan kebutuhan hidup mereka.
(7) memberikan jaminan kesehatan kepada mayarakat dengan sistem layanan kesehatan gratis, memperbanyak PUSKESMAS dan unit layanan kesehatan kepada masyarakat desa. (8), memberikan jaminan asuransi dan jaminan sosial terhadap masyarakat desa. Jaminan ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin dan memberikan semangat hidup yang lebih berarti. Sistem yang ada saat ini, meskipun diperuntukkan bagi seluruh rakyat Indonesia namun mekanismenya tetap menyulitkan masyarakat miskin, terutma di desa yang tidak melek sistem jaminan.
Untuk itu, pemerintah berkewajiban memberikan jaminan asuransi memadai kepada masyarakat miskin. (9), memperkuat komitmen eksekutif dan legislatif untuk memperbaiki tatanan pemerintahan. Tatanan pemerintahan dewasa ini, memberikan keleluasaan terjadinya praktik korupsi dalam seluruh level pemerintahan. Perbaikan tatanan pemerintahan, menjadi keyword program penanggulangan kemiskinan bagi masyarakat miskin dan (10) mendorong agenda pembangunan daerah memprioritaskan pemberantasan kemiskinan sebagai skala prioritas utama, membangkitkan kesadaran kolektif agar memahami kemiskinan sebagai musuh bersama, dan meningkatkan partisipasi semua pihak dalam memberantas kemiskinan.
Guna menunjang keberhasilan strategi tersebut, perlu dipikirkan baberapa hal yaitu (1) upaya penanggulangan kemiskinan tersebut dilakukan menyeluruh, terpadu, lintas sektor, sesuai kondisi dan budaya lokal. Karena faktanya tidak ada satu kebijakan kemiskinan yang sesuai untuk semua; (2) memberikan perhatian terhadap aspek proses, tanpa mengabaikan hasil akhir proses tersebut.
Biarkan orang miskin merasakan bagaimana proses mereka bisa keluar dari lingkaran setan kemiskinan; (3) program melibatkan dan merupakan hasil proses dialog berbagai pihak dan konsultan bersama segenap pihak yang berkepentingan terutama masyarakat miskin; (4) meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak terkait, serta membangkitkan gairah mereka yang terlibat untuk mengambil peran yang sesuai agar tercipta rasa memiliki program; (5) menyediakan ruang gerak seluas-luasnya bagi munculnya aneka inisiatif dan kreativitas masyarakat di berbagai tingkat.
Dalam hal ini, pemerintah lebih berperan hanya sebagai inisiator dan fasilitator dalam proses tersebut, sehingga, kerangka dan pendekatan penanggulangan kemiskinan disepakati bersama; (6) pemerintah dan pihak lainnya dapat bergabung menjadi kekuatan yang saling mendukung dan (7) mereka yang bertanggungjawab dalam menyusun anggaran belanja harus menyadari pentingnya penanggulangan kemiskinan sehingga upaya ini ditempatkan dan mendapat prioritas utama dalam setiap program di setiap instansi.
Dengan demikian, penanggulangan kemiskinan menjadi gerakan dari, oleh dan untuk rakyat.
Berbagai upaya tersebut, membutuhkan usaha yang serius untuk melaksanakannya. Disamping itu diperlukan komitmen pemerintah dan semua pihak untuk melihat kemiskinan sebagai masalah fundamental yang harus ditangani dengan baik, berkelanjutan dan dengan dukungan anggaran yang jelas.
Oleh: Siti Sanisah Korda SAPA Kawasan NTB


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Mon Nov 07, 2016 5:40 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down


Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed Mar 01, 2017 4:52 pm

lanjutan #24
108. bisa juga dengan ternak ayam, telurnya bisa dijual
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Fri Mar 31, 2017 9:38 pm

109. bisa juga dengan mejual sambel terasi (yang pernah saya dengar ada orang yang menjual sambel terasi dan banyak peminatnya)
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Sat Apr 01, 2017 11:02 am

110. alternatif kerja lain, melamar menjadi kurir atau sebagai pengantar obat
111. melamar sebagai tukang pos
112. menawarkan jasa untuk mengurus perpanjangan stnk atau surat-surat pentng
113. sebagai kerjaan sambilan  bisa juga dengan menawarkan jasa untuk nyebarin brosur
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Sat Apr 01, 2017 11:09 am

sekilas info

jika pekerjaan anda pegang saat ini, masih belum cukup memenuhi kebutuhan pokok, anda bisa mencari kerjaan sambilan/serabutan

saya punya teman satpam, katanya (waktu itu) gajinya belum cukup, jadi dia melakukan kerjaan sambilan bikin krupuk dan bisa tercukupi, kalau bingung caranya bisa cari di youtube gimana cara bikin krupuk


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Sat Apr 01, 2017 11:25 am, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Sat Apr 01, 2017 11:14 am

belajar untuk nggak gengsian, sekalipun pekerjaan anda dipandang rendah oleh orang lain yang penting halal, dan anda lebih mulia dari pada koruptor berdasi, 

tapi tetap berusaha memikirkan kerjaan sambilan dan batu loncatan kerjaan lain, tidak harus harus bekerja pada orang lain, paling enak memang wirausaha,

dan wirausaha nggak harus besar-besaran, anda bisa memulai dengan wirausaha dengan modal seminimal mungkin, anda mungkin bisa mencari informasinya diinternet, entah di youtube atau di website yang bisa terkait dengan itu

mungkin waktu saat anda masuk search engine google anda bisa ketik keyword kerja modal dengkul atau kerjatanpa modal

ngomong-ngomong soal kerja tanpa modal (msksudku tanpa modal uang) salah satunya bisa dengan menjadikan halaman rumah anda sebagai lahan parkir, alternatif lainya mungkin bisa anda cari diinternet siapa tahu bisa nemu lagi yang lain
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed May 24, 2017 12:22 am

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed May 24, 2017 12:25 am

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed May 24, 2017 12:26 am

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed May 24, 2017 12:26 am

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed May 24, 2017 12:27 am

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:05 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:08 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:10 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:24 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:26 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:29 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:32 pm

https://www.cekaja.com/info/enam-miliarder-indonesia-yang-ternyata-berasal-dari-keluarga-miskin/

Siapa bilang untuk menjadi miliarder harus memiliki latar belakang keluarga kaya? Jangan salah, banyak sekali orang sukses di dunia bahkan di Indonesia yang berasal dari keluarga biasa bahkan jauh dari kata berkecukupan.

Saat kecil atau remaja, mereka harus merasakan kepahitan hidup. Berkat kerja keras dan keberuntungan, mereka pun berhasil mengubah kehidupan mereka. Mereka mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah lebih banyak ketimbang rata-rata orang Indonesia, dan jadilah nama mereka masuk dalam jajaran orang terkaya.
Jangan minder apabila keluargamu tergolong kurang mampu. Teruslah berjuang dan bermimpi agar dapat menggapai kesuksesan seperti orang-orang ini.

Pinjaman Dana Tunai Cepat Segala Kebutuhan Pengajuan Online, Proses Cepat, Cicilan Ringan, & Bunga Rendah
Jumlah Pinjaman KTA
RP

Jangka Waktu






Dahlan Iskan

Percaya atau tidak, Dahlan Iskan pernah hanya punya satu stel pakaian yaitu kaos dan celana serta satu sarung saat masih kecil. Bersyukurlah kamu yang punya koleksi berpasang-pasang sepatu, karena Dahlan kecil bahkan harus bertelanjang kaki ke sekolah yang jaraknya jauh dari rumah. Impiannya kala itu sederhana sekali, memiliki sepatu.
Ayahnya bekerja serabutan, sementara ibunya seorang perajin batik. Karena penghasilan orangtuanya pas-pasan, sepulang sekolah Dahlan harus membantu mencari uang dengan berbagai cara, mulai dari menjadi kuli di kebun tebu hingga menggembala kambing.
Bagi kamu yang pernah mengalami hal serupa, jangan minder karena keterbatasan bukan penghalang untuk meraih kesuksesan. Buktinya, Dahlan pada akhirnya mampu menjadi pengusaha kenamaan di Indonesia lewat bisnis media, real estate, hotel, dan perusahaan yang berkaitan dengan listrik. Dia juga pernah memimpin PLN bahkan menjadi menteri BUMN. Kekayaannya saat ini tercatat mencapai US$ 445 juta. (Baca juga: Masih Usia 20-an? Ini Tipsnya Agar Karier Kamu Melejit)

Sudono Salim

Sudono Salim alias Liem Sioe Liong berasal dari desa kecil di Cina. Dia pertama kali menapakkan kaki di Indonesia pada 1939. Kala itu, Cina sangat miskin sehingga banyak warga yang memilih mengadu nasib ke negara lain termasuk Malaysia dan Indonesia.  Mereka harus menempuh perjalanan jauh melewati lautan selama satu bulan. Karena itu, tak sedikit yang meninggal akibat diterjang badai.
Liem Sioe Liong terlahir sebagai anak seorang petani. Karena hidupnya serba kekurangan, dia sempat mengalami putus sekolah dan menjajakan mie. Kondisi serba sulit itulah yang membuatnya memutuskan merantau ke Indonesia mengikuti kakaknya. Setelah berada di Indonesia, dia mencoba merintis usaha menjadi pemasok cengkeh untuk pengusaha rokok di Kudus dan Semarang.
Siapa sangka, Dewi Fortuna berpihak kepadanya. Dia pun berhasil membangun kerajaan bisnis Grup Salim yang membawahi beberapa perusahaan termasuk Indofood. Pada 2006, dia masuk peringkat 10 orang terkaya Indonesia dengan kekayaan US$ 800 juta. Pada 2012 silam, Liem menghembuskan nafas terakhirnya.

Tommy Winata

Tommy Winata alias Oe Suat Hong membangun bisnis di berbagai bidang mulai dari properti, perbankan, transportasi lewat Grup Artha Graha. Jika menilik kehidupan masa lalunya, dia adalah seorang yatim piatu yang miskin.
Kamu yang sudah kehilangan orangtua sejak kecil tidak boleh patah semangat. Jika kamu berusaha, bukan tidak mungkin kamu juga bisa sukses Tommy. Kekayaan salah satu konglomerat Indonesia ini diperkirakan mencapai US$ 900 juta lho.

Eka Tjipta Widjaja

Meski hanya tamatan SD dan berasal dari keluarga miskin, Eka Tjipta Widjaja sukses membangun Grup Sinarmas. Masa lalunya serba kekurangan, dia bahkan harus membantu orangtuanya membayar utang ke rentenir. Setelah lulus SD, dia harus berjualan permen hingga biskuit.
Apakah kamu pernah mengalami hal serupa? Jangan putus asa, karena masih banyak kesempatan untuk mengubah kehidupan. Bangkitlah dan tangkap peluang yang ada. Jika kamu serius, kamu juga bisa menjadi pengusaha sukses dan meraih mimpi-mimpimu. Coba lihat, dengan segala perjuangannya, Eka mampu mengubah kehidupannya, dia telah mengumpulkan kekayaan hingga US$ 10,5 miliar.

Ciputra

Nama Ciputra sangat terkenal di dunia properti. Dia sukses mengembangkan Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Kekayaan Ciputra saat ini mencapai US$ 1,6 miliar. Ciputra lahir dan tumbuh hingga remaja di Parigi, Sulawesi Tengah. Ayahnya Tjie Siem Poe, tertangkap pasukan tak dikenal karena mendapat tuduhan sebagai mata-mata penjajah.
Karena ditinggal oleh sang ayah, Ciputra kecil harus merasakan hidup yang serba sulit. Saat ini dia bisa tersenyum bahagia karena kerja kerasnya membawa hasil. Kamu pun akan dengan mudah menemukan mal, hotel, atau perumahan milik Ciputra. (Baca juga: Kalau Kamu Mau Kaya Seperti Miliarder Dunia, Ini Target yang Harus Dicapai)

Chairul Tanjung

Chairul Tanjung pernah mengalami kesulitan ekonomi saat remaja. Usaha ayahnya ditutup secara paksa karena bertentangan dengan penguasa saat itu. Ayahnya adalah seorang wartawan yang mengelola usaha penerbitan surat kabar skala kecil. Karena usahanya tutup, rumah tempat tinggal mereka pun harus dijual. Alhasil, mereka sekeluarga pindah ke sebuah kamar sempit di daerah Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat.
Karena kepintarannya, Chairul berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Namun, karena mereka masih kekurangan, orangtuanya kesulitan membayar uang kuliah. Chairul tak tinggal diam, dengan memanfaatkan ruang sempit di bawah tangga kampus, dia membuka usaha fotokopi. Seiring berjalannya waktu, dia sukses membesarkan CT Corporation yang sebelumnya bernama Para Group, kekayaannya tercatat US$ 4,8 miliar.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:35 pm

avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:37 pm

http://www.bintang.com/success/read/2665576/dulu-hidup-miskin-sekarang-pria-ini-jadi-pengusaha-sukses

Dulu Hidup Miskin, Sekarang Pria Ini Jadi Pengusaha Sukses

Gadis Abdul
30 Nov 2016, 18:28 WIB
Kredit (2)
16Shares






Bintang.com, Jakarta Khalil Rafati menghabiskan 13 tahun hidupnya dengan menjadi gelandangan dan pecandu obat-obatan. Cukup lama memang bagi Rafati untuk menyadari bahwa selama ini ia telah memilih jalan yang salah. Namun, buat Rafati tidak ada kata terlambat untuk kamu mengubah hidupmu sendiri selama Tuhan masih mengizinkanmu untuk bernapas.
Baca Juga


Dilansir dari BrightSide, dalam lima tahun terakhir ini Rafati telah mengubah hidupnya. Sekarang ia tercatat sebagai pengusaha jus organik yang sukses. Selama 13 tahun, ia telah belajar banyak hal, dari mulai kisah sedih hingga kisah bahagia yang telah mengubah hidupnya.
Tak perlu bercerita terlalu panjang, pasalnya Rafati telah merangkum semua kisah hidupnya dalam sebuah buku yang diberi judul ‘I Forgot To Die’. Di dalam bukunya tersebut ia menceritakan bagaimana dia bisa bertahan dari kecanduan obat-obatan, dan bertahan dari hidup yang miskin sehingga badannya hanya seberat 48 kg.




[email=?to=&subject=%5BBINTANG%5D%20Dulu%20Hidup%20Miskin%2C%20Sekarang%20Pria%20Ini%20Jadi%20Pengusaha%20Sukses.%20%28Foto%3A%20foodhealsnation.com%29&body=http%3A%2F%2Fwww.bintang.com%2Fsuccess%2Fread%2F2665576%2Fdulu-hidup-miskin-sekarang-pria-ini-jadi-pengusaha-sukses] [/email]
Dulu Hidup Miskin, Sekarang Pria Ini Jadi Pengusaha Sukses. (Foto: foodhealsnation.com)
Seorang teman menyarankan Rafati untuk memulai membangun usaha jus organik, dan akhirnya dengan penuh percaya diri dan semangat ia pun memulai bisnis jus tersebut. Rafati memulai bisnisnya dengan membuat jus untuk para pasien dan staf di Riviera Recovery Center.
Usahanya pun membuahkan hasil, dalam lima tahun jus organik yang diberi nama SunLife Organics berkembang pesat hingga tersebar di seluruh Hollywood. Awalnya ia hanya menjual minuman yang unik, namun membuat siapa saja ketagihan, yakni air alkali, garam merah muda Himalaya dan dandelion hijau. Sekarang menu dari jus organiknya pun bertambah, seperti koktail buah, yogurt beku, dan kopi.




[email=?to=&subject=%5BBINTANG%5D%20Dulu%20Hidup%20Miskin%2C%20Sekarang%20Pria%20Ini%20Jadi%20Pengusaha%20Sukses.%20%28Foto%3A%20findit.com%29&body=http%3A%2F%2Fwww.bintang.com%2Fsuccess%2Fread%2F2665576%2Fdulu-hidup-miskin-sekarang-pria-ini-jadi-pengusaha-sukses] [/email]
Dulu Hidup Miskin, Sekarang Pria Ini Jadi Pengusaha Sukses. (Foto: findit.com)
Setelah menjadi seorang jutawan Rafati pun tak melupakan di mana tempat ia berdiri sebelumnya. Ia tak segan untuk berbagi dengan orang-orang yang sama seperti dirinya dulu, orang-orang yang membutuhkan pertolongan untuk keluar dari masa-masa sulit.
Hingga kini Rafati tetap berkomitmen dalam misinya yang ingin terus menginspirasi banyak orang untuk bangkit dari keterpurukan. Tak hanya melalui jus organik, ia pun ingin menyampaikan kisahnya melalui sebuah kaus yang dijual di SunLife Organics "Love, Heal, and Inspire".
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:38 pm

https://id-id.facebook.com/notes/inspirasi-sukses/miskin-bukan-halangan-untuk-sukses/260719043946195/

MISKIN BUKAN HALANGAN UNTUK SUKSES

22 Agustus 2011 pukul 16:34
Miskin bukan halangan untuk kaya, justru bisa menjadi motivasi yang kuat untuk menjadi kaya (sukses).
 
Saya pernah berpikir, bagaimana saya bisa kaya, jika saya orang miskin, karena untuk menjadi kaya butuh modal, sedangkan saya berjuang untuk bisa makan?  Saya membaca banyak kisah berikut ini dan itu membuka selaput pikiran yang selama ini membatasi saya untuk maju.
 
Jackie Chan, bintang film asal  Hong Kong di Amerika dengan penghasilan  lebih US$.50 juta per tahun!  Tahukah anda, bahwa karena tidak dapat memberi makan ketika ia bayi, orang tuanya ingin menjual Jackie US$26 kepada seorang dokter kandungan.  Pada usia 7 th Jackie  terpaksa harus bekerja di Academy of Chinese Opera, selama 10 tahun, 7 hari seminggu, tiap hari dari pagi hingga tengah malam.
 
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Dr.Mahathir Mohamad, lahir dari keluarga yang sangat miskin.  Studinya terhenti oleh PD-II dan ia menggunakan kesempatan untuk membuka warung yang menjual minuman, roti dan buah.  Kemudian ia menjual barang kerajinan. Ia pernah bekerja sebagai pesuruh di kantor Distrik, sebelum masuk kuliah kedokteran di universitas Edward VIII di Singapura.
 
Liem Swie Liong (Sudono Salim), dilahirkan pada tahun 1916, ia datang ke Indonesia tanpa uang di usia 22 tahun.  Ia memulai  bekerja sebagai penjaga toko pamannya di Jawa Tengah.  Ia membina persahabatan dengan mantan presiden Soeharto, ketika Soeharto masih tentara rendahan.  Tahun 1952 Liem Sioe Liong memulai bisnis impor-ekspor dan pembuatan sabun sendiri di Jakarta.  Persahabatannya menjadi memiliki nilai, ketika Soeharto naik ke panggung negeri ini di tahun 1966.  Ia tidak memiliki banyak uang, tetapi ia berhasil karena memiliki banyak teman.  Dia seorang yang pandai bergaul.
 
Henry Ford, ‘bapak produksi masal’, pembaharu dalam industri mobil, pemilik merek FORD, memulai hidupnya sebagai montir di sebuah bengkel dan pada malam hari bekerja di toko permata dengan tugas membersihkan jam.
 
Abraham Lincoln, dilahirkan di pedalaman Kentucky 1809, Ia memulai bekerja sebagai pemotong rel kereta api lalu pengemudi kapal laut, pernah menjadi penjaga toko, pengantar pos surat dan juru ukur tanah.  Perjuangannya sangat panjang, menjadi pengacara, mencoba bisnis dan beberapa kali gagal, namun ia salah satu presiden Amerika yang dikenang dengan karya-karya besar legendaris, yang terutama adalah menghapus sistem perbudakan.  Kemiskinan dan penderitaan bukan halangan untuk sukses, bahkan menjadi kekuatannya.
 
Mereka semua adalah orang miskin yang sukses, karena mereka berpikir, bahwa kemiskinan bukan penghalang untuk menjadi sukses. Ada ratusan, bahkan ribuan orang seperti mereka, diantaranya kami berdua.
 
Kalau saudara mengenal saya (Jarot Wijanarko) dan partner saya (Tanu Sutomo), kami berdua sebenarnya memiliki kisah yang sama; lahir di keluarga miskin dan sama-sama pernah jualan es lilin sewaktu masih kanak-kanak.  Kami berdua sama-sama di ASTRA EXPORT, kenal disana dan mendirikan IFA  tahun 1992 hingga sekarang ini, bahkan dari IFA ini telah lahir SHOESCITY, MPC dan Pt.Happy Holy Kids.
 
Saya memang belum kaya raya seperti seorang konglomerat nasional, namun pencapaian saya saat ini, jika dibandingkan 17 tahun lalu, ketika menikah, merantau ke Jakarta th 1990,  tinggal di rumah bedeng, rumah petak layaknya rumah tukang bakso, tidak memiliki kendaraan dan kekayaan lainnya, paling tidak saya sudah layak bersaksi, bahwa kemiskinan bukan batas untuk sukses dibidang ekonomi sekalipun !
 
Orang kaya, bisa menghabiskan kekayaannya, karena tidak memiliki motivasi lagi untuk menjadi kaya.  Orang miskin tidak bisa menghabiskan kekayaan, karena dia tidak memiliki apa-apa untuk dihabiskan, tetapi jika dia memiliki motivasi untuk kaya, dia bisa habis-habisan untuk menjadi kaya.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Tue May 30, 2017 11:44 pm

dalam berusaha untuk proses belajar menjadi sukses, jangan terlalu melihat orang-orang yang sudah mendahului jauh lebih sukses diatas kita, tapi pikirkanlah bahwa bisa jadi masih ada orang-orang yang masih dibawah kita, agar anda tidak menjadi minder, namun tetap bersemangat
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed Jul 05, 2017 7:45 pm

114. jual bumbu, seperti bumbu kare misalnya
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Sun Jul 09, 2017 10:27 pm

untuk orang-orang yang masih tergolong kurang mampu, 
akan lebih baik, 
jika mendahulukan wirausaha dengan modal yang secukupnya (dengan modal yang tidak tergolong mahal ) dengan usaha kecil-kecilan dulu

atau dua-duanya. maksudnya, jika ada yang sudah bekerja dikantor, maka dirumah tetap ada wirausaha yang dilakukan istrinya atau juga anaknya misalnya. Atau istri dan anaknya jika memungkinkan, atau istri dengan dibantu anaknya.

jadi misalnya begini,
jika si suami terlanjur sudah bekerja di yang bukan wirausaha, dikantor misalnya, maka si istri bisa berwirausaha dirumah, jadi bisa lebih ringan tanggungan beban hidup


contohnya, 
waktu suami kerja dikantor, 
istri bisa tetap kerja dirumah, diantaranya yang bisa dipilih, misalnya :

dengan buka jasa setrika, 
atau jasa cuci baju, 
atau jasa jahit baju, 
atau buka les untuk anak sd, 
atau jual makanan di halaman rumah,
atau jual sayur dihalman rumah,
atau buka toko dirumah,
atau buka kios(yang biasanya juga menjual koran) dirumah atau dihalaman rumah atau didepan rumah,
atau jual bensin eceran,
dsb...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Sun Jul 23, 2017 2:10 pm


Hemat Energi listrik dan hemat biaya

sekilas info dari orang lain
Ini Alasannya Kenapa Harus Segera Membeli Lampu LED

kutipan dari http://www.norisanto.com/listrik/ini-alasannya-kenapa-harus-segera-membeli-lampu-led/

Lampu LED dengan 8 watt sama terangnya dengan lampu CFL sebesar 14 watt, saya sudah mencobanya sendiri di rumah. Sangat memuaskan.Pemakaiaan yang sangat lama sampai bertahun-tahun membuat lampu LED tidak perlu diganti, tentunya kita pun menjadi hemat biaya. Kalau lampu CFL dalam satu dua tahun sudah mulai redup dan akhirnya mati total, harus beli baru.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by njlajahweb on Wed Sep 13, 2017 5:48 am

jika anda membuka warung,

cobalah sekali-kali sempatkan waktu untuk merenungkan,

bahwa seandainya anda adalah si pembeli,

hal-hal apa saja kira-kira yang bisa membuat pembeli kapok tidak datang kewarung anda lagi,

misalnya mungkin karena warung anda jorok, atau apalah mungkin ada hal yang lain lagi.

Nah terus hindarilah sebisa mungkin hal-hal yang membuat pembeli kapok datang ke warung anda.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6015
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: tentang orang-orang yang sedang dalam keadaan miskin atau yang dalam keadaan yang tergolong kurang mampu dan hal-hal yang terkait dengan itu

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik