FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Halaman 3 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by keroncong on Thu Jun 02, 2016 2:15 am

First topic message reminder :


Keterkaitan paganisme Dewa Astarte dengan Easter / Paskah
Pada artikel yang lalu dalam rangka mengingatkan sahabat2 kita yang merayakan hari natal telah kami posting artikel mengenai Keterkaitan Paganisme Penyembahan Dewa Matahari dengan Vatikan dengan perayaan natal tersebut. Apakah yang dimaksud dengan natal ? Menurut kepercayaan umat Kristen pada tanggal 25 Desember adalah tanggal "kelahiran jesus".

Dari rangkaian peristiwa tsersebut, yang berujung pada kepercayaan bangkitnya jesus lalu ketiga peristiwa diatas ditambahkan dengan kata tuhan atau god sehingga lengkaplah cerita tersebut menjadi: kelahiran tuhan jesus - kematian tuhan jesus - kebangkitan tuhan jesus yang dirayakan setiap tahun oleh umat kristen sedunia.

Bersama ini kami kutipkan Sejarah asal usul Telur Paskah yang kami ambil dari situs Kristen dan artikel artikel dalam bahasa Inggris tentang keterkaitan dengan Paganisme Dewa 'Astarte' / 'Easter' / 'Ishtar' / 'Esther' semoga bermanfaat

Sejarah Membagikan Telur Pada Hari Paskah
"Mengapa gereja membagikan telur pada anak-anak Sekolah Minggu pada hari PASKAH?" Ternyata banyak orang Kristen bahkan guru Sekolah Minggu yang kurang jelas tentang sejarah membagi telur ini. Untuk Edisi Khusus PASKAH ini Tips Mengajar akan diganti dengan penjelasan singkat tentang sejarah membagi Telur PASKAH.

Tradisi membagi telur sebenarnya bukan tradisi gereja/Kristen (juga jelas tidak disebutkan dalam Alkitab). Sebelum kekristenan muncul, di negara 4 musim (Eropa) ada tradisi untuk merayakan datangnya musim-musim. Dewa musim Semi, yang bernama "Eostre" adalah dewa yang disembah pada perayaan "vernal equinox". Nama dewa ini juga yang akhirnya dipakai untuk menyebut hari PASKAH, "Easter" (bahasa Inggris).

Pada abad-abad pertama kekristenan, tradisi ini sulit dihapus karena hari PASKAH memang kebetulan jatuh pada setiap awal musim Semi. Perayaan musim Semi selalu dirayakan dengan meriah mengiringi kegembiraan meninggalkan musim dingin yang suram dan beku (mati). Tumbuh-tumbuhan dan bunga mulai tumbuh dan bermekaran, dan suasana keceriaan seperti ini menjadi saat yang tepat untuk membagi-bagikan hadiah. Membagi-bagikan telur pada hari PASKAH akhirnya diterima oleh gereja selain untuk merayakan datangnya musim Semi, juga karena telur memberikan gambaran/simbol akan adanya kehidupan.

Is That so Simple ? - You Diecide !!

The Hard Truth - Tahan Napas anda


http://www.piney.com/His32.html









Lihat Link Terkait
http://www.spiralgoddess.com/Astarte.html
http://www.astartegallery.com/
http://www.topical-bible-studies.org/37-0013.htm
http://www.topical-bible-studies.org/37-0036.htm
http://www.topical-bible-studies.org/37-0012.htm
http://www.themystica.org/mythical-folk/articles/astarte.html
http://www.barca.fsnet.co.uk/punic-gods.htm
http://magic-mirror.4ya.nl/Madonna/Kabbalah-en.html
http://magic-mirror.4ya.nl/Liberty/Liberty.html
http://magic-mirror.4ya.nl/index.html


-|PROBLEM SOLVED |-

-| Cara 'Request' Membuka Kembali Thread di Topic solved |-
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 12, 2016 7:10 am

RHCP wrote:
nduss wrote:Membagi-bagikan telur pada hari PASKAH akhirnya diterima oleh gereja selain untuk merayakan datangnya musim Semi, juga karena telur memberikan gambaran/simbol akan adanya kehidupan.

simpel to NDULL?
Lha, yang diperintahkan itu khan motong domba/sapi jantan, nduss??
KENAPA jadi lomba nyari telor, kaya penyembah berhala??
Kapan Yesus pernah ngadain lomba nyari telor sbg simbol kehidupan??
Lagian apa urusannya sama musim semi??

Berarti BENER, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
Akhirnya nduss ngaku juga!!? ngiahaha....
ketawa guling

ngoceh apaan NDULL?
sunan kalijaga aja ngrusak ramayana n mahabarata untuk dakwahnya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Sun Jun 12, 2016 2:32 pm

SEGOROnduss wrote:
RHCP wrote:
nduss wrote:Membagi-bagikan telur pada hari PASKAH akhirnya diterima oleh gereja selain untuk merayakan datangnya musim Semi, juga karena telur memberikan gambaran/simbol akan adanya kehidupan.

simpel to NDULL?
Lha, yang diperintahkan itu khan motong domba/sapi jantan, nduss??
KENAPA jadi lomba nyari telor, kaya penyembah berhala??
Kapan Yesus pernah ngadain lomba nyari telor sbg simbol kehidupan??
Lagian apa urusannya sama musim semi??

Berarti BENER, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
Akhirnya nduss ngaku juga!!? ngiahaha....
ketawa guling
ngoceh apaan NDULL?
sunan kalijaga aja ngrusak ramayana n mahabarata untuk dakwahnya
Berarti BENER, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
2 good

Lha kok, tiba2 nyangsang ke sunan kalijaga??
Emangnya ada hukum islam yg diganti2 oleh sunan kalijaga dengan bhagawad gita...??

Nduss SETRESS...
wkwkwk...
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Sun Jun 12, 2016 2:33 pm

SEGOROnduss wrote:
RHCP wrote:
nduss wrote:
RHCP wrote:
Mana jawabannya ini??
PASKAH dulunya bwt orang asing yg harusnya disunatin dulu, Kenapa skrg ngga harus disunat lagi?? Bukankah itu melanggar perintah Tuhan.

Yesus memberantas pengaruh paganisme. Paulus sebaliknya, mencampur  ajaran Yesus dengan ajaran penyembah berhala/dewa2. Apakah itu demi mengakomodir kaum yg takut SUNAT. sehingga wajibnya sunat akhirnya  menjadi bukan wajib...??

kan penggenapan taurat oleh Yesus sudah terjadi NDULL
dan Yesus tidak menyuruh sunat, sunat tinggal tradisi
Yesus disunat umur 8 hari ikut tradisi Yahudi NDULL
kamu siapa kok ikut2 sunat??
Anggaplah gw "orang asing" yg mw ikut Musa/Yesus, sbg orang BERIMAN (bukan proselit). Jika syarat utk menjadi orang BERIMAN gw harus SUNAT dst, maka gw HARUS konsekuen baik secara jasmani maupun rohani. Bukan sekedar ikut2an ngomong: "sudah tradisi"...!!?

Kalo model "serba rohani" kaya' loe nduss...., itu jelas namanya IKUT2AN!? wkwkwk..
usil

Genapnya taurat oleh injil (bukan bible/PB), BUKAN berarti HT jd terhapus atw jd ngga wajib lagi. Justru Yesus mengajarkan pelaksanaannya secara JASMANI dan ROHANI. Karena kaumnya Yesus saat itu, khususnya para pemuka agama/ahli taurat, hanya mengerjakan HT secara JASMANI, sebatas tradisi. Bahkan sdh tercampur dgn tradisi nenek moyang yg tidak sesuai lagi dengan HT. Sudah jauh menyimpang, akibat menuruti hawa nafsu. Yesus membawa injil khusus kpd kaumnya sendiri, sbg pedoman ROHANI agar HT bisa dijalankan dgn cara yg BENAR.

Usaha pembunuhan terhadap Yesus adalah BUKTI penentangan mereka kpd Allah. Mereka menganggap ajaran Yesus SESAT padahal merekalah yg sesat. Itu juga bukti perkataan Yesus thd mereka sebagai "keturunan ular beludak", pembunuh nabi2. Karena pembunuhan thd Yesus diragukan keberhasilannya, maka sejak saat itu muncul banyak rumor tentang peristiwa bukit tengkorak. Kesimpang-siuran itu dimanfaatkan oleh oknum antikristus utk "membunuh" ajaran Yesus. Hingga kemudian lahirlah  "agama baru" yang disebut untuk pertama-kalinya di antioch. Pihak mana yg PALING GENCAR menyebarkan "agama baru" itu keseluruh dunia?? Loe pasti bisa jawab sendiri?? ngiahahaha....
usil

Berbeda dgn orang yahudi, orang2 kristen, menjalankan ajaran Yesus hanya sebatas ROHANI (sunat rohani/puasa rohani/serba rohani). Sebatas PENGAKUAN keimanan, tanpa BUKTI perbuatan JASMANI. Itulah yg dimaksud oleh Yakobus, bahwa IMAN tanpa PERBUATAN (AMAL) adalah iman yang MATI. Akibat SALAH MEMAHAMI esensi ajaran Yesus dan udah KENA provokasi tulisan paulus di PB.
usil

yang menggenapi sudah datang, ya ikuti saja Dia to NDULL
taurat n kitab para nabi jadiin cermin
MACET, BUNTU, APLOS. wkwkwkwk....
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 12, 2016 10:50 pm

RHCP wrote:
SEGOROnduss wrote:
RHCP wrote:
nduss wrote:Membagi-bagikan telur pada hari PASKAH akhirnya diterima oleh gereja selain untuk merayakan datangnya musim Semi, juga karena telur memberikan gambaran/simbol akan adanya kehidupan.

simpel to NDULL?
Lha, yang diperintahkan itu khan motong domba/sapi jantan, nduss??
KENAPA jadi lomba nyari telor, kaya penyembah berhala??
Kapan Yesus pernah ngadain lomba nyari telor sbg simbol kehidupan??
Lagian apa urusannya sama musim semi??

Berarti BENER, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
Akhirnya nduss ngaku juga!!? ngiahaha....
ketawa guling
ngoceh apaan NDULL?
sunan kalijaga aja ngrusak ramayana n mahabarata untuk dakwahnya
Berarti BENER, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
2 good

Lha kok, tiba2 nyangsang ke sunan kalijaga??
Emangnya ada hukum islam yg diganti2 oleh sunan kalijaga dengan bhagawad gita...??

Nduss SETRESS...
wkwkwk...

menyambut musim semi apa masalahnya?
nyari telurnya dimaknai baru..

wayang diisi dakwah..
mana ada khrisna dakwah islam? pembodohan n penyesatan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Sun Jun 12, 2016 10:55 pm

RHCP wrote:
SEGOROnduss wrote:
RHCP wrote:
nduss wrote:
RHCP wrote:
Mana jawabannya ini??
PASKAH dulunya bwt orang asing yg harusnya disunatin dulu, Kenapa skrg ngga harus disunat lagi?? Bukankah itu melanggar perintah Tuhan.

Yesus memberantas pengaruh paganisme. Paulus sebaliknya, mencampur  ajaran Yesus dengan ajaran penyembah berhala/dewa2. Apakah itu demi mengakomodir kaum yg takut SUNAT. sehingga wajibnya sunat akhirnya  menjadi bukan wajib...??

kan penggenapan taurat oleh Yesus sudah terjadi NDULL
dan Yesus tidak menyuruh sunat, sunat tinggal tradisi
Yesus disunat umur 8 hari ikut tradisi Yahudi NDULL
kamu siapa kok ikut2 sunat??
Anggaplah gw "orang asing" yg mw ikut Musa/Yesus, sbg orang BERIMAN (bukan proselit). Jika syarat utk menjadi orang BERIMAN gw harus SUNAT dst, maka gw HARUS konsekuen baik secara jasmani maupun rohani. Bukan sekedar ikut2an ngomong: "sudah tradisi"...!!?

Kalo model "serba rohani" kaya' loe nduss...., itu jelas namanya IKUT2AN!? wkwkwk..
usil

Genapnya taurat oleh injil (bukan bible/PB), BUKAN berarti HT jd terhapus atw jd ngga wajib lagi. Justru Yesus mengajarkan pelaksanaannya secara JASMANI dan ROHANI. Karena kaumnya Yesus saat itu, khususnya para pemuka agama/ahli taurat, hanya mengerjakan HT secara JASMANI, sebatas tradisi. Bahkan sdh tercampur dgn tradisi nenek moyang yg tidak sesuai lagi dengan HT. Sudah jauh menyimpang, akibat menuruti hawa nafsu. Yesus membawa injil khusus kpd kaumnya sendiri, sbg pedoman ROHANI agar HT bisa dijalankan dgn cara yg BENAR.

Usaha pembunuhan terhadap Yesus adalah BUKTI penentangan mereka kpd Allah. Mereka menganggap ajaran Yesus SESAT padahal merekalah yg sesat. Itu juga bukti perkataan Yesus thd mereka sebagai "keturunan ular beludak", pembunuh nabi2. Karena pembunuhan thd Yesus diragukan keberhasilannya, maka sejak saat itu muncul banyak rumor tentang peristiwa bukit tengkorak. Kesimpang-siuran itu dimanfaatkan oleh oknum antikristus utk "membunuh" ajaran Yesus. Hingga kemudian lahirlah  "agama baru" yang disebut untuk pertama-kalinya di antioch. Pihak mana yg PALING GENCAR menyebarkan "agama baru" itu keseluruh dunia?? Loe pasti bisa jawab sendiri?? ngiahahaha....
usil

Berbeda dgn orang yahudi, orang2 kristen, menjalankan ajaran Yesus hanya sebatas ROHANI (sunat rohani/puasa rohani/serba rohani). Sebatas PENGAKUAN keimanan, tanpa BUKTI perbuatan JASMANI. Itulah yg dimaksud oleh Yakobus, bahwa IMAN tanpa PERBUATAN (AMAL) adalah iman yang MATI. Akibat SALAH MEMAHAMI esensi ajaran Yesus dan udah KENA provokasi tulisan paulus di PB.
usil

yang menggenapi sudah datang, ya ikuti saja Dia to NDULL
taurat n kitab para nabi jadiin cermin
MACET, BUNTU, APLOS. wkwkwkwk....

baca Matius 5:17
Yesus kan datang untuk menggenapi Taurat
Yesus sudah datang, maka ikuti Yesus

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Mon Jun 13, 2016 1:16 pm

SEGOROnduss wrote:
baca Matius 5:17
Yesus kan datang untuk menggenapi Taurat
Yesus sudah datang, maka ikuti Yesus
Gw kalo baca, bukan sekedar baca ayat yg loe tunjunk, nduss. Tapi sekaligus radius beberapa ayat, dgn cermat.
Genapnya taurat oleh injil yang dibawa Yesus, BUKAN berarti HT jd terhapus atw jd ngga wajib lagi. Justru Yesus mengajarkan pelaksanaannya secara JASMANI dan ROHANI. Karena kaumnya Yesus saat itu, khususnya para pemuka agama/ahli taurat, hanya mengerjakan HT secara JASMANI, sebatas tradisi. Bahkan sdh tercampur dgn tradisi nenek moyang yg tidak sesuai lagi dengan HT. Sudah jauh menyimpang, akibat menuruti hawa nafsu. Yesus membawa injil khusus kpd kaumnya sendiri, sbg pedoman ROHANI agar HT bisa dijalankan dgn cara yg BENAR.

Usaha pembunuhan terhadap Yesus adalah BUKTI penentangan mereka kpd Allah. Mereka menganggap ajaran Yesus SESAT padahal merekalah yg sesat. Itu juga bukti perkataan Yesus thd mereka sebagai "keturunan ular beludak", pembunuh nabi2. Karena pembunuhan thd Yesus diragukan keberhasilannya, maka sejak saat itu muncul banyak rumor tentang peristiwa bukit tengkorak. Kesimpang-siuran itu dimanfaatkan oleh oknum antikristus utk "membunuh" ajaran Yesus. Hingga kemudian lahirlah  "agama baru" yang disebut untuk pertama-kalinya di antioch. Pihak mana yg PALING GENCAR menyebarkan "agama baru" itu keseluruh dunia?? Loe pasti bisa jawab sendiri?? ngiahahaha....
usil

Berbeda dgn orang yahudi, orang2 kristen, menjalankan ajaran Yesus hanya sebatas ROHANI (sunat rohani/puasa rohani/serba rohani). Sebatas PENGAKUAN keimanan, tanpa BUKTI perbuatan JASMANI. Itulah yg dimaksud oleh Yakobus, bahwa IMAN tanpa PERBUATAN (AMAL) adalah iman yang MATI. Akibat SALAH MEMAHAMI esensi ajaran Yesus dan udah KENA provokasi tulisan paulus di PB.

Bantahan loe mana??
mana
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Mon Jun 13, 2016 1:18 pm

SEGOROnduss wrote:
menyambut musim semi apa masalahnya?
nyari telurnya dimaknai baru..

wayang diisi dakwah..
mana ada khrisna dakwah islam? pembodohan n penyesatan
Hukum Taurat dari Tuhan, diganti oleh hukum buatan manusia, itu yg jelas2 SESAT.
Berarti BENER, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
2 good

TERBUKTI dakwah walisongo sukses mengubah mindset hindu (penyembah berhala/dewa2) menjadi mindset ISLAM yg tauhid (menyembah Allah). Tanpa ada konflik yang berarti. Mereka yang tetap beragama hindu menyingkir dengan sendirinya.

Sebaliknya, ajaran Ibrahim/Musa/Yesus yang bertauhid, malah dicampur2 "oknum antikristus" dengan ajaran musyrik, penyembah berhala. ISINYA ajaran penyembah berhala, cuma dibungkus ajaran Yahudi biar menarik. Sehingga lahirlah "agama baru" yang disebut.... hehehe..
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 13, 2016 8:56 pm

RHCP wrote:
SEGOROnduss wrote:
baca Matius 5:17
Yesus kan datang untuk menggenapi Taurat
Yesus sudah datang, maka ikuti Yesus
Gw kalo baca, bukan sekedar baca ayat yg loe tunjunk, nduss. Tapi sekaligus radius beberapa ayat, dgn cermat.
Genapnya taurat oleh injil yang dibawa Yesus, BUKAN berarti HT jd terhapus atw jd ngga wajib lagi. Justru Yesus mengajarkan pelaksanaannya secara JASMANI dan ROHANI. Karena kaumnya Yesus saat itu, khususnya para pemuka agama/ahli taurat, hanya mengerjakan HT secara JASMANI, sebatas tradisi. Bahkan sdh tercampur dgn tradisi nenek moyang yg tidak sesuai lagi dengan HT. Sudah jauh menyimpang, akibat menuruti hawa nafsu. Yesus membawa injil khusus kpd kaumnya sendiri, sbg pedoman ROHANI agar HT bisa dijalankan dgn cara yg BENAR.

Usaha pembunuhan terhadap Yesus adalah BUKTI penentangan mereka kpd Allah. Mereka menganggap ajaran Yesus SESAT padahal merekalah yg sesat. Itu juga bukti perkataan Yesus thd mereka sebagai "keturunan ular beludak", pembunuh nabi2. Karena pembunuhan thd Yesus diragukan keberhasilannya, maka sejak saat itu muncul banyak rumor tentang peristiwa bukit tengkorak. Kesimpang-siuran itu dimanfaatkan oleh oknum antikristus utk "membunuh" ajaran Yesus. Hingga kemudian lahirlah  "agama baru" yang disebut untuk pertama-kalinya di antioch. Pihak mana yg PALING GENCAR menyebarkan "agama baru" itu keseluruh dunia?? Loe pasti bisa jawab sendiri?? ngiahahaha....
usil

Berbeda dgn orang yahudi, orang2 kristen, menjalankan ajaran Yesus hanya sebatas ROHANI (sunat rohani/puasa rohani/serba rohani). Sebatas PENGAKUAN keimanan, tanpa BUKTI perbuatan JASMANI. Itulah yg dimaksud oleh Yakobus, bahwa IMAN tanpa PERBUATAN (AMAL) adalah iman yang MATI. Akibat SALAH MEMAHAMI esensi ajaran Yesus dan udah KENA provokasi tulisan paulus di PB.

Bantahan loe mana??
mana

loh..
justeru model2 kek kamu itu sama dengan pembunuh Yesus..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 13, 2016 9:00 pm

RHCP wrote:
SEGOROnduss wrote:
menyambut musim semi apa masalahnya?
nyari telurnya dimaknai baru..

wayang diisi dakwah..
mana ada khrisna dakwah islam? pembodohan n penyesatan
Hukum Taurat dari Tuhan, diganti oleh hukum buatan manusia, itu yg jelas2 SESAT.
Berarti BENER, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
2 good

TERBUKTI dakwah walisongo sukses mengubah mindset hindu (penyembah berhala/dewa2) menjadi mindset ISLAM yg tauhid (menyembah Allah). Tanpa ada konflik yang berarti. Mereka yang tetap beragama hindu menyingkir dengan sendirinya.

Sebaliknya, ajaran Ibrahim/Musa/Yesus yang bertauhid, malah dicampur2 "oknum antikristus" dengan ajaran musyrik, penyembah berhala. ISINYA ajaran penyembah berhala, cuma dibungkus ajaran Yahudi biar menarik. Sehingga lahirlah "agama baru" yang disebut.... hehehe..

gak ada yang diganti...

sukses jadi penyembah batu..
tetep aja pembodohan ada krishna ngomongin sahadat

nyambut musim semi kok berhala...
NDULL NDULL dasar SiETAN GUNDULL

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Tue Jun 14, 2016 1:02 pm

SEGOROnduss wrote:
gak ada yang diganti...

sukses jadi penyembah batu..
tetep aja pembodohan ada krishna ngomongin sahadat

nyambut musim semi kok berhala...
NDULL NDULL dasar SiETAN GUNDULL
Orang asing Ikut PASKAH WAJIB SUNAT (perintah Tuhan), diganti dgn TIDAK WAJIB SUNAT (perintah manusia). PASKAH motong domba (perintah Tuhan), diganti dgn lomba nyari telor (perintah manusia). Itu yg jelas2 SESAT.
TERBUKTI, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
usil

Karena dakwah walisongo memang berhasil baik tanpa konflik berarti, dengan catatan sejarah sbg BUKTINYA.
Si nduss kalap... wkwkwk..

Yesus NGGA pernah ngajarin lomba nyari telor utk nyambut musim semi dan NGGA ADA juga di taurat. Ajaran begitu cuma dilakukan oleh paganis penyembah berhala dan dewa2. "Agama baru" itu ISINYA paganime. Biar menarik, dibungkusnya ditaruh  gambar Yesus. hehehe..
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Tue Jun 14, 2016 1:10 pm

SEGOROnduss wrote:
loh..
justeru model2 kek kamu itu sama dengan pembunuh Yesus..
SAMA apanya?? ngomong yg jelas loe nduss?? PONDASI IMAN KRISTEN itu adalah "usaha pembunuhan Yesus yg gagal", nduss. Kalo ngga ada itu ngga ada kristen

MACET, MAMPET, BUNTU >>>>> si nduss langsung APLOS. Bilang terima kasih dulu sono loe sama sanhedrin dan romawi. wkwkwkwk...
usil

Nih gw ringkas, Apa yang dimaksud dengan penggenapan taurat oleh Yesus dengan injil yg dibawanya dari Allah..
Orang Yahudi :
Beribadah hanya secara JASMANI, AKIBAT terlalu BANGGA dan mengagung2kan keturunan. Akhirnya semua cuma jadi "demi menghormati TRADISI NENEK MOYANG". Dengan bimbingan Yesus, Yahudi malah menganggap Injil adalah SESAT dan harus dibunuh, karena Yesus adalah mesias palsu.
Yesus membimbing bani israil utk beribadah secara JASMANI (taurat) dan ROHANI (injil)
Orang Kristen :
Beribadah hanya sebatas ROHANI, Akibat pengaruh ajaran paganis/helenis yang hobi MENGKHAYAL, akhirnya semua cuma jadi IMAJINASI. Tanpa bimbingan Yesus, taurat cuma pajangan dan menganggap Injil sbg amandemen thd taurat oleh Yesus yang dianggap Tuhan. Yesus yg dianggap mati lalu kemudian hidup lagi (wkwkwk).akan membimbing orang kristen dalam ROH KUDUS.
Penjelasan gw ttg penggenapan taurat oleh Yesus lebih masuk akal khan, dibanding penggenapan versi paulus dan gereja??
Ye khan nduss?? ngiahahaha.....
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 14, 2016 2:52 pm

RHCP wrote:
SEGOROnduss wrote:
gak ada yang diganti...

sukses jadi penyembah batu..
tetep aja pembodohan ada krishna ngomongin sahadat

nyambut musim semi kok berhala...
NDULL NDULL dasar SiETAN GUNDULL
Orang asing Ikut PASKAH WAJIB SUNAT (perintah Tuhan), diganti dgn TIDAK WAJIB SUNAT (perintah manusia). PASKAH motong domba (perintah Tuhan), diganti dgn lomba nyari telor (perintah manusia). Itu yg jelas2 SESAT.
TERBUKTI, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala...
usil

Karena dakwah walisongo memang berhasil baik tanpa konflik berarti, dengan catatan sejarah sbg BUKTINYA.
Si nduss kalap... wkwkwk..

Yesus NGGA pernah ngajarin lomba nyari telor utk nyambut musim semi dan NGGA ADA juga di taurat. Ajaran begitu cuma dilakukan oleh paganis penyembah berhala dan dewa2. "Agama baru" itu ISINYA paganime. Biar menarik, dibungkusnya ditaruh  gambar Yesus. hehehe..

jangankan orang asing, orang yahudi aja tidak diwajibkan oleh Yesus..

baik apanya? pada jadi penyembah ilah arab yg tinggal di bangunan batako.. krishba ngomongin solat n sahadat itu sudah kebohongan n pembodohan

cari telur untuk seru2an, mosok harus diajarin to Ndul..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Tue Jun 14, 2016 5:04 pm

SEGOROnduss wrote:
jangankan orang asing, orang yahudi aja tidak diwajibkan oleh Yesus..

baik apanya? pada jadi penyembah ilah arab yg tinggal di bangunan batako.. krishba ngomongin solat n sahadat itu sudah kebohongan n pembodohan

cari telur untuk seru2an, mosok harus diajarin to Ndul..
Mana Buktinya...?? Jangan APLOS..

Orang asing Ikut PASKAH WAJIB SUNAT (perintah Tuhan), diganti dgn TIDAK WAJIB SUNAT (perintah manusia). PASKAH motong domba (perintah Tuhan), diganti dgn lomba nyari telor (perintah manusia). Itu yg jelas2 SESAT.

Karena dakwah walisongo memang berhasil baik tanpa konflik berarti, dengan catatan sejarah sbg BUKTINYA.
Si nduss kalap... wkwkwk..

Motong domba paskah DITUKAR motong "anak domba Allah". Motong "anak domba Allah" DIGANTI lomba nyari telor utk (SERU2AN) nyambut musim semi. wkwkwk.. SIROP!!

Ajaran Tuhan diganti2 dengan ajaran manusia, diganti lagi ajaran paganis penyembah berhala/dewa2. SEENAK UDEL.
Makin TERBUKTI, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala. ISINYA paganime, dengan bungkus bergambar Yesus.
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 15, 2016 7:46 am

buktinya Yesus gak nyuruh sunat..
sejak pl sunat fisik itu sudah jadi tradisi, sudah naik standardnya jadi sunat rohani, Ndul

krishna ngomyang sahadat n solat
apa namanta kl bukan pembofohan n pembohongan???

gak ada yg diganti tu Ndul
wong gak nyari telur juga gpp

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Wed Jun 15, 2016 10:15 am

SEGOROnduss wrote:buktinya Yesus gak nyuruh sunat..
sejak pl sunat fisik itu sudah jadi tradisi, sudah naik standardnya jadi sunat rohani, Ndul

krishna ngomyang sahadat n solat
apa namanta kl bukan pembofohan n pembohongan???

gak ada yg diganti tu Ndul
wong gak nyari telur juga gpp
Yesus diutus hanya kepada bani israil doang.
Yesus ngga nyuruh2 sunat, karena bani israil udah SUNAT SEMUA, nduss...!?

Tapi bukan berarti NGGA ADA perintah SUNAT. Karena urusan sunat bagi "orang asing", yang dipake adalah hukum yg diperintahkan Allah kpd Ibrahim dan Musa. wkwkwkwk....
ketawa guling

Cerita begitu cuma sbg analogi, agar lebih mudah dipahami. BUKTINYA dari dulu sampe sekarang, NGGA ADA muslim yg percaya krishna2an atw dewa2an?? Metode dakwah walisongo BUKAN MODEL tipu2 atw kucing2an ayat alkitab, kaya paulus (yg dijiplak misionaris kristen). wkwkwk

Ngga DIGANTI gimana sih, nduss??
Jelas2 akhirnya ibadah korban motong domba jadi HILANG, karena KATANYA udah diwakilin semuanya oleh DARAH Yesus sang "anak domba Allah". Padahal KAGA ADA ajaran taurat spt itu. Pengorbanan (tumbal) dengan darah manusia adalah ritual penyembah berhala/dewa2. Karena udah ngga ada korban motong domba, maka DIBUATLAH lomba nyari telor utk SERU2AN nyambut musim semi yang juga diadaptasi dari budaya paganis. wkwkwk....

TERBUKTI, kristen mengadopsi ajaran penyembah berhala. Ajaran Tuhan diganti2 dengan ajaran manusia, diganti lagi ajaran paganis penyembah berhala/dewa2. Gonta-ganti SEENAK UDEL. HASILNYA "agama pengikut Yesus" yang ISINYA paganime, dengan bungkusnya yg bergambar Yesus.
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 15, 2016 3:53 pm

itu kalimat ujian u perempuan samaria Ndul
justeru untuk menunjukkan bahwa Jesus gak hanya u israel
jangan kangsung di hleb

gak ada yang disuruh sunat oleh Yesus, Ndul

krishna kok omong solat dan sahadat
ngrusak karya orang, dasar wali setan

lha Jesus mati di kayu salib kan klir
kecuali versi setan yg pro-kontra

gak cari telur juga gpp tu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Thu Jun 16, 2016 10:56 am

nduss wrote:itu kalimat ujian u perempuan samaria Ndul
justeru untuk menunjukkan bahwa Jesus gak hanya u israel
jangan kangsung di hleb

gak ada yang disuruh sunat oleh Yesus, Ndul

krishna kok omong solat dan sahadat
ngrusak karya orang, dasar wali setan

lha Jesus mati di kayu salib kan klir
kecuali versi setan yg pro-kontra

gak cari telur juga gpp tu..
Ajaran Yesus taurat+injil hanya bagi domba israel.
Sekedar nolongin anak orang yg kesurupan bukan berarti Yesus nguji iman.
Apalagi sampe NGAJARIN taurat+injil sama "orang luar".

Khan udah gw bilang : Yesus ngga nyuruh2 sunat, karena bani israil udah SUNAT SEMUA!? Lagian sunat itu perintah Tuhan, bukan perintah Yesus. Yesus cuma ngajarin dan nyontohin. Sunat bagi "orang asing" yg mw gabung, tetap WAJIB, pake hukum yg diperintahkan Allah kpd Ibrahim dan Musa.

Metode dakwah dengan analogi, wajar dan masuk akal. Mengikis ajaran pagan pelan-pelan, berhasil tanpa konflik.
Yang penting bukan MODEL tipu2 atw kucing2an ayat alkitab, kaya paulus (yg dijiplak misionaris kristen). wkwkwk

Tumbal DARAH Yesus sang "anak domba Allah" utk hapus dosa, KAGA ADA dalam ajaran taurat. Tumbal dengan darah manusia itu ritual penyembah berhala/dewa2, yg disusupin paulus. Makanya ajaran pagan kristen didukung dan populer di kerajaan PAGAN romawi.

Tuh khan KEBUKTI lagi, udah digonta ganti, skrg malah boleh ngga paskah-an?? Ajaran SURUP-SIROP ngga konsisten!?
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 10:57 am

RHCP wrote:
YADAH wrote:
- perayaan paskah jatuh bersamaan dgn hari raya musim semi, & dirayakan dgn pemaknaan yg berbeda
- ketentuannya memang demikian, & ente harus menjadi kaum proselit, ente & saya gk masuk nominasi, buat apa bersunat
- misalnya juga, apa bedanya ibadah haji kaum pagan sambil tawaf mngelilingi kabah nyembah 360 berhala, sekarang disisakan satu (batu HA)
- Jadi festival PASKAH disesuaikan jaman gitu?? Orang asing (kaya' loe) yg harusnya disunatin dulu, jadi ngga harus sunat lagi??
- Hasilnya melanggar perintah Tuhan. Demi mengakomodir kaum yg takut SUNAT. Wajib sunat bagi yg IKUT PASKAH jadi hilang.
- Paganisme diberantas menjadi ajaran Tauhid. Bukan sebaliknya, ajaran Yesus yg tauhid, malah dicampur2 ajaran penyembah berhala. wkwk
usil
- makna paskah-nya = Yesus bangkit, gak ada sangkutpautnya dgn sunat kulit katan
- ternyata ente gak masuk kriteria sunat menurut ketentuan, bahkan ilahmu sendiri lupa kasih perintah sunat di alquran
- sama persis cuman bedanya 360 berhala disisakan 1 batu (HA), kita juga percaya Tuhan Esa koq

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1074
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Fri Jun 17, 2016 1:41 pm

YADAH wrote:
- makna paskah-nya = Yesus bangkit, gak ada sangkutpautnya dgn sunat kulit katan
- ternyata ente gak masuk kriteria sunat menurut ketentuan, bahkan ilahmu sendiri lupa kasih perintah sunat di alquran
- sama persis cuman bedanya 360 berhala disisakan 1 batu (HA), kita juga percaya Tuhan Esa koq
- Siapa bilang??? Musa diperintahkan utk nyunatin "orang asing" yg mw ikut makan hidangan "PASKAH" (yg ngga ada urusan dgn musim semi). "orang asing" itu artinya non-beriman/kafir, maka kalo mw ikut PASKAH, mereka harus beriman dulu, dengan BERSUNAT sebagai tandanya.
- Kriteria apaan...?? Kalo gw "orang asing" yg mw ikut Ibrahim/Musa/Yesus/Muhammad, maka gw tinggal BUKTIKAN dengan SUNAT.
- Oh jadi Yesus dan nabi yahudi nyembah BATU dong?? ngiahahaha.....
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 1:57 pm

- Typologi Paskah pl adalah darah anak domba-bebas dari perbudakan, anti-type Paskah, darah Anak Domba Allah yang bangkit-bebas dari dosa, jangan asal nyeplos ke sunat
- Pagan-Semitik sama2 "bersunat", pembedanya dgn sunat Abraham-Musa, ketentuannya : anak laki2 umur 8 hari dan harus tinggal serumah atw sekaum dgn mereka plus sesuai HT, ente & muhammad saw gk masuk nominasi, so apa bedanya ente cs dgn "sunatnya" pagan ?
- maksudnya berhaji, tawaf ngelilingi kabah dgn 360 berhala versi pagan, sama persis dgn sekarang, cuman bedanya disisakan satu batu (HA), Yesus & nabi2 sblmnya gk kek gituan


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1074
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Fri Jun 17, 2016 2:34 pm

- Siapa yg ngajarin typologi atw anti-type model begitu?? Mana bukti ayatnya Yesus pernah ngajarin, begitu??

- Kok tiba2 ada aturan sunat umur 8 hari?? Ibrahim sendiri sunat umur berapa..?? wkwk..
"tinggal serumah" itu bukan berarti numpang/nginep dirumah ibrahim/Musa. "tinggal serumah" itu artinya ikut bergabung dalam ikatan satu keimanan.

- Tetap aja mereka sujud kearah bait Allah. Berarti emang nyembah BATU dong?? ngiahahaha.....
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 4:28 pm

- Allah via alkitab, contoh paralel  makna "anak domba" Keluaran 12:11-13; Yesaya 53:10; Yeremia 11:19;  Yesaya 53:7; Yohanes1:29 & 36 dll, gk muat di sini
- perintah sunat turun Abraham umur 90 thn-Abraham bersunat, ketentuannya umur 8 hari, se-iman & se-kaum, ente gk masok nominasi
- maksud saya ajaran haji, tawaf di kabah mekah nyembah 360 berhala-disisakan 1 batu (HA), tidak diajarkan & dilakukan oleh nabi2 sebelumnya

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1074
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Fri Jun 17, 2016 5:21 pm

- Mana ayatnya Yesus bilang, bahwa penggenapan taurat adalah kematiannya disalib?? Sehingga korban darah domba (ajaran Tuhan) diganti dengan korban darah manusia/Yesus (ajaran setan)??

- Lha iya, kalo Ibrahim sendiri sunat umur 90an.. Kenapa tiba2 ada KETENTUAN umur 8 hari?? Darimana itu?? wkwkwk..
SEIMAN-SEKAUM apaan??? Jelas2 tertulis "orang ASING"?!! Ngarang aja loe....

- Yahudi dan nabinya sujud kearah bait Allah. Berarti nyembah BATU. wkwkwk..
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by YADAH on Fri Jun 17, 2016 6:21 pm

- seluruh kepenuhan dalam pribadi Yesus menggenapi HT, termasuk mati di kayu salib, sebelum di salib Yesus sendiri menyatakannya. Matius 5:17
- mikirnya jgn macet donk, dgn logika macet-mu brarti ente harus nunggu 90 taun baru boleh brsunat, Abraham menerima perintah umur 90 tahun, sdh barang tentu disunatnya umur 90 tahun, tetapi ketentuan umur 8 hari berlaku sesudah perintah itu turun. & dari ayat2 di bawah ini ente & saya tidak masuk kriteria :
17:11 - 14 haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.
1. Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat,
2. yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun:
3. baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.
4. Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat
; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.
- kyak layangan muter2, clearkan dlu ini pak guru...sekali lagi yg saya maksudkan dalam konteks ajaran & tradisi haji, tawaf di kabah mekah nyembah 360 berhala (salah satunya batu HA), telah dipraktekkan oleh penganut pagan di arab saudi sebelum islam & tidak diajarkan / dilakukan oleh nabi2 sebelumnya



YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1074
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by RHCP on Fri Jun 17, 2016 9:26 pm

- Yesus menggenapi taurat dengan injil. Maka penggenapannya adalah HT (perkara jasmani) ditambah dengan hukum injil (perkara rohani). Kenapa HT yg berisi perkara rohani malah ditinggalkan oleh orang kristen?? Padahal ancamannya NERAKA bagi yg mengajarkan demikian??

- Kalo bwt bayi yg baru lahir sih, iya. Kalo "orang asing" yg mw ikut jadi orang beriman tapi usianya udah dewasa atw remaja, GIMANA?? APA harus balik lagi jadi BAYI 8 hari gitu?? wkwkwk

Kriteria apaan?? "orang asing" itu bisa siapa aja, termasuk loe dan gw. Emangnya yang dimaksud "orang asing" terbatas jaman Ibrahim/Musa doang??? Siapa yg mikirnya macet sekarang??? wkwkwk...
ketawa guling

- Yang disembah2 oleh pagan arab itu patung/berhala, bukan ka'bah/hajar aswadnya. Mana mungkin Muhammad saw. yg menghancurkan berhala sekaligus praktek paganisme, malah ngajarin nyembah hajar aswad???

Kalo loe ngotot begitu, bisa aja gw balikin begini...
Bait Allah adalah "bangunan" yg didalamnya ada "tabut perjanjian", maka para nabi yahudi yg sujud menghadap kesana, motong hewan korban disana, dll, sama dengan menyembah tabut dan nyembah bangunan. wkwkwk...
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Antara Paganisme. Paskah, dan Dewa Eastarte

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik