FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

Topics tagged under 13 on FORUM LASKAR ISLAM - Page 9 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI


Join the forum, it's quick and easy

FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

Topics tagged under 13 on FORUM LASKAR ISLAM - Page 9 Follow_me
@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Waktu sekarang Thu Mar 28, 2024 10:39 pm

Ditemukan 206 data yang cocok

Kuatnya pengaruh budaya,agama, ajaran Sabi/Sabean/Sabiin terhadap ajaran Muhammad Saw

yang ditemukan islam mendaur ulang kisah/tradisi dari kristen syria menurut pandangan/cara islam. contoh kuatnya pengaruh kisah/tradisi agama kos terhadap islam #13, #16, #17, #18, #19


by Syalom aleykhem
on Thu Apr 23, 2015 9:34 am
 
Search in: ISLAM
Topik: Kuatnya pengaruh budaya,agama, ajaran Sabi/Sabean/Sabiin terhadap ajaran Muhammad Saw
Balasan: 75
Dilihat: 10077

SURA AL-QASAS/28 : 38 MUNGKINKAH KETERANGAN DAN KRONOLOGI SEJARAH DICATAT KELIRU DALAM AL-QURAN ?

aliumar wrote:post #13 frontline defender:

frontline defender wrote:buat makam bukan berarti nggak bisa buat lainnya!


buat lainnya yg kamu maksud itu buat apa?

buat liat Tuhan, sesuai topik ini!
by frontline defender
on Wed Apr 22, 2015 11:06 am
 
Search in: FORUM KHUSUS : (DISKUSI)
Topik: SURA AL-QASAS/28 : 38 MUNGKINKAH KETERANGAN DAN KRONOLOGI SEJARAH DICATAT KELIRU DALAM AL-QURAN ?
Balasan: 114
Dilihat: 5977

SURA AL-QASAS/28 : 38 MUNGKINKAH KETERANGAN DAN KRONOLOGI SEJARAH DICATAT KELIRU DALAM AL-QURAN ?

post #13 frontline defender:

frontline defender wrote:buat makam bukan berarti nggak bisa buat lainnya!


buat lainnya yg kamu maksud itu buat apa?
by aliumar
on Mon Apr 20, 2015 10:34 am
 
Search in: FORUM KHUSUS : (DISKUSI)
Topik: SURA AL-QASAS/28 : 38 MUNGKINKAH KETERANGAN DAN KRONOLOGI SEJARAH DICATAT KELIRU DALAM AL-QURAN ?
Balasan: 114
Dilihat: 5977

Ruh,dalam pandangan Bibel

koq #13 di doeleteh oepenyeh yoeng soeleh ?

klo maksud TS ini mengapologikan konsep ROH yang buntu (urusan alloh swt) atas jawaban muhammad saw terhadap pertanyaan kaum yahudi, tentu mbah jenggot harus bisa brfikir latar kebelakang pandangan agama Yahudi/Abrahamik/Samawi tentang “KONSEP ROH”, mengapa ?
sebab kaum yahudi penganut kepercayaan yahudi/Abrahamik/Samawi mereka tahu betul apa itu “KONSEP ROH” dalam pandangan agama Yahudi/Abrahamik/Samawi. Seiring dengan datangnya kepercayaan baru dari Arab Saudi yg mengklaim keturunan Abraham/ismail membawa/menganut kepercayaan Abraham, Ismail dan nabi2 sebelumnya, maka brasalasan penganut Abrahamik/Samawi yag sudah ada duluan (yahudi) MEMBANDINGKAN/MENGETES sejauh mana pengetahuan “KONSEP ROH”, dalam pandangan nabi/agama baru dari Arab Saudi yang mengklaim dirinya/mereka serumpun dgn kepercayaan Abrahamik/Samawi

pengetahuan/PANDANGAN “KONSEP ROH” dalam Alkitab PL/PB SEJALAN dengan pandangan agama Abrahamik/Samawi dan nabi2 seblumnya sesuai judul ts mabah jenggot

Alquran ? ...


by bukajalan
on Sat Apr 04, 2015 8:38 am
 
Search in: DISKUSI EKSKLUSIF
Topik: Ruh,dalam pandangan Bibel
Balasan: 267
Dilihat: 10430

Paradise OK VS dee nee : "MENGUJI KEORISINILAN ALKITAB (INJIL) DENGAN ALQURAN"

dee-nee wrote:
Paradise OK wrote:yang ini bisa saya lanjutkan karena anda sudah nulis yang ungu

Paradise OK wrote:memang para murid Yesus tidak terlibat kononisasi Alkitab dan Matius, Markus, Lukas & Yohanes menulis Injil, yang NASKAH ASELINYA SUDAH TIDAK ADA, YANG ADA HANYALAH SALINAN2NYA SAJA, YANG TENTU DARI NASKAH ASELI ITU. bagaimana dalam perjalanan sejarah, menentukan suatu kitab injil itu kanon/tidak kanon ? (di bawah) atau di #3 dan #7
DAN PADA ABAD KE 2 KANON PB/INJIL TELAH LENGKAP. HAL INI DIBUKTIKAN DENGAN SEJARAH #13


ungu : artinya anda sudah setuju dengan kalimat saya ... bahwa "Kanonisasi dilakukan oleh mereka2 YANG TIDAK MENJADI SAKSI Yesus >>> murid2 Yesus TIDAK TERLIBAT dalam kanonisasi"

merah : siapa yang nyalin ??

biru : tau darimana nyalinnya dari naskah asli ?? ada ga statement murid2 yesus yang bilang bahwa salinan tersebut didapat dari naskah asli ??


taunya nyalin dari yg aseli berdasarkan kesaksian antara lain :

1. Pernaskahan kitab yang digunakan oleh gereja/jemaat  mula-mula. para rasul mulai menuliskan surat-suratnya untuk para jemaat, lalu perlahan-lahan dibuat salinan surat-surat itu untuk berbagai gereja dan salinan itu dibacakan dalam pertemuan gereja (Kolose 4:16;, Wahyu 1:3, surat2 dari para rasul utk para jemaat  1 Korintus 1:2; 1 Petrus 1 : 1 -2, dll)

2. Kesaksian bapa gereja mula-mula yg dikenal sebagai pengikut/murid dari  para rasul/murid2 Yesus dan atau yang hidup tidak lama setelah era para rasul/murid2 Yesus. komentar tertua dari Papias menyatakan "Markus adalah penterjemah Petrus". Papias (lahir 40 M - wafat sekitar 130 M) adalah murid rasul Yohanes. Clement dari Alexandria (murid rasul Petrus dan rasul Paulus) yang menjadi Uskup di Roma tahun 92 M – 101 M dan tokoh2 bapa gereja lainnya : Ireneus, Origenes dan Tertullianus

Ke-empat Injil, 2 Kitab ditulis dari kalangan 12 Murid dan 2 Kitab ditulis dari kalangan di luar 12 murid justru memenuhi Hukum yang berlaku dalam masyarakat Semit, yaitu HUKUM DWIGANDA SAKSI

Alkitab tidak secara spesifik menyebutkan nama-nama orang yang menyalin Injil, namun banyaknya pernaskahan (24.000) yang terserak di berbagai tempat yang berbeda adalah bukti adanya proses penyalinan, beberapa catatan tentang penyalinan kitab Injil a.l. sbb :

1. The Old Syriac – terjemahan PB pada abad kedua dalam bahasa Syria. Semua kitab ada, kecuali: 2 Petrus, 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas, dan Wahyu.
2. Justin Martyr pada tahun 140 M. Semua kitab PB ada, kecuali: Filipi dan 1 Timotius.
3. The Old Latin – sebuah terjemahan sebelum tahun 200 M. Terkenal sebagai Alkitab dari gereja Barat. Semua PB ada, kecuali Ibrani, Yakobus, 1 Petrus dan 2 Petrus.
4. The Muration Canon pada tahun 170 M. Semua PB ada, kecuali: Ibrani, Yakobus, 1 Petrus dan 2 Petrus (sama dengan The Old Latin).
5. Codex Barococcio pada tahun 206 M. Semua kitab PL dan PB ada, kecuali: Ester dan Wahyu.
6. Polycarp pada tahun 150 M pernah mengutip: Matius, Yohanes, sepuluh surat Paulus, 1 Petrus, 1 Yohanes dan 2 Yohanes.
7. Irenaeus (murid Polycarp) pada tahun 170 M. Semua kitab PB ada, kecuali: Filemon, Yakobus, 2 Petrus, dan 3 Yohanes.
8. Origen pada sekitar tahun 230 M menulis daftar kitab-kitab PB, sebagai berikut: ke-4 Injil, Kisah Para Rasul, ke-13 surat-surat Paulus, 1 Petrus, 1 Yohanes dan Wahyu.
9. Eusebius di awal abad ke 4 menyebut semua kitab PB.
10. Pada tahun 367 M dalam Festal Letter yang ditulis oleh Athanasius, Bishop Alexandria, mencantumkan daftar 27 kitab-kitab PB.
11. Jerome pada tahun 382 M, Ruffinua pada tahun 390 M dan Augustine pada tahun 394 M mencatat kanon PB sebanyak 27 kitab.
12. Akhirnya pada tahun 397 M, konsili gereja di Carthago mengesahkan 27 kitab PB.

DENGAN STANDAR YANG ANDA PAKAI BAGAIMANA DENGAN ALQURAN ?
dee-nee wrote:
POK wrote: contoh :  

BANYAK CATATAN-CATATAN YANG USIANYA TUA DITEMUKAN SEHINGGA DAPAT MENDUKUNG PEMBUKTIAN TULISAN KITAB-KITAB YANG TELAH ADA.

Kitab Perjanjian Baru (PB) sendiri memiliki 5,300 naskah dan fragmen (bagian-bagian naskah) dalam bahasa Yunani, 10,000 naskah latin Vulgate dan 9,300 naskah tua dalam terjemahan bahasa lainnya. Dengan kata lain, PB memiliki lebih dari 24,000 salinan naskah untuk digunakan


saya tetap ga bisa terima dalil anda begitu saja karena beberapa point yang saya underline :

1. catatan2 tua tidak berarti sudah pasti sesuai dengan yang asli
2. ribuan naskah bahkan jutaan naskah sekalipun dalam bahasa yunani atau bahasa lainnya ... tetap tidak sama dengan naskah berbahasa Ibrani (itupun harus asli dari para murid)

PS: sementara ini saya ga bisa bawa link apapun ... jadi saya bawa logika saja


1. Catatan2 tua yang didukung antara lain diakui otoritasnya di kalangan gereja mula-mula yg berinteraksi langsung dengan  para rasul yg menulis surat/kitab itu (Kolose 4:16;, Wahyu 1:3; surat2 dari para rasul utk para jemaat di : Roma, Korintus, Galatia, Efesus, Filipi dll  (1 Korintus 1:2; 1 Petrus 1 : 1 -2, dll). Dengan logika : Kalau sebuah naskah surat/kitab ditujukan kepada banyak orang,  tentu apabila ada oknum2 yg bertujuan melakukan pemalsuan sudah bisa terkonfirmasi dengan banyaknya jemaat/umat yg mengetahui isi dari naskah surat itu.

2. Kesaksian bapa gereja mula-mula yg dikenal sebagai pengikut/murid dari  para rasul/murid2 Yesus dan atau yang hidup tidak lama setelah era para rasul/murid2 Yesus. komentar tertua dari Papias menyatakan "Markus adalah penterjemah Petrus". Papias (lahir 40 M - wafat sekitar 130 M) adalah murid rasul Yohanes. Clement dari Alexandria (murid rasul Petrus dan rasul Paulus) yang menjadi Uskup di Roma tahun 92 M – 101 M dan tokoh2 bapa gereja lainnya : Ireneus, Origenes dan Tertullianus

3. Logikanya ada 24.000 salinan naskah kuno terserak diberbagai jemaat/tempat yang berbeda-beda, dan naskah2 kuno itu bisa saling di crosschek,

atau contoh paling nyata, pada tahun 1947 ditemukan naskah-naskah laut mati  yang isinya "sama" (tidak ada perbedaan secara mencolok) antara Naskah Laut Mati itu dengan Naskah Masorah/PL. Penemuan Naskah Laut Mati, semakin memberikan bukti bahwa Alkitab  tidak pernah diubah

KIRA-KIRA DENGAN STANDAR YANG ANDA PAKAI BAGAIMANA DENGAN ALQURAN ?

dee-nee wrote:
POK wrote:NB.
Dalam perjalanan sejarah kitab Injil, ada banyak kriteria ketat yang diterapkan sebelum satu kitab dapat dinyatakan sebagai kitab suci, yaitu sbb :

a. komentar-komentar bapa gerejawi yang paling awal yang adalah pengikut murid2 Yesus
b. kitab itu dipergunakan oleh jemaat mula2 dalam zaman rasuli/murid2 Yesus/pengikut murid2 Yesus
c. kitab itu dipergunakan oleh umum di dalam gereja mula-mula
d. sering dikutip oleh bapa-bapa gereja kuno
e. kitab tersebut tua, menurut penanggalan konservatif  ( #4)


kita bahas ayat injil yang sebelumnya anda bawa

POK wrote:Matius
7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api…


Intinya adalah “… setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik" dan "Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.”

khusus terkait point (a, b, c, dan d) anda >>>> Anda punya catatan atau tidak tentang mereka2 yang saya bold merah diatas ?? dari pohon seperti apakah mereka ??

btw yang dimaksud "pohon" dalam ayat itu apa sih ?? garis keturunan atau apa ??


pohon = ajaran, buah = hasil dari ajaran itu sesuai/tidak dengan Injil Yesus yang diajarkan para rasul/murid2 Yesus
bapa gereja mula2/jemaat mula-mula mendapat ajaran langsung dari para rasul/murid2 Yesus tentang Injil Yesus, antara lain misalnya : Kisah kelahiran, penyaliban, kematian & kebangkitan Yesus, para bapa gereja mula-mula banyak mengutip ayat Injil/tulisan para rasul/murid2 Yesus

lalu ada bidat2 aneh yg mengajarkan hal-hal yg bertentangan dgn kesaksian/ajaran para rasul tersebut atau yang tidak sesuai dengan tulisan2/ajaran2 para rasul/murid2 Yesus. contoh nyata tersebut mempengaruhi/masuk dlm tekstual alquran

dee-nee wrote:  
POK wrote:A. Bukti-bukti historis untuk Received Text/Textus Receptus (TR) pada masa Rasuli (33-100 A.D.).
 1. Semua gereja Rasuli menggunakan Received Text.
 2. Gereja-gereja di Palestina menggunakan Received Text.
 3. Gereja Syaria di Antiokhia menggunakan Received Text

B. Bukti-bukti histori untuk Received Text pada masa periode gereja mula-mula (100-312 A.D.)
C. Bukti-bukti historis untuk Received Text pada periode Byzantine (312-1453 A.D.)
D. Bukti-bukti historis untuk Received Text pada periode permulaan modern (1453-1831 A.D.)


tolong anda memberi bukti terkait yang A :
1. dari "pohon" seperti apakah para pemuka gereja tersebut
2. contoh TR pada masa Rasuli seperti apa ?? khususnya tentang ayat yang menyatakan yesus = tuhan

yang B tidak saya bahas dulu ya (maaf) ... karena kejadiannya terlalu jauh dari masa sesudah yesus wafat (33 M) ... setelah A kelar mungkin kita bisa lanjut ke B

1. Idem pohon = ajaran, buah = hasil dari ajaran itu sesuai/tidak dengan ajaran Injil para rasul/murid2 Yesus … dst

2. Yohanes 1 : 1 – 15 LAI menyalin/menerjemahkan  berdasarkan sumber TR

kalau tahun sejarah gereja anda hitung 1 tahun Masehi = 100 tahun dan anda kalikan dengan 33, MAKA ANDA KELIRU BESAR
menurut penanggalan tahun sejarah gereja
kelahiran Yesus ditandai dengan tahun 1 M
Yesus mulai pelayanannya di sekitar tahun 26 M. Ini diketahui dari :
Injil Lukas 3 : 1 yang menyatakan awal pelayanan “….. dalam tahun ke 15 pemerintahan kaisar Tiberius ….”.
Sejarah sekuler mencatat bahwa kaisar Tiberius mulai memerintah di tahun 11 M.
Jadi 11 M + 15 tahun = 26 M
Lama pelayanan Yesus adalah 3 tahun yang dicatat dalam Yoh 2, 6 dan 12 yang menyebutkan 3 masa paskah yang dilalui oleh Yesus.
Berarti masa pelayanan Yesus adalah dari tahun 26 M – 29 M. jadi sampai dengan 33 M silahkan anda hitung sendiri kalau itu terlalu lama, asal anda tidak menghitung dgn mengkonversi 1 M = 100 tahun dikalikan 33



by Paradise OK
on Sun Jan 18, 2015 12:51 am
 
Search in: DEBAT VERSUS
Topik: Paradise OK VS dee nee : "MENGUJI KEORISINILAN ALKITAB (INJIL) DENGAN ALQURAN"
Balasan: 24
Dilihat: 2365

Kembali Ke Atas

Halaman 9 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

Navigasi: