FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kesibukan Para Penghuni Surga

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by F-22 on Wed Aug 24, 2016 2:14 pm

First topic message reminder :

https://www.firanda.com/index.php/artikel/surga-a-neraka/179-kesibukan-para-penghuni-surga

Firanda.com adalah sebuah situs islam dg motto: tebarkan ilmu, tumbuhkan amal, petiklah ridlo ilahi.

Kesibukan Para Penghuni Surga

Sebagaimana penduduk dunia yang fana ini sangatlah sibuk….ternyata para penghuni surga juga dalam kesibukan…. Penduduk dunia begitu sibuk memerahkan peluh dan keringat… membanting tulang mereka…siang dan malam…demi untuk bisa merasakan kenikmatan dunia. Betapa banyak diantara penduduk dunia setelah bersusah payah sibuk bekerja ternyata tidak mampu meraih kenikmatan yang mereka angan-angankan.. Kalaulah mereka berhasil meraih apa yang mereka inginkan ternyata kenikmatan tersebut tidak abadi dan akan sirna… dan kenikmatan tersebut ternyatapun pasti terkontaminasi dengan kesedihan, kegelisahan dan gundah gulana, bahkan ketakutan dan kekhawatiran. Karenanya betapapun kaya seorang penduduk dunia…suatu saat pasti dia akan sedih dan takut… Itulah hasil kesibukan penduduk dunia…semuanya fana dan fatamorgana.

Para penghuni surga juga sibuk…akan tetapi kesibukan mereka berbeda dengan kesibukan penduduk dunia… Mereka para penghuni surga sibuk dengan menikmati dan berlezat-lezat dengan kenikmatan dan anugerah yang Allah sediakan bagi mereka di surga. Terlalu banyak kenikmatan… Terlalu banyak kelezatan…beraneka ragam dan bervariasi… Kelezatan yang tidak mampu untuk dibayangkan dan dikhayalkan oleh penduduk dunia…akal mereka tidak mampu untuk mengkhayalkannya…. Hilanglah kata kesedihan…sirnalah kata kekhawatiran…seluruhnya berganti dengan kegembiraan, riang, dan kesenangan. Tentunya penghuni surga akan memperoleh apa saja yang mereka angan-angankan, dan apa saja yang mereka impikan.


Itulah kesibukan penghuni surga…sibuk menikmati kenikmatan dan kelezatan surga. Diantara kesibukan mereka adalah sebagaimana yang difirmankan oleh Allah

“Sesungguhnya penghuni syurga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan” (QS Yaasiin : 55-56)

Sedang sibuk apakah mereka…?. Ibnu Mas’uud, Ibnu Abbaas radhiallau ‘anhum serta Ibnul Musayyib, Ikrimah, Al-Hasan Al-Bashri, Qotaadah, Al-A’masy, Sulaiman At-Taimiy, dan Al-Auzaa’i rahimahumullah yang menafsirkan kesibukan di sini adalah (memecahkan keperawanan para bidadari). (Lihat tafsiir At-Thobari 20/534-535, Ad-Dur Al-Mantsuur 7/64, dan tafsiir Ibni Katsiir 6/82)

Al-Qurthubi berkata:
“Abu Qilabah berkata, “Tatkala seorang lelaki penghuni surga sedang bersama istrinya (dari bidadari-pen) maka dikatakan kepadanya : Pergilah kepada istrimu (yang ada di neraka-pen) maka iapun berkata, “Saya sedang sibuk dengan bidadariku”, maka dikatakan kembali kepadanya pergilah engkau ke keluargamu !.”


Dan dikatakan bahwasanya para penghuni surga sedang sibuk dalam kenikmatan dan kelezatan yang mereka rasakan sehingga mereka tidak memperdulikan tentang kondisi para pelaku kemaksiatan dan nasib mereka yang masuk kedalam neraka serta adzab dan siksaan yang mereka rasakan, meskipun para penghuni neraka tersebut adalah karib kerabat para penghuni surga dan istri-istri mereka tatkala di dunia” (Tafsiir Al-Qurthubi 15/43)

Bagaimana seorang penghuni surga tidak sibuk memecahkan keperawanan para bidadari?, sementara Allah menyediakan baginya para bidadari yang banyak jumlahnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Bagi seorang mukmin di surga sebuah kemah dari sebuah mutiara yang berongga, panjangnya 60 mil, dan bagi seorang mukmin dalam kemah mutiara tersebut istri-istrinya, sang mukmin berkeliling mengitari mereka sehingga sebagian mereka tidak melihat sebagian yang lain” (HR Al-Bukhari no 3243 dan Muslim no 7337)


Al-Munaawi berkata, “Bagi sang mukmin istri-istri yang banyak, ia mengelilingi istri-istri tersebut untuk menjimak mereka atau yang semisalnya, sehingga sebagian bidadari tidak melihat bidadari yang lain karena besarnya kemah mutiara tersebut” (At-Taisiir bi syarh al-Jaami’ as-Shogiir, 1/685)

Bagaimana seorang penghuni surga tidak sibuk memecahkan keperawanan para bidadari? Sementara para bidadari sangat cantik dan selalu merindukannya dan selalu merayunya…??? Bagaimana seorang penghuni surga tidak sibuk memecahkan keperawanan para bidadari…?? Sementara ia telah diberi kekuatan sekuat 100 orang dalam jimak…??

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Seorang mukmin di surga diberi kekuatan untuk berjmak sekian dan sekian”, maka dikatakan, “Wahai Rasulullah, apakah ia mampu?”. Rasulullah berkata, “Ia diberi kekuatan 100 orang dalam berjimak” (HR At-Thirmidzi no 2536 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)


Bagaimana seorang penghuni surga tidak sibuk memecahkan keperawanan para bidadari??, sementara para bidadari setiap disetubuhi akan kembali lagi keperawanan mereka??.

Allah berfirman :
“Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (Bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan” (QS Al-Waaqi’ah : 35-36)


As-Syaikh As-Sa’di berkata, “Sifat ini –yaitu keperawanan- selalu menyertai mereka dalam berbagai kondisi” (Taisiir Ar-Kariim Ar-Rahmaan hal 833)

Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhumaa berkata:
“Sesungguhnya seorang penghuni surga sungguh akan memeluk bidadari selama 70 tahun, ia tidak bosan dengan bidadari tersebut dan sang bidadari juga tidak bosan dengannya, setiap kali ia menjimaknya ia mendapati sang bidadari kembai perawan, dan setiap kali ia kembali kepada sang bidadari maka syahwatnya akan kembali. Maka iapun menjimak bidadari tersebut dengan kekuatan 70 lelaki, tidak ada mani yang keluar dari keduanya, ia menjimak bidadari tanpa keluar mani, dan sang bidadari juga tidak keluar mani” (Tafsiir Al-Qurthubi 15/45)


Tentu saja ini semua membuatnya sibuk memecahkan keperawanan para bidadari.

Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata :

Jika engkau memandang apa yang ada di bawah pusar sang bidadari maka engkau akan melihat perkara yang menakjubkan (tentang kemaluan sang bidadari-pen), tidak ada kuasa untuk bisa menjelaskan sifat-sifat perkara tersebut.
Tidak ada darah haid yang menghalanginya dan tidak juga ada air kencing, serta tidak ada sesuatupun dari hal-hal buruk yang terdapat pada wanita-wanita dunia

Dua paha yang telah meliputi perkara tersebut (kemaluan sang bidadari-pen) dan menjaganya, maka sisi kemaluan bidadari tersebut telah terjaga di bawah penjagaan dan keperkasaan
Kedua paha tersebut melayani kemaluan sang bidadari, dialah sang raja diantara kedua paha tersebut, dan merupakan hak agar raja ditaati

Dan menyetubuhi bidadari merupakan penawar dan obat kecintaannya kepada sang bidadari, maka kecintaan dari sang lelaki dan bukanlah kegelisahan
Jika ia menyetubuhi sang bidadari maka sang bidadari akan kembali lagi keperawanannya tanpa ada darah dan tanpa ada kekurangan sama sekali

Dialah sang lelaki yang berhasrat, dan kemaluannya tidak akan bengkok (loyo) sebagaimana ada hadits Nabi yang menjelaskan akan hal ini, tidak perlu diingkari
Dan sungguh kami telah meriwayatkan bahwasanya kesibukan mereka yang telah disebutkan dalam surat yaasiin tanpa perlu penjelasan lagi

Yaitu kesibukan seorang pengantin mempelai lelaki dengan mempelai wanitanya, setelah sekian lama sang mempelai lelaki telah diombang-ambingkan oleh kerinduan
Demi Allah janganlah engkau bertanya kepadanya tentang kesibukannya pada malam-malam itu…perkaranya sangat hebat

Dan buatlah perumpamaan kepada mereka dengan seorang pria yang memendam kerinduan dan telah terpisah lama dari kekasihnya di negeri yang jauh
Kerinduan senantiasa menggelisahkannya, namun tidak ada kemungkinan untuk bertemu dengan kekasihnya

Setelah lama berpisah dari kekasihnya tiba-tiba memungkinan baginya untuk bisa bertemu dengan kekasihnya
Maka apakah engkau mencelanya jika lantas iapun sibuk (bersetubuh) dengan kekasihnya? Tentu tidak, demi Dzat yang memberikan karunia tanpa batasan
Wahai Robku ampunilah kami, pena-pena kami telah melampaui batas (dalam mensifati para bidadari), waha Robku maafkanlah kami karena sikap melampaui batas ini

Syaikh Muhammad Kholil Harroos rahimahullah tatkala mensyarah (menjelaskan) bait-bait yang ditulis oleh Ibnul Qoyyim di atas, beliau berkata, “Sungguh sang penyair (yaitu Ibnul Qoyyim) telah merasa bahwasanya penanya telah menulis begitu jauh (dan panjang lebar dalam bait-bait di atas-pen) tentang sifat bidadari dengan begitu jelasnya yang semestinya tidak perlu dijelaskan (vulgar) maka iapun beristighfar kepada Allah karena semangatnya penanya menulis dan ia minta agar Allah memberi udzur kepadanya pada isi bait-baitnya yang melampaui batas” (Syarh Al-Qoshiidah An-Nuuniyah 2/397).

Sebagaimana Ibnul Qoyyim beristighfar kepada Allah maka saya –penulis yang penuh kelemahan- juga meminta ampun kepada Allah kalau terlalu detail dalam menjelaskan tentang bidadari. Tidak lain niat penulis agar para pembaca sekalian lebih bersemangat dalam beramal sholeh baik sholat malam, sedekah, dan puasa, agar bisa merasakan kesibukan yang telah menyibukan para penghuni surga… (bersambung…)

Kota Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam-, 19-10-1432 H / 17 September 2011 M
Abu Abdilmuhsin Firanda Andirja
www.firanda.com

Komentar pembaca:
# musa 2012-12-04 11:56
subhanallah klu gini bertambah semangat masuk surga ana mmakasi ustad tentang ilmunya semoga allah memberi hidaya dn rahmatnya kepada antum ,ana dn kaum muslimin lainya.

# Abdullahbelajarislam 2013-02-12 16:09
Subhanallah ilmu sangat bermanfaat, memotifasi untuk semakin semangat beribadah, syukron USTADZ Atas ilmunya, dan izinkan saya mengCOPY SEBAHAGIAN ARTIKELNYA, Untuk saya dan teman-teman
JAZAKHALLAHU KHAIR

# Abdullahbelajarislam 2013-02-12 16:39
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakhatu
syukron USTADZ atas pencerahan ILMUnya, sangat bermanfaat buat saya untuk untuk selalu giat beramal dan beribadah, ilmu yang bermanfaat, izin mencopy beberapa ARTIKELnya, JAZAKHALLAHU KHAIRON

# Abu Naufal AG 2013-09-04 12:18
Assalamu'alaiku m Wa Rahmatullahi Wa Barakhatu
Subhanallah telah menciptakan Bidadiri Surga yang sangat Sempurna untuk mahkluk dunia yang beriman, smoga kita semua dikumpulkan Allah diSurga bersama bidadari...Amin , Jazakhallahu khair Ustads atas ilmu yang sangat bermanfaat untuk menambah ketaqwaan dan keimanan kita.

# Abû Zakariyyâ 2013-11-01 18:35
Mâsyâ Allâh. Terima kasih atas artikelnya, Ustâdz. Semoga bermanfaat. Jazâkumullâhu khairan wa bârakallâhu fîkum wa fî 'ilmikum wa mâlikum wa usratikum.
Semoga Allâh menjadikan kita —yang menulis, membaca atau yang menyebar luaskan tulisan ini— sebagai orang yang senantiasa SABAR dan istiqâmah DALAM KEBAIKAN, serta senantiasa menangis dalam mengharap Surga dan takut akan Neraka.
Waffaqanallâh. Allâhumma âmîn.

Pertanyaannya adalah ........... apakah ada muslim2 disini yg "kurang setuju" dg tulisan situs islam di atas ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2386
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dee-nee on Sun Sep 11, 2016 12:30 am

@njlajahweb wrote:sama-sama hades say...
ya mungkin bisa dinamakan hades atas(alam kebahagiaan), karena waktu itu, si orang kaya itu memandang keatas

sedangkan satunya adalah hades bawah(alam siksa)

@njlajahweb wrote:sekilas info...
Kejadian
37:35 Sekalian anaknya laki-laki dan perempuan berusaha menghiburkan dia, tetapi ia menolak dihiburkan, serta katanya: "Tidak! Aku akan berkabung, sampai aku turun mendapatkan anakku, ke dalam dunia orang mati!" Demikianlah Yusuf ditangisi oleh ayahnya.

yang bold sepadan dengan hades

jadi menurut anda Hades BUKAN HANYA untuk orang2 fasik sesudah kematian

dan orang2 yang benar pun akan tetap menuju hades sesudah kematian ??

begitu ya say ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by njlajahweb on Sun Sep 11, 2016 9:11 am

iya Say
tapi orang-orang benar dihades atas
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 4231
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dee-nee on Sun Sep 11, 2016 10:00 am

@njlajahweb wrote:iya Say
tapi orang-orang benar dihades atas

jadi hades ada dua ?? bawah dan atas ??

terus terang saya agak bingung kalau sudah disebut bawah vs atas begini >>> maksudnya gimana ya ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by njlajahweb on Sun Sep 11, 2016 10:03 am

16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.
16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.
16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
NB:bukan berarti semua orang kaya harus menjual seluruh hartanya

dari letaknya Say, hades atas lebih tinggi letaknya, dan orang kaya yang tidak bijaksana ini ada dihades bawah.

mungkin hades bisa dikatakan sebagai 2 alam yang berbeda namun tetap dalam satu dimensi yang dibatasi oleh jurang yang tak terkira dalamnya yang tak terseberangi(sebagai sekatnya)
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 4231
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dharma_senapati on Wed Sep 14, 2016 12:58 am

@dee-nee wrote:
waduh ... saya ga terlalu ngerti sih ... harusnya masih kosong ya ... karena "ruh" manusia yang sudah meninggal kan sekarang masih di alam barzakh

para syuhada blm msk surga donx?
malaikat gmn tuh, ada dmn?
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 45
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dee-nee on Wed Sep 14, 2016 2:25 am

@dharma_senapati wrote:
@dee-nee wrote:
waduh ... saya ga terlalu ngerti sih ... harusnya masih kosong ya ... karena "ruh" manusia yang sudah meninggal kan sekarang masih di alam barzakh

para syuhada blm msk surga donx?
malaikat gmn tuh, ada dmn?

merah : kan saya sudah tulis yang biru

sisanya : malaikat ada dimana ?? ... hmmm coba tanya bung Azed ... mungkin dia lebih tau

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dee-nee on Wed Sep 14, 2016 2:28 am

@njlajahweb wrote:16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.
16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.
16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
NB:bukan berarti semua orang kaya harus menjual seluruh hartanya

dari letaknya Say, hades atas lebih tinggi letaknya, dan orang kaya yang tidak bijaksana ini ada dihades bawah.

mungkin hades bisa dikatakan sebagai 2 alam yang berbeda namun tetap dalam satu dimensi yang dibatasi oleh jurang yang tak terkira dalamnya yang tak terseberangi(sebagai sekatnya)

hmmmm ya ga tau yah ... mungkin sama antara hades dengan alam barzakh >>> mungkin sama mungkin beda ...

karena di alam barzakh memang ada yang disebut siksa kubur ... tapi apakah yang disiksa dan tidak disiksa ini dipisah2 antara atas dengan bawah ... kanan dengan kiri ... atau gimana ... saya ga tau
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by Azed on Wed Sep 14, 2016 9:36 am

@dee-nee wrote:
@dharma_senapati wrote:malaikat gmn tuh, ada dmn?

sisanya : malaikat ada dimana ?? ... hmmm coba tanya bung Azed ... mungkin dia lebih tau
Weleh ... weleh ...saya tdk lebih tau dpd yu dini.

Dlm ajaran Islam, malaikat adalah makhluk ghoib yg memiliki kataatan mutlak kpd Allah dg kedudukan dan peran yg berbeda. Mulai dari yg ditugasi mencabut nyawa, menyampaikan wahyu/ firman Allah, mencatat amalan tiap manusia, mengendalikan berlangsungnya semua sunatullah (hukum alam), dsb.

Selebihnya saya tdk tahu.

++

Maka, jika muslim harus menjelaskan tentang malaikat kpd buddhis, hilangkan dulu persepsi bhw malaikat dlm Islam = dewa/i dlm buddhis. Harap jangan berpikir bhw kehidupan, aktivitas dan cara kerjanya para malaikat sama seperti manusia atau apapun yg dpt dibayangkan oleh manusia.

Kadang ada yg menyamakan malaikat dlm Islam = dewa/i dlm buddha & hindu. Yg saya tahu, tdk demikian. Kedudukan, kehidupan dan peran malaikat dlm ajaran Islam samasekali berbeda dg dewa-dewi. Kalaupun mau disamakan, meskipun juga tdk tepat, dunia dewa/i lebih identik dg dunia Jin dlm ajaran Islam.

Dewa/i konon punya kehidupan seperti manusia, kawin dan beranak pinak, berada dlm surga dg derajad yg bervariasi, bahkan bisa mati dan tumimbal lahir, bisa menjadi manusia dan hidup sebagai manusia di bumi, butuh makan-minum, tempat tinggal, punya nafsu kedagingan, dsb. Semua itu tdk terjadi pd malaikat.

++

Maka, ketika buddhis tanya : malaikat ada dimana ?.
Jawaban simpelnya : ada dimana-mana, bahkan dikanan kiri kita masing2.

Azed
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 160
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 02.09.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dee-nee on Wed Sep 14, 2016 10:27 am

2 good 2 good
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dharma_senapati on Wed Sep 14, 2016 11:36 am

@dee-nee
kasihan donx para syuhada, janji surganya yg mendpt 72 bidadari tertunda sekian lama, lagian di alam barzakh ngapain aj yah ?

malaikat ada dimana2, dewa-dewi jg ada dimana2

Malaikat atau lebih dikenal dalam istilah Buddhis sebagai dewa dan dewi adalah para penghuni surga
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 45
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dee-nee on Wed Sep 14, 2016 11:42 am

@dharma_senapati wrote:@dee-nee
kasihan donx para syuhada, janji surganya yg mendpt 72 bidadari tertunda sekian lama, lagian di alam barzakh ngapain aj yah ?

malaikat ada dimana2, dewa-dewi jg ada dimana2

Malaikat atau lebih dikenal dalam istilah Buddhis sebagai dewa dan dewi adalah para penghuni surga

merah : kalau anda sebut-nya tertunda ... ya artinya yang tertunda ga cuma untuk para syuhada dong ah ... tapi tertunda bagi semua "ruh" manusia >>> jadi ga apa2 toh ... kan yang tertunda juga semua

underline : wah ga tau juga ya ... saya belum pernah kesana tuh

sisanya : tanya bung Azed saja ... saya ngikut ... hihihihihihi

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by Azed on Wed Sep 14, 2016 2:30 pm

@dee-nee wrote:sisanya : tanya bung Azed saja ... saya ngikut ... hihihihihihi
Ha...ha.. gw lagi....gw lagi...capek deh...
awas

++

Dlm ajaran Islam, malaikat tidak sama dg dewa/i. Islam tdk mengenal ada makhluk dg kehidupan seperti dewa-dewi, baik seperti yg dipahami Hindu apalagi Buddha.

Kalau melihat -setidaknya- dlm kedudukan serta perannya menurut keyakinan masing2, bisalah dikatakan bhw Malaikat dlm keyakinan Islam = dewa/i dlm keyakinan hindu. Yaitu, sekurang-kurangnya keduanya sama2 dipercayai berperan sebagai pengatur kehidupan dan perantara Tuhan dlm berhubungan dg makhluk-Nya (manusia, binatang, tumbuhan, alam, dsb).

++

Tapi kalau dewa/i dlm buddhisme, itu samasekali berbeda.
Tdk ada perannya dlm kehidupan di semesta ini spt malaikat atau dewa/i dlm hindu.

Dlm buddhisme, dewa/i tdk lebih sebagai makhluk berkebutuhan dan beraktivitas spt manusia, hanya konon lebih sakti, lebih panjang hidupnya, tinggal disurga. Tapi sama2 masih mencari kesempurnaan hidup spt manusia, masih terikat hukum karma dan samsara, masih bisa bertukar tempat dlm tumimbal lahir, bahkan bisa saja tumimbal lahir menjadi binatang, dst.  Ciri-ciri spt ini samasekali bukan ciri-ciri malaikat, bahkan bukan juga dewa/i dlm keyakinan hindu.

Kemaren, mahabrahma mo dipaksain = Tuhan samawi.
Sekarang, dewa/i dipaksain juga = malaikat.

@ dharma

Jika konsep ketuhanan dan malaikat dlm buddhisme memang gak ada, ya ndak usah nyari-nyari persamaannya dg kedua konsep itu dlm keyakinan lain. Kesannya nanti mbalah seperti otak-atik-gatuk tapi gak gatuk juga. Kalau gak ada yg bilang aja gak ada, toh itu bukan tanggung jawab penganutnya.

Sama seperti muslim gak akan repot-repot nyoba mencari padanannya tentang ajaran tumimbal lahir dg cara apapun dlm ajaran Islam, karena memang gak ada. Maka saya gak akan mikir untuk mengatakan bhw konsep itu tdk dikenal dlm Islam. Titik

Weleh ... weleh .... : pusing

Azed
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 160
Kepercayaan : Islam
Location : Indonesia
Join date : 02.09.12
Reputation : 25

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by dharma_senapati on Wed Sep 14, 2016 2:36 pm

piss piss
avatar
dharma_senapati
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 45
Posts : 279
Kepercayaan : Budha
Location : Serang
Join date : 21.02.16
Reputation : 8

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by njlajahweb on Wed Sep 14, 2016 4:30 pm

@Mbak Deenee...
quote
hmmmm ya ga tau yah ... mungkin sama antara hades dengan alam barzakh >>> mungkin sama mungkin beda ...

karena di alam barzakh memang ada yang disebut siksa kubur ... tapi apakah yang disiksa dan tidak disiksa ini dipisah2 antara atas dengan bawah ... kanan dengan kiri ... atau gimana ... saya ga tau

T
hades ada kemungkinan bahwa hades bisa sama dengan barzakh
semua yang disiksa ada di hades bawah yang mungkin bisa disebut sebagai gehena
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 4231
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by njlajahweb on Wed Sep 14, 2016 7:09 pm

kalau dalam Kristen malaikat ada jenisnya, seperti:
ada malaikat kerubim
ada malaikat serafim
ada malaikat bersayap (yang bukan termasuk kerubim juga bukan termasuk serafim)
ada malaikat tidak bersayap

mungkin yang ada di sebelah manusia adalah malaikat yang tidak bersayap, yang ada dimana mana, dimana manusia ada.
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 4231
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by adeZS on Wed Sep 14, 2016 11:48 pm

mantab.
semoga kita semua masuk ke syorga nya Allah S.w.t. Aminn

adeZS
PRAJURIT
PRAJURIT

Male
Age : 26
Posts : 12
Kepercayaan : Islam
Location : palembang
Join date : 17.08.16
Reputation : 1

http://www.birotravelumroh.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kesibukan Para Penghuni Surga

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik